Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cipada, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan di Kota Bandung dan sekitarnya, maka Bukit Senyum bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam yang tepat. Pesona yang ditawarkan oleh wisata bukit ini sangatlah mengagumkan. Oleh sebab itu, hal ini menjadikannya sebagai salah satu lokasi wisata alam hits di Bandung yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Selain memiliki pemandangan alam yang mempesona, tempat wisata alami ini juga menawarkan ragam aktivitas menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Senyum

Daya Tarik Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps Bona Sipahutar

Destinasi wisata popular ini dinamakan sebagai “Bukit Senyum” karena didasarkan oleh reaksi para wisatawan yang tersenyum ketika menikmati pemandangan alam spektakuler di daerah tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas, bukit yang sedang populer ini pasti sangatlah menarik, bukan? Untuk itu, yuk kita simak bersama daya tarik apa saja yang terdapat di lokasi wisata menarik ini!

1. Hutan Pinus

Salah satu daya tarik utama adalah hutan pinusnya yang sangat asri dan luas. Sesuai dengan namanya, area hutan pinus ini memang didominasi oleh hamparan pohon pinus yang sangat tinggi dan rimbun, sehingga menghadirkan kesan hutan yang asri dan alami. Bahkan saking terkenalnya, banyak sekali pengunjung yang datang dari jauh hanya untuk menikmati suasana rimbunnya pepohonan pinus.

Karena keindahan alam yang dihadirkan di hutan pinus ini, banyak sekali wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto. Selain itu, area hutan pinus ini sangatlah asri sehingga suhu udaranya cukup sejuk. Karenanya, banyak juga pengunjung yang memilih untuk berjalan-jalan santai di area hutan pinus sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan yang sangat menyegarkan.

2. Pemandangan Perbukitan

Pemandangan spektakuler lain yang terdapat di kawasan wisata Bukit Senyum adalah pemandangan perbukitan yang hijau dan asri. Pengunjung dapat menikmati indahnya perbukitan Bandung Barat melalui gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, gardu pandang ini memang memiliki latar pemandangan yang sangat indah, sehingga sering dijadikan spot berfoto yang menarik.

Selain perbukitan, pemandangan alam lain yang dapat dinikmati di kawasan wisata alam ini adalah hamparan hutan, serta perkebunan teh yang sangat hijau. Sebagai informasi, di daerah sekitar Bukit yang sedang hits ini memang terdapat perkebunan teh yang cukup popular, dengan hamparan tanaman teh yang dibuat berundak-undak sehingga menampilkan pemandangan yang kian menakjubkan. Karena itu, wisatawan Bukit yang elok ini dapat menikmati 3 pemandangan alam yang indah secara sekaligus, yakni perbukitan, hutan, serta perkebunan teh.

3. Trek Sepeda & Motocross

Daya tarik lain yang dihadirkan di kawasan wisata ini adalah trek sepeda dan motocross. Trek ini memang cukup panjang, dan terdapat di area hutan pinus yang asri. Selain itu, trek yang dihadirkan memang cukup menantang, sehingga cocok sebagai lokasi bersepeda ataupun motocross bagi pengendara yang menyukai tantangan.

Meskipun cukup menantang, namun trek sepeda dan motocross di kawasan wisata hits ini tergolong cukup aman untuk dilewati. Hal ini terjadi karena treknya memang cukup mulus, sehingga masih cukup mudah untuk dilalui. Karena treknya yang menarik, banyak sekali komunitas sepeda ataupun motocross yang mengadakan aktivitas touring di daerah ini.

4. Area Permainan Anak

Pada umumnya, banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi kawasan Bukit Senyum membawa serta keluarga dan buah hati mereka. Oleh karena itu, pihak pengelola kawasan wisaa secara khusus menghadirkan fasilitas yang cukup membantu, yakni area permainan anak. Karenanya, tempat wisata alami yang satu ini cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga.

Ragam wahana permainan yang tersedia di lokasi ini antara lain adalah jungkat-jungkit, ayunan, serta perosotan. Dengan adanya ragam wahana permainan ini, dijamin anak-anak akan betah bermain sambil ditemani oleh suasana alam yang menyenangkan. Namun, orang tua tetap diharapkan untuk senantiasa mendampingi anak-anak mereka ketika bermain di area permainan.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Senyum
Image Credit: Instagram Triptrap liburan murah

5. Kedai Kopi

Daya tarik lainnya yang cukup popular adalah kedai kopi. Pasti banyak di antara pengunjung yang bertanya-tanya, apa yang spesial dari kedai kopi di Bukit Senyum ini? Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata kedai kopi ini menyajikan kopi pilihan yang langsung dipanen di perkebunan kopi yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata fenomenal ini.

Bagi para pecinta kopi, kedai kopi ini merupakan spot yang wajib dikunjungi. Pasalnya, kopi yang disajikan memang asli dari daerah setempat, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik dan khas.

6. Spot Foto Keren

Bagi pengunjung yang gemar berfoto, Bukit Senyum di Bandung Barat sangatlah tepat dijadikan destinasi berwisata karena menawarkan ragam spot foto menarik yang pastinya sangat instagrammable. Mengingat pemandangan alamnya yang sangat mempesona, banyak sekali pengunjung yang berfoto dengan latar belakang alam seperti hutan, kebun teh, ataupun perbukitan yang hijau dan asri.

Selain pemandangan alam, pihak pengelola juga sudah menyediakan spot foto tambahan yang tak kalah menarik seperti jembatan bambu, gardu pandang, lambang love, papan nama “Bukit Senyum Bandung”, dan masih banyak spot foto menarik lainnya.

7. Camping Ground

Karena keindahan alamnya yang mempesona serta suasana alamnya yang asri dan sejuk, maka lokasi wisata hits ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Untuk itu, pihak pengelola telah menyediakan lahan berkemah atau camping ground di sekitar kawasan hutan pinus yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk membangun tenda dan melakukan ragam aktivitas kemah seperti api unggun, bermain, dan aktivitas lain bersama teman atau keluarga. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena biaya yang dikenakan untuk dapat menyewa camping ground ini terbilang cukup terjangkau.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Rute Lokasi Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps Harjanto Ho

Bukit Senyum terletak di Kp. Pasir Manggu, Desa, Cipada, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk tempatnya sendiri memang agak jauh dari pusat kota, mengingat lokasinya yang masih sangat alami. Namun, lokasi bukit indah ini masih cukup mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute yang paling mudah dapat dimulai dari tol Cipularang arah Jakarta, kemudian ambil jalur keluar exit tol menuju Padalarang/Cikalong/Cianjur. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan melalui Jl. Ngamprah, Jl. Cimanggu Barata, Jl. hal. Senen dan Cipare Babakan sampai ke Lapang di Ganjarsari.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Bukit Senyum, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Senyum

Kegiatan Menarik Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps Iyan Fauzi

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan perbukitan yang indah ini, di antaranya:

1. Bersantai di Kawasan Bukit

Salah satu daya tarik dari lokasi wisata ini adalah fasilitas tempat bersantai yang sangat nyaman. Banyak di antara pengunjung yang memanfaatkan tempat bersantai ini untuk beristirahat sejenak setelah menelusuri kawasan wisata yang luas ini. Selain itu, ada pula pengunjung yang memanfaatkan spot ini untuk sekadar bersantai sambil menikmati sejuknya suasana alam yang masih asri.

Spot bersantai pertama yang dihadirkan adalah saung. Di saung ini, pengunjung dapat bersantai bersama teman atau keluarga, sambil menyantap hidangan ringan ditemani suasana alam yang menyenangkan. Selain saung, ada pula tempat bersantai lain yang tak kalah menarik seperti bangku taman, atau hammock (tempat tidur gantung).

2. Berburu Foto Keren

Ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan di kawasan wisata fenomenal ini, seperti gardu pandang, jembatan bambu, papan nama “Bukit Senyum”, instalasi bambu, serta bingkai love. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam perbukitan yang menakjubkan.

3. Mencicipi Sajian Kopi

Kegiatan yang menarik lainnya adalah mencicipi sajian kopi asli Bandung Barat di kedai kopi yang tersedia. Perlu diketahui bawah produk olahan kopi di daerah ini memang sudah dikenal hingga ke mancanegara karena rasa dan aromanya yang sangat nikmat, sehingga patut untuk dicoba.

Kegiatan Menarik di Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps Lia Patmadewi

4. Camping di Alam Terbuka

Pihak pengelola kawasan wisata Bukit Senyum telah menyediakan area camping ground dengan fasilitas yang cukup lengkap. Oleh karena itu pengunjung dapat melakukan kemah dan aktivitas menarik lainnya di kawasan bukit ini.

5. Mencoba Wahana Offroad

Di Bukit Senyum Bandung ini, pihak pengelola telah menyediakan aktivitas wisata lain yang cukup seru dan menantang, yakni wahana off road atau wara wiri. Melalui wahana off road ini, pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki mobil mobil offroad 4×4 yang menyusuri sejumlah medan yang cukup menantang. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena pengendara mobil offroad ini sudah cukup ahli dalam menentukan medan mana yang harus dilalui, sehingga keamanannya cukup terjamin.

Biasanya, pengunjung akan dibawa menelusuri kawasan hutan pinus dengan beragam medan yang seru untuk dilalui. Karenanya, wahana offroad ini sangat cocok bagi para pecinta tantangan. Untuk dapat mencoba wahana off road, pengunjung dapat membayar biaya tambahan di loket yang tersedia.

6. Berburu Oleh-Oleh

Apabila pengunjung sudah puas menelusuri keindahan alam serta mencoba ragam aktivitas yang seru di lokasi wisata hits ini, tidak lengkap rasanya apabila tidak membeli cindera mata atau oleh-oleh di toko souvenir yang disediakan oleh pihak pengelola. Di toko souvenir ini, ada banyak sekali produk menarik yang ditawarkan pada para pengunjung seperti cangkir, mug, gantungan kunci, kalung, hiasan rumah, dan masih banyak lagi. Secara garis besar, semua produk yang ditawarkan di toko souvenir ini menggunakan bahan-bahan alami, dan diproduksi oleh seniman asli daerah setempat.

Selain itu, terdapat salah satu produk unggulan yang dapat dibeli oleh pengunjung di toko souvenir ini, yakni souvenir dengan ukiran pirografi. Souvenir ini dihias secara khusus menggunakan teknik ukiran pirografi, atau alat bakar khusus. Oleh sebab itu, pengunjung dapat dengan bebas memilih gambar atau kustom nama pada aneka souvenir yang dipilih seperti gantungan kunci, hiasan rumah, mug, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Senyum
Image Credit: Google Maps Lia Patmadewi

Ragam fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam Bukit Senyum sangat memadai untuk mendukung kebutuhan pengunjung yang datang, di antaranya:

  • Area Parkir – Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi parkir yang terletak di sekitar pintu masuk.
  • Kedai Kopi – Di sekitar area hutan pinus, terdapat sebuah kedai kopi di mana pengunjung dapat mencicipi sajian kopi asli yang dihasilkan dari perkebunan daerah setempat.
  • Mushola – Di kawasan bukit indah ini juga menyediakan fasilitas Mushola bagi pengunjung yang hendak menunaikan kewajibannya.
  • Toilet Umum – Toilet yang tersedia di sekitar wisata hits ini sangatlah bersih dan terawat untuk digunakan pengunjung

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam menarik Bukit Senyum di Kabupaten Bandung Barat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bukit indah dan cantik ini memang menawarkan pesona alam yang spektakuler, serta ragam aktivitas wisata yang menarik untuk dilakukan. Untuk itu, lokasi wisata alami ini patut untuk dikunjungi ketika sedang berwisata ke daerah Bandung dan sekitarnya.