Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 06.00-17.30 WIB, Alamat: Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal Kota Cirebon maka banyak orang yang akan memikirkan musik tralingnya atau julukan Kota Udangnya. Namun, dibalik semua itu Cirebon juga memiliki sejumlah tempat wisata populer salah satunya adalah Banyu Panas Palimanan yang berlokasi di Kecamatan Palimanan.

Nama tersebut diambil dari Bahasa Jawa yaitu banyu yang berarti air sehingga jika diartikan semuanya maka menjadi Air Panas Palimanan. Tempat wisata alam ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena letaknya yang berada di dataran tinggi atau perbukitan.

Daerah sekitar pemandian air panas tersebut juga masih sangat alami dengan ditumbuhi oleh sejumlah pohon-pohon. Untuk lebih jelasnya silahkan simak review singkat tentang salah satu destinasi wisata alam asal Cirebon tersebut berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Banyu Panas Palimanan

Daya Tarik Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Umar Faroeq

1. Kolam Air Panas

Banyu Panas Palimanan memiliki sebuah kolam air panas yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Kolam tersebut memiliki air panas dengan kandungan belerang yang sangat bagus untuk kulit terlebih bagi mereka yang mempunyai masalah kulit seperti luka, alergi atau penyakit kulit, dan beberapa masalah kulit lainnya.

Uniknya kolam air panas ini dapat mempengaruhi warna sungai di sekitarnya menjadi biru, hijau, atau putih tergantung kadar belerang yang keluar dari dalam tanah. Bagi anda yang sedang merasa capek atau pegal bisa berendam di dalam kolam air panas tersebut untuk mendapatkan rasa yang lebih nyaman.

2. Alam Sekitar

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh destinasi wisata alam asal Cirebon ini adalah alam sekitarnya yang sangat indah. Terdapat sejumlah batu kapur cukup besar dan sekitarnya ditumbuhi oleh pepohonan yang berfungsi sebagai peneduh bagi wisatawan ketika siang hari.

Dari jauh anda juga bisa melihat indahnya pegunungan dan pemukiman penduduk. Semua keindahan alam ini membuat banyak wisatawan yang sering datang berlibur terkhususnya di hari-hari libur, bahkan ada wisatawan yang datang jauh-jauh dari luar Kota Cirebon.

3. Cerita Awal Mula Ditemukannya Pemandian Air Panas Palimanan

Pertama kali Banyu Panas Palimanan ini ditemukan oleh PT. Indocement di tahun 2008 saat melakukan penggalian air di kawasan Palimanan. Saat itu yang keluar adalah air berwarna biru kemudian muncul semburan air dari dalam tanah dengan suhu mencapai 600 derajat Celcius.

Dari sini pihak PT. Indocement kemudian melakukan kerjasama dengan pemerintah Cirebon untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata. Tidak hanya air panas saja yang ditemukan pada tahun 2008, namun ada juga Telaga Biru yang masih berada di dalam kawasan wisata Palimanan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Isnan Apriyanto

Banyu Panas Palimanan berlokasi di Kabupaten Cirebon, Kecamatan Palimanan, Provinsi Jawa Barat. Letak pastinya berada di Jl. Raya Cirebon – Palimanan dan untuk menuju ke lokasi tersebut anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon yang berada di Jl. Kartini.

Dari Jl. Kartini silahkan ambil jalur ke arah Barat sampai memasuki Jl. Tuparev lalu terus lurus sampai masuk ke Jl. Raya Cirebon – Bandung dan tiba di pertigaan dekat SPBU Palimanan. Dari sini anda harus belok kiri lalu ikuti jalan utama sampai menemukan lokasi pemandian air panas tujuan anda (sebelah kiri jalan).

Karena setelah melewati SPBU Palimanan nama jalan sudah tidak ada lagi jadi sebaiknya bertanya kepada warga setempat tentang lokasi Banyu Panas Palimanan jika anda mulai bingung dengan penunjuk arah. Untuk lamanya perjalanan tersebut diperkirakan sekitar 40 menit lamanya dengan melewati jalan sepanjang 20 km.

Harga Tiket Masuk Banyu Panas Palimanan

Harga Tiket Masuk Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps Tomas Arbi

Sebelum membahas mengenai harga tiket masuk anda harus memahami bahwa tempat wisata alam ini memiliki 2 jenis tiket yaitu tiket masuk dan tiket berendam. Bagi wisatawan yang hanya membayar tiket masuk tidak diperbolehkan untuk berendam di dalam kolam pemandian air panas.

Namun, bagi mereka yang membayar kedua tiket tersebut sudah diperbolehkan masuk dan berendam di dalam kolam air panas. Tiket masuk Banyu Panas Palimanan sendiri adalah sebesar Rp 3.000 per orang sedangkan tiket berendamnya yaitu sebesar Rp 7.000 per orang, jadi jika di total maka semuanya menjadi Rp 10.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Banyu Panas

Kegiatan Menarik Banyu Panas
Image Credit: Google Maps heloSoleh

1. Berendam di Kolam Air Panas

Saat berbicara soal kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Banyu Panas Palimanan maka berendam di kolam air panas merupakan yang paling diutamakan. Hal ini karena kolam itu sendiri merupakan daya tarik utamanya jadi akan sangat disayangkan jika anda tidak merasakan bagaimana nikmatnya berendam di dalamnya.

Air panas yang ada di kolam asal Kabupaten Cirebon ini juga memiliki kandungan belerang yang sangat bagus untuk menyembuhkan penyakit kulit. Tidak hanya itu bagi mereka yang sedang merasa badannya kaku atau mudah lelah bisa merasakan terapi alam tersebut untuk mendapatkan rasa yang lebih nyaman.

2. Menyaksikan Indahnya Pemandangan Sekitar

Setiap tempat wisata alam pasti memiliki pemandangan yang bagus, begitu juga dengan tempat pemandian air panas cantik ini. Karena lokasinya yang ada di dataran tinggi membuat wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang benar-benar masih alami serta sejumlah bebatuan kapur yang unik.

Pemandangan tersebut pasti tidak akan bisa anda temui di tempat wisata lain. Oleh karena itu selain berendam di kolam air panas, menikmati indahnya pemandangan di sekitar destinasi wisata alam ini juga patut untuk dicoba.

3. Berfoto

Setelah puas berendam dan menyaksikan indahnya alam di Banyu Panas Palimanan maka kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan adalah berfoto. Kegiatan ini juga ditunjang dengan adanya beberapa tempat foto unik dan menarik sehingga membuat hasil foto yang diambil akan sangat menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Google Maps myself 123-Unc setyo

1. Lahan Parkir Kendaraan

Sebagai sebuah tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Cirebon membuat pemandian air panas cantik ini harus memiliki sebuah lahan parkir yang cukup luas. Pasalnya wisatawan yang datang tidak hanya membawa sepeda motor atau mobil pribadi saja, namun ada juga yang datang bersama rombongan dengan bus pariwisata.

2. Toilet Umum dan Kamar Mandi

Banyu Panas Palimanan juga memiliki toilet umum dan kamar mandi yang dibagi menjadi pria dan wanita. Fasilitas ini dapat digunakan oleh wisatawan dengan membayar Rp 2.000 untuk satu kali digunakan oleh satu orang.

3. Mushola

Fasilitas selanjutnya yang ada di destinasi wisata alam tersebut adalah mushola. Berkat adanya fasilitas ini membuat umat Muslim yang berlibur ke pemandian air panas hits tersebut tidak perlu khawatir soal tempat beribadah ketika sudah saatnya untuk sholat.

Banyu Panas Palimanan sendiri buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Waktu yang paling pas untuk berendam adalah diatas pukul 15.00 karena saat itu udara mulai sejuk berkat Matahari mulai terbenam jadi anda hanya akan merasakan panasnya air di kolam pemandian saja.