Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika disuruh untuk mengabsen semua wisata yang ada di Jogja tentunya tidak akan ada habisnya. Kota dengan berbagai wisata ini menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu tempat wisata, budaya, kuliner hingga wisata alam. Wisata alam yang ada di Jogja juga tidak kalah seru.

Selain Candi Borobudur yang juga merupakan salah satu magnet yang mampu menarik jutaan wisatawan, ada juga salah satu wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Muncar yang terletak di Gunung Kidul. Pantai satu ini ternyata merupakan wisata yang masih terdengar asing di telinga. Simak selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Muncar

Daya Tarik Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

1. Hamparan Pasir Putih

Salah satu hal yang menarik para wisatawan di Pantai Muncar ini adalah pasir putihnya yang terbentang luas. Air laut yang masih bening tanpa adanya limbah yang tersebar membuat pantai ini menarik para wisatawan untuk berkunjung. Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang terbentang dan segarnya hembusan angin pantai yang dapat membuat penat Anda seketika hilang.

2. Kawasan yang Tenang

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat wisata yang belum begitu ramai. Anda bisa menikmati hembusan angin pantai dengan suasana yang sepi sambil menikmati sunset. Karena kawasan yang tergolong masih asing, Anda tidak perlu kaget jika menemukan sedikit fasilitas yang tersedia.

3. Bukit yang Melingkari

Area pantai ini dilengkapi bukit hijau cantik yang mengelilingi sekitar pantai. Kawasan bukit ini berada di ketinggian yang berbatasan langsung dengan pantai. Anda bisa melihat birunya air laut dari ketinggian bukit. Para wisatawan juga bisa melihat pemandangan sunset di Pantai Muncar saat menjelang sore dari atas bukit yang mengelilingi area ini.

Pemandangan bebatuan karang juga terlihat lebih mempesona. Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati pemandangan di dari atas bukit tanpa berkemah, penduduk lokal juga membangun banyak spot dan tempat duduk yang dapat menjadi tempat bersantai sembari berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Alwan Fatoni

Keindahan yang ditawarkan Pantai Muncar di Gunung kidul ini ternyata masih belum banyak dipublikasikan, sebab kawasan pantai masih tergolong asing. Pantai ini masih begitu alami, bersih dan juga terjaga dengan baik. Jadi jangan heran jika fasilitas yang ada di sekitar pantai masih sangat minim. Wisata Satu ini cukup jauh ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta.

Jika Anda berniat liburan ke pantai bersama teman atau keluarga sebaiknya persiapkan semua perbekalan secara memadai. Pantai cantik ini berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai pada destinasi wisata satu ini. Pastikan Anda memiliki stamina yang stabil sebelum menikmati liburan.

Rute yang dilewati juga cukup sulit karena medan menuju ke wisata Pantai Muncar ini berkelok-kelok dan naik turun sehingga Anda perlu memakai kendaraan yang tepat untuk daerah ekstrem. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga menyewa rental mobil yang ada di sekitar Jogja menuju ke kawasan Gunung Kidul.

Anda juga bisa bertanya pada warga sekitar arah menuju kawasan pantai agar tidak tersesat. Selama perjalanan Anda akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan karst khas Gunung Kidul. Anda bisa sembari menikmati pemandangan pegunungan saat perjalan menuju destinasi bahari ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Benjamin Kufa

Anda tidak perlu merogoh kocek mahal. Karena harga tiket masuk yang diperlukan untuk menikmati salah satu keindahan wisata alam ini tidak menguras dompet Anda. Untuk menikmati keindahan pasir putih Pantai Muncar ini Anda hanya diperlukan Rp.5.000 saja untuk masuk. Harga ini dikenakan untuk setiap orang.

Selain membayar tiket masuk, Anda harus menyiapkan uang untuk membayar parkir. Anda bisa menyiapkan uang Rp5.000 saja untuk membayar parkir. Harga ini akan mengalami perubahan terutama ketika musim liburan. Jam operasionalnya sendiri dimulai dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB setiap hari Senin sampai Minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Muncar

Kegiatan Menarik Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Suryono

1. Aktivitas Berenang

Jika Anda ingin mengajak anak kecil atau balita Anda tidak perlu khawatir karena Pantai Muncar tergolong salah satu pantai yang memiliki kawasan aman untuk berenang. Ombak yang ada dalam pantai ini lumayan tenang sehingga Anda dan teman-teman atau juga keluarga bisa berenang dengan bebas tanpa takut terseret arus laut.

Tentunya Anda harus tetap berhati-hati meskipun pantai tergolong landai dan aman. Anda juga bisa menyusuri area pinggir laut sambil menikmati keindahan panorama laut yang biru jernih dan juga hamparan bukit hijau di sekitarnya. Jika bisa, kunjungi pantai pada pagi atau sore hari ketika ombak dan angin tidak terlalu keras.

2. Mencari Ikan

Penduduk yang tinggal di sekitar Pantai Muncar umumnya berprofesi sebagai nelayan sehingga banyaknya para nelayan yang sedang mencari ikan merupakan hal yang wajar dilihat. Anda bisa mengikuti kegiatan penduduk dengan mencari ikan bersama atau jika Anda tidak mau repot Anda bisa membeli ikan yang ditawarkan oleh para penduduk lokal yang ada di sekitar pantai.

3. Spot Foto

Sudah tidak diragukan lagi bahwa daerah sekitar Gunung Kidul adalah surganya tempat wisata, maka dari itu jika Anda berkunjung ke Pantai Muncar jangan lewatkan untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman Anda. Ada beberapa spot foto yang yang telah disediakan di sana. Spot foto terbaik dan juga cantik bisa Anda jumpai pada kawasan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Benjamin Kufa

Tidak hanya bisa menemukan pohon kelapa, Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan di area Pantai Muncar. Mulai dari tempat parkir yang cukup besar untuk memuat berbagai kendaraan. Anda yang membawa bus atau mobil tidak perlu khawatir memikirkan tepat parkir, karena saat ini bus sudah bisa masuk ke area wisata satu ini.

Selain itu ada juga beberapa toilet umum disediakan untuk para pengunjung yang bisa Anda manfaatkan. Terdapat juga berbagai warung kecil di area pesisir pantai. Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa bekal. Mereka menawarkan berbagai hidangan laut yang wajib Anda coba. Ada juga Mushola kecil yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin beribadah.

Para pengunjung tidak perlu lagi khawatir mencari tempat untuk beribadah. Ada juga spot-spot yang sengaja disediakan untuk tempat beristirahat para pengunjung. Anda bisa menemukan banyak tempat duduk yang tersedia di sekitar pantai. Belum lagi ada banyak spot foto yang disediakan di area sekitar pantai. Spot foto ini banyaknya dibangun dengan material kayu dan bambu khas pantai.

Anda bisa mengambil banyak foto bersama keluarga atau teman pada spot foto yang telah disediakan di area sekeliling pantai. Anda bisa menjadikan laut, hamparan pasir di, perbukitan yang ada di sekitar pesisir laut sebagai background yang menarik. Selain itu, Anda bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan liburan di area Gunung Kidul, jangan lupa untuk singgah di Pantai Muncar. Pantai dengan pasir putih ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup untuk membuat Anda menghilangkan penat dan lelah. Hamparan pasir putih dengan bukit yang mengelilingi pantai ini bisa menjadi hiburan untuk Anda bersama keluarga maupun teman.