Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kota Yogyakarta terkenal dengan wisata makanan, Candi, belanja dan lautan lainnya. Namun, nyatanya daerah istimewa tersebut memiliki keindahan wisata lainnya yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Wisata alam ini semakin terkenal dan populer ketika film “Perempuan Berkalung Sorban” mengadakan shooting di gundukan pasir tersebut.

Gumuk Pasir ini adalah wisata alam yang menonjolkan gundukan pasir dekat Pantai Selatan. Gundukan pasir ini terbentuk dengan sendirinya dengan durasi waktu yang lama dan panjang. Pasir yang halus dan berwarna cokelat itu sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata alam ngehits ini.

Wisata hits ini cocok untuk Anda jika ingin berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau pun teman. Biasanya Gumuk Pasir ini memberikan sensasi yang berbeda dan pemandangan yang luar biasa dari riuhnya suasana perkotaan.

Daya Tarik yang Dimiliki Gumuk Pasir Parangkusumo

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Agung Nugraha

1. Gunung Pasir

Diketahui Gumuk Pasir ini adalah gundukan pasir yang dihasilkan dengan waktu yang cukup lama. Dengan muncul wisata gunung pasir yang menawan ini, para wisatawan berbondong-bondong untuk menyaksikan betapa indahnya gunung pasir yang terbuat secara alami.

Gunung pasir yang berwarna cokelat ini menampilkan suasana seperti di Gurun Pasir dan hal itu menyebabkan para pengunjung dari berbagi daerah datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Wisata hits ini membentang luas dan lebar sehingga Anda bisa menikmati dari sudut mana saja.

Setiap partikel kecil yang menawan bisa pengunjung nikmati dan rasakan. Pasir yang berada di Parangkusumo ini berbeda dengan pasir yang biasa ditemukan oleh wisatawan. Halus dan tidak berkerikil adalah tekstur dari gunung pasir ini. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera karena gunung pasir yang luas ini cocok dipotret dan dijadikan sebagai foto kenang-kenangan.

2. Taman Bunga

Tidak cuman, menyuguhkan bentangan pasir yang luas dan cantik, pada wisata alam paling indah ini juga terdapat taman bunga yang berwarna-warni. Warna dari bunga yang berada di taman itu sebagai ciri khas dari taman yang menawan tersebut.

Jadi, ketika Anda mengunjungi wisata gunung pasir yang cantik itu, tidak hanya difokuskan terhadap satu objek saja. Beberapa objek yang indah juga ditawarkan di tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

3. Panorama Langit Biru dan Berawan

Wisata alam gunung pasir yang luas membuat langit dan sekitarnya akan terlihat. Ketika Anda sebagai pengunjung datang ke tempat rekreasi yang cantik ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama langit berwarna biru serta berawan cerah.

Selain itu, tempat hiburan hits ini dikelilingi oleh pegunungan berwarna hijau. Pemandangan tersebut menambah aksen estetika ketika pengunjung akan memotret pemandangan secara menyeluruh.

Daya Tarik Dimiliki Gumuk Pasir Parangkusumo
Image Credit: Google Maps R A

4. Dekat dengan Pantai

Jika Anda bosan mengelilingi gunung pasir cokelat ini, tidak perlu cemas karena wisata hits ini dekat dengan tiga pantai yaitu, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu. Ketiga pantai indah itu memiliki aliran yang sama dan dekat dengan tempat rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di pantai yang cantik itu Anda dapat menikmati udara segar dan air laut yang jernih. Kebersihan dan kejernihan air dari pantai menawan itu tidak usah diragukan lagi. Desiran pasir pantai yang dimiliki oleh ketiga pantai hits itu juga tidak kalah dengan Gumuk Pasir ini. Ombak dan angin sepoi-sepoi yang dihasilkan dari gulungan ombak pantai, akan Anda rasakan dan nikmati sensasinya dengan berbeda.

5. Spot Kekinian

Pada wisata Gumuk Pasir, pengelolanya menyediakan spot atau tempat foto yang kekinian sehingga banyak pengunjung memotret dirinya di tempat kekinian yang cantik tersebut. Spot itu terdiri dari ayunan, papan tulisan dari nama tempat menawan itu dan lainnya.

Pengelola paham bahwa saat ini banyak pengunjung aktif menggunakan sosial media sehingga pihak pengelola memanfaatkan sosial media dan spot sebagai pemasaran tempat ini. Namun, tanpa pemasaran yang dilakukan, wisata alam yang lagi viral ini juga akan terus-menerus didatangi pengunjung ketika ingin berlibur dan menenangkan diri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Lenna Lisbeth Minarno

Ketika para pengunjung ingin berlibur ke wisata alam terindah ini, Anda bisa langsung melaju ke Jalan Parangtritis dan menuju ke arah Selatan. Jika sudah melewatinya, silahkan Anda mengikuti jalan hingga menemukan jembatan panjang. Sebelum pos retribusi, silahkan belok kanan dan Anda akan menemukan papan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Perjalanan ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya menempuh selama kurang lebih satu jam saja. Rute ke wisata alam terbaik di Jogjakarta ini bisa Anda ikuti dengan menggunakan kendaraan sendiri dan kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung akan menaiki bus dan membayar Rp. 20.000.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Hokli lee

Adapun harga tiket masuk ketika ingin berlibur dan berkunjung pada wisata alam yang paling indah ini. Biaya tiket masuk yang wajib dibayar oleh wisatawan adalah Rp. 10.000. Untuk pengunjung yang mengendarai kendaraan sendiri akan dikenakan tarif Rp. 2.000 untuk sepeda motor, sedangkan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Tempat rekreasi menawan ini tidak sembarangan masuk, terdapat aturan jam buka dan tutupnya. Kawasan wisata Gumuk Pasir akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Tetapi, jika ada pengunjung yang ingin meminta waktu lebih, silahkan izin terlebih dahulu kepada petugas atau pengelola dari tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gumuk Pasir

Kegiatan Menarik Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Danis Maulana

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di wisata paling ngehits ini. Namanya juga disebut alam, segala aktivitas yang seru pasti berhubungan dan berdekatan dengan alam. Apa saja ya? Yuk, simak.

1. Bermain Sands Boarding

Kegiatan yang paling ditunggu dan dinantikan oleh para wisatawan. Selain menikmati panorama wisata cantik ini, para pengunjung ingin mencoba kekuatan dan adrenaline dirinya sendiri. Pengelola Gumuk Pasir menyediakan permainan papan seluncur untuk pasir cokelat ini, disebut Sands Boarding.

Permainan ini akan dikenakan biaya karena membutuhkan alat dan perlengkapan agar para Anda terhindari dari luka ketika bermain. Perlengkapan itu terdiri dari papan seluncur, helm, pelindung lutut dan siku. Anda bisa menyewa papan seluncur ini seharga Rp. 70.000 sedangkan jika Anda ingin belajar dengan pelatihnya, Anda membutuhkan biaya Rp. 100.000.

Kegiatan ini akan membuat liburan para pengunjung akan terasa berbeda dan mempunyai sensasi tersendiri. Sehingga Anda mampu menceritakan bahwa wisata menawan Gumuk Pasir Parangkusumo adalah wisata alam yang dapat direkomendasikan.

2. Panorama Sunset yang Menakjubkan

Para pengunjung juga selalu menunggu senja untuk melihat matahari terbenam atau sering disebut sunset. Sunset ini akan terbenam pada arah Barat gundukan pasir sahara mininya Yogya ini. Momen ini selalu ditunggu oleh para pengunjung. Bagi mereka, pemandangan ini tidak akan bisa terulang kembali.

Wisatawan biasanya sering membawa kamera atau ponsel pintar untuk memotret keindahan matahari terbenam ini. Anda juga bisa memboyong keluarga, sahabat dan rekan kerja Anda untuk menikmati panorama alam ini.

3. Bermain Trail dan ATV

Selain bermain papan di pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo, pengelola juga menyediakan Trail dan ATV. Permainan motor yang kerap kali dimainkan oleh para wisatawan jika mengunjungi tempat rekreasi pasir ini. Untuk bermainnya, Anda harus menyewa Trail dan ATV. Masing-masing dari permainan ini dipungut biaya Rp. 120.000.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps S Nowo El Mahdy

Seperti tempat hiburan lainnya, wisata pasir menawan ini juga memiliki fasilitas yang bersih dan nyaman. Pihak Gumuk Parangkusumo ini sadar bahwa fasilitas ini sangat diperlukan untuk para pengunjung. Sehingga Anda tidak merasa kecewa dan dapat menikmati fasilitasnya dengan baik dan jangan lupa jika Anda berkunjung ke tempat wisata yang indah nan elok ini untuk tetap menjaga bersama-sama semua fasilitas dan keindahan di dalamnya demi tujuan untuk melestarikan keelokannya, berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda rasakan dsini.

1. Area Parkir Kendaraan

Bagi para pengunjung yang membawa dan mengendarai kendaraan pribadi, pengelola menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan roda empat dan sepeda motor. Ketika masuk ke area parkiran juga, para wisatawan akan diberikan nomor tiket. Hal itu mencegah agar tidak mengalami kehilangan kendaraan dan dapat disortir dengan baik oleh petugas.

2. Musala

Pengelola juga menyediakan tempat berdoa dan ibadah bagi umat yang beragama Islam, sehingga tidak perlu khawatir untuk tetap menjalani ibadahnya. Musalanya juga dibangun dengan baik, sehingga wisatawan akan nyaman dan aman ketika berdoa.

3. Warung Makan

Jika para pengunjung merasa lapar di tempat disini, Anda bisa langsung mengunjungi warung makan yang disediakan oleh pemilik Gumuk Pasir Parangkusumo. Makanan dan minuman selalu siap sedia, terdapat makanan matang dan snack. Soal rasa dan harga tidak perlu risau karena dipastikan harga yang diberikan murah dan terjangkau bagi kalangan wisatawan.

4. Toko Souvenir

Anda juga bisa mendatangi toko souvenir pada tempat hiburan menawan ini. Souvenir berguna untuk oleh-oleh yang akan diberikan oleh pengunjung kepada para sahabatnya. Pernak-pernik yang dijual terbilang langka dan murah.

5. Toilet Wanita dan Pria

Disediakan toilet pria dan wanita, dibedakan seperti itu karena tidak baik adanya jika di tempat wisata kalau toilet bercampur dengan lawan jenis. Toilet yang disediakan bersih dan rapi sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebersihannya.

Tips Berwisata ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Tips Berwisata ke Gumuk Pasir Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Nanang H

Pakailah alas kaki yang nyaman dan aman karena wisata alam indah dan cantik ini menyuguhkan tempat berpasir sehingga kemungkinan alas kaki yang berbentuk lancip akan susah ketika digunakan saat berjalan.

Gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal, wisata cantik ini memiliki suasana seperti gurun pasir sehingga saat Anda menggunakan pakaian tebal akan terasa panas dan tidak nyaman.

Bawalah bekal makanan, minuman dan obat-obatan dari rumah. Lebih baik disediakan dan dibawa dari rumah karena hanya para pengunjung yang mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan.

Datang ke wisata alam yang paling populer ini dengan kondisi dan keadaan yang sedang cerah. Dengan kondisi dan suasana yang cerah, Anda bisa menikmati panorama wisata pasir ini dengan puas. Anda pun bisa menjelajahi wisata alam yang cantik ini dengan bebas tanpa hambatan.

Sekian rangkuman mengenai wisata alam Gumuk Pasir Parangkusumo. Ajaklah seluruh keluarga, teman dan sahabat Anda untuk menikmati wisata menawan ini. Wisata gunung pasir cokelat ini hanya ada di Indonesia dan Mexico. Jadi, jangan sampai kehilangan kesempatan. Yuk, langsung kunjungi wisata hits ini.