10 Tempat Wisata di Dago Bandung yang Paling Hits

Wisata Dago Bandung

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Dago, Bandung (Jawa Barat). Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Dago.

Bandung terkenal sebagai salah satu kota metropolitan bersuhu sejuk yang banyak dikunjungi pengunjung terutama jika libur panjang telah tiba. Berlokasi tepat di daerah pegunungan tinggi, sejarah dan kondisi alamnya inilah yang berhasil menarik perhatian. Menyuguhkan segudang tempat wisata cantik yang sayang dilewatkan, dijamin berlibur satu hari tidak akan pernah cukup.

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata hits di Dago, Bandung yang harus dikunjungi untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

1. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Image Credit: Travelspromo.com

Kondisi alam di kota Bandung memang masih terjaga cukup baik, yang salah satunya dapat ditemukan di Tebing Keraton. Menjadi satu dengan lokasi wisata Taman Hutan Raya, Tebing cantik satu ini dikatakan sebagai spot terbaik untuk menikmati kota Bandung dari sisi berbeda. Bagaimana tidak, terlukis hamparan pepohonan hijau tampak menghiasi area perkotaan tampak jelas sekaligus memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pagi hari dikatakan sebagai waktu terbaik untuk mengunjunginya, karena pengunjung akan disuguhkan pemandangan ciamik dari marahari terbit. Sungguh tidak mengherankan jika kawasan ini seringkali menjadi lahan berburu bagi mereka yang hobi fotografi. Menjelang hari libur tiba, tempat ini semakin dipadati wisatawan yang sekedar ingin menikmati nuansa lebih tenang dan dekat dengan alam.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

2. Taman Hutan Raya Juanda

Image Credit: Busbandung.com

Selagi menapaki kaki di Bandung, mampirlah sebentar ke Taman Hutan Raya Juanda. Berlokasi di ketinggian sekitar 800 hingga 1.350 mdpl, hutan asri ini sangat ideal bagi Anda yang mencari tempat terbaik untuk melepaskan penat di pikiran. Sejak memasuki kawasan wisata, Anda akan menyadari keberagaman flora maupun fauna yang berada di lokasi tersebut. Masih di tempat yang sama, pengunjung juga bisa melakukan wisata sejarah.

Jika masuk lebih dalam ke dalam hutannya, akan ditemukan sebuah peninggalan sejarah berupa sebuah Gua Jepang yang diperkirakan telah ada sejak 1942 silam. Gua bersejarah sepanjang 70 meter tersebut, bahkan berlokasi tidak jauh dari Gua Belanda yang cukup terkenal. Tidak jauh dari sana ditemukan pula 3 curug yang tampak segar. Seakan selangkah lebih dekat dengan alam, disinilah pengunjung dapat beristirahat sejenak dari hiruk pikuk khas perkotaan.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

3. Dago Pakar

Dago Pakar

Image Credit: Tour-in-bandung.blogspot.com

Sejak menginjakkan kaki di kawasan wisata ini, kesan menyatu dengan alam kental terasa. Kesan tersebut benar adanya, karena Dago Pakar masih berlokasi di Taman Hutan Raya Djuanda atau lebih dikenal Tahura Djuanda. Berlokasi di ketinggian sekitar 800 higga 1350 mdpl, udara sejuk seakan membelai halus di permukaan kulit wajah. Di luas lahan sekitar 527 hektar ini, ditemukan berbagai pepohonan dengan jenis berbeda dan beberapa hewan dari Taman Hutan Kotanya.

Bukan hanya menikmati pemandangan sekitar semata, pengunjung juga diajak mengenal peninggalan sejarah di tahun 1970 yang berupa Gua Jepang dengan panjang sekitar 70 meter. Tidak berada jauh dari sana, ditemukan pula Gua Belanda yang dibuat tahun 1941 tidak kalah menarik perhatian. Usai menikmati wisata sejarah, pengunjung pun akan dimanjakan dengan 3 buah curug yang siap memanjakan mata.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.12, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

4. The Valley Bistro Cafe

The Valley Bistro Cafe

Image Credit: Garasikuliner.blogspot.com

The Valley Bistro Cafe disebut sebagai cafe terbaik untuk sekedar nongkrong ria bersama teman sambil menikmati waktu luang. Menawarkan segudang menu lezat dengan harga terjangkau, wajar jika tempat ini banyak diincar oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Nuansanya yang romantis berkat bantuan lampu lampu cantik yang berpadu mesra dengan pemadangan alam Dago, pengunjungnya seakan dibuat betah berlama lama disana.

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28 Dago, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

5. Bird and Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Berlibur bukan hanya tentang menikmati alam sembari menikmati wahana yang ada semata, karena Anda juga bisa melakukan wisata edukasi dan alam dalam satu waktu. Semua hal tersebut bisa ditemukan di Bird and Bromelia Pavilion, dimana pengunjung disuguhkan dengan tempat tinggal dari 50 spesies burung berbeda. Mulai dari burung macau, burung nuri, burung kakak tua, hingga love bird bisa disaksikan dari dekat.

Menonton burung burung bertengger dan sebagian lagi terbang di angkasa yang luas ataupun akan terasa membosankan. Oleh karenanya pihak pengelola memperbolehkan pengunjungnya untuk berinteraksi langsung dengan memberikan pakan kesukaan mereka. Sebagai tambahanya, pihak pengelola menanam sejumlah tumbuhan langka yang bisa menjadi penghias alami di area wisata populer satu ini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Kuningan Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Image Credit: Merdeka.com

Dago memang diidolakan sebagai wilayah yang menyimpan segudang tempat wisata menarik yang sayang dilewatkan, salah satunya Kebun Binatang Bandung. Sebelum terkenal dengan namanya yang sekarang, dahulu tempat wisata ini bernama Derenten yang artinya kebun binatang. Setidaknya ada sekitar 213 koleksi satwa, dimana 79 satwa tergolong hewan yang dilindungi dan sisanya adalah satwa yang tidak dilindungi dan lebih banyak berasal dari luar negeri.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

7. Amazing Art World

Amazing Art World

Image Credit: Arsipinfo.com

Masih berada di sekitar daerah Dago, Anda bisa menemukan tempat wisata hits dan kekinian bernama Amazing Art World. Hanya dengan mendengar namanya, bisa ditebak bahwa tempat ini menyajikan aneka lukisan keren dan juga lucu yang bisa diabadikan. Museum lukisan satu ini memiliki konsep 3D, 4D, bahkan ada pula berukuran 5D yang bisa menjadi spot terbaik berburu foto unik nan lucu.

Di dalam museum tersebut, tersedia ratusan gambar maupun lukisan yang tampak menipu mata. Sesuai dengan konsepnya, lukisan cantik di dindingnya seakan hidup dan keluar dari dalam dinding. Konsep lukisannya sendiri cukup beragam seperti Korea, China, dan juga Filiphina. Dihadirka dengan beberapa zona berbeda, dijamin pengunjung tidak akan pernah bosan meski seharian berada disana.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

8. Cafe D’ Pakar

Cafe D’ Pakar

Image Credit: Pegipegi.com

Berlibur ke Dago namun tidak sempat mencicipi aneka kuliner lezatnya adalah sebuah kesalahan. Sebelum menyesal, sebaiknya sempatkan diri ke Cafe D’ Pakar sebelum mengakhiri perjalanan Anda. Selama berada disana, pengunjung akan disuguhkan dengan kuliner sedap dengan nuansa romantis berkat view alam dari Taman Hutan Raya Juanda. Benar, Cafe populer ini disebut sebagai tempat terbaik lainnya untuk menikmati alam Dago sembari menikmati hidangan.

Gaya arsitektur bangunanya yang menggabungkan antara gaya Jawa dan Sunda ini, terlihat khas dan menarik perhatian. Menu yang disajikan pun cukup lengkap, mulai dari makanan berat hingga camilan seperti es krim tersedia disini. Dijamin mengunjungi Cafe D’ Pakar dapat menghadirkan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya. Sudahkan Anda mengunjungi Cafe populer satu ini ?

BACA JUGA:  17 Minuman & Makanan Khas Karawang yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

9. Dago Dream Park

Dago Dream Park

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Dago Dream Park, adalah satu dari sekian banyak tempat wisata yang sangat cocok untuk mengajak satu keluarga besar berlibur di Bandung. Menyuguhkan sederet spot kekinian nan instagramable, wajar jika tempat ini banyak diburu generasi muda. Bahkan para pengunjung akan dimanjakan dengan adanya pemandangan alam berupa deretan pohon pinus, yang dihiasi dengan aliran sungai yang tampak menenangkan.

Selagi menikmati udara sejuk dan pemandangan serba hijau, ada segudang wahana seru yang sayang dilewatkan. Contohnya saja seperti wahana karpet aladin yang tengah hits di sosial media satu ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman seakan terbang bebas dengan mengendarai sebuah karpet. Wahana yang tidak kalah seru lainnya bernama Skybike, Lost and Paradise, Archery, Choo Choo Train, Anti Gravity, hingga Kampoeng Dayang Sumbi.

Lokasi: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

10. One Eighty Coffee

Image Credit: Uzone.id

Beberapa waktu belakangan, masyarakat dihebohkan dengan adanya Cafe terbaru yang mengusung konsep unik di Dago. Cafe yang dimaksudkan tersebut bernama One Eighty Coffee, dimana pengunjung bisa duduk santai dan menikmati secangkir kopi pilihan di area outdoor sembari merendam kaki di dalam kolam. Tidak perlu takut tenggelam, pasalnya pihak pengelola mendesain sedemikian rupa agar air hanya menutupi sedalam mata kaki untuk orang dewasa.

Desain unik dan berikan nuansa baru, dianggap ideal sebagai tempat nongkrong hits ketika ingin melepaskan penat setelah melakukan perjalanan jauh. Kesegaran air kolamnya yang bersih terasa menyegarkan, dan akan terasa nikmat sembari menyantap hidangan yang sudah dipesan. Ditambahkan sejumlah tanaman tampak melekat di bagian dinding cafe, pemandangan serba hijau yang dipadukan dengan air kolamnya tidak pernah mengecewakan.

Lokasi: Jl. Ganesa No.3, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Berkunjung ke kota Bandung, sempatkan melipir ke daerah Dago yang terkenal akan berbagai tempat wisata hits yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari wisata alam asri hingga cafe terbaik untuk sekedar nongkrong cantik bisa ditemukan disini. Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk berkat kondisi alamnya yang terjaga, ampuh menghilangkan penat di pikiran dan mengembalikan semangat untuk memulai hari yang baru keesokan harinya.