Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Turunan, Girisuko, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi selama berada di Kota Yogyakarta. Kota tersebut memang terkenal memiliki banyak sekali wisata alam dengan panoramanya yang begitu memukau. Salah satunya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu geoforest Watu Payung Turunan. Tempat wisata Gunung Kidul tersebut memang cukup ramai dikunjungi.

Geoforest Watu Payung tersebut berada di Kota Yogyakarta dan membuat siapa pun mampu terpukau ketika sudah berada di sana. Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan serta keseruan ketika berlibur ke tempat tersebut. Karena itu, tidak heran Anda akan menemukan beberapa wisatawan lokal maupun luar daerah.

Keseruan yang bisa Anda dapatkan di tempat ini tentunya tidak bisa Anda peroleh jika mengunjungi tempat lain. Karena itu, pastikan ketika liburan tiba, Anda mengajak serta keluarga, pasangan maupun teman Anda untuk berkunjung ke Watu Payung tersebut. Karena dipastikan liburan Anda akan jadi semakin seru dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Payung Turunan

Daya Tarik Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Tommy

1. Batu Besar Berbentuk Payung

Daya tariknya memang telah membuat banyak wisatawan akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini. Salah satu daya tarik tersebut yaitu batu besar yang memiliki bentuk menyerupai payung. Oleh karena bentuknya yang serupa payung itu, maka masyarakat sekitar menyebutnya dengan Watu Payung Turunan.

Anda yang sangat hobi berburu tempat-tempat indah dengan panorama alamnya yang begitu menggugah, maka sangat tepat untuk mengunjungi tempat tersebut. Terlebih bagi Anda yang memang hobi sekali melakukan traveling ke berbagai area yang masih alami.

2. Panorama Alam yang Indah

Di tempat wisata Watu Payung tersebut Anda akan memperoleh pemandangan yang begitu menakjubkan. Pemandangan itu mampu membuat siapa saja jadi terpukau, terlebih lagi saat Anda berada di tempat tersebut menjelang sunrise dan juga Sunset tiba. Disanalah nantinya Anda bisa menemukan hamparan bukit hijau.

Menyaksikan keindahan bukit berwarna hijau yang terhampar di depan mata, pasti akan membuat Anda merasa tenang seketika. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan langit dari area ketinggian. Di sanalah Anda bisa melihat indahnya alam Yogyakarta. Terlebih lagi ketika pagi hari, maka awan gemawan akan menyelimuti tempat tersebut.

Keindahan alam yang ada ditempati tersebut memang sangat memukau dan eksotis, sehingga mampu membuat siapa saja merasa betah berada di sana. Saat Anda berada di tempat tersebut ketika siang hari, maka Anda akan bisa merasakan kesejukan udara yang ada di lingkungan Watu Payung Turunan.

Selain nantinya Anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang begitu menakjubkan, di tempat tersebut juga terdapat panorama Sungai Oya. Kawasan wisata ini memang masih sangat asri seolah belum pernah dijamah oleh tangan-tangan manusia.

Maka dari itu, wajar saja jika udara di tempat tersebut begitu sejuk, dingin dan segar, khas area perbukitan. Bagi Anda yang berasal dari area perkotaan padat dengan polusi, maka berada di tempat tersebut tentu merupakan suasana yang baru. Di sanalah nantinya Anda merasa seolah berada di sebuah Negeri Atas Awan.

3. Spot Foto yang Keren

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkunjung ke tempat tersebut pada pagi hari, karena momen menikmati matahari terbit di tempat ini memang tidak boleh dilewatkan. Anda akan melihat gumpalan kabut lembut yang menyelimuti area wisata. Saat sore hari ketika cuaca sudah mulai terang, Anda pun dapat melihat pesona langit senja dengan taburan warna oren.

Tak hanya sebatas itu saja, tempat wisata Watu Payung juga menyuguhkan beberapa spot foto yang begitu Instagramable. Pastinya tidak boleh Anda sia-siakan, terlebih lagi Anda yang sangat suka untuk berselfie ria. Nuansa alam di tempat tersebut memang begitu asri.

Terdapat banyak sekali spot foto yang khusus dipakai bagi Anda yang ingin mengabadikan momen. Setidaknya disana Anda akan menemukan tiga titik lokasi yang begitu recommended untuk dicoba. Masing-masing spot foto yang tersedia mempunyai keunikannya tersendiri. Jadi Anda perlu memastikan untuk mencoba semua spot foto yang ada di sana.

Lokasi dan Rute Tempat Wisata

Alamat Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Gibran Fayza Reswara

Untuk Anda yang berencana berlibur ke tempat wisata Watu Payung Turunan tersebut, maka Anda bisa segera meluncur ke Kota Yogyakarta. Sekalipun menuju tempat ini membutuhkan sedikit perjuangan, tapi keindahan alam yang disuguhkan akan membuat semua rasa lelah Anda terbayar lunas.

Geoforest Watu Payung berada di Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Saat Anda telah berencana mengunjungi tempat tersebut, dari pusat Kota Yogyakarta jarak yang akan ditempuh nantinya kurang lebih 30 km. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri yaitu kurang lebih selama 60 menit menggunakan kendaraan.

Perlu diketahui, tempat wisata tersebut memiliki jam operasional sendiri, karena itu sebaiknya Anda harus mengetahui jam operasional tersebut. Tempat ini dibuka mulai pukul 04.45 dan akan ditutup saat menjelang pukul 21. 00 WIB. Anda bisa datang ke tempat tersebut sekalipun sedang tanggal merah, karena tempat ini dibuka setiap hari.

Jika disini Anda masih merasa bingung mengenai rute untuk menuju ke lokasi wisata, maka sebaiknya Anda menggunakan bantuan navigasi melalui smartphone Anda. Dengan begitu otomatis proses menemukan lokasi wisata akan jadi lebih mudah dilakukan.

Harga Tiket Tempat Wisata

Tiket Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Irwan Pobia

Sama halnya seperti tempat wisata lain, ketika Anda mengunjungi wisata Watu Payung Turunan tersebut Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Tempat ini termasuk dalam salah satu destinasi wisata murah yang ada di kota Yogyakarta. Nantinya Anda hanya perlu membayar uang di bank sebesar Rp 5.000 saja.

Sedangkan bagi Anda yang tertarik untuk berfoto di spot foto yang sudah disediakan di area geoforest, maka bebas dan tidak perlu membayar kecuali untuk spot hasta aspari. Di spot ini nantinya Anda perlu membayar uang sebesar Rp 5.000 dan akan diberikan waktu maksimal selama 3 menit.

Spot foto tersebut merupakan ikon dari objek wisata geoforest. Di sinilah umumnya para pengunjung yang sangat suka sekali dengan matahari terbit, berkumpul untuk memotret momen tersebut dan mengabadikannya dalam sebuah foto.

Bagi Anda yang kebetulan lupa membawa kamera, maka tidak perlu khawatir, karena di sana juga telah tersedia jasa fotografer. Nantinya Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 3.000 saja untuk tiap file foto. Di tempat tersebut juga tersedia aktivitas panahan, bagi Anda yang tertarik nantinya harus membayar uang Rp 10.000 untuk bisa mencobanya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Watu Payung Turunan

Aktivitas Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Geoforest Watu Payung Turunan

1. Menikmati Pemandangan Alam yang Memukau

Alam yang begitu mempesona memang menjadi pemandangan yang begitu memanjakan pikiran Anda dan mampu membuat pikiran jadi segar dan jauh dari rasa penat. Terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berada di Watu Payung Turunan, salah satunya yaitu menikmati pemandangan alam yang begitu memukau.

Hembusan angin sapoli serta panorama alam yang begitu asri, eksotis dan begitu alami tentu akan mampu menyuguhkan nuansa yang begitu menenangkan pikiran. Anda bisa menikmati zona ternyaman Anda bersama dengan keluarga saat berlibur di tempat tersebut dengan cara menikmati sajian alam yang begitu indah dari puncak geoforest ini.

2. Berburu Foto

Selain nantinya Anda bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang begitu memukau dan mempesona, di tempat tersebut juga Anda akan menikmati berbagai macam fasilitas berupa spot foto. Seperti yang telah dibahas di atas, spot foto di tempat tersebut begitu instagenic dan layak untuk Anda pamerkan di sosial media.

Namun perlu diketahui, tidak semua spot foto di Watu Payung gratis dan bebas untuk Anda gunakan. Karena memang terdapat spot foto yang mewajibkan Anda untuk membayar lebih dahulu.

Aktivitas Lain Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Muhammad Zhian

3. Melakukan Outbound dan Berkemah

Aktivitas yang tak kalah menarik bisa dilakukan selama mengunjungi tempat wisata tersebut yaitu melakukan outbound dan berkemah. Aktivitas yang satu ini memang mayoritas dilakukan oleh para pecinta alam. Karena itu, Anda yang merasa anggota dari pecinta alam tidak ada salahnya mengajak serta kelompok Anda untuk menjelajah tempat tersebut.

4. Melihat Pemandangan Bukit Sewu

Seperti yang telah di sampaikan, di tempat wisata cantik ini nantinya Anda bisa menyaksikan pemandangan yang begitu memukau dari ketinggian. Salah satu pemandangan yang tersaji di depan mata yaitu panorama dari Bukit Sewu. Menyaksikan tempat tersebut saat menjelang sore hari atau ketika matahari terbit merupakan ide yang paling tepat untuk dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Watu Payung Turunan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Rachmat R

Geoforest Watu Payung Turunan merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer dan sudah dikelola dengan sangat baik. Anda yang memutuskan untuk berlibur ke tempat ini tidak perlu khawatir nantinya kesusahan untuk menemukan toilet maupun kamar mandi. Karena di sana sudah tersedia beberapa toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman.

Selain itu, Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah tersedia. Untuk yang ingin menjalankan ibadah salat di waktu payung tersebut telah dibangun sebuah mushola bagi pengunjung muslim.

Tidak perlu capek-capek membawa bekal dari rumah, di sana sudah terdapat warung makan dan cafe yang menyajikan menu begitu nikmat dengan harga yang terjangkau. Anda yang suka dengan kegiatan camping, maka aktivitas tersebut juga bisa dilakukan di area camping yang sudah disiapkan di sana.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Watu Payung Turunan yang ada di Kota Yogyakarta. Mengunjungi tempat tersebut memang sangat direkomendasikan bagi Anda dan keluarga, terlebih saat menjelang hari libur tiba.