Karacak Valley salah satu destinasi wisata favorit di lereng Gunung Karacak, Garut, Jawa Barat. Berada di perbukitan hijau yang menawarkan keindahan hutan pinus dan perkebunan kopi. Dalam lembah ini terdapat Curug Kembar, Curug Ngebul, camping ground luas dan Puncak Dogar.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Garut mulai dilirik para wisatawan sebagai refrensi tempat liburan terbaik. Hal ini karena suguhan destinasi alam yang pesonanya tiada dua. Selain itu, keberadaan Karacak Valley yang ramai diperbincangkan di sosial media. Menyuguhkan kawasan perbukitan dengan jajaran pohon pinus serta udara segar. Penasaran apa saja sisi menariknya? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Karacak Valley

Tentang Karacak Valley
Image Credit: Facebook.com @dwiasihaw

Destinasi wisata ini terbilang baru populer di dunia pariwisata. Sejak dibuka sekitar awal tahun baru 2016, Karacak Valley langsung meledak di kalangan wisatawan. Kekuatan sosial media turut membantu kepopuleran tempat wisata ini. Tak heran bila pengunjung selalu ramai setiap harinya. Kebanyakan wisatawan usia remaja karena konsep wisatanya kekinian.

Sebelum menjadi area wisata, dulunya tempat ini adalah lahan perkebunan kopi milik Perhutani. Pengelolanya ialah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LDMH) Jaya Mandiri. Penataan perkebunan sangat rapi berpadu udara sejuk khas dataran tinggi, serta dikelilingi lebatnya hutan pinus. Kemudian sekitar tahun 2013 tercetus ide untuk merelokasi menjadi kawasan wisata.

Objek wisata ini dibangun sendiri oleh masyarakat setempat bersama pemerintah desa. Menjadikan objek wisata alam yang dikelola penduduk sekitar, termasuk beberapa ide wahananya. Meskipun begitu, semua aktivitas wisata disini langsung diawasi oleh Perhutani Garut. Luas wilayahnya mencapai 92 hektar, tapi yang digunakan untuk kepentingan wisata hanya 10 hektar.

Daya Tarik yang Dimiliki Karacak Valley

Daya Tarik Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Yahya Abdurahman)

1. Area Perbukitan Nan Sejuk

Garut memang terkenal dengan keindahan alam yang memukau siapapun. Begitu pula Karacak Valley yang tak luput dari perhatian para wisatawan. Menyuguhkan objek wisata bernuansa perbukitan dan kawasan hutan lebat. Dinamakan demikian karena terletak di lembah Gunung Karacak. Valey sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya lembah dan Karacak ialah air yang menetes.

Apabila berkunjung di pagi hari pengunjung dapat melihat kabut tipis menyelimuti hutan. Udara sekitarnya sejuk dan segar karena berada di lereng pegunungan. Ketika memasuki kawasan hutan pertama, Anda disuguhi dengan suasana alami nan asri. Pohon-pohon pinus menjulang tinggi dan rimbun membuat nuansanya kian teduh.

2. Kawasan Hutan Pinus

Objek wisata ini terletak di ketinggian 1.850 mdpl dan dikelilingi area perbukitan serta hutan. Sepanjang mata memandang tampak hutan pinus rimbun dan perkebunan kopi. Baik kawasan hutan maupun kebun kopi dikelola sendiri oleh warga sekitar. Destinasi alam ini juga berlatar dari inisiatif masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi desanya.

Banyak pohon pinus tinggi menjulang nan rimbun merupakan ciri khas dari Karacak Valley. Pengunjung dapat mengeksplorasi hutan pinus melewati jalan setapak dan berbatu. Rute jalannya cenderung menanjak serta mengikuti kontur tanah perbukitan. Tak heran sering digunakan untuk agenda hiking sambil menikmati suara-suara alam yang menenangkan hati.

3. Puncak Dogar

Tidak jauh dari gerbang masuk terdapat puncak bukit kecil bernama Puncak Dogar. Menawarkan area terbuka hijau dengan panorama alam mengagumkan. Dari ketinggian pengunjung dapat melihat lanskap Kota Garut tanpa penghalang apapun. Jika mendaki puncak saat siang hari pemandangan padatnya kota dodol ini terlihat jelas.

Pemandangan paling epik ketika malam hari, tapi Anda perlu berkemah di sekitar area bukit. Dari atas wisatawan dapat menyaksikan citylights Kota Garut, ditemani hawa dingin asli kawasan lembah. Suasana ketika malam hari jauh lebih tenang dan damai, hanya terdengar suara jangkrik dan gemericik aliran sungai.

Daya Tarik Karacak
Image Credit: Google Maps (Riswan Susanto)

4. Keindahan Curug Kembar dan Curug Ngebul

Dari area parkir, wisatawan menyusuri jalan setapak lalu tiba di pertigaan. Ada petunjuk arah ke area camping ground dan lokasi curug. Jalan kaki kurang lebih 1 kilometer dengan jalan menanjak, maka Anda akan sampai di kawasan air terjun. Selama perjalanan memang lelah tapi tersedia gazebo-gazebo untuk tempat istirahat sementara.

Destinasi pertama ialah Curug Kembar dengan dua air terjun yang mengalir deras dari sela batuan besar. Tinggi curug tidak seberapa dan debit airnya cenderung tenang. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam tampung yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air. Dilengkapi saung-saung kecil yang berfungsi untuk duduk santai sambil menikmati alam sekitar.

Objek selanjutnya yaitu Curug Ngebul, berjarak sekitar 1,2 kilometer dari loket tiket masuk. Tidak seperti Curug Kembar, trekking di kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Disediakan anak tangga landai yang dijamin aman untuk anak-anak dan keluarga. Perjalanan terasa asyik karena membelas hutan pinus, jika beruntung bisa bertemua kawanan monyet yang berkeliaran.

Curug Ngebul memupunyai ketinggian kurang lebih 25 meter. Destinasi ini mempunyai dua air terjun kecil, lalu di bagian bawahnya terdapat kolam tampung. Aliran air curug tidak terlalu deras terutama saat musim kemarau. Airnya jernih dan bersih sehingga pengunjung bisa bermain air di telaga kecil. Sayangnya Anda tidak bisa berenang disini karena kolamnya dangkal.

5. Camping Ground dan Area Hammock

Kawasan hutan pinus sangat asyik untuk lokasi berkemah, makanya pengelola wisata menyediakan camping ground. Di sekitarnya dipasang hammock yang dikaitkan antar pohon. Sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati semilir angin sejuk. Untuk yang berkemah tendanya sudah dibangun di petak-petak, jadi tinggal menempati.

6. Spot Foto yang Keren

Dirancang untuk wisata milenial tentu saja Karacak Valley melengkapi diri dengan berbagai spot instagramable. Mulai dari latar hutan pinus, puncak bukit, hingga citylights saat malam hari. Tak ketinggalan wilayah curug dengan paduan batu-batu cadas di sekelilingnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Karacak Valley

Alamat Karacak Valley
Image Credit: Tribunnews.com

Tempat wisata ini beralamat di Jalan Karacak Valley, Margawati, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tepatnya berada di lembah Gunung Karacak sekitar daerah perbatasan antara Garut dengan Tasikmalaya. Jika berangkat dari pusat kota melaju ke Jalan Bratayudha, kemudian belok ke Jalan Margawati. Setelah bertemu pertigaan tinggal ikuti saja petunjuk arahnya.

Kalau naik angkutan umum ambil jurusan Sukaregang atau Sukadana dari Terminal Guntur. Berhenti di pertigaan Jalan Margawati kemudian lanjut naik ojek hingga lokasi. Apabila naik kendaraan pribadi usahakan kondisinya prima. Kurang lebih 1 kilometer sebelum pintu masuk akses jalan berupa tanah dan berbatu. Tanah semakin berlumpur dan licin ketika musim hujan.

Untuk menikmati keindahan alam disini, pengunjung perlu membayar retribusi tiket. Khusus anak-anak seharga 5 ribu sedangkan dewasa 10 ribu. Harga ini berlaku untuk weekend maupun weekday. Jika mengendarai kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir. Sepeda motor sekitar 3 ribu dan mobil kisaran 7 ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Karacak Valley

Kegiatan di Karacak Valley
Image Credit: Twitter.com @theluxuryadhara

1. Hiking

Kondisi jalan yang menanjak menjadikan aktivitas hiking berkali lipat serunya. Sangat cocok bagi wisatawan yang hobi mendaki dan berpetualang. Perjalanan dimulai dari lahan parkir kemudian melewati jalan setapak menuju area wisata. Lebih menantang lagi jika berkunjung ke lokasi curug. Akses jalannya cenderung berbatu dan licin tapi cukup memacu adrenalin.

2. Jelajahi Hutan

Karacak Valley dikepung hutan pinus lebat dan cenderung gelap. Seolah di dalamnya menyimpan banyak misteri yang menantang untuk dijelajahi. Anda bisa melalui jalur trekking yang berliku. Menyusuri aliran sungai kecil, menghirup udara segar, dan sesekali bertemu gerombolan hewan. Meski berjalan jauh dijamin tidak kepanasan karena suasananya teduh.

3. Berkemah

Pengelola wisata menyediakan spot camping yang bisa digunakan untuk grup, rombongan besar, atau perorangan. Areanya cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda, pengunjung boleh memilih spot yang diinginkan. Tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah, karena Karacak Valley menyiapkan tempat persewaan tenda.

Kegiatan Karacak Valley
Image Credit: Twitter.com @jabarnewss

Untuk tenda kapasitas 4-6 orang harganya 50 ribu, kapasitas 8 orang 90 ribu, isi 10 orang sekitar 110 ribu, dan tenda besar 120 ribu. Bila ingin menyalakan api unggun bisa beli kayunya di tempat. Begitu pula kalau ribet masak sendiri tinggal pesan makanan di warung sekitar. Biasanya spot camping paling ramai di Puncak Dogar sambil menikmati indahnya citylights.

4. Santai di Hammocking

Kegiatan satu ini bisa Anda manfaatkan untuk istirahat sejenak setelah perjalanan panjang. Berbagai macam pilihan hammock tersedia disini, baik untuk personal maupun bertingkat. Pengunjung boleh duduk santai di atas hammock, bahkan tidur sebentar agar badan fresh kembali.

5. Menyaksikan Sunset dan Sunrise

Menurut warga setempat waktu terbaik untuk berkunjung saat musim kemarau. Sebab di musim tersebut langit cerah sehingga wisatawan bisa melihat keelokan sunset. Tampak jelas bagaimana matahari terbenam di balik pegunungan Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

Fasilitas yang Tersedia di Karacak Valley Garut

Fasilitas di Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Ri Ve)

Sebagai tempat wisata yang sedang naik daun, tentu saja Karacak Valley mulai memperbaiki diri. Mulai dari mushola, toilet laki-laki dan wanita, beberapa gazebo, hingga pusat informasi. Ada pula warung-warung kecil yang menjual makanan ringan sampai berat, serta aneka minuman.

Garut sepertinya tak lelah menyuguhkan panorama alam yang mengagumkan. Termasuk Karacak Valley yang menyimpan sejuta pesona hutan pinus dan perkebunan kopi. Letaknya berada di lereng gunung sehingga udara sekitar sejuk. Lokasi tepat untuk melihat citylights Garut, berkemah, ataupun melepas penat di tempat tenang dan damai.