Pantai Sendiki, Wisata Pantai yang Menakjubkan di Malang

Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki salah satu wisata pantai yang populer di Malang, Jawa Timur yang kaya pesona dan menarik untuk dijelajahi. Pantai berpasir dengan latar hutan yang menawan menjadi tujuan camping dan menikmati matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda termasuk pecinta bahari? Jika iya, maka Anda bisa menjadikan kota Malang sebagai tujuan wisata pantai Anda. Ada banyak pantai pantai cantik yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satu pantainya yang menarik dikunjungi adalah Pantai Sendiki, wisata bahari dengan panorama yang luar biasa siap memanjakan setiap pasang mata. Untuk mengintip pesonanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sendiki

Daya Tarik Pantai Sendiki

Image Credit: Google Maps (Satya Putra)

Pantai cantik yang ada di Malang sendiri mulai dikenal dan dibuka sebagai destinasi wisata sejak tahun 2015 lalu. Dimana pada saat peresmiannya, orang yang datang bermalam di sekitaran pantai. Bukan hanya untuk peresmian tetapi juga untuk merayakan pergantian tahun. Memang tidak menghadirkan pemerintah, tetapi peresmiannya tak kalah meriah.

Pesona yang dimiliki Pantai Sendiki memang tiada duanya dan mendapatkan julukan sebagai surga tersembunyi. Menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan suasana pantai yang begitu asri. Hiasan pasir putih lengkap dengan batu batuan karang yang berjejer turut memperindah pantai satu ini. Walaupun sudah lama di buka, pantai ini terbilang masih jarang dikunjungi.

Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk pekerjaan. Apalagi selain masih belum banyak pengunjung, pantainya juga bersih. Memiliki garis pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih lembut dijamin akan membuat liburan berkesan. Perjalanan tentunya akan semakin menyenangkan jika bersama orang orang tersayang.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pantai satu ini memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Kebanyakan pantai di Malang memang masih menjadi bagian Laut Selatan, sehingga airnya jernih dengan ombak yang cukup menantang. Begitu juga dengan Pantai Sendiki yang memiliki air kebiruan yang jika berpadu dengan pasir putih akan sangat menawan.

Pantai ini juga terkenal dengan lingkungannya yang bersih, pemandangan sampah berserakan akan sangat jarang untuk Anda temukan. Sampah yang ada di pantai ini biasanya sampah yang terbawa dari laut dan juga rontokan dedaunan. Soal pemandangan, Anda tak perlu khawatir karena memang sudah terkenal keindahannya.

Daya Tarik dari Pantai Sendiki

Image Credit: Facebook.com @sendiki

Pemandangan yang ditawarkan memang sangat menakjubkan. Anda akan disuguhkan dengan pantai berpasir putih yang berpadu dengan birunya lautnya. Ombaknya cenderung lebih landai sehingga bermain di pinggir ombak bukanlah masalah. Gugusan pulau karang yang kokoh ditambahkan dengan pepohonan hijau menjadi pahatan yang luar biasanya.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Tuban yang Hits & Populer

Suasananya begitu sejuk, deretan pepohonan memang berjajar rapi yang memberikan pemandangan hijau menyegarkan. Duduk dibawah pohon menatap pemandangan yang mempesona sudah pasti akan menghempaskan semua penat. Pantai Sendiki sendiri tidak hanya memiliki hamparan pasir putih luas, tetapi beberapa bagiannya juga dipenuhi batu karang.

Bongkahan batu karang ini menggumpal di pinggir pantai yang justru memberikan pemandangan yang luar biasa. Selain memiliki daya tarik dalam hal pemandangannya, pantai ini ternyata memiliki daya tarik lainnya yang berbalut mitos yang beredar. Dimana mitos yang beredar sangat erat kaitannya dengan sejarah penemuan dari pantai ini sendiri.

Mbah Singo Lennon yang masih ada hubungannya dengan pantai ini konon katanya di makamkan di pantai ini. Dan memang di sekitar kawasan terdapat makam batu yang disebut sebut sebagai makam milik Mbah Singo Lennon. Kendati belum tentu benar, tetapi mitos jika pantai yang angker berasal dari hadirnya makan batu tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sendiki

Alamat Pantai Sendiki

Image Credit: Google Maps (Golobok Go)

Pantai yang cantik ini berada di Area Sawah, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang. Bisa dikatakan jika jarak pantai ini memang jauh jika dari pusat kota. Setidaknya Anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 KM. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam jika tidak macet. Untuk kendaraan, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, maka dari Malang Anda harus menuju Gadang terlebih dahulu. Setelah itu mengambil bis menuju daerah Bululawang dan dilanjutkan menuju Kerebet. Dari daerah Kerebet, Anda harus berganti bus jurusan Turen. Barulah nanti Anda akan dibawa menuju Sumbermanjing Wetan dari Turen.

Perjalanan Anda memang masih panjang, dari Sumbermanjing Wetan masih harus menempuh jarak sekitar 2 km menuju Pantai Tamban. Barulah saat Anda tiba di Pantai Tamban, perjalanan sudah tinggal sebentar. Dan perjalanan akan semakin menantang, karena akses jalannya masih terbilang belum memadai.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat agar lebih fleksibel. Setidaknya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam. Pastikan jika kendaraan Anda dalam kondisi yang prima, perjalanan akan melewati rute yang berkelok dengan tikungan yang curam.

Anda bisa memilih rute menuju Gondang Legi agar lebih cepat untuk menjangkaunya. Perjalanan akan dimulai dari Malang menuju Pakisaji, Kepanjen barulah ke Gondanglegi. Setelah itu Anda bisa menuju Turen dan akan tiba di Sumbermanjing Wetan. Sama saja, Anda juga harus melalui Pantai Tamban untuk sampai di Pantai Sendiki.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Jember Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bagi Anda yang menggunakan mobil, Anda harus melanjutkan dengan jalan kaki atau menggunakan sepeda motor. perjalanan Anda tak akan membosankan, sebab Anda akan melalui hutan lebat dan area persawahan sekitar 3 km. Jika Anda sudah menemukan pohon Ketapang, maka Anda sudah akan mendengar suara ombak dan bau lautan yang kian dekat.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki Malang

Harga Tiket Pantai Sendiki

Image Credit: Google Maps (Zakiya D Nashihah)

Pemandangan yang indah ini tak membutuhkan biaya mahal untuk menjangkaunya. Pengunjung setidaknya harus menyiapkan budget untuk tiket masuk mulai dari Rp 10 ribu untuk hari biasa. Sementara ketika akhir pekan atau hari libur, tiketnya bisa naik hingga Rp 15 ribuan. Tentunya harga tiket ini masih sangat terjangkau jika dibandingkan keindahannya.

Harga tiket masuk Pantai Sendiki yang disebutkan, masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Harga tiket masuk dan parkir ini tentunya bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu. Tetapi harganya tidak akan naik hingga berkali kali lipat.

Sementara jam operasional, objek wisata ini buka selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Sehingga Anda bebas datang kapan saja, bahkan beberapa pengunjung juga memilih untuk bermalam di sekitaran pantai. Jika Anda ingin suasana yang sangat tenang, ada baiknya untuk mengunjungi di hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sendiki

Kegiatan di Pantai Sendiki

Image Credit: Instagram.com @andik.uyee

1. Bermain Air

Airnya yang jernih dengan suara ombak yang merdu memang membuat siapapun yang berkunjung tak sabar untuk bermain air. Anda yang tidak mahir berenang, bisa bermain di pinggir pantai. Memang pantai ini memiliki ombak yang landai, tetapi Anda harus tetap berhati hati dan tidak terlalu ke tengah saat berenang di pantai ini.

Beberapa pengunjung yang datang, juga bisa sekalian bermain pasir di pinggir pantai. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa merasakan kesegaran air Pantai Sendiki yang begitu jernih kebiruan. Bagi yang tidak ingin berbasah basah, bisa berjalan jalan menyusuri tepi pantainya.

2. Bersantai di Tepi Pantai

Menikmati pemandangan juga bukanlah ide yang buruk saat Anda singgah di pantai menawan ini. Apalagi pantai ini menjadi pantai yang paling cocok untuk bersantai. Suasananya yang asri, akan sangat cocok untuk memasang hammock di antara pepohonan. Atau berpiknik dengan menggelar tikar di bawah pohon juga bukanlah masalah.

Kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika kita bersama orang tersayang. Ditemani dengan es kelapa muda tentu akan semakin lengkap. Anda juga bisa membawa makanan dari rumah untuk piknik dengan bersama keluarga. Sambil berbincang dan menikmati suasana pantai yang asri. Liburan ini pasti akan menjadi yang paling berkesan.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Melihat Makam Mbah Singo Lenon

Pantai Sendiki memang erat kaitannya dengan legenda Mbah Singo Lenon. Konon legenda ini juga yang menjadikan nama pantai ini Sendiki. Walaupun belum tentu benar, tetapi Anda bisa menemukan makam Mbah Singo Lenon. Makam ini lokasinya berada di sebelah kiri dari pantai. Tidak sulit menemukannya, karena ada tulisan Singo Lelono.

Kegiatan di Sendiki

Image Credit: Instagram.com @riskaarbi_

4. Berburu Foto Instagramable

Kegiatan yang tak bisa dilewatkan saat Anda sedang liburan di pantai ini adalah berburu foto yang instagramable. Ada beberapa spot foto yang memang disediakan di kawasan pantai ini. Mulai dari ayunan hingga berfoto di rumah pohonnya. Pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda dan juga menyiapkan kapasitas penyimpanan yang lega.

5. Menikmati Kuliner

Kegiatan seru yang juga bisa Anda lakukan di Pantai Sendiki adalah berburu kuliner yang lezat. Ada banyak warung makan yang menyediakan menu menu seafood yang bisa Anda jajal. Tenang saja, soal rasa Anda tak perlu khawatir karena siap menggoyang lidah Anda. begitu juga dengan harganya masih terbilang ramah kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sendiki Malang

Fasilitas di Pantai Sendiki

Image Credit: Google Maps (Ferniko Febriawan)

Pemandangan yang mengagumkan saja tidak cukup, karena fasilitas yang nyaman juga menjadi pertimbangan pengunjung. Di Pantai Sendiki sendiri, Anda bisa menemukan beberapa fasilitas penunjang kenyamanan. Walaupun pantai ini terbilang masih jarang dikunjungi, tetapi memiliki fasilitas yang terbilang memadai.

Anda bisa menemukan fasilitas berupa toilet umum yang bersih. Selain itu Anda juga tetap bisa beribadah dengan hadirnya mushola yang ada. Anda yang tidak sempat menyiapkan makanan, Anda bisa mengandalkan para penjual yang tersedia. Masyarakat sekitarlah yang mengelola kawasan warung warung ini.

Fasilitas seperti gazebo juga tersedia di pantai yang cantik ini. Untuk Anda yang ingin bermalam dengan tenda, sudah tersedia camping ground untuk mendirikan tenda. Namun bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan lebih lama dengan lebih nyaman, penginapan bisa jadi pilihan. Ada banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa dijadikan pilihan.

Pantai ini memiliki fasilitas penginapan unik yang dikenal dengan rumah pohon Pantai Sendiki. Dengan menginap di rumah pohon ini, tentunya Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang mengagumkan. Selain itu, warga sekitar juga banyak menawarkan homestay dengan harga terjangkau dan memiliki fasilitas yang nyaman.

Liburan bersama keluarga atau teman teman ke Pantai Sendiki tentunya bukanlah pilihan yang buruk. Memiliki panorama yang mempesona, pantai ini juga akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Fasilitas memadai lengkap dengan berbagai kegiatan seru juga bisa dilakukan di pantai ini. Jadi tertarik untuk berkunjung di pantai eksotis di Malang?