Stone Garden Padalarang, destinasi wisata alam dengan pesona bebatuan alami di perbukitan Bandung. Taman batu yang menjadi jejak sejarah di masa lampau menghadirkan pemandangan alam yang unik.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.
Map: Cek Lokasi

Kota Kembang yang terkenal dengan udaranya yang sejuk juga memiliki pesona yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak tempat tersembunyi yang akan hadirkan panorama dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Stone Garden atau Taman Batu di Padalarang. Pemandangan yang indah dan spot foto melimpah menjadikan taman batu ini sebagai tempat liburan yang paling populer. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut.

Pesona Taman Batu Padalarang Bandung

Pesona Taman Batu Padalarang
Image Credit: Twitter.com @schickglruber

Seperti namanya, Taman Batu atau yang akrab dikenal dengan Stone Garden adalah sebuah kawasan gunung kapur. Karena memiliki bentuk yang artistik menjadikan tempat satu berubah menjadi tempat wisata yang menarik. Banyak pengunjung dari berbagai daerah yang mengunjungi tempat unik satu ini.

Sebelum menginjak lebih jauh, beberapa literatur menyebutkan jika gunung kapur ini dahulunya adalah lautan dangkal. Akibat dari proses alam, menjadikan lautan dangkal tersebut berubah menjadi batuan. Bahkan, koral yang sebelumnya tinggal di lautan ini, mati dengan sisa fosil yang masih bisa untuk ditemukan.

Banyak literatur juga menyebutkan jika adanya tempat ini berkaitan dengan sejarah purbakalan. Mengingat masih banyak ditemukan sisa fosil yang berada di area dengan luas sekitar 2 ha tersebut. Alasan inilah yang menjadikan tempat ini dikenal sebagai Stone Garden Geo Park.

Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 709 mdpl, lebih tepatnya di puncak Gunung Pawon membuat pemandangannya begitu indah. Wisata satu ini juga kondang dikenal dengan wisata Pasir Pawon. Anda akan disuguhkan dengan pesona bebatuan dengan berbagai bentuk yang artistik. Ditambah dengan hamparan hijau yang mem bingkainya.

Tempat wisata satu ini sebenarnya sudah cukup lama, yakni di sekitar tahun 2014. Dimana pada saat awal awal dibuka, destinasi satu ini langsung menarik banyak perhatian, baik dari masyarakat kota Bandung sendiri atau masyarakat luar kota. Ada banyak daya tarik yang membuat destinasi satu ini masih hits hingga saat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Stone Garden Bandung

Daya Tarik Stone Garden Bandung
Image Credit: Instagram.com @aucy.begundal.07

Daya tarik utama yang akan Anda temui di tempat ini adalah hamparan batu. Batu yang tersusun secara acak dan berbagai ukuran ini memang membuatnya berbeda. Berserak begitu saja di lahan yang begitu luas, dan bebatuan ini membuat Anda seakan tidak berada di Padalarang. Apalagi batuan tersebut justru tersusun secara alami.

Seperti yang disinggung sebelumnya, tempat satu ini diduga terbentuk karena adanya danau luas letika zaman purba. Danau ini bisa Anda temui hingga sekarang sekalipun sudah dangkal. Airnya memang sudah menyusut, tetapi pengunjung tidak disarankan untuk turun ke danau. Cukup menikmati paduan panorama danau dengan bebatuan yang justru semakin eksotis.

Dengan keindahan yang ditawarkan, rasanya sayang untuk tidak mengabadikan setiap momen di tempat satu ini. Lokasinya yang berada di tengah bukit, juga menyajikan pemandangan dari atas ketinggian. Beberapa pengunjung banyak yang berpendapat jika Stone Garden memiliki pemandangan layaknya Christmas Island yang berada di Australia.

Daya Tarik Stone Garden
Image Credit: Facebook.com @jacktour

Selain pemandangannya yang indah, tempat unik satu ini juga memiliki Gua Pawon. Gua Pawon bisa dikatakan sebagai bukit purbakalanya kota Bandung. Hingga saat ini bukit ini masih terjaga dan dirawat dengan begitu baik. Memasuki Goa Pawon, Anda akan menemukan beberapa fosil dari manusia yang bertahan hingga saat ini.

Sekalipun menjadi gua, tetapi goa satu ini tidak ada cerita mistis seperti kebanyakan. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mendatangi tempat yang memiliki banyak hal yang berkaitan dengan masa purbakala ini. Suasananya yang unik lengkap dengan panorama yang indah, menjadi Stone Garden juga sangat cocok sebagai lokasi untuk berburu foto.

Karena berada di ketinggian, Anda juga bisa menanti sunset yang tak kalah menarik. Perpaduan taman batu, pemandangan dari ketinggian dan siluet senja yang menyapa tentu begitu indah. Hal ini tentunya akan semakin menambah keindahan dari tempat ini. Apalagi suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk juga turut dimiliki oleh Taman Batu Bandung ini.

Alamat dan Rute Menuju Stone Garden Padalarang

Alamat Stone Garden Padalarang
Image Credit: Google Maps (Lutfi Azizi)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini, Anda bisa mengunjunginya di Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi dari Stone Garden ini tidak jauh dari Karang Hawu. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 8 km atau 20 menitan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Apabila Anda melakukan perjalanan dari Padalarang, jaraknya sekitar 5 km saja. Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi demi keamanan dan fleksibilitas. Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Taman Batu ini.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, maka Anda bisa menggunakan jalan Tol Padalarang untuk menuju Padalarang. Sementara untuk Anda yang melakukan perjalanan dari arah bandung, Anda bisa langsung melajukan kendaraan menuju jalur tol Cipularang. Nantinya Anda akan keluar dari Tol Padalarang menuju Kota Parahyangan.

Dari sini Anda bisa mengikuti jalur untuk menuju Cianjur hingga akhirnya masuk ke Jalan Raya Cipatat. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan ambil rute ke jalan Desa Gunung Masigit. Nantinya Anda akan sampai di kawasan Kampung Giri Mulya. Dimana kawasan ini berada di area Gunung Pawon.

Dan bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan angkutan umum, ada baiknya untuk menggunakan transportasi online. Hal ini dikarenakan tidak semua angkutan umum bisa mengantarkan Anda tepat ke lokasi tujuan. Perjalanan dengan menggunakan kendaraan akan diteruskan dengan trekking. Jalanan yang cukup terjal membuat Anda harus memiliki kondisi fisik yang kuat.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Batu Padalarang

Harga Tiket Taman Batu Padalarang
Image Credit: Google Maps (Ridho Wiryawan)

Keindahan yang ditawarkan oleh Taman Batu ini memang tiada duanya, tetapi tidak membuat harga tiket masuknya mahal. Anda bahkan hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 3 ribu saja. Biaya tersebut tentunya sangat terjangkau dan bisa berubah sewaktu waktu. Tapi tentunya kenaikannya tidak akan berkali kali lipat.

Harga tersebut juga belum termasuk dengan biaya Anda masuk Gua Pawon. Memasuki Goa ini, Anda harus menyediakan budget mulai dari Rp. 6 ribu saja. Biaya juga belum termasuk biaya parkir kendaraan Anda. Umumnya biaya parkir ini mulai dari Rp. 3 ribu hingga di atas Rp. 10 ribu. Perubahan harga ini tidak akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari 06.00 pagi hingga 17.00 sore. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah ketika pagi atau sore hari. karena merupakan taman batu, ketika siang hari udaranya terasa panas. Selain itu, pastikan tidak datang saat selesai hujan, mengingat medannya akan licin saat hujan turun.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Stone Garden

Kegiatan di Stone Garden
Image Credit: Instagram.com @_imagnetic_

1. Hiking atau Treckking

Kegiatan pertama yang pastinya akan Anda lakukan ketika mengunjungi Stone Garden ini adalah hiking atau treking. Perjalanan untuk tiba di puncak bukitnya memang hanya bisa ditempuh dengan mengandalkan kedua kaki Anda. Inilah mengapa destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang.

Medan yang harus ditaklukkan adalah medan yang menanjak. Semakin naik, Anda akan melihat keindahan dari bukit ini perlahan lahan. Semakin tidak sabar untuk bisa lebih cepat tiba di puncaknya. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang mendukung, mengingat ada beberapa area yang memang lebih licin.

2. Bersantai Sambil Wisata Sejarah

Setelah menempuh perjalanan menantang, kini saatnya Anda menikmati pesonanya. Anda bisa duduk di gazebo, sepanjang mata memandang Anda akan disuguhkan dengan bebatuan berbagai bentuk. Panorama dari atas ketinggian juga tidak luput untuk Anda nikmati. Hembusan angin yang menerpa akan semakin membuat Anda betah.

Jika Anda sudah merasa tenaga mulai terkumpul, Anda bisa sekalian wisata sejarah. Asalnya ada beberapa objek seperti fosil koral, tulang manusia dan tulang gigi yang bisa ditemukan. Semakin lengkap dengan mengunjungi Goa Pawon yang juga menyimpan banyak keunikan dan barang bersejarah.

3. Hunting Foto

Pesona alamnya yang memukau, sangat sayang untuk dilewatkan. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk hunting foto. Mengambil beberapa gambar dengan latar pemandangan bebatuan ini tentunya sangat menawan. Pastikan Anda membawa kamera kesayangan Anda untuk menangkap setiap momen.

Agar semakin lengkap, Anda bisa menunggu hingga sunset tiba. Maka Anda bisa sekalian berburu foto instagramable yang menawan. Suasana yang tenang, dengan siluet senja yang cantik tentunya akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan. Perlu Anda tahu, pihak Stone Garden juga menawarkan paket prewedding atau rekaman video yang bisa dimanfaatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Batu Padalarang

Fasilitas di Taman Batu Padalarang
Image Credit: Google Maps (0ngko Nugroho)

Untuk membuat pengunjung semakin nyaman, tentunya akan ada fasilitas penunjang yang harus disediakan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Taman Batu Padalarang ini. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan dan Anda gunakan. Begitu tiba, Anda bisa memilih area parkirnya ingin yang di bagian atas atau di bagian bawah.

Masing masingnya tentunya akan dikenakan biaya parkir yang berbeda. Karena jika di parkiran atas jarak menuju puncaknya akan lebih dekat. Dibandingkan dengan Anda yang memarkirkan kendaraan di bagian bawah. Fasilitas lainnya yang juga bisa Anda temukan adalah mushola serta toilet. Kondisi fasilitas ini dalam keadaan yang memadai.

Agar bisa menikmati keindahan lebih lama sembari beristirahat, dihadirkan juga deretan gazebo. Mengingat jarangnya pepohonan rindang, hadirnya gazebo ini tentunya akan membuat Anda bisa berteduh sembari beristirahat. Di Taman Batu Padalarang juga terdapat warung atau kedai mini yang menjual makanan dan minuman.

Anda bisa menemukan makanan ringan hingga makanan berat. Dengan begitu Anda yang tidak sempat menyiapkan bekal bisa membeli di warung yang ada. Sembari menikmati keindahan alamnya tentunya akan membuat kegiatan liburan Anda berkesan. Sekalipun Stone Garden adalah destinasi dengan tema alam purba, tetapi fasilitasnya terbilang lengkap.

Bagi Anda yang ingin menginap atau lebih lama di area ini, Anda bisa menginap di beberapa hotel terdekat. Ada beberapa hotel atau penginapan yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Mulai dari Mason Pine Hotel, Simply Valore Hotel, Garden permata Hotel hingga Hotel Perdana Wisata Bandung. Berbagai fasilitas dan harganya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah sedikit ulasan mengenai salah satu destinasi andalan di Kota Bandung. Mengunjungi destinasi purbakala ini, Anda tak hanya bisa mendapatkan pengalaman dan panorama yang indah saja. Karena Anda juga bisa sekalian memenuhi memori Anda dengan jepretan yang menakjubkan. Bagaimana tertarik untuk liburan ke Stone Garden Padalarang?