Karaha Bodas, Kawah Putih Eksotis di Tasikmalaya

Karaha Bodas Tasikmalaya

Lokasi: Kadipaten, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.
MapCek Lokasi

Para pecinta pendaki gunung, mengincar pemandangan menakjubkan selama perjalanan atapun melihat matahari terbit adalah hal yang sudah biasa. Namun pernahkah terfikirkan untuk turun ke kawahnya ? Apabila anda ingin melihat betapa indahnya kawah gunung, bisa mendatangi Karaha Bodas yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya. Disini para pendaki akan mendapatkan pemandangan indah, yang tak kalah seperti di puncaknya.

Hal Menarik yang Bisa Ditemukan di Karaha Bodas

Image Credit: Blogrifqi.blogspot.com

Tidak ada rasa penyesalan sejak menginjakkan kaki di lokasi wisata ini, dimana pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan luar biasa indah nan memanjakan mata. Belum lagi dengan warna air dari danau yang terlihat putih, menambah keindahan destinasi wisata satu ini. Dibalik keindahan alamnya, ternyata gunung satu  ini masih berstatus aktif yang mungkin sewaktu waktu bisa mengeluarkan isi perutnya.

Tak perlu khawatir akan hal tersebut, lantaran kondisinya dapat dikatakan aman dan tidak akan membahayakan pengunjung. Oleh karenanya, hingga saat ini sudah banyak wisatawan silih berganti untuk menikmati pemandangan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Pemandangan sekitar kawah semakin terlihat indah ketika dilihat dari ketinggian, dimana gradasi dari warna hiijau toska dan biru tua pada air danaunya terlihat cantik.

Masih belum puas dengan keindahan warna danaunya ? Tempat ini pun menyajikan pesona alam dengan kehadiran pepohonan rindang yang rimbun. Banyaknya pepohonan di sekitar lokasi wisata, membuat udara sekitar terasa sejuk nan menyegarkan. Dan sekedar info mengejutkan, dimana lokasi wisata ini ternyata cukup berdekatan dengan hutan belantara. Tidak heran bila suasan disana terasa tentram dan segar, untuk menghilangkan pikiran penat.

Aktifitas lain yang bisa membuat pengunjung semakin betah berlama lama, yaitu kehadiran pemandian air panas. Tampaknya sang pengelola tempat wisata ini ingin memanjakan setiap pengunjungnya, dengan memberikan pelayanan terbaik serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. Letaknya yang berada di sebelah kanan kawah, mudah bagi para pengunjung untuk menemukannya.

BACA JUGA:  11 Tempat Makan di Sukabumi Paling Enak & Murah

Ternyata air dari pemandian ini tak hanya digunakan untuk berendam semata, dimana warga sektiar juga memanfaatkannya sebagai pengobatan alami. Hanya dengan berendam beberapa menit saja, tubuh akan merasa lebih sehat dan segar. Bahkan pemandian ini juga dilengkapi dengan pancuran, yang membuat berendam semakin menyenangkan.

Tawarkan pemandangan menakjubkan, tak jarang lokasi wisata ini dijadikan sebagai spot mengambil foto prewedding. Untuk bisa melakukan hal tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar 300 ribuan saja. Nampaknya besaran tarif yang dikeluarkan, sebanding dengan hasil jepretan yang bisa dikenang sepanjang masa.

Selain itu, ada serangkaian aktifitas menarik yang bisa dilakukan selama berada sekitar area  kawah atau lebih tepatnya di hutan pinusnya. Mulai dari berkemah, jogging track, outbound hingga wisata agrowisata tersedia disini. Hanya saja, tak banyak yang menyadari ataupun merasa tidak tertarik untuk melakukannya. Padahal kawasan tersebut tak kalah indahnya seperti si kawah cantik satu ini.

Tips Sederhana Ketika Ingin Mengunjungi Sang Kawah Putih

Tips Sederhana Ketika Ingin Mengunjungi Sang Kawah Putih

Image Credit: Hayutravelling.blogspot.com

Sebelum menuju lokasi ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips menuju si kawah cantik asal Tasikmalaya ini. Tips yang pertama yaitu mengusahakan berangkat sejak pagi buta, untuk menghindari adanya kemacetan dan bisa mendapatkan cuaca yang tepat untuk mendapatkan hasil jepretan maksimal. Jangan lupa untuk membawa suncreen ataupun body lotion yang mengandung spf tinggi, agar tidak terbakar sengatan sinar matahari.

Ingin lebih hemat ? Silahkan membawa bekar sendiri, yang tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Tips selanjutnya, yaitu jangan pernah ragu untuk bertanya kepada warga sekitar ketika tidak berhasil menemukan lokasi wisata. Dan tips yang terakhir, yaitu tetap berhati hati ketika ingin menggunakan air panas di area wisata satu ini. Sebab dalam air tersebut diketahui banyak cacing hidup, sehingga berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA:  Pohon Miring Pancawati, Wisata Alam Favorit yang Unik di Karawang

Lokasi Menuju Tempat Wisata Karaha Bodas

Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Tertarik melihat keindahannya secara langsung ? Segera kunjungi destinasi wisata ini yang berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat. Beberapa jalur tersedia bagi pengunjung yang ingin menuju lokasi ini, dan dapat dipilih jalur terdekat dari lokasi anda sekarang. Jalur pertama yang bisa dipilih yaitu arah menuju Bandung, Garut dan Wanaraja. Namun anda juga bisa mengambil alternatif lain dari Bandung, limbangan, Cibatu, dan wanaraja.

Meski tingkat kepopulerannya semakin tinggi, sayangnya tanpa petunjuk menuju lokasi masih belum ditemukan. Sehingga para pengunjung dari luar daerah, terkadang mendapat sedikit kesulitan untuk menemukannya di tengah perjalanan berlangsung. Agar lebih mudahnya, anda bisa melajukan kendaraan ke pusat kota atau alun alun Wanaraja jika berada dari jalur Garut. Dari alun alun tersebut, silahkan belok kanan dan lanjutkan perjalanan.

Sedangkan bagi anda yang melakukan perjalanan dari arah Cibatu, silahkan belok ke arah kiri sebelum masuk di pertigaan alun alun Wanaraja. Ikuti jalan tersebut hingga masuk kawasan Gunung Telaga Bodas, dan akan melanjutkan perjalanan kembali hingga kurang lebih 700 meter lagi. Selama perjalanan ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan yang bisa memanjakan mata.

Harga Tiket Masuk Karaha Bodas

Harga Tiket Masuk Karaha Bodas

Image Credit: Ngabolangngabolang.blogspot.com

Untuk bisa menyaksikan keindahan alamnya, setuap pengunjungnya akan dikenakan biaya. Tak perlu khawatir, karena biaya yang perlu dikeluarkan tak akan menyiksa isi dompet anda. Khusus untuk wisatawan lokal, akan dikenakan tarif sekitar 5 ribuan per orang jika datang di hari biasa. Namun harga tiket akan berubah ketika menjelang akhir pekan ataupun hari libur panjang, yaitu sekitar 8 ribuan saja.

BACA JUGA:  10 Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Paling Recommended

Sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan tarif sekitar 100 ribuan per orangnya apabila datang di hari biasa. Namun tarif tersebut akan naik ketika berkunjungi di hari libur, yaitu berkisar 150 ribuan. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya tambahan khusus parkir. Dimana besaran tarif akan berbeda, tergantung dari jenis transportasi yang digunakan.

Apabila datang menggunakan sepeda ontel, anda hanya dikenakan 2 ribuan saja untuk hari biasa dan 3 ribuan di hari libur. Lalu untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sekitar 5 ribuan di hari biasa, dan dikenakan tarif sekitar 8 ribuan di hari libur. Sedangkan khusus untuk parkir kendaraan roda empat, akan dikenakan sekitar 10 ribuan di hari biasa dan 15 ribuan di hari libur.

Lalu bagaimana jika datang beramai ramai entah itu mahasiswa maupun pelajar ? Khusus hari biasa akan dikenakan biaya sekitar 4 ribuan per orangnya, dan tarif sekitar 5 ribuan di hari libur. Tentu saja besaran tarif tersebut, dirasa tidak membebani para pengunjung yang hendak menikmati keindahan kawah berwarna putih tersebut. Namun ada baiknya membawa uang lebih, sebagai jaga jaga apabila diperlukan secara mendadak.

Tak banyak yang tau bahwa kawah gunung juga tak kalah indah untuk dieksplore, seperti yang dimiliki oleh sang kawah berwarna putih satu ini. Bahkan letaknya yang berada di lereng gunung, berhasil memba masyarakat bertanya tanya bagaimana keindahan yang dimilikinya. Anda tak akan pernah tau betapa indahnya tempat ini, sampai datang langsung ke lokasi wisata. Dijamin setiap pengunjung akan dibuat takjub, dan ingin berlama lama disana.