Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kawedusan, Prambutan, Desa Kawedusan, Kec. Ponggok, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata yang berada di Kota Blitar ini memiliki julukan yakni Negeri Dongeng. Hal tersebut dikarenakan anda akan merasakan sensasi layaknya berada di negeri dongeng. Di salah satu desa yang ada di Blitar ini, anda akan disuguhkan dengan wisata yang unik. Pasalnya, anda akan menemukan beberapa kumpulan miniatur dunia dalam satu tempat.

Jika anda sedang mencari lokasi untuk hunting foto yang instagramable dan berbeda, maka Negeri Dongeng Ponggok menjadi salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi. Lantas hal apa saja yang menarik dari destinasi wisata yang ada di Blitar ini? Untuk selengkapnya, anda pun bisa mencari tahu keunggulan dan beragam aktivitas yang bisa anda lakukan disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Negeri Dongeng Ponggok

Daya Tarik Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Facebook Moh Kanafi

1. Menyuguhkan Pemandangan yang Memukau

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah pemandangannya yang memang sangat indah. Disini, anda akan bisa melihat megahnya pegunungan Pegat yang menjulang. Ditambah lagi, miniatur miniatur dunia dengan latar belakang gunung tersebut memang menjadi perpaduan yang sempurna.

Bahkan jika anda beruntung, maka di puncak datangan tinggi dari gunung tersebut akan tampak paralayang berwarna warni yang sedang berterbangan. Di dataran tinggi tersebut, anda juga akan melihat pepohonan yang tumbuh di sekitar yang akan menambah keindahan dari destinasi satu ini.

Dengan begitu, memandang Pegunungan Pegat dari Negeri Dongeng Ponggok tersebut akan mampu memanjakan mata anda. Ditambah lagi, ketika berada di wisata yang mempesona ini, anda pun akan juga disuguhkan dengan hamparan persawahan. Pastinya dengan suasana yang sejuk dan bentang alam yang memukau akan membuat anda betah menghabiskan waktu disini.

2. Terdapat Berbagai Miniatur Landmark Dari Berbagai Dunia

Di tempat wisata ini, akan terdapat banyak sekali miniatur yang bisa anda temui. Diantaranya adalah miniatur menara Pisa yang berasal dari Italia. Anda pun akan menemukan colosseum dan juga menara Pisa yang letaknya saling berdekatan. Kedua bangunan tersebut memang benar benar sangat mirip. Tak heran banyak pengunjung selfie di depan kedua miniatur tersebut.

Selanjutnya, anda pun akan bertemu dengan miniatur Piramida. Spot foto satu ini juga lumayan ramai digunakan untuk selfie bersama dengan teman atau keluarga. Miniatur piramida Mesir yang ada di lokasi ini memang tidak terlalu tinggi. Namun masih terlihat persis dengan yang asli.

Kemudian, anda akan diajak untuk berjalan jalan ke Eropa. Disini anda akan menemukan miniatur khas dari negara Belanda yakni kincir angin. Anda akan menemukan spot foto satu ini yakni di dekat miniatur Candi Borobudur dan berdiri dengan kokohnya. Lalu, anda pun juga bisa melihat indahnya menara Eiffel yang menjadi ikon dari kota Paris satu ini.

Di Negeri Dongeng Ponggok, anda pun mendapati jika Menara Eiffel merupakan salah satu miniatur tertinggi yang ada disini. Dengan memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan aslinya akan membuat banyak wisatawan berfoto di tempat satu ini. selanjutnya, terdapat pula miniatur candi Borobudur yang berada di Magelang, Indonesia.

Miniatur berikutnya adalah Monas, yang mana pada bagian atasnya bukanlah emas murni seperti aslinya. Melainkan hanyalah bangunan yang di cat kuning emas. Namun, hal ini tentu saja telah mewakili keindahan dari bangunan Monas asli yang ada di Jakarta. Tentunya akan menjadi lokasi yang pas untuk foto bareng maupun latar belakang yang cukup instagenic.

Daya Tarik Dimiliki Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Facebook Moh Kanafi

3. Spot Rumah Terbalik

Selain disuguhkan dengan berbagai macam miniatur dari landmark yang ada di dunia, anda pun juga akan disuguhkan dengan spot Rumah Terbalik. Lokasi ini menjadi tempat pertama yang anda kunjungi sebelum memasuki kawasan miniatur. Disini, anda akan menemukan beberapa ruangan yang dibagi berdasarkan fungsinya.

Mulai dari ruang santai dan dapur yang didesain dengan sangat unik. Contohnya saja, saat anda memasuki dapur, maka meja kursi tersebut akan diletakkan pada langit langit. Sehingga anda akan melihat peralatan memasak yang di desain dengan bentuk terbalik. Tentu saja akan sangat unik jika dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Facebook Moh Kanafi

Alamat lengkap dari Negeri Dongeng adalah berada di Jalan Raya Kawedusan, Ponggok, Blitar, Jawa Timur. Jika anda ingin kesini, maka anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor. Apabila anda berangkat dari kota Blitar, maka anda bisa melewati Jalan Raya jalur Blitar – Kediri.

Sesampainya di perempatan Poluhan, anda pun bisa belok ke arah kiri menuju ke Pare dengan melewati jalan Raya Kawedusan. Setelah itu, sekita 1 kilometer, barulah anda bisa sampai di kawasan tempat wisata satu ini. atau untuk lebih mudahnya, anda bisa langsung saja menggunakan petunjuk arah yakni peta digital yang terinstal di ponsel milik anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Facebook Moh Kanafi

Apabila anda berencana mengunjungi wisata satu ini, maka tiket yang perlu anda bayarkan sangat terjangkau. Untuk memasuki kawasan Negeri Dongeng Ponggok ini, anda hanya perlu membayar yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. Dengan harga yang sangat murah tersebut, anda sudah bisa masuk ke tempat unik satu ini.

Sedangkan untuk jam buka dari tempat hits yang ada di Blitar ini bisa anda kunjungi setiap hari. Pasalnya, wisata tersebut akan buka dari pagi hingga sore, mulai dari Senin hingga Minggu. Namun, disarankan untuk datang ketika sore hari saja karena cuacanya yang tidak terlalu panas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Negeri Dongeng Ponggok

Aktivitas Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Google Maps Dilia Ratna Dewi

1. Menaiki Sepeda Udara Atau Karpet Terbang

Salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika berada di destinasi wisata unik ini adalah bermain sepeda udara atau karpet terbang. Wahana satu ini terbilang cukup menguji adrenalin. Tentunya jika anda menyukai kegiatan yang menantang pastikan untuk mencoba wahana tersebut.

Bagi anda yang ingin menaiki sepeda udara atau karpet terbang, biasanya anda akan dikenakan biaya tambahan. Untuk dapat mencoba wahana tersebut, wisatawan diharuskan untuk membayar yakni sekitar 15 ribu rupiah saja per orang. Kemudian, pengunjung pun akan bisa naik sepeda yang berada di atas sebuah tali tambang.

Tidak perlu takut akan keamanan yang tersedia, sebab wahana ini memang telah dilengkapi dengan peralatan yang memadai dan pastinya aman. Bahkan beberapa pengunjung pun banyak yang sengaja mengabadikan foto ketika menaiki wahana ekstrim tersebut. Bagi anda yang ingin mencoba tantangan baru, tak ada salahnya menaiki wahana satu ini.

2. Bermain Hammock

Kegiatan berikutnya yang bisa anda lakukan ketika berada di destinasi satu ini adalah bermain hammock. Pasalnya taman rekreasi yang berada di Blitar ini memiliki hammock yang dipasang di bawah pepohonan belimbing. Dengan deretan pohon yang terbilang cukup rimbun tersebut, anda bisa bersantai di hammock tersebut sembari melihat pemandangan sekitar.

Tentu saja, kegiatan satu ini akan sangat pas bagi anda yang ingin melepas Lelah setelah melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, bagi anda yang membawa si kecil, maka anda pun bisa menunggu mereka bermain sembari bersantai di area hammock satu ini. Dijamin, anda pun akan betah dan tidak ingin pulang.

Aktivitas Seru Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Google Maps Daifit 27

3. Hunting foto

Hunting foto menjadi salah satu kegiatan menarik yang wajib anda lakukan disini. Bagaimana tidak, sepanjang mata memandang anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam sekitar. Tidak hanya bentang alamnya saja yang memukau, anda pun juga bisa mengabadikan momen dengan beragam miniature yang tersedia di area ini.

Sebab, disini anda akan menemukan banyak sekali landmark dari beberapa negara yang ada di dunia. Sehingga, anda tidak perlu jauh jauh berjalan jalan keluar negeri untuk bisa berfoto dengan landmark tersebut. Cukup mengunjungi Negeri Dongeng Ponggok, anda pun berasa sedang keliling dunia.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

fasilitas Negeri Dongeng Blitar
Image Credit: Google Maps Rizka desmasanti

Ketika anda berkunjung ke Negeri Dongeng yang indah ini, tak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia. Sebab, disini memang disediakan fasilitas yang mampu menunjang liburan anda. Fasilitas tersebut juga terbilang cukup memadai, dimana anda akan menemukan toilet, mushola untuk sholat dan juga ada gazebo yang sengaja disediakan untuk beristirahat.

Selain itu, bagi anda yang dilanda rasa kelaparan, maka anda bisa langsung saja mengunjungi kedai makanan yang tersedia di sekitar tempat wisata ini. Terdapat berbagai macam menu yang tersedia untuk mengganjal perut anda. Sehingga anda pun tak perlu khawatir apabila perbekalan telah habis saat mengunjungi tempat satu ini.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang Negeri Dongeng Ponggok. Destinasi wisata satu ini memang sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi atau hunting foto. Sebab, banyak sekali spot foto menarik yang bisa untuk anda temukan disini. Untuk itu, jika anda ingin merefresh pikiran dan menikmati keindahan pemandangan di Blitar, ada baiknya anda bisa datang dan berkunjung kesini.