Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Goa yang menjadi objek wisata di Bantul, Jogja memang menyimpan banyak cerita dibaliknya. Goa Selarong mempunyai banyak cerita mistis yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Goa yang berada di kawasan perbukitan kapur wilayah Bantul ini dulunya menjadi markas besar Pangeran Diponegoro.

Karena mempunyai latar cerita sejarah maka goa ini juga mempunyai beberapa petilasan Pangeran Diponegoro. Terdapat beberapa patung Pengeran Diponegoro yang dibangun di lokasi Goa ini. Lokasi Goa ini bisa menjadi referensi liburan anda bernuansa alam sekaligus bertema sejarah yang menyenangkan. Berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Selarong

Daya Tarik Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Saktiwi Bw

1. Pemandangan Alam yang Asri

Berwisata alam seperti Goa Selarong ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Banyak deretan pepohonan di sekitar lokasi dan juga hawanya yang sejuk akan membuat perjalanan wisata anda terasa lebih nyaman. Landscape pemandangan alam ini bisa menjadi latar foto yang indah untuk anda yang sedang hunting foto estetik.

2. Air Terjun yang Indah

Tersembunyi dibalik keindahan alam yang eksotis, terdapat lokasi air terjun yang mempesona. Lokasi air terjun ini berada tak jauh dari lokasi Goa. Sehingga bila anda sudah puas berkunjung ke Goa maka anda bisa menyusuri jalan ke air terjun indah ini. Jalan setapak sudah disediakan untuk anda yang ingin mengunjunginya.

Untuk masuk ke lokasi wilayah air terjun ini memang tidak dikenakan tiket masuk. Bila anda sudah membayar tiket masuk untuk mengunjungi wisata Goa Selarong maka anda bisa dengan bebas mengunjungi air terjun di sebelahnya. Namun anda memang tidak bisa masuk dan bermain air karena kendala akses. Anda bisa menikmati pemandangannya sambil bersantai.

Daya Tarik Dimiliki Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Eko Andhi Wardhana

3. Markas Perjuangan Pangeran Diponegoro

Keunikan dari lokasi wisata goa ini terletak pada kisah sejarahnya. Wisata terkenal di Bantul ini merupakan paket lengkap dengan perpaduan wisata alam dan juga wisata sejarah. Sehingga anda yang ingin berwisata alam yang sejuk dan pemandangan yang indah, akan juga bisa menapak tilas di Markas peninggalan pahlawan perjuangan jama dahulu.

Goa Selarong dahulu menjadi markas besar perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan Belanda. Pangeran Diponegoro memilih mendirikan markan di goa tengah hutan setelah kediamannya dibakar habis oleh Belanda. Belanda yang tidak menyukai perjuangan beliau bermaksud memburu antek anteknya.

Kisah sejarah ini sudah banyak dikenal masyarakat sekitar wisata goa. Kisah sejarah ini juga ditunjang dengan banyaknya patung Pangeran Diponegoro di daerah Goa tersebut. Patung tersebut dibuat untuk mengenang lokasi goa yang sempat digunakan sebagai markas besar perjuangan rakyat Indonesia pada jaman itu.

4. Akses yang Mudah

Salah satu faktor yang membuat banyak wisatawan ingin mengunjungi lokasi Goa Selarong ini adalah kemudahan dalam aksesnya. Walaupun sarana transportasi publik yang menuju ke arah lokasi wisata masih terbatas, namun bila anda berkendara sendiri akan mudah untuk menemukan rute ke arah lokasi goa.

Selain itu, untuk mencapai lokasi goa, akan ada anak tangga yang cukup panjang untuk memudahkan pengunjung. Tangga yang berada di tengah alam ini akan menjadi spot foto manarik tersendiri untuk anda yang ingin menemukan latar yang estetik. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola juga sudah cukup lengkap dan nyaman untuk wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Goa Salorang
Image Credit: Google Maps pika-pika monster

Goa eksotis yang terletak di Daerah Bantul ini tepatnya terletak di Dusun Kembangputihan, masuk Desa Guwosari di Kecamatan Pajangan. Bagi anda yang ingin berkujung ke goa ini untuk berwisata, maka akan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja. Hal ini karena akses transportasi publik ke wisata ini masih belum memadai.

Bila anda berkendara dari pusat kota Yogyakarta, maka untuk menuju ke arah goa akan menempuh jarak paling tidak 30 km. Bila menggunakan kendaraan pribadi, maka anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit saja. Banyak jasa sewa dan paket wisata Yogyakarta yang bisa anda pilih bila tidak ingin berkendara sendiri.

Pilihan rute yang bisa anda tempuh dari kawasan 0 km Yogyakarta ke arah Goa Selarong wisata ini adalah dengan melewati Jln Panembahan Senopati sebelah timur. Setelah itu, anda bisa meneruskan perjalanan hingga bertemu dengan perempatan Brigjend Katamso ke arah selatan. Jalan kemudian lurus saja hingga bertemu perempatan lalu menuju ke arah barat.

Setelah masuk ke barat, anda kemudian masuk ke jalur Jalan Mayjend Sutoyo. Anda bisa terus lurus dijalan ini hingga masuk ke Jalan Panjaitan. Setelah itu anda akan menemukan perempatan ke arah barat di Jalan Suryodiningratan. Sedikit lagi anda bisa berbelok ke arah barat masuk Jalan Selarong dan anda akan menemukan Wisata Goa disini.

Harga Tiket Masuk Goa Selarong

Harga Tiket Masuk Goa Selarong
Image Credit: Google Maps lilik christina

Wisata alam yang mempunyai latar cerita sejarah ini mempunyai harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Untuk biaya tiket masuk per orangnya hanya dikenakan sekitar Rp 6 ribu saja. Untuk harga tiket ekonomis ini akan diberlakukan setiap hari, baik hari weekday maupun weekend. Harga terjangkau tersebut akan cocok sebagai pilihan wisata keluarga yang hemat.

Selain harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pihak pengelola, akan ada biaya parkir kendaraan yang harus anda bayar bila menggunakan kendaraan pribadi. Untuk biaya parkir kendaraan motor, akan dikenakan sekitar Rp 2 ribu, sedangkan untuk tarif parkir mobil akan dikenakan Rp 5 ribu saja, dan untuk rombongan menggunakan Bus akan dikenakan sekitar Rp 10 ribu.

Dengan harga yang relatif hemat tersebut, anda akan bisa melihat pemandangan alam dan juga masuk ke dalam Goa Selarong yang bersejarah ini. Untuk jam buka yang diijinkan oleh pihak pengelola adalah pada jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Sehingga anda bisa dengan aman dan nyaman mengunjungi lokasi wisata ini saat pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Selarong

Kegiatan Menarik Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Gunawanjir

1. Menikmati Indahnya Goa dan Kisah Sejarahnya

Daya tarik wisata alam ini adalah keindahan alamnya. Wisata Goa unik ini juga menghadirkan kisah latar sejarah yang harus anda ketahui. Perpaduan wisata alam yang indah dengan wisata sejarah yang menyimpan cerita dalam akan menjadi keunikan tersendiri bagi para wisatawan khususnya untuk yang dari luar kota.

Banyak spot foto estetik yang bisa anda temukan di lokasi Goa Selarong. Foto dengan latar pepohonan dan gunung kapur akan menjadi latar pemandangan yang menakjubkan. Namun anda juga harus berhati hati saat berfoto. Lahannya yang masih alami akan menjadikan lebih beresiko bila anda tidak berhati hati saat berpijak.

2. Bersantai Sambil Menikmati Suara Air Terjun

Dekat dari wisata goa ini terdapat area wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Lokasi wisata air terjun ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alam disekitarnya dan juga rimbunnya pepohonan akan menjadikan suasana sekitar lokasi lebih terasa teduh dan rindang. Anda bisa bersantai disini sambil melepas lelah.

3. Wisata Kuliner Khas Bantul

Berwisata bersama keluarga memang tak lengkap bila tidak mencoba wisata kuliner disekitarnya. Begitu juga bila anda berkunjung ke wisata Goa Selarong di Bantul ini, anda juga bisa menyempatkan berbagai wisata kuliner yang ada di sepanjang jalan menuju Goa. Pilihan kuliner khas Bantul yang khas dan lezat akan sayang bila anda lewatkan.

4. Berbelanja Souvenir Unik Khas Yogyakarta

Tak hanya pulang begitu saja setelah bersenang senang, anda juga bisa membawa pulang oleh oleh berupa souvenir. Banyak pilihan souvenir yang dijual di sekitar lokasi wisata goa. Souvenir ini unik dan bergaya khas Yogyakarta yang bisa anda bawa pulang. Pilihan harganya juga bervariasi dan terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Selarong
Image Credit: Google Maps Kusumo Wardoyo Cahyo Nugroho

Wisata alam dan sejarah di daerah Bantul ini memang kurang bisa diakses transportasi publik. Namun fasilitas yang terdapat di dalam lokasi wisata Goa ternyata cukup lengkap. Beberapa fasilitas umum yang tersedia adalah seperti toilet yang bersih dan juga area parkir yang luas dan nyaman untuk kendaraan anda.

Untuk lahan parkir yang disediakan pihak pengelola cukup luas. Bahkan rombongan dalam jumlah besar yang menggunakan bus juga bisa memakirkan kendaraannya dengan lega. Selain itu, fasilitas umum lainnya yang bisa didapatkan adalah mushola tau tempat ibadah untuk umat muslim yang bersih dan berukuran cukup lega.

Tak hanya itu, Goa Selarong yang terkenal ini juga mempunyai kawasan taman bermain yang ramah untuk anak anak. Taman bermain ini berada di kaki bukit. Dengan adanya taman bermain ini, bagi anda yang membawa anak anak akan bisa mengajak buah hati anda bermain sejenak sembari melepas lelah.

Wisata alam yang mengandung cerita sejarah seperti Goa Selarong ini memang unik. Harganya yang murah dan terjangkau tentu akan menjadi pilihan wisata terbaik untuk keluarga. Goa di wilayah Bantul Yogyakarta ini wajib masuk ke dalam list perjalanan liburan anda. Tetap menjaga protokol kesehatan dan selamat berlibur.