Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jika Anda termasuk pecinta bahari, tentu Anda akan tahu jika Malang memiliki banyak pantai pantai yang cantik. Bahkan beberapa diantaranya merupakan pantai yang belum banyak terjamah. Pantai Batu Bengkung menjadi salah satu pantai yang ada di Malang dengan keindahan yang luar biasa. Lokasinya juga termasuk dalam kawasan cagar alam yang dilindungi.

Seperti halnya dengan pantai Selatan lainnya, Anda juga akan menemukan ombak tinggi nan besar di pantai ini. Bahkan di waktu tertentu bisa mencapai 2 hingga 3 meter di waktu tertentu. Menariknya, Pantai Batu Bengkung juga menawarkan keunikan yaitu tebing dan bebatuan karangnya yang membentuk kolam kolam alami yang belum tentu dimiliki oleh wisata pantai lainnya. Yang jelas, pantai ini akan membuat liburan Anda makin menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bengkung

Image Credit: Twitter.com @lyanjibroil

1. Hadirkan Pemandangan Alam Indah

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan dibuat terpesona dengan bentang alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang begitu jernih. Karang karang yang membentuk tebing berdiri kokoh di tengah laut. Menjadikan ombak terpecah dan menambah keindahan yang disuguhkan.

Di pinggir pantainya juga memiliki deretan pepohonan yang membuat suasananya begitu asri. Menghabiskan liburan di pantai ini dijamin akan menghempaskan segala penat Anda. memandang hamparan pantai dengan gradasi warna hijau tosca dengan hembusan angin pantainya adalah perpaduan yang pas.

2. Tawarkan Pemandangan dari Atas Bukit

Tidak hanya bisa melihat keindahannya dari pinggir pantainya, pengunjung juga akan disuguhkan panorama dari atas ketinggian. Di Pantai Batu Bengkung ada beberapa bukit karang yang bisa untuk didaki, sehingga Anda bisa melihat panorama dari atas. Spot ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda yang ingin liburan sekaligus berpetualang.

Tebing ini memiliki kemiringan sampai dengan 90 derajat, sehingga dibutuhkan fisik yang fit. Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya, karena di pinggiran tebingnya telah ada tali yang bisa membantu pengunjung untuk mendaki. Daya tarik yang dimiliki pantai satu ini menjadikan pengunjung bisa menikmati panorama dari sudut yang berbeda.

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

3. Kolam Gugusan Karang

Yang membuat Pantai Batu Bengkung memiliki keunikan tersendiri adalah hadirnya kolam alami yang berada di tepi laut. Gugusan karang ini memang memiliki cekungan tertentu yang akan terisi air laut. Kedalamannya bisa sampai 1,5 meter dan berada di bibir pantai. Kemudian masih dipisahkan dengan batu karang besar yang menjadi pembatasnya.

Air dari kolam tersebut akan terisi karena ombak tinggi dari pantai ini. Tak jarang akan ada biota laut kecil yang terbawa ke dalam kolam alami ini. Memang Anda tidak akan bisa berenang di pantai ini karena ombaknya yang tinggi. Namun karena hadirnya kolam alami ini, pengunjung bisa bersantai atau berendam tetapi harus memperhatikan kondisi ombaknya.

4. Memiliki Sejarah Nama yang Unik

Tidak hanya dalam hal pemandangannya saja, nama dari pantainya sendiri memiliki cerita tersendiri. Tentu Anda tahu jika ada banyak tempat wisata yang memiliki sejarah yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan Batu Bengkung, dimana nama ini berkaitan dengan bebatuan yang mengelilingi pantai.

Yang membuatnya makin menarik, gugusan batu tersebut bentuknya melengkung layaknya wanita yang dalam keadaan dibengkung. Bengkung sendiri merupakan sabuk panjang yang biasa dipakai oleh ibu ibu Jawa. Digunakan para ibu ibu yang baru saja melahirkan, tujuannya untuk membuat perut kembali ramping setelah melahirkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Rara Chan)

Pantai Batu Bengkung berada di Jalan Jalur Lintas Selatan yang termasuk dalam Desa Gajahrejo, kec. Gedangan, Kab. Malang. Dari pusat kota Malang memang cukup jauh, setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi. Karena Anda memang harus menempuh jarak kurang lebih 64 km. Namun akses menuju lokasi sudah mudah untuk dilalui.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi, baik motor maupun mobil. Bisa juga menggunakan kendaraan umum dengan menuju terminal Arjosari. Namun akan lebih mudah jika membawa kendaraan sendiri ataupun menyewa kendaraan. Anda bisa lebih leluasa jika menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum.

Menuju pantai ini ada dua rute yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Rute yang pertama bisa menggunakan jalur Turen menuju Sumbermanjing Wetan. Mengikuti rute yang ada sampai Anda nantinya berada di pertigaan. Akan ada petunjuk dengan tulisan ke Goa Cita juga Bajulmati, ikuti arah ini. Nantinya Anda akan melewati pantai yang berjajar.

Ketika sudah melihat petunjuk Pantai Bajul Mati, maka tujuan Anda sudah dekat. Silahkan menuju ke arah barat, nantinya medannya akan berkelok kelok tetapi sudah di aspal. Rute yang kedua bisa menggunakan rute menuju Gondanglegi dari Malang. Saat Anda di pertigaan pasar Gondanglegi, Anda bisa mengambil arah ke kiri.

Mengikuti jalan besar yang ada, sampai akhirnya menemukan Pasar Wonokerto dan ambil lurus. Nanti di daerah Bantur, Anda akan menemukan petunjuk jalan sampai tiba di perempatan Pantai Balekambang. Ambil arah belok kiri, lokasi Batu Bengkung ada sebelum Pantai Bajulmati. Rute kedua lebih aman dengan akses yang lebih mudah untuk dilalui.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Hadnys Setyo)

Menikmati keindahan dari pantai ini tak perlu merogoh dalam kantong Anda. Harga tiket masuk Pantai Batu Bengkung dibanderol sekitar Rp 10 ribu. Harga berlaku untuk hari biasa maupun hari libur sekalipun. Dan masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. Untuk Anda yang membawa motor tarif parkir sekitar Rp 5 ribu saja.

Sementara untuk mobil bisa mencapai Rp 10 ribu dan kendaraan lebih besar tentu akan lebih besar. Bagi Anda yang ingin menginap di area pantai, maka Anda harus menambah biaya tersendiri. Jam operasional wisata pantai sendiri selama 24 jam. Sehingga Anda bebas berkunjung kapan saja, baik saat pagi ataupun sore hari sekalipun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Batu Bengkung

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Instagram.com @jejak_pict

1. Menikmati Keindahan Pemandangannya

Kegiatan yang pasti dilakukan ketika berada di Pantai Batu Bengkung adalah menikmati keindahannya. Pantai satu ini memang memiliki bentang alam yang luar biasa. Maka dari itu pengunjung bisa memandang hamparan pantai yang menentangkan. Dari jauh Anda bisa menyaksikan ombak bergulung gulung dengan airnya yeng begitu jernih.

Airnya tampak hijau kebiruan yang membuat pas jika berpadu dengan hamparan pasir putihnya. Anda bisa mengunjungi wisata ini bersama dengan teman teman ataupun dengan keluarga. Karena area pasir pantainya cukup luas, maka aman bagi Anda untuk bermain pasir di pinggir pantai. Sekalipun Anda membawa anak anak dalam aktivitas ini.

Karena ada banyak pepohonan yang berada di pinggir pantai, Anda bisa bersantai juga di bawah pohon. Sembari piknik juga bukan ide yang buruk, menggelar tikar ataupun memasang hammock di antara pepohonan. Yang jelas keindahan yang dimiliki pantai ini sangat sayang dilewatkan. Dan cocok untuk jadi jadikan tujuan wisata ketika liburan tiba.

2. Bermain Air di Kolam Alami

Memang Pantai Batu Bengkung ini memiliki ombak tinggi, sehingga dilarang untuk berenang. Dan kehadiran kolam alami yang ada mampu menjadi penghibur untuk para pengunjung, Karena Anda tetap bisa bermain air di sisi yang lebih aman. Seperti yang diketahui sebelumnya, ada kolam kolam yang terbentuk secara alami di pantai ini.

Kolam diantara bebatuan karang ini memiliki air biru jernih yang mengundang untuk bermain air di sana. Hanya saja ada kondisi tertentu yang membuat kolam ini justru terendam secara keseluruhan dengan air laut. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan pasang surut airnya lebih dahulu.

3. Berkemah

Kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan berikutnya adalah berkemah. Dengan mendirikan tenda, Anda bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru dengan bermalam di tengah alam terbuka. Saat malam datang, Anda bisa sekalian membuat api unggun dan menghabiskan dengan bercengkrama.

Kegiatan di Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Instagram.com @aanisasakinah

4. Berburu Sunset

Pemandangan matahari tenggelam di pantai ini sangat menawan. Maka dari itu sayang rasanya jika Anda tidak menikmatinya. Pemandangan langit yang berwarna orange dengan gulungan ombak menghadirkan suasana yang romantis. Anda bisa menikmati keindahannya di atas tebing agar lebih leluasa. Yang jelas, sunset di Pantai Batu Bengkung tak akan mengecewakan.

5. Kulineran

Semakin lengkap kegiatan liburan Anda jika Anda juga sekalian kulineran di pantai ini. Ada beberapa warung makan yang berada di sekitar pantai dengan menu seafood yang jempolan. Untuk menu andalannya seperti kepiting saus pedas juga ikan asam manis. Menikmati kulineran ini sembari menikmati keindahan pantainya adalah perpaduan yang pas.

6. Berburu Foto

Liburan tanpa berburu foto foto cantik tentu tidak akan lengkap. Saat Anda menghabiskan liburan di pantai ini, Anda bisa sekalian berburu foto foto cantik. Ada beberapa spot favorit yang bisa Anda temukan di pantai ini. Seperti berfoto dengan latar belakang laut baik di bawah atau di atas tebing. Maka dari itu pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bengkung

Fasilitas di Pantai Batu Bengkung
Image Credit: Google Maps (Sukamto Uhu)

Selain keindahannya, suatu tempat wisata juga akan semakin menarik karena fasilitasnya yang lengkap. Di Batu Bengkung, Anda bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang terbilang lengkap. Saat ini wisata bahari di malang ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Belum ada campur tangan dari pemerintah untuk pengembangan wisata ini.

Anda bisa menemukan toilet ataupun kamar mandi di beberapa sudut. Kendaraan pengunjung juga akan aman karena tempat parkirnya cukup luas. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan menemukan tempat sampah di beberapa sudut sehingga kebersihannya bisa dijaga. Tidak ketinggalan hadirnya warung warung makan yang menjual berbagai makanan.

Bagi Pengunjung yang ingin lebih lama berada di pantai, Anda bisa mendirikan tenda di area yang ada. Atau Anda juga bisa bermalam di beberapa penginapan yang dekat dengan pantai ini. Memang area penginapannya tidak tepat di area pantainya, namun ada beberapa penginapan dengan keluar kawasan lebih dahulu berupa homestay milik warga.

Sampai saat ini, pantai masih menjadi tempat yang banyak dituju oleh wisatawan. Selain bisa menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru. Bagi Anda yang sedang di Malang, tidak ada salahnya menjadikan Pantai Batu Bengkung sebagai tujuan. Pantai yang indah ini akan menghadirkan liburan tak terlupakan.