Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke Blitar, pastikan anda untuk datang dan singgah sejenak di Pantai Peh Pulo. Meskipun lokasinya berada di ujung kota Blitar dan masih tergolong salah satu pantai tersembunyi, namun pesona keindahannya memang tak perlu untuk diragukan lagi. Hal tersebut lantaran masih banyak wisatawan yang jarang mengetahui lokasi dari destinasi bahari ini.

Walaupun namanya masih asing terdengar, wisata satu ini kerap kali disebut sebagai Raja Ampat dari Blitar. Bagaimana tidak, pesonanya memang sangat khas dan pemandangan yang ada pun sangat mempesona. Berkunjung ke Pantai Peh Pulo ketika liburan tentunya menjadi salah satu kegiatan wajib yang perlu anda lakukan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Peh Pulo

Daya Tarik Pantai Peh Pulo
Image Credit: Instagram zakki

1. Termasuk Pantai yang Tersembunyi

Bagi anda yang ingin menjelajah wisata bahari dengan suasana yang tenang, maka pantai cantik di Blitar ini dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda tuju. Hal ini dikarenakan pantai tersebut tergolong salah satu tempat wisata yang masih jarang didatangi oleh pengunjung.

Sehingga jika anda mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka anda pun nantinya akan bisa mendapati lingkungan yang masih sepi dan tenang. Tentunya sangat cocok bagi anda yang ingin mencari tempat untuk self healing dan bersantai tanpa ada gangguan dari orang sekitar. Untuk itu, pantai yang tersembunyi ini memang sangat pas bagi anda.

2. Keindahan di Pantai Peh Pulo

Keindahan yang ada di pantai satu ini memang tak perlu anda ragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan pemandangan pantai yang indah akan menyambut anda setelah melakukan perjalanan yang melelahkan dan penuh perjuangan. Disini, anda akan langsung disuguhkan dengan air laut berwarna kebiruan.

Selain itu, hamparan pasir putih bersih yang ada di lokasi satu ini juga bisa menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh pantai perawan ini. berada di garis pantai Pulau Jawa bagian selatan, maka anda pun akan mendapati jika wisata satu ini memiliki ombak yang terbilang cukup besar.

Namun, tak perlu khawatir anda tetap bisa bermain air di bibir pantai dengan jarak yang aman. Keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Peh Pulo Blitar ini adalah ketika anda melangkahkan kaki ke bibir pantai, anda pun akan menemukan beberapa pulau karang yang tersebar sangat apik.

Adanya pulau karang yang menyebar itulah yang membuat wisata satu ini menjadi destinasi yang mulai diincar oleh wisatawan sekitar lantaran dirasa memiliki kemiripan dengan Raja Ampat. Saat berada disini, ketika anda melihat ke kanan dan ke kiri, maka anda pun akan bisa menjumpai indahnya bukit yang sangat indah nan mempesona mengelilingi pantai satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Peh Pelu
Image Credit: Google Maps TanamaN AjjA

Bagi anda yang tertarik mengunjungi wisata Pantai Peh Pulo, maka anda pun bisa langsung datang ke Desa Panggungrejo yang berada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk anda yang berangkat dari pusat kota Blitar, maka anda pun bisa melakukan perjalanan kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil atau motor.

Untuk akses menuju ke pantai ini sendiri, anda bisa mengarahkan kendaraan yang dibawa dari pusat Kota Blitar menuju ke arah Kanigoro. Kemudian, anda pun bisa belok ke arah Sutojayan dan nantinya belok ke arah Panggungrejo. Anda hanya perlu mengikuti jalan menuju arah selatan hingga nantinya tiba di tujuan.

Berwisata ke sini, anda pun akan menemukan jalan makadam. Dimana beberapa bagian jalan masih berupa tanah yang berlumpur. Untuk menghindari hal hal atau kejadian yang tidak diinginkan, disarankan jika anda mengendarai sepeda motor saja saat akan mengunjungi daerah satu ini. namun, ketika anda akan sampai, maka nantinya anda akan mendapati jalanan yang sudah rata dan beton.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps zainul arifin

Bagi pengunjung yang ingin datang untuk berwisata ke lokasi satu ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir hal ini lantaran anda tidak akan dipungut biaya yang mahal. Melainkan, hanya sekitar 5 ribu rupiah saja anda pun telah bisa memasuki kawasan wisata satu ini.

Tiket masuk yang murah sekaligus terjangkau bagi semua kalangan ini membuat siapa saja bisa datang dan berkunjung ke lokasi tanpa perlu mengeluarkan kocek berlebih. Tentunya bagi anda yang ingin datang kesini saat akhir bulan tiba, bisa datang tanpa memikirkan biaya yang ada karena memang harganya sangatlah murah. Anda juga dikenakan tarif parkir apabila membawa kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, anda bisa datang kapan saja. sebab, Pantai Peh Pulo yang ada di Blitar ini tidak memiliki jam buka tertentu. Melainkan pantai tersebut akan dibuka selama 24 jam penuh. Kemudian, pantai ini juga buka setiap hari. Sehingga bagi anda yang sedang penat bisa langsung datang berkunjung ke tempat satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Peh Pulo

Kegiatan Menarik Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps Geris Novita

1. Bermain Pasir

Memiliki pantai dengan hamparan pasir putih halus yang luas membuat lokasi ini sangat pas digunakan sebagai area untuk bermain pasir. Bagi anda yang kesini bersama dengan si kecil, maka pastikan anda membawa peralatan untuk membuat istana pasir. Hal ini tentu saja akan membuat siapa saja betah menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Akan tetapi, apabila anda berada disini pastikan untuk tidak berada di pinggiran pantai yang mengarah ke laut. Terutama ketika anda sedang bermain dengan si kecil. Hal ini lantaran ombak yang ada di pantai ini terbilang cukup besar. Sehingga akan sangat berbahaya apabila anda bermain di tempat yang lokasinya mendekati ujung pantai.

Selain itu, anda juga perlu berhati hati ketika berada di area bibir pantai. Hal tersebut lantaran di kawasan tersebut penuh dengan bebatuan karang yang kecil kecil. Sehingga apabila anda bertelanjang kaki pastikan untuk selalu waspada. Sebab, apabila kaki anda terkena bebatuan tersebut akan bisa menimbulkan luka.

2. Berkemah

Pantai Peh Pulo yang buka selama 24 jam penuh ini membuat sebagian wisatawan banyak yang menjadikannya lokasi untuk berkemah. Biasanya pengunjung akan camping di area parkir, karena kawasan satu ini banyak ditumbuhi oleh pohon cemara pantai. Sehingga hal tersebut akan bisa digunakan sebagai lokasi untuk berkemah.

Bagi anda yang memang merencanakan untuk menginap di lokasi satu ini, pastikan untuk tidak lupa membawa perbekalan yang dibutuhkan untuk bermalam di tempat tersebut. Hal ini lantaran kantin yang berada di sekitar pantai tidak akan buka selama 24 jam penuh. Untuk itu, anda pun bisa membawa makanan yang cukup jika ingin berkemah disini.

3. Hunting Foto

Hunting foto menjadi salah satu kegiatan yang tidak terlupakan ketika berada di lokasi satu ini. bagaimana tidak, ketika anda berada disini, pemandangan yang indah dan panorama pantai yang memukau menjadi salah satu hal yang wajib untuk anda abadikan. Tak heran banyak orang yang membawa kamera dan berfoto di area ini.

Apabila anda tergolong salah satu pengunjung yang menyukai tantangan dan aktivitas fisik, maka anda pun bisa menjelajah ke bukit yang berada di sekitar kawasan pantai. Perbukitan yang ada di area ini merupakan salah satu titik yang tertinggi. Sehingga anda pun bisa menyaksikan pemandangan dan panorama Pantai Peh Pulo secara keseluruhan disini.

Untuk itu, bagi anda yang ingin mendapatkan hasil foto bak berada di Raja Ampat, pastikan naik dan melangkahkan kaki menuju ke perbukitan satu ini. hal tersebut dikarenakan latar belakang laut lepas dan juga deretan batu karang yang indah menjadi salah satu hal menakjubkan yang wajib untuk anda abadikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata
Image Credit: Instagram mataHari

Berbicara tentang fasilitas yang tersedia di Pantai Peh Pulo, anda pun akan menemukan area parkir yang sangat luas. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda pun tidak perlu khawatir lantaran anda bisa memarkir kendaraan yang dibawa dengan bebas dan juga tetap aman.

Selain itu, anda juga akan menjumpai kantin yang buka hingga sore hari ketika berada di kawasan pantai ini. Untuk itu, jika anda kelaparan atau sekedar ingin memuaskan dahaga, kantin tersebut dapat menjadi salah satu tempat yang anda tuju, dan tetap menawarkan menu dengan harga yang terjangkau. Fasilitas lain yang tersedia di pantai adalah mushola dan toilet umum yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Kegiatan menginap di pantai, menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika menghabiskan waktu di Pantai Peh Pulo. Ditambah lagi, anda bisa berkunjung untuk liburan kesini bersama keluarga maupun sendiri. Jika anda tertarik untuk singgah ke pantai yang sepi, pastikan mampir ke pantai cantik ini ketika sedang berada di daerah Blitar.