Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 11.00-20.00, Alamat: Jugang, Plaosan, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak mengenal Jogja? Kota satu ini masih menjadi favorit wisatawan dari berbagai penjuru tanah air atau luar negeri untuk liburan. Hal ini bukan hal yang mengherankan karena yang disuguhkan di kota ini memang melimpah. Anda bisa melipir ke daerah Kampung Flory di Kabupaten Sleman jika ingin merasakan liburan sekaligus menambah wawasan. Mulai dari alam pedesaan yang indah dan juga kegiatan yang beragam bisa anda lakukan, termasuk mencicipi berbagai kuliner lezat.

Sekilas Tentang Wisata Hits di Sleman

Sekilas Wisata Hits di Sleman
Image Credit: Google Maps (Gustraprasaja Galihjatisantosa)

Mungkin bagi yang sudah sering ke Jogja, sudah bosan dengan wisata tengah kotanya. Maka anda bisa jalan jalan menuju pinggiran Kabupaten Sleman. Karena anda akan menemukan destinasi wisata yang terbilang baru dengan nama Kampung Flory. Desa wisata ini lokasinya ada di pinggir kali Bedog yang kondang dengan airnya yang begitu jernih.

Desa wisata satu ini sudah berdiri sejak tahun 2016, dan kondang dengan fasilitas outboundnya. Kebanyakan wisatawan yang mengunjunginya memang untuk outbound. Walaupun kini sudah menawarkan banyak atraksi juga fasilitas yang lebih lengkap lagi. Berada di atas lahan dengan luas sekitar 3 hektar, desa wisata ini sangat menarik jadi tujuan liburan.

Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, tempat ini hanya puast jual beli bibit tanaman maupun buah buahan. Hingga kemudian masyarakat berfikir untuk mengubahnya menjadi pusat pembibitan tanaman hias juga buah unggulan. Desa ini memang memiliki alam yang masih asri, dan ternyata bisa dikembangkan untuk menjadi potensi wisata.

Perlahan namun pasti banyak yang mengenal Kampung satu ini tidak hanya pusat pembibitan, tetapi juga sebagai desa wisata. terutama ketika masyarakat juga mulai menambah berbagai fasilitas yang menambah pesonanya. Kini, desa wisata ini memiliki tagline yang melekat yakni Bali Ndeso.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Flory

Daya Tarik Kampung Flory
Image Credit: Google Maps (Iwan Haniyoto)

1. Suasana Pedesaan yang Kental

Hal pertama yang bisa anda rasakan ketika menginjakkan kaki di desa ini adalah suasana pedesaannya yang begitu kental. Seperti halnya wisata agrowisata lainnya, anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau menyejukkan mata. Buah buahan yang masak dari pohon juga akan memberikan suasana yang berbeda di desa ini.

Udaranya yang sejuk dengan suasana yang tenang juga membuat anda betah berlama lama di wisata satu ini. Apalagi areanya juga sangat luas, membuat anda tak perlu berdesak desakan ketika singgah di kampung wisata ini. Berlibur bersama keluarga tentu akan memberikan pengalaman seru juga melepas penat yang begitu mujarab.

2. Penataan yang Begitu Rapi

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, area wisata Kampung Flory ini begitu luas. Sehingga akhirnya dibagi ke dalam beberapa zona untuk memudahkan pengunjung. Zona tersebut terdiri dari Zona Taruna Tani, Zona Agro Bush dan juga Zona Dewi Flory. Masing masing zona menawarkan pesona sendiri sendiri yang bisa anda eksplor.

  • Zona Taruna Tani

Kita bisa memulainya dengan zona Taruna Tani yang merupakan zona paling awal. Di zona ini konsep yang diusung adalah perpaduan edukasi dan kuliner. Luas dari zona ini sendiri sekitar 1 ha dengan berbagai tanaman hias dan tanaman buah. Anda bisa mengenal berbagai macam jenis tanaman tersebut pada area ini.

Bukan hanya mengetahui namanya saja, anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan lainnya. Tidak hanya itu, pada zona pertama anda juga akan menemukan restoran yang mengusung konsep pedesaan. Sehingga anda bisa mendapatkan informasi baru sekaligus memanjakan perut anda. Mengingat menu yang ditawarkan adalah menu khas pedesaan dengan rasa luar biasa.

  • Zona Dewy Flory

Setelah puas berjalan jalan di bagian zona pertama, anda bisa memasuki zona kedua yakni Zona Dewy Flory. Seperti halnya zona yang pertama, bagian ini juga memiliki luas yang hampir sama. Pada area ini anda akan mendapatkan informasi terkait agrobisnis dan pelatihan kewirausahaan.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Flory
Image Credit: Google Maps (Yusuf A.H.)

Anda yang ingin melakukan outbound juga akan disediakan pada area ini. Tidak hanya outbond, pada zona kedua anda juga bisa menemukan penginapan yang berupa homestay. Penataan zona ini begitu rapi, hampir setiap sudutnya sangat cocok untuk mengambil foto foto kekinian. Barulah jika sudah menjelajah bagian ini, anda bisa menuju ke zona selanjutnya.

  • Zona Agro Bush

Zona yang ketiga dikenal dengan Zona Agro Bush di Kampung Flory. Berbeda dengan kedua zona sebelumnya, zona satu ini lebih kental akan daya tarik edukasinya. Anda akan diajak untuk belajar perihal pelestarian lingkungan. Tidak hanya mendapatkan informasi saja, anda juga bisa langsung mempraktekkan secara langsung.

Harapannya tentu kegiatan ini bisa terjadi di daerah lain, sehingga bisa menciptakan kawasan indah juga sejuk. Kegiatan ini tentu akan semakin menyenangkan jika bersama dengan keluarga atau anak anak. Pada area ini, anda juga bisa merasakan memetik buah langsung dari pohon. Di area ini juga ditemukan kolam terapi ikan yang begitu luas.

3. Memiliki Banyak Spot Instagramable

Selain memiliki suasana pedesaan yang khas, anda juga bisa menemukan banyak spot spot instagramable di desa wisata ini. Sehingga kampung hits di Sleman tidak hanya cocok untuk liburan keluarga, tetapi juga kawula muda sampai anak-anak. Bali Ndeso ini juga seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk berburu foto foto yang keren oleh para fotografer.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi Kampung Flory
Image Credit: Google Maps (Kampung Flory Jogja)

Kampung Flory berada di Jugang, Plaosan, Tridadi di Kabupaten Sleman. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk sampai di lokasi. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan untuk sampai di lokasi dari pusat kota Jogja. Akses menuju lokasi sudah cukup mudah dan tidak sulit untuk dijangkau.

Jika anda ingin berlibur lebih leluasa, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Memulai perjalanan dari kota Jogja, anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju Magelang terlebih dahulu. Selanjutnya ketika sudah sampai di Jembatan Jombor, anda bisa mengambil arah utara untuk tiba di Denggung Sleman.

Barulah dari sini anda bisa mengambil arah kiri dengan melewati kompleks kantor pemerintahan yang ada di Sleman. Perjalanan masih dilanjutkan menuju Jembatan Pangukan. Dari sini, perjalanan anda sudah semakin dekat karena lokasi wisata ini sudah tak terlalu jauh. Anda juga bisa menemukan petunjuk arah yang membantu anda untuk sampai lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Di Kampung Flory
Image Credit: Twitter.com @team_touring

Untuk menikmati keasrian dan keindahan desa wisata ini, anda tak perlu mengeluarkan biaya apapun. Karena untuk masuk, anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar beberapa kegiatan seperti membayar buah yang telah dipetik, taman selfie atau kegiatan outbond maupun kulineran.

Selebihnya, anda bisa menjelajah setiap sudut dari Kampung Flory tanpa takut dompet jebol. Sementara untuk jam bukanya, mulai dari pagi sampai malam hari. Desa wisata ini juga buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Namun untuk resto buka mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 20.00 dan taman Selfie buka pukul 11.00 hingga 19.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Flory

Kegiatan Menarik di Kampung Flory
Image Credit: Google Maps (AFIF)

1. Terapi Ikan

Kegiatan seru yang banyak dilakukan pengunjung adalah terapi ikan di pinggir kolam yang telah disediakan. Mencelupkan kaki ke dalam kolam dan ikan ikan akan mendekati kaki anda. Selain bisa menyehatkan kulit, terapi ini juga memberikan sensasi yang berbeda. Areanya luas sehingga pengunjung hanya perlu duduk di pinggir kolam sambil bercengkrama.

2. Wisata Kuliner

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, di Desa wisata ini anda juga bisa kulineran. Beberapa restoran hadir siap memanjakan lidah anda dengan berbagai kuliner khas pedesaan. Menu mulai dari kopi hingga bali Ndeso adalah yang paling digemari pengunjung. Tak perlu khawatir harga menunya mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 50 ribuan saja.

3. Outbond

Datang dengan rombongan kantor ataupun keluarga juga bisa melakukan kegiatan outbond di Kampung Flory. Selain bisa sebagai sarana refreshing, kegiatan ini juga menawarkan banyak permainan yang seru. Wahana outbond yang disediakan bisa digunakan untuk orang dewasa sampai anak anak. Suasana alam yang masih asri juga semakin mendukung kegiatan di luar ruangan ini.

4. Hunting Foto

Agar kegiatan liburan anda semakin lengkap, kegiatan berburu foto cantik bisa jadi pilihan. Kampung wisata ini memiliki area spot foto yang melimpah. Anda bisa memilih nuansa spot foto yang sesuai dengan selera. kemudian tinggal mengunggahnya ke media sosial. Maka pastikan anda menyiapkan kamera terbaik dan penyimpanan yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Flory

Fasilitas di Kampung Flory
Image Credit: Google Maps (Henry Zheng)

Fasilitas yang bisa anda temukan di Kampung Flory ini terbilang lengkap juga memadai. area parkir yang cukup luas bisa Pengunjung temukan. Menampung sekitar 4 bus besar, ratusan motor juga mobil. Tidak ketinggalan fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah. Pengunjung juga bisa mengadakan acara di limasan yang bisa menampung hingga 300 orang, ada juga penginapan.

Menghabiskan waktu di Kampung Flory di Sleman tidak akan membuat anda kecewa. Pasalnya, ada banyak kegiatan seru yang bisa pengunjung lakukan. Belum lagi alam pedesaan yang masih tenang akan sanggup melepas penat anda. Berlibur bersama keluarga atau teman teman dijamin akan semakin menyenangkan. Tertarik untuk singgah di desa wisata ini?