Hutan pinus belakangan ini tengah populer di kalangan para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena keindahan alam dari pepohonan pinus memang tidak terelakkan. Terdapat beberapa hutan pinus di Jogja yang bisa buat liburan menjadi lebih menyenangkan dan wajib anda kunjungi. Berikut ulasan hutan pinus yang populer.

1. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri
Image Credit: Google Maps Ferdian octa dinata

Daya Tarik

Hutan Pinus Asri bisa menjadi rekomendasi kunjungan wisata alam di Jogja. Sama dengan namanya, hutan yang satu ini memang masih asri dengan pemandangan yang luar biasa. Pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan kabut tipis yang menyelimuti menjadikan tempat ini menyajikan suasana asri yang sangat menenangkan.

Wisata alam ini memang belum terjamah oleh para wisatawan mancanegara, sehingga masih dipenuhi dengan wisatawan domestik yang ingin merasakan segarnya udara di Hutan Pinus Asri. Di sini juga disediakan spot foto berupa gardu pandang yang terbuat dari kayu jati dan sangat tinggi, sehingga anda bisa melihat suasana alam dari atas ketinggian.

Gardu pandang ini dibuat dengan senatural mungkin, sehingga tampilan spot foto dari gardu pandang ini dapat menyatu dengan alam. Dari gardu pandang ini, anda bisa menghasilkan foto dengan latar belakang hutan pinus dan dataran rendah Kecamatan Imogiri. Biasanya, gardu pandang ini juga diburu para wisatawan untuk menikmati sunrise dan sunset dari atas ketinggian.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata alam rujukan para wisatawan, tentu saja Hutan Pinus Asri juga menyediakan fasilitas yang bisa anda gunakan. Di sini terdapat gazebo dan tempat duduk yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Selain gazebo dan tempat duduk, kawasan wisata alam ini juga menyediakan musala yang diperuntukkan untuk para Muslim beribadah.

Tiket Masuk

Destinasi wisata alam ini buka setiap hari pada pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB, sehingga anda masih bisa menikmati sunset di sini. Untuk tiket masuknya cukup membayar Rp 2.500 per orang, Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 untuk biaya parkir kendaraan roda empat. Terjangkau, bukan?

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Kapanewon Mangunan, Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Image Credit: Google Maps Dwi Darmawan

Daya Tarik

Hutan pinus yang berlokasi di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Jogja ini menjadi salah satu wisata alam yang diandalkan oleh Jogja. Kecamatan Dlingo memang memiliki banyak sekali hutan pinus, sehingga di daerah ini banyak tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi, salah satunya Hutan Mangunan Dlingo.

Berkat keindahan alam yang ditawarkan di sini, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang menyempatkan untuk berkunjung. Selain itu, banyak spot foto yang menjadi incaran para wisatawan untuk menghasilkan foto yang keren dengan nuansa alam yang menyejukkan. Sebagaimana destinasi pinus pada umumnya, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki gardu pandang.

Gardu pandang ini menjadi salah satu daya tarik bagi para pelancong untuk menikmati indahnya alam dari atas ketinggian. Hutan Pinus Mangunan ini juga sering disebut sebagai Hutan Pinus Imogiri karena lokasinya yang berdekatan dengan makam-makam Raja Imogiri. Selain cocok untuk tempat bersantai dan melepas penat, disini juga sering menjadi spot foto prewedding.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata adalah gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil makan bekal bawaan. Namun, tetap buang sampah pada tempatnya supaya kawasan hutan ini tetap bersih dan terjaga. Di sini juga disediakan tempat duduk untuk beristirahat setelah lelah berkeliling.

Tiket Masuk

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung, pengelola hanya membandrol tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang dengan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 2.000. Sementara itu, mobil akan dikenai biaya parkir Rp 5.000 dan bus Rp 20.000. Tidak heran jika wisata alam ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo
Image Credit: Google Maps HSirfa

Daya Tarik

Destinasi alam selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Hutan Pinus Kalilo yang terletak di perbatasan antara Kulon Progo dan Purworejo. Wisata alam hits ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena pemandangannya yang indah dan suasananya yang tenang. Jika ingin suasana yang tenang, sebaiknya hindari berkunjung di akhir pekan.

Selain pemandangannya yang indah, tiket masuk objek wisata ini juga murah meriah, sehingga banyak orang yang tertarik berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya indahnya pohon pinus yang akan anda nikmati, di sini juga tersedia beberapa spot foto yang pastinya instagramable dan menjadi buruan kalangan muda.

Fasilitas

Di sini tersedia gazebo dan tempat duduk yang biasa digunakan para wisatawan untuk beristirahat setelah berkeliling menikmati indahnya deretan pohon pinus. Selain itu juga terdapat warung makan, kamar mandi, musala, bahkan akses WiFi gratis. Semua fasilitas ini akan anda rasakan saat berkunjung ke Hutan Pinus Kalilo

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan, anda cukup membayar Rp 5.000 per orang. Semnetara itu, biaya parkir untuk kendaraan bermotor adalah Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Tiket masuk ini sudah meliputi segala fasilitas yang disediakan oleh Hutan Pinus Kalilo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalilo, Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

4. Hutan Pinus Puncak Becici

Hutan Pinus Puncak Becici
Image Credit: Google Maps Roni Hidayat

Daya Tarik

Tidak kalah indah dari tempat lainnya, Hutan Pinus Puncak Becici juga menawarkan keindahan alam yang menenangkan dan bikin betah. Di sini juga terdapat gardu pandang yang bisa menunjukkan indahnya pemandangan hutan dengan pohon yang tumbuh tinggi rapat dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Salah satu keindahan yang sering diburu oleh para wisatawan di Hutan Pinus Puncak Becici ini adalah sunset yang berjalan cukup singkat. Hamburan sinar matahari senja terlihat sangat elok dari atas ketinggian pohon pinus. Hal lain yang tidak kalah seru di sini adalah adanya camping ground yang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin camping. Seru, bukan?

Menurut pengakuan banyak pengunjung yang sudah pernah merasakan indahnya Hutan Pinus di Puncak Becici, wisata alam ini sangat kekinian untuk menghasilkan foto yang keren. Tidak mengherankan jika banyak kalangan muda yang sering berkunjung ke sini untuk menikmati indahnya alam dan berburu spot foto yang menakjubkan.

Fasilitas

Selain keindahan alam, anda juga akan mendapatkan fasilitas yang nyaman berupa gazebo, tempat duduk kamar mandi, dan musala. Bagi anda yang ingin camping juga disediakan camping ground. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan menikmati keindahan alam.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan di Puncak Becici, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Untuk biaya parkir motor adalah Rp 3.000 dan mobil Rp 10.000. Jika anda ingin melakukan camping, per orang akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Image Credit: Google Maps Tri Wahyuningrum

Daya Tarik

Keindahan alam yang ditawarkan Hutan Pinus Pengger memang tidak biasa disepelekan. Banyak wisatawan yang ketagihan berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan alam dari objek wisata kebanggaan Bantul ini. Sebagaimana hutan pinus lainnya, anda juga bisa menikmati keindahan panorama dari atas ketinggian.

Tidak hanya itu, spot foto yang disediakan juga sangat beragam, seperti sarang burung, jembatan pohon, tangga cinta, dan yang paling populer adalah sarang burung raksasa. Menariknya lagi, anda bisa camping di sini untuk menikmati suasana malam di Hutan Pinus Pengger. Di sini disediakan camping ground yang bisa anda gunakan.

Selain camping, ada beberapa fasilitas yang disewakan, seperti hammock, flying fox, panjat tebing, dan lain-lain. Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini dan dijamin dapat menghilangkan beban pikiran anda, terlebih dengan biaya yang terbilang sangat terjangkau. Tidak heran jika hutan pinus yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang bisa anda sewa di sini adalah camping ground, warung, dan aula. Sementara itu, anda juga bisa menikmati wahana panjat tebing, jelajah alam, sepeda hutan, panggung sekolah hutan, dan studio alam. Di sini juga disediakan fasilitas untuk foto prewedding, video clip, dan film komersial. Untuk biaya sewa beberapa fasilitas juga sangat bervariasi.

Tiket Masuk

Biaya tiket yang harus anda bayar untuk menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Pengger adalah Rp 2.500 per orang. Untuk biaya parkir sepeda motor adalah Rp 2.000 per kendaraan dan untuk mobil Rp 5.000. Untuk bus dikenai biaya parkir sebesar Rp 20.000 per kendaraan. Untuk camping juga akan dikenai biaya Rp 15.000 per orang per hari.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kapanewon Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Liburan ke objek wisata yang dihiasi deretan pohon pinus memang sangat menyenangkan karena dapat menyegarkan pikiran dan badan setelah larut dengan kesibukan di perkotaan. Deretan hutan pinus yang ada di Jogja tersebut bisa anda jadikan referensi untuk tempat wisata alam bersama keluarga. Selain itu, anda juga bisa menikmati wahana yang disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata alam.