15 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Paling Hits

Wisata Alam Bandung

Kota Bandung menyimpan banyak sekali objek wisata alam hits dan populer. Anda bisa mengajak keluarga atau saudara untuk mengunjungi tempat wisata tersebut sambil mengisi waktu luang.

Bandung adalah salah satu kota yang memiliki tempat wisata yang menjadi incaran para wisatawan untuk datang berkunjung. Tempat wisata di Bandung memiliki daya tarik tersendiri karena dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki hawa yang sangat sejuk.

Tak hanya itu saja, Bandung juga memiliki banyak sekali wisata yang mengusung berbagai wisata yang unik untuk liburan dan hiburan. Yuk simak apa saja wisata alam yang ada di Bandung dan wajib Anda kunjungi berikut.

1. De Ranch

De Ranch

Image Credit: Reddoorz.com

De Ranch adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang menawarkan pesona berkuda ala koboi yang keren. Tak heran jika lokasi wisata ini menjadi tempat favorit bagi anak anak di Bandung. Udara di sekitar De Ranch pun juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Pengunjung yang ingin berkuda maka akan diberikan kostum ala koboi berupa topi dan rompi. Kemudian pengunjung pun akan diajak berkeliling lokasi De Ranch sambil didampingi oleh pemandu kuda.

Saat ini terdapat banyak sekali jenis hiburan di De Ranch yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya adalah delman, panahan, fun boat, kolam pancing, Gold Hunter dan lain sebagainya. Wisata ini juga merupakan wisata edukatif bagi anak anak yang berkunjung. Sementara para orang tua bisa bersantai di restoran sambil menikmati susu Lembang dan berbagai pananganan lainnya.

Lokasi: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

2. Stone Garden Padalarang

Stone Garden Padalarang

Image Credit: Travelspromo.com

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui keindahan yang disuguhkan diatas bukit Stone Garden ini. Wisata ini memiliki banyak sekali bebatuan yang bertabur di sepanjang area tersebut. Pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata Batu ini tampak fenomenal dan mengundang decak kagum para pengunjungnya. Tempat wisata ini merupakan tempat yang terbentuk secara alamiah dan terletak di dataran tinggi.

Setelah treking melewati bebatuan yang menanjak, Anda bisa menapak dan melihat padang rumput tempat bebatuan yang tegak dengan formasi yang begitu artisitik. Keindahan pemandangan yang terhampar luas ini aka memanjakan para pengunjung yang datang. Bahkan banyak sekali wisatawan yang mengatakan jika keindahan pemandangan Stone Garden Padalarang tidak kalah bagus dengan Grand Canton yang ada di Amerika.

Lokasi: Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Dago

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Curug Dago adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Kota Bandung. Air Terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, namun air terjunnya sangatlah indah. Hanya memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, para pengunjung akan terpana dengan keindahan yang dimiliki oleh Curug Dago ini. Anda akan tersihir dengan keindahan air terjun yang ada di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Karawang Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

4. Kawah Putih

Kawah Putih

Image Credit: Befreetour.com

Siapa yang tidak mengenal kawah putih yang ada di Bandung? Tak hanya diminati oleh para wisatawan lokal, namun banyak wisatawan mancanegara yang mengincar destinasi tersebut. untuk mencapai tempat ini Anda harus melewati perkebunan teh tertua yang ada di Indonesia.

Keindahan pemandangan yang sangat spektakuler ini mampu membuat siapa saja terhipnotis. Kawah ini kadang akan berubah warna menjadi coklat susu dan lebih sering berwarna putih saat udara dipenuhi kabut kebal.

Lokasi: Desa Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

5. Farm House

Farm House

Image Credit: Alampriangan.com

Wisata alam yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Farm House. Wisata ini mulanya menyerupai pertanian mini dengan bunga bunga cantik beserta dengan peternakan mininya. Letaknya pun mudah untuk dicapai karena berada di Jalan Setiabudi yang merupakan jalan utama menuju Lembang. Anda bisa mengambil banyak sekali foto yang sangat apik dengan latar belakang rumah Hobit.

Selain itu Anda juga bisa mencoba busana ala Eropa yang khas saat berkunjung ke destinasi wisata ini. Tak hanya itu bangunan yang ada di Farm House juga sangat apik dan mirip dengan bangunan yang ada di Eropa. Tak hanya itu anak anak juga akan dijamin betah saat berkunjung ke wisata ini karena bisa berinteraksi dengan hewan hewan yang ada di peternakan seperti kelinci, kambing, burung, ayam dan bebek.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

Image Credit: Hellosemarang.com

Lokasi wisata ini memiliki tempat yang sangat bersih dan menghijau karena banyak sekali dedaunan pohon pinus yang tumbuh di sana. The Lodge adalah lokasi wisata favorit yang sangat wajib dikunjungi. Di tempat wisata ini Anda akan menikmati keindahan dan udara yang sejuk serta jauh dari polusi udara.

Anda bisa melakukan banyak kegiatan menarik di objek wisata ini seperti naik kuda, petualangan untuk anak, melukis, bersepeda hingga aktivitas outbond.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat

7. Grafika Cikole

Grafika Cikole

Image Credit: Localguidesconnect.com

Grafika Cikole adalah lokasi wisata berupa penginapan dan restoran yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Lokasinya yang dikelilingi oleh hutan pinus ini memiliki luas 9 hektar dan memiliki hawa yang sangat sejuk. Selain melakukan kegiatan outbond, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan menarik. Misalnya memetik strawberry, bermain di rumah pohon, flying fox, berkemah hingga melakukan prewedding.

Para pengunjung bisa bisa menggunakan berkunjung ke restoran dan menikmati lezatnya makanan sambil melihat keindahan alam disekitarnya. Bangunan restoran ini berada di antara bukit hutan pinus dan merupakan rumah makan pondok terbuka. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Pendopo Hutan yang merupakan bangunan di alam terbuka yang berada di kawasan hutan pinus dan perbukitan.

BACA JUGA:  Berwisata & Menyusuri Sejarah Keraton Kanoman Cirebon

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Ranca Upas Ciwidey

Image Credit: Beritagar.id

Ranca Upas adalah kawasan hutan lindung yang dikenal sebagai lokasi berkemah di kawasan Bandung Selatan dengan pemandangan alam yang sangat spektakuler. Para pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam yang mempesona di saat sunrise muncul diantara perbukitan.

Di area yang sangat luas ini, para pengunjung bisa melihat rusa yang hidup bebas di habitat alaminya, pemandian air panas dan melakukan outbond.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

9. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Image Credit: Travelspromo.com

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat spektakuler dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak sekali pengunjung yang sengaja datang untuk sekedar mengambil foto yang hits dengan latar belakang hamparan taman hutan raya serta udaranya yang segar. Anda juga bisa menyaksikan barisan bukit yang tampak menjulang dari kejauhan, sehingga semua orang yang berkunjung akan merasakan ketenangan ketika melihat pemandangan ini.

Jika langit sedang cerah, para pengunjung bisa menikmati matahari pagi yang muncul diantara awan yang berkabut. Demikian juga ketika matahari tenggelam, langit sore diatas Tebing Keraton juga akan dihiasi dengan warna keemasan. Para wisatawan biasanya akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang tersebut, sehingga foto yang dihasilkan akan tampak hits dan populer.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

10. Lereng Anteng

Lereng Anteng

Image Credit: Dailyculinary.net

Lereng Anteng adalah kafe yang memiliki konsep panoramic yang berlokasi di lereng Cimbuleuit dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Pengunjung yang datang berkunjung akan bisa menikmati keindahan pemandangan ke Bukit Punclut yang sangat terkenal.

Kafe ini sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu outdoor, semi outdoor dan indoor. Jika Anda ingin merasakan udara yang terbuka, pengunjung bisa duduk di kursi kayu dan tenda area outdoor.

Lokasi: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

11. Rumah Strawberry Lembang

Rumah Strawberry Lembang

Image Credit: Candraina.blogspot.com

Jika Anda ingin merasakan wisata petik buah yang mengesankan, Anda bisa berkunjung ke Rumah Strawberry Lembang yang ada di Bandung. Anda bisa langsung memetik buah strawberry langsung dari pohonnya. Rumah Strawberry ini menawarkan kafe dan penginapan yang dilengkapi dengan kebun strawberry, area outbond dan playground.

Selain pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona, Anda juga bisa menikmati makanan dengan harga yang dijamin terjangkau di tempat ini.

Lokasi: Jl. Cigugur Girang No. 145, Cigugur Girang, Parongpong, Karyawangi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

12. Kebun Binatang Mini PVJ

Image Credit: Mamehghina.blogspot.com

Image Credit: Mamehghina.blogspot.com

Tempat wisata ini adalah satu dari sekian banyak tempat wisata edukatif yang unik di Bandung. Kebun mini ini memiliki banyak sekali hewan lengkap baik herbivora ataupun karnivora. Sementara pada bagian atap atau rooftop yang tertutup terdapat kanopi yang disangga dengan bambu. Para wisatawan bisa mengunjungi area taman burung, taman binatang ternak, main skating, serta menikmati berbagai kuliner Bandung di kafetaria.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Indramayu Favorit Dikunjungi Wisatawan

Di tempat wisata ini anak anak bisa belajar memberi makan burung dan ternak. Sehingga akan menambah pengalaman anak untuk berinteraksi dengan hewan hewan yang ada di dalam kebun binatang. Selain liburan, Anda juga menawarkan hal baru pada si kecil. Anda tidak perlu khawatir kepanasan, karena suasana kebun binatang sangat sejuk. Anda mungkin akan merasa ada di dalam mall karena hawa sekitar lokasi ini sangat dingin.

Lokasi: Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

13. Taman Begonia

Taman Begonia

Image Credit: Tourbandung.id

Taman Begonia adalah salah satu destinasi wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan yang datang ke Bandung. Banyak sekali pengunjung yang mengunggah foto foto taman bunga ini sehingga mengundang perhatian para pengguna sosial media. Saat berkunjung ke lokasi ini Anda akan menikmati keindahan warna warnai dari beragam bunga lokal maupun dari mancanegara.

Di tempat ini Anda akan bisa menyaksikan keindahan bunga Bali yaitu Balinea yang memiliki warna beragam. Bunga lain yang tak kalah indah antara lain Geranium, Celosia, Melampodium, Bunga Salvia dan masih banyak bunga lainnya. Selain bisa menikmati kawasan konservasi, pengunjung juga bisa sekaligus bisa menikmati kesejukan udara di Lembang. Dengan pemandangan yang sangat indah ini, hasil foto Anda akan sangat bagus dan instagramable.

Lokasi: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Pinisi Resto dan Glamping Lokeside

Pinisi Resto dan Glamping Lokeside

Image Credit: Bobocantik.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata alami nan indah di Bandung, maka wisata Hits di Bandung ini bisa menjadi tujuan yang tepat. Memiliki lokasi perkemahan yang dekat dengan danau Situ Patenggang, kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong yang asyik.

Selain itu, Anda juga bias menikmati makanan yang ada di menu sambil melihat pemandangan kebun teh di kanan kiri jalan. Anda juga bisa mengabadikan momen dengan latar belakang yang spektakuler.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

15. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater

Image Credit: Katalogwisata.com

Air Panas Ciater berada di perbatasan Subang dan merupakan salah satu tempat wisata Banun yang paling ramai dikunjungi. Tak hanya berfungsi untuk rekreasi, air panas ciater memiliki pengaruh untuk kesehatan anda.

Air panas Ciater memiliki sumber langsung dari kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater ini sangat cocok bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak.

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

Tak hanya dikenal sebagai Kota Gadis, Bandung ternyata memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat hits dan dapat membuat kagum. Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk berkunjung ke wisata di Bandung tersebut. Apalagi jika Anda mengajak anak untuk berkunjung ke Bandung, maka Anda bisa mengajaknya untuk berlibur sambil belajar. Sehingga anak bisa memanfaatkan liburan dan menambah wawasan.