Butuh liburan menarik? Inilah list tempat wisata populer di Bandung, Jawa Barat. Destinasi alam terbaru, kekinian, terindah dan terhits yang wajib dikunjungi untuk petualangan liburan yang seru dan berkesan.

Bandung, siapa sih yang tak kenal kota kembang ini, merupakan ibukota Jawa Barat membuat segala hal menarik dapat ditemukan disini. Anda bisa melihat keanekaragaman alam luar biasa yang di tawarkan. Apalagi letak kota Bandung berada di jalur strategis, sehingga memudahkan setiap wisatawan yang ingin berkunjung serta menikmati panorama alam yang tersaji.

Singgah ke kota Bandung, kurang lengkap kalau tidak mampir berwisata. Segala destinasi dengan pesona yang menawan siap menyambut masa libur Anda. Pengunjung akan di buat betah mengingat kota kembang memiliki destinasi yang sangat bervariasi. Tak ayal berbagai kalangan wisatawan silih berganti datang berkunjung, baik dari domestik maupun luar negeri.

Membahas kunggulan Kota Paris Van Java di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Kaya akan keanekaragaman kuliner dan menjadi tempat fashion terkemuka di negara kita. Membuat tempat yang indah ini sudah tidak asing lagi di telinga apa lagi menawarkan beberapa destinasi liburan yang oke dan kekinian. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Bandung yang bisa menjadi pilihan tujuan terbaik untuk liburan yang menyenangkan.

Objek Wisata Hits di Kota Bandung

1. Little Seoul Bandung

Little Seoul Bandung
Image Credit: Google Maps (Vivififipipi)

Tidak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan, sebab Bandung punya wisata seolah Anda sedang di Seoul. Wisata ini mengadopsi suasana Dongdaemun Street, suatu kawasan populer terbesar di Korsel. Hal ini terwujud dalam bentuk bangunan yang instagenic, sampai papan reklame dengan huruf hangul. Dinding dan mural di kawasa Little Seoul semakin menambah kesan ala Negeri Gingseng.

Selain itu ada pula MRT khas Korea, mesin minuman otomatis, hingga gembok cinta seperti di Namsan Tower. Satu hal lagi yang unik yaitu kedai-kedai pinggir jalan layaknya di drama-drama Korea. Beberapa kedai tersebut menjual kuliner khas negeri yang membawa arus K-pop ini. Bahkan wisata ini juga menyediakan beragam menu street food dari Korea.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Udjo
Image Credit: Mongabay.co.id

Semakin maju sebuah negara tentunya tidak akan merubah dan meninggalkan tradisinya. Begitu pula dengan Saung Angklung Mang Udjo, merupakan sarana Anda dan keluarga untuk mengenal alat musik tradisional kita. Tempat ini merupakan tempat edukasi budaya untuk lebih mengenalkan masyarakat mengenai budaya nasional kita, menampilkan banyak sekali pertunjukan seni menarik dan sangat seru.

Berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Anda juga bisa menemukan kerajinan tangan dari bambu dan beberapa instrument musik terbuat dari bambu yang merupakan ciri khas kebudayaan Sunda, khususnya Angklung. Nantinya Anda bersama keluarga Anda di berikan pengetahuan mengenai alat musik. Serta budaya yang ada hal ini sangat bermanfaat bagi putra dan putri Anda untuk mengerti dan mengenal sejarah bangsanya. Agar nantinya kesenian tersebut dapat di wariskan ke generasi selanjutnya.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Curug Dago

Curug Dago
Image Credit: Wisatapedi.com

Objek wisata yang diulas ini berada pada ketinggian 800 mdpl. Tahukah Anda bahwa tempat ini pertama kali di resmikan oleh presiden ke-2 Indonesia yaitu Presiden Soeharto. Pada bulan Januari 1985 mengingat destinasi hits ini memiliki kekayaan hayati yang tidak dimiliki oleh daerah lain dan juga terdapat beberapa hewan langka.

Kawasan wisata di Dago ini menjadi salah satu tempat konservasi mengingat kayanya ragam hayati yang terdapat pada tempat tersebut dan masih terjaga. Wisata ini menjadi sarana hiburan dan belajar bagi anak Anda untuk mempelajari kekayaan negeri ini yang berada pada tempat ini. Berlibur dan belajar dapat menjadi solusi yang menarik bagi Anda sekeluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota
Image Credit: Pesona.travel

Mencari taman wisata di kota Bandung bukanlah hal sulit. Ada banyak destinasi berupa taman berkumpul warga. Salah satu yang populer ialah taman balai kota. Lokasinya cukup strategis berada di kota Ciamis. Dahulu taman ini hanyalah di isi pepohonan tua yang kemudian di sulap menjadi lokasi wisata keren.

Pengunjung bisa mengajak keluarga untuk bersantai dan menikmati fasilitas yang ada. Berjalan-jalan di sekitar lokasi terasa cukup seru mengingat pemandangan taman tampak menarik. Bermain air pun dapat dilakukan mengingat adanya aliran air dari sungai Cikapayang langsung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate
Image Credit: Wikimedia.org

Arsitektur bangunan di gedung sate tak perlu diragukan lagi. Nah di dalamnya terdapat museum yang dinamakan gedung sate. Museum demikian memiliki daya tarik kuat terhadap koleksi yang tersimpan dan tertata rapi. Anda akan lebih mengenal gedung tersebut serta kota Bandung. Harga tiket masuk cukup murah hanya dengan Rp 5000.

Gedung Sate memiliki ciri khas berupa ornament tusuk sate di bagian Menara sentralnya dan menjadi ikon Kota Bandung. Bangunan bersejarah ini merupakan karya Ir. J.Gerber dan timnya yang memberi nuansa arsitektur unik tradisional nusantara. Saat ke Kota Kembang, Anda wajib menjelajahi bangunan meonumental yang kayak pesona ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung
Image Credit: Google Maps (Windianto Zhu)

Wisata ini mempunyai lahan seluas 3000 hektar, dan disulap menjadi tempat liburan yang penuh daya tarik. Konsep wisatanya seperti China zaman dahulu, jadi Anda ikut merasakan nuansa warga Tionghoa di masa lalu. Hal ini terlihat dari ornamen serta pernak-pernik yang diperlihatkan.

Salah satu khas dari kawasan Chinatown ini adalah bangunan Klenteng. Tempat peribadatan ini masih difungsikan untuk berdoa warga Tionghoa setempat sejak 130 tahun lalu. Ada spot foto juga yang bisa Anda manfaatkan untuk swafoto, salah satunya lampion-lampion yang menyala saat malam hari. Jangan lupa mampir ke wisata kulinernya yang menyajikan hidangan siap memanjakan lidah Anda.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Amazing Art World

Amazing Art World
Image Credit: Google Maps (Hadi Kama Holidays)

Di tempat ini Anda bisa menyaksikan koleksi ratusan gambar, serta sejumlah lukisan yang menipu mata. Pengunjung bisa bebas mengekspresikan dirinya pada background lukisan tiga dimensi. Lukisan tersebut dihasilkan oleh 15 seniman lukis, 10 orang berasal dari Indonesia dan 5 pelukis dari Korea. Sejumlah lukisan ini membawa daya khayal Anda seolah keluar dari bingkainya.

Setidaknya ada 6 galeri yang dipamerkan dengan 13 zona serta 150 spot foto. Tidak hanya lukisan di dinding yang seolah hidup, ada pula lukisan di lantai yang sama menariknya. Seperti di Galeri A yang mana pengunjung bisa merasakan sensasi berpetualang di alam liar. Atau Galeri D yang menampilkan lukisan bertema Mesir dan zona fantasi, serta galeri instagramable lainnya.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Ciumbuleuit

Ciumbuleuit
Image Credit: Beritagar.id

Puncak sebuah bukit yang dimana tempat ini merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan kota dari atas ketinggian. Suasana indah dan membuat Anda takjub akan menambahnyaman ketika Anda mengunjungi tempat tersebut. Objek wisata alam di Bandung ini menjadi wajib Anda kunjungi ketika malam hari untuk menikmati suasana kota dari sudut dan nuansa yang lain.

Indahnya panorama kota pada malam hari di tambah lagi kuliner yang di sajikan pada bukit tersebut. Membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Pergi bersama pasangan mungkin dapat menambah kesan roamantis nan indah Ciumbuleuit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

9. Street Gourmet

Street Gourmet
Image Credit: Google Maps (Street Gourmet Bandung)

Jika Anda sedang mencari wisata yang unik di kota Kembang, Anda bisa mencoba Street Gourmet yang hits belakangan ini. Gabungan wisata kuliner dan wisata kota Bandung menjadi ide kreatif dalam digital pariwisata. Berbentuk bus sebagai moda transportasi sekaligus menyajikan beragam kuliner khas yang menarik. Anda tinggal duduk nyaman sambil menyantap sajian, lalu bus akan berkeliling kota.

Bagian dalam Street Gourmet terdapat beberapa pasang kursi dan meja dengan kesan mewah dan unik. Konsep makan dalam bus berjalan ini didirikan oleh pemain Persib bernama Airlangga Sucipto dan Tony Suciptomen. Selain di Indonesia, Anda juga bisa menemukan tempat kuliner dengan konsep ini di Singapura.

Harga Tiket: Rp 300.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cilaki No.45, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

10. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Image Credit: Ksmtour.com

Bergesar pada area hiburan dan bermain yang memiliki konsep lebih modern. Jika Anda bosan dan memilih nuansa baru saat berlibur tidak ada salahnya memilih tempat ini. Aneka wahana bermain di berikan untuk Anda nikmati bagi Anda bersama keluarga.

Bermain sarana bermain dan belajar tersedia lengkap di tempat yang satu ini. Berada di pusat kota membuat Anda tidak akan sulit untuk menjumpainya. Sesekali menyenangkan anak dengan mengajaknya ke tempat ini mungkin tidak ada salahnya.

Harga Tiket Rp 180.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

11. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Image Credit: Grid.id

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Bandung adalah Upside Down World Bandung. Kota yang satu ini selalu memiliki keunikan dan kekreatifannya sendiri untuk menarik minat para wisatan. Terbukti dengan konsep wisata yang satu ini yang memiliki konsep terbalik.

Yaitu di mana Anda akan memasuki rumah dallam kondisi terbalik. Yups Anda akan mamasuki rumah dengan menginjak bagian atap atau langit-langit. Di mana semua perabotan lengkap pada rumah pada umumnya ada di bawah berada pada bagian atas Anda.

Harga Tiket: Rp 50.000;Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Wasid No. 31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

12. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Image Credit: Iradiofm.com

Tempat ini dapat Anda jadikan rujukan daerah yang harus Anda kunjungi ketika berkunjung ke Bandung. Pada museum ini terdapat aneka replika fosil, batuan mineral, replika gunung berapi dan lain sebagainya. Mengunjungi tempat ini sekaligus dapat menambah ilmu dan manfaat untuk Anda dan keluarga.

Anda juga sekaligus dapat menambahkna pengetahuan bagi anak Anda mengenai hewan-hewan purba yang hidup di bumi kita ratusan juta tahun yang lalu. Selain berlibur Anda akan mendapatkan manfaat yang berarti untuk Anda dan keluarga nantinya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

13. Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip
Image Credit: Google Maps (Ugun Targo)

Awalnya lahan ini hanya tanah kosong, lalu diubah oleh sang pemilik menjadi sebuah taman wisata. Di atas area hampir 800 meter ini, ada taman bunga indah serta kolam yang didesain menarik. Anda seolah diajak berwisata di negeri Belanda, sebab adanya taman bunga tulip dengan sejumlah spot foto yang cantik. Ada pula sarana edukasi untuk mengenal beragam bunga dan memberi makan burung.

Saat berkunjung, Anda juga dapat berfoto dengan kincir angin & menikmati beragam wahana yang ada, mulai dari taman bunga, bangunan konsep Belanda, kolam yang indah, galeri Shabby Chick dan berbagai permainan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

14. Jalan Braga

Jalan Braga
Image Credit: Marjayatrans.com

Jalan yang satu ini merupakan salah satu icon ternama dari kota ini. Memang jalan ini tidak terlalu panjang namun memiliki nuassa retro yang cukup kental. Terutama jika Anda termasuk orang yang menyukai dunia fotografi tempat ini menjadi destinasi yang sangat pas untuk Anda kunjungi.

Di dukung dengan bangungan era pertengahan yang bisa Anda nikmati. Jika berfoto di jalan yang satu ini mungkin bisa di katakan seperti berada di luar negeri. Meskipun hanya jalan akan tetapi cukup merepresentasikan suasana yang unik dan menarik dari Kota Bandung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits di Lembang

15. Lembang Wonderland

Image Credit: Google Map/Cie Bungsu

Tempat rekreasi yang unik dengan konsep kehidupan di negeri dongeng. Anda dapat menemukan tempat yang keren seperti es krim raksasa, negeri salju, jembatan dari permen, rumah pohon yang berada dalam taman yang memukau. Pengujung juga dapat menikmati berbagai wahana saat malam hari yang dihiasi lampu warna-warni yang cocok sebagai spot foto yang keren.

Daya tarik Lembang Wonderland selanjutnya ada pada area Snow Village, Sweet Field dan Magic Forest yang akan menambah keseruan saat berkunjung, utamanya saat Anda membawa si kecil menikmati wahana yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

16. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Histori.id

Salah satu destinasi wisata yang berada di Bandung berikutnya masih dengan nuansa pegunungan yang menyejukkan, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Menjadi destinasi alam yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bandung Barat. Mungkin ketika anak-anak kita sering mendengarkan mengenai kisah Sangkuriang yang berasal dari daerah pegunungan tersebut. Memiliki nama Tangkuban Perahu atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti perahu yang terbalik.

Karena gunung yang masih aktif ini jika di lihat dari jarak yang agak jauh akan nampak seperti perahu yang terbalik. Bagi Anda yang memiliki hobby hiking mungkin tempat ini menjadi salah satu alternatif untuk menyalurkan hobby Anda tersebut. Seperti halnya wisata pegunungan lainnya tempat ini kadang dapat mencapai suhu di bawah 20 derajat celcius. Kadang pada beberapa saat tertentu suhu di gunung ini dapat mencapai di bawah 5 derajat celcius.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

17. Floating Market Lembang

Floating Market
Image Credit: Instagram.com @rhezaardhina_

Meskipun termasuk dalam wisata lama, namun euforia wisatawan selalu tampak saat berkunjung ke Pasar Terapung sini. Apalagi setelah ekpansi lahan dan memiliki banyak objek wisata menarik. Anda akan menemukan beberapa stand jualan makanan di atas perahu disini. Tapi untuk menikmati sajian kuliner sudah disediakan tempat makan sendiri.

Floating Market dikelilingi oleh pohon-pohon hijau dan taman terbuka yang rapi. Tak heran bila suasananya asri, didukung udara sejuk khas Lembang tentunya Anda betah. Tidak hanya pasar kuliner apung saja, tapi juga ada beberapa cafe instagramable. Perlu diingat bahwa pembayaran disini menggunakan kartu khusus, jadi jangan lupa top up saldo dulu.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

18. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang
Image Credit: Walterpinem.me

Gunung batu merupakan sebuah dataran tinggi dengan karakteristik yang terdiri dari bebatuan raksasa. Bebatuan yang menawan ini menjadi salah satu alasan bukit dengan ketinggian 122 mdpl ini menarik untuk dikunjungi. Termasuk destinasi yang menarik untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Bandung Barat.

Apalagi ketika Anda berkunjung di tempat ini pada malam hari. Anda akan dapat melihat keindahan malam dihiasi kerlap kerlip lampu yang menjadi pemandangan yang khasnya. Tentunya hal tersebut membuat Anda betah berlama-lama di tempat tersebut, karena lokasinya cocok untuk berkemah.

Harga Tiket: Gratis ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dago Giri No. 134, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

19. Bird Pavilion

Bird Pavilion
Image Credit: Alampriangan.com

Bandung memiliki banyak sekali lokasi wisata unik. Salah satunya ialah Bird Pavilion. Anda bisa mengenal lebih dekat kehidupan beragam jenis burung yang indah saat berkunjung. Ada lebih dari 300 jenis burung dengan 50 spesies berbeda di Bird Pavilion. Misalnya burung pecak, lovebird,  kakak tua, beo,  merpati, burung hantu dan lain-lain

Di lokawisata bird pavilion Anda bisa memberikan makan burung secara langsung. Biaya yang dibutuhkan bila ingin berkunjung sangat terjangkau dengan harga Rp 35.000 di hari biasa sedangkan Rp 50.000 saat hari libur.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

20. Taman Wisata Maribaya

Taman Maribaya
Image Credit: Katalogwisata.com

Terletak di Bandung Barat, meskipun destinasi Taman Wisata Maribaya ini memiliki kesan negatif dahulunya. Namun sekarang wisata ini telah dirubah dan disulap menjadi tempat yang eksotis dan nyaman. Apalagi berbagai fasilitas telah di lengkapi untuk mendukung kenyaman pengunjung.

Kesan negatif yang dulu melekat pada tempat tersebut kini telah berubah dan berganti. Apalagi beberapa fasiitas dengan konsep alami seperti air terjun, kolam renang air panas, kebun bunga, tebing kraton dan sebagainya. Hal unik lainnya adalah Sky Bridge Tapak Halimun sepanjang 200 meter.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

21. Tafso Barn

Tafso Barn
Image Credit: Google Maps (Agung Nugraha)

Wisata baru di daerah Ciumbuleuit ini menawarkan cafe unik kekinian dengan konsep tematik. Tema rustic menjadi andalan cafe ini sebab letaknya di daerah perbukitan. Pada area paling atas cafe ditata rapi dengan kursi sofa dan meja serta tertutup atap. Turun satu tingkat maka akan terlihat meja panjang dengan tempat duduk unik, lalu ada meja dan kursi di area taman.

Dari arah taman, coba turun satu undakan maka yang Anda temukan berupa kursi kayu dan tanpa atap. Di level bawah berikutnya terdapat lapangan mini golf untuk para pengunjung. Lalu tingkat terbawah ada tempat layaknya sangkar burung berwarna putih, dan diisi meja kursi yang hanya bisa menampung 5 orang.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

22. Farmhouse Lembang

Farm House
Image Credit: Urbandung.com

Mengusung gaya perkebunan klasik Eropa membuat objek wisata ini cukup di gemari banyak kalangan dan mampu memanjakan mata dengan nuansa alam yang ditawarkan. Di bangun sejak 2015 yang lalu, Farmhouse Lembang sudah di kunjungi banyak wisatawan setiap tahunnya. Dalam kawasan wisata, pengunjung dapat menemukan bangunan bergaya Eropa, kebun binatang mini, jembatan cinta yang hits dan restoran tredi. Untuk kebutuhan foto, Anda dapat menyewa kostum Belanda dari pihak pengelola.

Mengusung konsep pada film The Hobbit membuat lokasi wisata ini cukup unik. Anda juga bisa menemukan berbagai spot foto yang keren dan termasuk daya tarik utama tempat ini. Destinasi kekinian ini juga sering menjadi tujuan wisata edukasi bagi anak sekolah untuk mengenal alam dan margasatwa yang ada di mini zoo.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

23. Kampung Pasir Ipis

Kampung Pasir Ipis
Image Credit: Google Maps (NetsGo Project)

Berada di ketinggian 2804 mdpl menjadikan kawasan wisata ini bersuhu 17-27 derajat celcius. Alhasil jika Anda tiba disana hawa dingin langsung terasa menusuk ke tulang-tulang. Selain udara sejuk dan nyaman untuk berlibur, eksotisme pemandangan alam disini tidak dapat ditolak. Dari ketinggian Anda bisa melihat rimbunan hutan pinus yang menjulang tinggi.

Ada beragam fasilitas yang disediakan pihak pengelola, salah satunya camping ground. Di luas tanah sekitar 3,5 hektar terdapat kurang lebih 200 tenda bagi yang ingin berkemah. Selain itu, ada wisata outbond yang bisa Anda manfaatkan untuk agenda bersenang-senang. Tak ketinggalan gardu pandang dengan panorama hutan pinus, serta spot foto yang menyerupai sangkar burung.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

24. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Image Credit: Pergidulu.com

Observatorium Bosscha merupakan tempat untuk mengamati bintang yang di bangun era kolonial Belanda. Untuk masuk pada tempat ini ada beberapa prosedur dan administrasi yang harus Anda jalani. Tempat wisata ini juga di kelilingi dengan kebun teh dan taman indah yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Tempat untuk mengamati objek luar angkasa ini selain berada pada daerah dataran tinggi, juga di kelilingi dengan taman indah, sekaligus menambah ilmu Anda nantinya. Berkunjung ke tempat yang indah dan nyaman sekaligus menambah ilmu adalah tujuan yang tepat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No. 45, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

25. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika
Image Credit: Google Maps (Danial Oktovanis)

Destinasi wisata hits di Bandung Barat ini mengusung konsep edukasi budaya, yang memberikan pengalaman kultural bagi para wisatawan. Area seluas lima hektar ini mempunyai bangunan berupa replika dari masing-masing negara. Sebagian besar khas bangunan dari 7 negara di Asia dan Afrika, sehingga Anda bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan.

Suasana wisatanya dibuat semirip mungkin dengan negeri aslinya, agar seolah sedang berlibur di negara tersebut. Sebut saja bagian spot Jepang, Anda akan menjumpai bangunan khas Negeri Sakura berupa gerbang Fushimi dan pertokoan ala Jepang kuno. Ada pula spot India yang mana pengunjung dapat berfoto sambil memakai pakaian khas India.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

26. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole
Image Credit: Blog.airyrooms.com

Sama seperti namanya tempat ini memiliki berbagai koleksi indah tanaman anggrek. Dengan berbagai macam dan jenis tanaman yang bisa Anda temukan di tempat ini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati sarana dan keindahan alam nan hijau saat berkunjung di kawasan wisata populer ini.

Jika Anda seorang pecinta tanaman terutama anggrek, mungkin Orchid Forest Cikole bisa menjadi tujuan utama Anda. Mengingat banyak tanaman anggrek dengan berbagai jenis dan macam yang bisa Anda amati. Serta Anda juga dapat mengenal berbagai jenis anggrek yang berasal dari berbagai daerah di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 40.000;Map: Cek Lokasi
Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

27. D’Dieuland

D'Dieuland
Image Credit: Google Maps (D’Dieuland)

Menghadirkan tempat nongkrong yang berhawa sejuk dan panorama alam yang menakjubkan. Suasananya asyik untuk agenda berkumpul sembari memandang panorama perbukitan dari ketinggian. Apalagi saat malam hari, area D’Dieuland semakin mengeluarkan pesonanya, sebab lampu-lampu gantung menyala memberi kesan yang romantis.

D’Dieuland termasuk restoran dengan desain yang unik, menawarkan beragam menu makanan khas, mulai dari sajian tradisional hingga western. Hal menarik lainnya, yaitu jalan yang dipenuhi dengan payung tergantung, tempat bermain anak-anak dan berbagai kegiatan outbound seru.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

28. Lereng Anteng

Lereng Anteng
Image Credit: Google Maps (Wita Mahliani)

Tongkrongan hits ini memadukan cafe dengan spot wisata alam, yang ternyata asyik djadikan tujuan liburan di Bandung Barat. Dengan luas area sekitar 500 meter persegi, cafe cozy ini berhasil menyedot perhatian wisatawan. Letaknya di pinggiran dataran tinggi menyuguhkan view perbukitan hijau yang luar biasa. Tidak ketinggalan menu hidangan yang ditawarkan cukup lezat dan harganya terjangkau.

Berlokasi di Lembang, Lereng Anteng Panoramic Coffee memiliki payung-payung tergantung warna-warni bernuansa oriental. Tempat nongkrong ini ditata seperti sawah terasering dihiasi dengan tempat duduk kayu dan tenda transparan. Beberapa spot juga cocok sebagai tempat berfoto-foto.

Harga Tiket: Rp 28.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

29. Taman Begonia

Taman Begonia Lembang
Image Credit by Pegipegi.com

Jika Anda ingin melihat warna-warni bunga nan cantik, Anda bisa menemukannya di Taman Begonia Lembang. Taman unik ini menawarkan keindahan yang unik dari berbagai jenis bunga, utamanya Bunga Balinea yang berasal dari Pulau Dewata Bali. Saat berkunjung, Anda akan disuguhkan beragam wahana seru, mulai dari mobil bunga, memberi makan kelinci, menunggang kuda hingga wahana outbound.

Bagi penikmat fotografi, di area taman Anda akan menemukan spot-spot foto yang kekinian. Taman ini juga menyediakan tempat berbelanja cinderamata di Galery Photo Mug. Sementara untuk fasilitas Taman Begonia ini tergolong cukup memadai, seperti cafe, aula, mushola, penjualan bunga dan buah, toilet bersih dan sebagainya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits di Bandung Barat

30. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang
Image Credit: Google Maps (Dusun Bambu)

Menuju ke arah Bandung Utara Anda akan menemukan objek wisata keluarga paling komplit. Lahannya cukup luas jadi tak heran bila Anda menemukan beragam tempat hiburan. Mulai dari area kuliner, restoran unik, taman terbuka yang luas, hingga area penginapan. Semuanya dikonsep secara eco friendly dan tatanan ruang yang memikat hati.

Ada beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi dan siap memanjakan mata Anda. Pertama Cafe Burangrang, letaknya berada di ketinggian sehingga Anda bisa bersantap sambil menikmati suasana sekitar. Selanjutnya ada Restoran Purbasari di samping danau kecil, ada saung-saung kecil yang mengelilingi danau untuk tempat bersantap.

Jika kurang puas merasakan asyiknya makan di tepi danau, Anda bisa coba sensasi lain di Lutung Kasarung Area. Tempat ini merupakan rumah makan berbentuk sangkar burung, jadi letaknya di ketinggian. Berikutnya ada Taman Arimbi, yang biasanya menjadi spot keren untuk berswafoto. Dan terakhir Pasar Khatulistiwa, sebuah pujasera yang menjual beragam jenis makanan dan minuman.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

31. Sendang Kahuripan

Sendang Kahuripan
Image Credit: Kaskus.co.id

Jika Anda termasuk dalam orang yang lahir pada akhir tahun 90-an mungkin mendengar istilah sendang. Pasti yang terbayang tempat mandi bidadari, istilah tersebut mungkin sangat tepat untuk menggambarkan kolam alami ini. Pamandian yang masih asri dengan hawa sejuk di kelilingi suasana pedesaan di sekitarnya. Membuat Anda betah berlama-lama berendam di pemandian ini apalagi pemandangan yang masih indah dan mampu memanjakan mata siapa pun yang berkunjung.

Tempat yang masih asri dan suasananya yang tenang dan sedikit menghilangkan rasa penat Anda. Apalagi ketika Anda berkunjung ke kolam Sendang Geulis Kahuripan bersama keluarga Anda dan orang terkasih. Membuat Anda semakin betah dan nyaman menikmati keindahan dan keasrihan yang di tawarkan pada objek wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

32. Curug Malela

Curug Malela
Image Credit: Katalogwisata.com

Air terjun memiliki keindahan dan keunikannya sendiri Anda dapat berendam sambil menikmati semburan butiran air. Begitu pula dengan Curug Malela, air terjun yang satu ini juga di juluki sebagai Air Terjun Niagara versi mini. Berada di lokasi yang terpencil, medan yang susah membuat wisata alam ini tergolong tersembunyi dan menarik untuk Anda eksplor pesonanya.

Perjalanan menuju lokasi curug hits di Bandung ini nantinya akan terbayar dengan baik oleh keindahan yang di tawarkan. Memiliki ketinggian di atas 50 meter serta memiliki debait air yang tinggi mengingat sarana air jatuh pada tempat ini melebar. Seperti halnya Air Terjun Niagara yang ada di Negeri Paman Sam tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

33. Stone Garden

Stone Garden
Image Credit: Google Maps (Windy K)

Perjalanan menuju wisata ini mempunyai trek yang menanjak layaknya mendaki sebuah gunung. Begitu tiba Anda akan dihadapkan pada hamparan batu yang luas dan berbagai ukuran. Kumpulan batu tersebut membentuk formasi yang tertata rapi, sehingga sangat cantik dipandang. Anda bisa bebas mengambil foto sebab latar batuan begitu artistik di kamera.

Konon Stone Garden ini tersusun secara alami akibat danau yang mengering di zaman purba. Di sekitar tumpukan batuan ini terdapat sebuah lembah yang dangkal, bentuknya mengelilingi area wisata. Selain itu, ada peninggalan sejarah lain berupa Goa Pawon yang sering didatangi wisatawan. Di dalam goa tersebut ditemukan beberapa fosil serta tulang belulang manusia.

Harga Tiket: Rp. 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

34. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang
Image Credit: Republika.co.id

Mendengar nama curug tilu leuwi mungkin masih asing di telinga Anda. Tempat ini memang belum banyak dikenal. Padahal pemandangan sekitar lokasi wisata sangatlah menakjubkan dan bikin betah. Anda bisa melihat bentang alam yang asri serta kesegarannya hanya dengan biaya yang terjangkau.

Destinasi air terjun ini terletak di Parompong yang tak jauh dari Lembang. Meski biaya masuk murah, penambahan biaya bisa terjadi jika Anda mengikuti kegiatan outbond seru. Fasilitas outbond seperti body rafting, flying fox,  menangkap ikan, jembatan rakit, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Jawa Barat.

35. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Image Credit: Pesona.travel

Destinasi curug memang tak pernah membuat bosan untuk dikunjungi saat berada di Bandung Barat. Apalagi lokasi sekitar menampilkan pemandangan Indah seperti Curug Cimahi. Lokasi wisata alam ini memang belum banyak dikenal tapi panorama alam yang ditawarkan mampu memanjakan mata siapa pun yang berkunjung.

Untuk sampai ke lokasi curug memang dibutuhkan sedikit perjuangan. Anda harus berjalan kaki naik turun tangga selama kurang lebih 20 menit. Namun kondisi tangga sangat terawat sehingga Anda tetap dapat menikmati perjalanan sembari menikmati keindahan alam yang tersaji.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

36. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
Image Credit: iNews.id

Nama objek wisata yang satu ini mungkin sedikit asing di telinga Anda, mengingat lokasinya baru saja di ketahui. Sebuah kolam alami yang indah dikelilingi bebatuan besar yang unik dan bukit-bukit tinggi nan hijau menarik untuk Anda eksplor saat butuh liburan seru.

Dahulu, tempat ini merupakan sebuah aliran lahar dingin pada beberapa ratus tahun yang lalu. Kini tempatnya berubah menjadi destinasi wisata nan indah dan belum banyak terjamah sehingga terlihat masih sangat alami.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

37. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana
Image Credit: Brainengine.net

Masih berada pada area Lembang, kebun teh Sukawana ini mungkin jadi tempat liburan Anda berikutnya. Objek wisata yang menawan belum ramai dikunjungi, menjadikan Anda dapat berjalan-jalan dengan tenang ketika berkunjung. Suasana yang tenang dan nyaman jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadi sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri sembari menikmati panorama alam perkebunan.

Deretan pohon teh yang tertanam rapi dan indah membuat Anda betah menghabiskan waktu seharian. Bisa dikatakan tempat ini menjadi solusi yang tepat untuk mengusi rasa penat yang Anda alami. Atau mungkin Anda bisa mengunjungi bersama dengan teman atau orang terkasih Anda nantinya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

38. Tebing Citatah

Tebing Citatah
Image Credit: Penjelajah.com

Destinasi alam ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai ketinggian. Terutama bagi pengunjung yang memiliki hobby panjat tebing, disini terdapat 3 tebing dengan masing-masing ketinggiannya. Nantinya dari pihak pengelola akan memberikan izin bagi Anda yang ingin menaklukan tantangan di lokasi tersebut.

Kagiatan yang memicu andrenalin tentunya menjadikan tempat ini sebagai alasan bagi Anda untuk menaklukannya. Serasa tidak ada beban atau rintangan yang sulit di hadapi ketika Anda menyukai dan menikmati hobby pada kegiatan ini. Pastikan semua perlengkapan Anda telah tersedia dengan baik ketika inging mencoba menaklukan Tebing Citatah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits di Rancabali

39. Air Panas Cimanggu

Air Panas Cimanggu
Image Credit: Traveloka.com

Jika membahas mengenai wisata air panas, wisata Cimanggu ini juga terdapat sumber mata air panas yang dapat Anda nikmati untuk relaksasi. Sumber air panas yang ada pada pemandian ini masih berasal dari gunung Tangkuban Perahu, mengingat gunung tersebut masih memiliki aktifitas vulkanik. Sama seperti pemandian air panas di Bandung lainnya yang airnya memiliki kandungan belerang.

Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi masalah gatal dan alergi yang tengah Anda alami. Berobat dengan cara berendam di air panas bisa di katakan merupakan metode penyembuhan yang menyenangkan. Selain sehat untuk kulit, Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan untuk melepaskan stres selama bekerja.

Harga Tiket: Rp 17.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

40. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Image Credit: Acehimage.com

Masih belum bergeser dari wilayah pegunungan, wisata Situ Patenggang yang satu ini menawarkan panorama alam sebuah danau. Kawasan danau wisata ini terletak pada ketinggian 1600 mdpl. Daerahnya memiliki keunikan tersendiri yaitu di kelilingi oleh hamparan perkembunan teh yang luas dan beberapa spot menarik. Di danau ini juga pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas seru seperti sewa perah maupun sewa tikar untuk bersantai.

Dalam kawasan situs juga telah tersedia beberapa penginapan dan resort yang membuat Anda bisa betah berlama-lama menghabiskan waktu santai di Situs Patenggang. Atau mungkin jika Anda termasuk orang yang menyukai menghabiskan waktu dengan menyendiri, mungkin wisata Bandung ini sangat cocok untuk Anda kunjungi untuk menyendiri sekaligus melepaskan penat. Terutama bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu beraktifitas di kota besar. Jangan lupa pula menikmati wisata kuliner yang lezat tersedia tak jauh dari lokasi wisata.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Situ Patenggang, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

41. Ranca Upas

Ranca Upas
Image Credit: Spotpedia.id

Berkunjung ke pegunungan indah sembari berkemah merupakan kegiatan favorit bagi kebanyakan dari wisatawan. Apalagi pemandangan sekitar objek wisata menawarkan panorama alam eksotis yang masih alami. Destinasi seperti ini bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Ranca Upas.

Anda tidak akan pernah bosan ketika mengunjungi Ranca Upas. Tersedia beragam spot wisata kece yang siap menyambut dan memanjakan mata. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai kegiatan outbond yang seru, seperti flying fox, jembatan goyang, dan elvis bridge. Apabila Anda ingin lebih dekat dengan hewan seperti Rusa bisa langsung datang ke penangkarannya yang tak jauh dari area kemah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

42. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort
Image Credit: Villabandungmurah.com

Bandung dikenal memiliki cuaca dingin segar. Saat berkunjung ke Kabupaten Bandung tak salah jika ingin mengunjungi Ciwidey Valley. Ciwidey terkenal akan tempat pemandian air panas dengan konsep waterpark. Anda akan melihat pemandangan sekitar yang indah serta menikmati balon air yang menjadi kegiatan seru selama berenang.

Fasilitas lain yang disediakan juga tidak kalah menarik, seperti kolam renang, taman unggas dan taman bermain. Anda akan di buat betah selama berlibur ke Ciwidey Valley. Harga tiket masuk tergolong terjangkau yang di banderol sebesar Rp 20.000. Bila ingin ke pemandian air panas ada dana tambahan sebesar Rp 50.000.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

43. Wisata Curug Upas Bandung

Curug Upas
Image Credit: Tempo.co

Berada pada daerah yang di kelilingi dengan pegunungan membuat Kabupaten Bandung cukup kaya dengan daerah wisata. Terutama untuk wisata yang bersentuhan dengan alam yang berada pada ketinggian, salah satunya adalah Curug Upas. Curug ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati panorama alam yang menyegarkan. Mengingat tempat ini memiliki fasilitas bumi perkemahan dan sejumlah fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjung.

Fasilitas yang tersedia adalah kegiatan outbond, aneka kekayaan hayati yang bisa Anda pelajari, serta yang paling penting adalah wisata kuliner. Meskipun wisata ini terletak pada ketinggian 1700 mdpl namun tetap ada sarana menikmati hidangan khas sembari menyaksikan keindahan alam.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciwidey, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

44. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali
Image Credit: Google Maps (Tommy Wijaya)

Perjalanan menuju kawasan kebun teh ini bisa dijangkau sekitar 2 jam, melewati wisata Kawah Putih dan Ranca Upas. Anda akan menyaksikan hamparan perkebunan teh bak permadani hijau. Tidak jauh dari lokasinya, ada air terjun mini yang semakin menarik perhatian bagi pengunjung. Didukung udara sejuk yang suhunya mencapai 20 derajat celcius, dan paling dingin 5 derajat celcius.

Tersedia fasilitas wahana permain anak yang aman dan camping ground di sekitar area kebun teh. Bagi Anda yang berencana berkemah bisa menggelar tenda di area yang disediakan pengelola. Ada juga wahana flying fox sepanjang 300 meter yang siap menguji adrenalin Anda. Dari ketinggian, Anda akan menyaksikan hamparan hijau yang mampu menyejukkan hati siapa pun yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits di Kab. Bandung

45. Kawah Putih

Kawah Putih
Image Credit: Ciwideytour.com

Bandung merupakan daerah dataran tinggi yah kawan, terletak pada jajaran pegunungan salak, membuat tempat ini memiliki udara yang sajuk. Wisata kawah putih yang berada pada daerah Ciwidey yang memakan waktu perjalanan 1 jam ke arah selatan kota Bandung. Wisata kawah nan eksotis ini terbentuk dari letusan gunung Patuha yang terjadi beberapa ratus tahun silam. Seiring berjalannya waktu bekas dari erupsi dahsyat tersebut berbekas dan membentuk sebuah kawah dengan air bewarna kebiruan.

Wisata alam yang hits di kabupaten Bandung ini di buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore dengan tiket masuk yang cukup terjangkau. Pemandangan yang indah dari bekas letusan tersebut akan membuat Anda bersama keluarga betah berlama-lama disana. Apa lagi saat ini telah ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan di sekitar daerah wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat.

46. Taman Hutan Raya IR Juanda

Taman Hutan Raya IR Juanda
Image Credit: Yourbandung.com

Jika Anda sedang berada di Bandung tak salah bila ingin mampir ke Taman Hutan Raya Juanda atau yang lebih dikenal Tahura Juanda. Lokasi hutan ini tak begitu jauh dari pusat kota sehingga begitu strategis. Ada beragam pilihan wisata di hutan konservatif ini. Menariknya destinasi ini merupakan lumbung paru-paru oksigen Bandung.

Kelebihan Tahura Juanda adalah pengunjung bisa mengunjungi banyak destinasi wisata sekaligus. Selain merasakan kesejukan tempat wisata,  pengunjung bisa mengunjungi spot-spot keren di sekitar lokasi. Harga tiket cukup terjangkau dengan hanya membayar Rp 11.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan mancanegara di patok dengan harga Rp 76.000.

Harga Tiket: Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat.

47. Gunung Puntang

Gunung Puntang
Image Credit: Komunitas-semut.blogspot.com

Beralih pada daerah wisata dataran tinggi lagi yang memiliki ketinggian 2222 mdpl. Gunung yang satu ini merupakan saksi bisu mengenai penjajahan Belanda kala itu. Mengingat di gunung ini terdapat sebuah pemancar gelombang radio pertama di Asia Tenggara dan juga beberapa peninggalan lainnya yang merupakan bekas sisa era kolonialisme.

Namun saat ini, tempat nan indah ini berubah menjadi bumi perkemahan yang dapat Anda kunjungi. Memiliki banyak peninggalan bersejarah membuat acara berkemah di Gunung Puntang akan menambah keunikan tersendiri. Apalagi terdapat beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk menikmati suasa alam sekitar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekarjaya, Kec. Banjaran, Kab. Bandung, Jawa Barat.

48. Situ Cileunca

Situ Cileunca
Image Credit: Instagram.com @bonry.d

Untuk menuju destinasi wisata Situ Cileunca butuh waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari pusat kota. Begitu tiba Anda disuguhi pemandangan danau yang tenang dan memikat hati. Tersedia Camping Ground dengan suasana romantis dan eksotis di malam hari. Anda bisa berkemah di pinggir danau sambil mengagumi keindahan alam yang tersaji dan udara yang cukup sejuk.

Bukan hanya sebagai sumber tenaga PLTA, tetapi danau ini dimanfaatkan sebagai tempat rafting. Aliran air yang deras tampak memacu adrenalin dan menantang untuk ditaklukkan. Ada pula kebun strawberry dan arbei yang ditujukan sebagai wisata petik di Situ Cileunca. Jika enggan berkemah di camping ground, Anda bisa menginap di penginapan yang tesedia sekitar area wisata.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Wanasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat.

49. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Image Credit: Rhomandeef.com

Memiliki nama Tebing Keraton bukan berarti tempat ini berada di sebuah kerajaan. Berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, objek wisata yang hits ini menawarkan panorama keindahan alam yang menakjubkan. Akan tetapi memiliki kondisi tanah yang berbatu apa lagi berada pada dataran tinggi membuat batu-batu tersebut licin untuk dilalui. Akibat lumut atau embun pada area sekitar tebing tersebut.

Jika berkunjung ke Tebing Keraton, Anda sebaiknya lebih berhati-hati mengingat kondisi medan yang cukup berbahaya. Namun di sisi lain, wisata ini menyuguhkan keindahan alam hutan berlatara dan pegunungan yang memukau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat.

50. Bukit Bintang

Puncak Bintang
Image Credit: Pariwisatabandung.info

Lokasi wisata Bukit Bintang berada di kabupaten Bandung yang menawarkan panorama kota dari atas ketinggian. Namun di tempat ini memiliki cerita spiritual tersendiri, yang dahulu dijadikan tempat bertapa dan menenangkan diri Presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Di luar bingkai spiritual, objek wisata ini menyimpan keindahanya sendiri yaitu area perbukitan yang di kelilingi dengan hutan pinus.

Keindahan tersebut berlanjut pada malam harinya terutama pada bagian puncak bukit. Disana Anda dapat melihat pemandangan indah kota yang dihiasi kerlap-kerlip lampu. Apalagi suasana tenang dan nyaman yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung di Bukit Bintang ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat.

51. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey
Image Credit: Google Maps (Jenal Mutakin)

Memiliki konsep wisata bertemakan love, membuat destinasi ini digandrungi oleh pasangan muda-mudi. Apalagi di dukung suasana nyaman nan romantis, tak heran tempat ini terkadang digunakan sebagai foto pre-wedding. Taman Love merupakan salah satu lokasi favorit saat berkunjung kesini. Letaknya di tengah danau di Barusen Garden sehingga cocok untuk spot foto kekinian.

Waterboom Barusen Hills juga digemari oleh anak-anak, sebab ada beragam wahana permainan air seperti seluncuran dan ember tumpah. Tidak lupa Barusen Lake yang dikelilingi taman berbunga warna-warni yang indah. Anda bisa berkeliling area danau dengan perahu dayung, serta menikmati pemandangan simbol love di tengahnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat.

52. Jembatan Kereta Api Cikudapateuh Ciwidey

Jembatan Kereta Api Cikudapateuh Ciwidey
Image Credit: Google Maps (Hadi Yazid)

Dulunya jalur kereta ini dibangun untuk mengangkut hasil bumi dari Bandung Selatan ke Stasiun Bandung hingga Batavia. Karena sudah ditutup sejak tahun 1979, maka difungsikan sebagai kawasan wisata yang cukup unik. Latar rel kereta api zaman kolonial menjadi spot foto instagramable yang digemari para traveler. Anda juga bisa napak tilas jalurnya seolah kembali di masa jembatan ini masih beroperasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciwidey No.255, Sadu, Kec. Soreang, Kab. Bandung, Jawa Barat.

53. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey
Image Credit: Dakatour.com

Tempat menarik selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Bukit Jamur. Daerah yang di kelilingi oleh area pegunungan ini memiliki hal yang unik yaitu dedauan pohon yang di bentuk lingkaran. Sekilas bagian pohon tersebut terlihat menyerupai jamur yang memiliki bagian atas yang sedikit melingkar.

Suasana yang sejuk indah dan masih alami membuat Anda betah. Destinasi wisata yang seperti inilah yang kita butuhkan untuk mengusir penat yang membebani pikiran kita atau sekedar menikmati penorama alam. Selain hawa sejuk, deretan pepohonan di setiap arah setiap kali memandang menambah kesan tersendiri untuk bukit Jamur Rancabolang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Objek Wisata Hits Dekat Bandung

54. Pemandian Air Panas Ciater

Air Panas Ciater
Image Credit: Katalogwisata.com

Bergeser sedikit ke arah bawah dari tingginya pegunungan, Anda bisa menikmati relaksasi di pemandian air panas Ciater. Pemandian air panas yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari pra vulkanik gunung Tangkuban Perahu. Mengingat dari aktifitas tersebut dapat menghasilkan sumber-sumber air panas yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Memilih wisata ini untuk menghabiskan waktu sembari bersantai merupakan pilihan yang tepat.

Wisata yang satu ini bisa membuat Anda melepaskan sedikit penat dan melemaskan otot yang tegang ketika berkerja. Banyak lagi manfaat yang Anda dapatkan ketika berendam dan bermalas-malasan di tempat wisata ini selain kesahatan tentunya dalah relaksasi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

55. Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka
Image Credit: Nativeindonesia.com

Bandung juga memiliki beragam curug indah salah satunya yaitu air terjun Curug Cinulang Cicalengka. Lokasi wisata terletak di perbatasan Bandung dan Sumedang. Meski demikian pemandangan yang tersaji sangat ciamik. Anda hanya perlu menggelontorkan uang sebesar Rp 10.000 bila ingin mengunjunginya.

Fasilitas di arena lokasi terbilang lengkap. Terdapat fasilitas umum seperti toilet,  tempat duduk,  dan mushola. Wisata kuliner pun bisa di pilih mengingat tersedia banyak sekali warung-warung di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata menarik dan populer di Bandung yang bisa Anda kunjungi ketika musim liburan tiba. Petualangan Anda bisa semakin seru dan menyenangkan bila mampir ke salah satu destinasi di atas selagi di Kota Kembang. Segala rasa penat akan hilang seketika melihat keindahan yang ada. Namun perlu diketahui bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu bergantung pihak pengelola wisata.