Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.30 WIB, Alamat: Jl. Banteng – Blorok No. 18, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Menghabiskan waktu dengan keluarga kerap kali dilakukan dengan cara liburan. Seperti halnya kota kota lainnya di Indonesia, Blitar juga menawarkan wisata yang menarik. Anda bisa mengunjungi wisata yang kental akan sejarah sampai dengan wisata edukasi. Seperti halnya Kampung Coklat yang menjadi wisata edukasi jujugan liburan keluarga.

Blitar sendiri termasuk kota yang memiliki komoditas banyak dan kehadiran Kampung Coklat ini seakan menjadi wadah wisata edukasi tentang coklat. Memang pengunjung akan lebih mengenal dengan coklat dengan cara yang menyenangkan. Selain itu juga terdapat berbagai wahana juga fasilitas yang siap memanjakan pengunjung di wisata keluarga andalan Blitar ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Coklat

Daya Tarik Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Tisna Pratama

1. Wisata Edukasi Tentang Coklat

Seperti yang kita tahu, coklat merupakan bahan yang bisa diolah menjadi berbagai panganan. Dan tentunya coklat juga banyak disukai oleh semua kalangan. Namun tidak semua mengetahui bagaimana bentuk sebelum coklat bisa diolah. Di wisata keluarga andalan Blitar ini, anda akan diajak untuk mengenal lebih dekat tentang coklat.

Anda juga bisa langsung menemukan pohon coklat lengkap dengan buahnya jika beruntung. Menikmati coklat langsung dari kebunnya tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Terutama jika anda mengajak anak anak, mereka tentu akan lebih bersemangat. Anak anak bisa mengetahui pohon, buah sampai proses menjadi coklat yang bisa dinikmati.

Seperti namanya, memang Desa ini menghasilkan banyak coklat. Karena masyarakat sekitar memang membudidayakan coklat untuk kemudian diolah menjadi berbagai produk. Dan nantinya produk akan dijual kepada wisatawan untuk menambah penghasilan desa. Pecinta coklat jangan sampai melewatkan wisata andalan Blitar ini.

2. Menawarkan Suasana yang Asri

Selain terkenal dengan produk coklatnya, anda juga bisa sekalian melepas penat di wisata hits ini. Pepohonan coklat yang rindang memberikan kesan asri dan menenangkan. Bangku bangku kayu di bawah pohon coklat menjadi pilihan untuk anda menikmatinya. Suasana khas pedesaan begitu terasa ketika anda singgah di Kampung Coklat ini.

3. Menawarkan Banyak Wahana

Seiring bertambahnya waktu, wajah wisata Coklat ini memang semakin cantik. Sehingga anda tak akan bosan menghabiskan waktu di wisata untuk keluarga ini. Anda tidak hanya bisa menikmati suasana yang menyenangkan, namun juga bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan. Wahana yang ada tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga anak anak.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Agung Y.P

4. Belanja Coklat Sepuasnya

Daya tarik berikutnya adalah produk yang dihasilkan dan bisa anda bawa pulang. Di sini anda memang bisa menemukan berbagai produk coklat yang ditawarkan. Mulai dari cokelat batang pada umumnya, minuman coklat sampai inovasi coklat seperti mie coklat. Yang jelas pengunjung tidak akan pulang dengan tangan kosong.

5. Menawarkan Spot Spot Instagramable

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pengunjung Kampung Coklat ini tidak hanya orang dewasa atau anak anak saja. Namun juga kawula muda, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tersedia beberapa spot foto untuk berpose. Sehingga anda bisa berjalan jalan sembari mengambil foto untuk memperbarui feeds media sosial anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Heri Sugianto

Untuk menikmati pesona wisata Kampung Coklat, anda bisa langsung menuju ke Jl. Banteng, Blorok No 18. Tepatnya ada di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Menjangkau destinasi wisata ini juga bukanlah hal yang sulit. anda bisa menggunakan dua rute, jika dari arah Blitar bisa menggunakan rute ke arah Kecamatan Jembatan Kademangan.

Sementara jika anda turun di Stasiun Blitar, anda bisa menggunakan Jalan Mastrip untuk sampai di Jalan Banteng Blorok. Dari pusat kota Blitar dibutuhkan waktu sekitar 19 menit untuk mencapai 9,6 kilometer. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat atau dua untuk sampai di lokasi, mengingat kendaraan umum belum begitu memadai.

Untuk anda yang memulai perjalanan dari pusat kota Blitar, silahkan arahkan kendaraan anda menuju arah Selatan tepatnya ke Jembatan Kademangan. Nantinya anda akan menemukan pertigaan dan ambil jalan lurus. Ikuti saja rute yang ada, sampai akhirnya anda menemukan papan petunjuk untuk sampai Kampung Coklat.

Sementara jika dari Stasiun Blitar, arahkan kendaraan menuju Jalan Mastrip terlebih dahulu. Kemudian silahkan lurus mengikuti jalan tersebut dan ambil arah kiri sampai ke Jl. Raya Trisula. Dari Jalan ini, anda hanya perlu belok kiri di Jalan Banteng Blorok. Jika anda bingung, anda bisa mengandalkan smartphone anda yang telah terpasang GPS.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Wisata Edukasi Kampung Coklat

Menikmati keindahan Wisata Coklat di Blitar ini tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiket masuk kampung Coklat mulai dari Rp 10 ribu saja. Berlaku untuk anak anak berusia maupun dewasa. Harga tersebut masih belum termasuk dengan tiket wahana ataupun parkir kendaraan. Umumnya wahana dibanderol mulai Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribuan.

Jika ingin lebih hemat, anda bisa menggunakan paket wisata yang ditawarkan. Terutama untuk rombongan dalam jumlah yang banyak. Paket dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan, karena memang ada banyak pengunjung dari lembaga pendidikan. Mulai dari paket A untuk Paud dan Tk, paket B untuk SD dan SMP semantara Paket C untuk SMA atau Universitas.

Masing masingnya akan menawarkan harga yang berbeda. Dari satu paket saja ada banyak pilihan harga yang berkaitan dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda yang ingin mengadakan acara, bisa mengambil Paket Forum atau Meeting. Sementara untuk tarif parkir tergantung dari kendaraan yang anda bawa. Dan tentu saja harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Coklat

Kegiatan Menarik Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps wahyu wicaksono

1. Mengikuti Cooking Class

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, Kampung Coklat Blitar merupakan wisata edukasi yang seru. Anda akan diajak untuk memetik, memanen juga mengolah buah cokelat hingga menjadi coklat yang bisa dinikmati. Pengunjung bisa bereksperimen dengan olahan coklat sesuai dengan selera. Nanti hasilnya juga anda bawa pulang dan anda nikmati sendiri.

Aktivitas ini memang banyak diikuti oleh anak anak. Namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa mencobanya. Mengingat selain mengetahui proses pengolahan, anda juga bisa menghias coklat sesuai kreasi anda. Aktivitas ini tentu akan sangat menyenangkan, karena menjadi media edukasi yang tidak membosankan.

2. Terapi Ikan

Terdapat kolam yang berada di tengah tengah, pengunjung bisa mencelupkan kaki dan terapi ikan. Kegiatan ini termasuk yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung. Hanya perlu duduk sembari mencelupkan kaki dan mengobrol. Sensasi geli karena digigit ikan akan membuat anda tidak nyaman awalnya, namun ternyata bermanfaat melancarkan sirkulasi darah.

3. Mencoba Wahana

Wahana yang disediakan saat ini sudah cukup banyak. Seperti kereta kelinci untuk anak yang tentu akan membuat buah hati senang. Pastikan untuk mengawasi anak anak ketika menjajal wahana ini, karena tak pernah sepi. Ada juga perahu dayung yang mengandalkan kekuatan fisik. Untuk yang suka melompat, trampoline menjadi pilihan yang tepat.

4. Bersantai

Bersantai di lounge nya juga bukan ide yang buruk, karena ada banyak kursi yang tersedia. Anda bisa menikmati kesejukan alam sekitarnya. Jika ingin suasana dengan sensasi suara air, maka anda bisa bersantai di Pulau Coklat. Dimana bagian ini dikelilingi kolam ikan yang memberikan sensasi menenangkan.

Semakin menyenangkan dengan kehadirkan live mucic yang ada di Bale Coklat. Ruang serba guna ini dibuat seperti panggung kecil dengan live music untuk menghibur pengunjung. Live music ini disediakan oleh pengelola, namun anda bebas untuk ikut menyumbangkan suara. Suasananya meriah namun tetap tidak mengganggu dan bisa jadi cara bersantai.

Kegiatan Menarik di Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Gito Waluyo

5. Wisata Kuliner

Kulineran di Kampung Coklat juga bukanlah ide yang buruk. Ada banyak foodcourt yang menawarkan berbagai menu dan menarik untuk anda coba. Tersedia juga warung prasmanan yang menyediakan menu menu khas Jawa. Sehingga jika anda tidak membawa bekal tidak perlu khawatir. Apalagi selain rasanya nikmat, harganya juga terbilang ramah untuk kantong.

6. Berburu Oleh Oleh

Rasanya tentu tidak lengkap jika liburan ke Wisata Coklat ini tanpa membawa oleh oleh. Terdapat Galeri Coklat yang didalamnya anda bisa menemukan berbagai olahan coklat. Dari brownies coklat, dodol cokelat, permen cokelat sampai dengan minuman coklat. Selain makanan, anda juga bisa menemukan kerajinan seperti tas, baju sampai dengan mug untuk buah tangan.

7. Swafoto

Kegiatan yang tak boleh anda lupakan berikutnya adalah swafoto atau mengambil foto yang instagramable. Mengingat di Kampung Coklat ada banyak spot yang sayang untuk diabaikan. Seperti dinding dengan dengan quote yang cocok untuk jadi tempat berpose. Beberapa sudut lainnya juga instagramable dan cocok jadi objek bidikan kamera anda.

Fasilitas yang Bisa Anda Temukan

Fasilitas Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps sidoel koplak

Pengunjung akan semakin nyaman dengan berbagai fasilitas yang juga bisa ditemukan. Fasilitas penunjang yang dihadirkan terbilang memadai. Anda yang membawa kendaraan baik roda dua, empat atau bus sekalipun tak usah khawatir. Karena memang Kampung Coklat memiliki area parkir yang terbilang luas dengan penjaga, sehingga aman.

Anda juga bisa menemukan toilet bersih yang jumlahnya tidak hanya satu. Selain itu anda tak perlu akan melewatkan ibadah, karena tersedia mushola lengkap dengan alat sholatnya. Pengunjung akan semakin dimanjakan dengan jaringan internet gratis yang terbilang kencang. Sehingga anda masih bisa update status atau story di sosial media.

Bagi anda yang tidak membawa bekal juga tak perlu khawatir, mengingat tersedia fasilitas kantin juga cafe. Anda yang ingin mengadakan acara juga bisa menyewa tempat. Terdapat beberapa pilihan tempat yang terdiri dari Trinitario, Forastero Hall dan juga Criollo. Bahkan anda yang ingin menginap atau bermalam di area wisata hits ini juga bisa.

Kampung Coklat menawarkan fasilitas guest house yang nyaman dan elegan. Setidaknya ada sekitar 10 kamar yang bisa dipilih pengunjung lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung. Harganya cukup ramah kantong, dibanderol mulai Rp 350 ribu untuk satu malam. Fasilitas Paket Wisata Edukasi juga tersedia dengan berbagai tingkat dan wahana.

Berada di Blitar tanpa mampir ke Kampung Coklat rasanya tentu tidak akan lengkap. Mengingat wisata satu ini sampai hari ini masih menjadi destinasi yang hits. Bukan hanya untuk membeli produk coklatnya, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Dijamin liburan anda dengan keluarga akan menyenangkan.