Pantai Ngliyep, Wisata Pantai Nan Eksotis Sarat Mitos di Malang

Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep salah satu objek wisata yang memukau di Malang yang wajib dijelajahi. Pantai berpasir yang memiliki ombak yang cukup besar, pemandangan indah dan pesona pulau kecil menambah keistimewaan pantai ini.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke Malang, Anda tak hanya akan disuguhkan dengan hijaunya pegunungan. Melainkan terdapat banyak pantai yang menghadirkan pesona dan keindahannya tersendiri. Salah satu yang wajib masuk ke daftar kunjungan Anda adalah Pantai Ngliyep. Pemandangannya yang indah dan air lautnya yang jernih menjadi keunggulan tersendiri sehingga banyak disinggahi terutama wisatawan yang sedang berada di Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngliyep

Daya Tarik Pantai Ngliyep

Image Credit: Twitter.com @nyitnitz

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu liburan di Malang, keberadaan Pantai Ngliyep tentunya sudah tidak asing lagi. Hal ini lantaran panorama alamnya yang mempesona dan eksotis akan membuat Anda ketagihan untuk berlama lama dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan pantai yang tenang dan juga pasir putih yang lembut. Meskipun pantai yang berada di daerah ujung selatan Pulau Jawa ini menyimpan kisah yang misterius, namun hal tersebut tak menghentikan wisatawan yang mengunjunginya. Pantai yang berada di tepi Samudra Indonesia ini memiliki keindahan tersendiri yang tak bisa dilukiskan.

Dengan pemandangannya yang natural tentu saja akan membuat pengunjung betah dan menyukainya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya turis yang berdatangan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Apabila Anda berada di Pantai Ngliyep, Anda nantinya akan disuguhkan dengan perpaduan antara pantai yang indah dan tebing yang curam.

Tidak hanya itu saja, disini Anda juga bisa untuk menemukan hutan lindung yang hijau di pinggir pantai. Tentunya akan menjadi salah satu liburan yang menyenangkan ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk datang ke tempat ini ketika liburan tiba.

Daya Tarik dari Pantai Ngliyep

Image Credit: Twitter.com @kartupos

Ngliyep yang menjadi nama dari pantai ini sebenarnya memiliki arti yakni mengantuk dalam Bahasa Jawa. Hal ini lantaran ketika berada disini, Anda pun akan merasa mengantuk. Pasalnya udara yang sejuk di sekitar pantai sangat cocok ntuk bersantai. Dibandingkan dengan pantai yang lain, Ngliyep termasuk salah satu wisata bahari yang belum terlalu terkenal.

Sehingga suasana pantai yang alami dan sangat bersih pun akan bisa Anda rasakan ketika berada di lokasi ini. Tentunya, akan membuat pengunjung yang nyaman. Karena di Pantai Ngliyep Anda tidak akan menemukan banyak orang. Anda pun akan lebih puas untuk menjelajah pantai maupun bersantai menikmati suasana pantai yang syahdu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Uniknya lagi, pantai ini menyuguhkan pesona pulau kecil yang berada dekat dengan Kawasan pantai. Pulau yang biasa disebut dengan Gunung Kombang ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Sehingga, ketika Anda berkesempatan untuk mampir ke lokasi ini, pastikan untuk mengunjungi pulau tersebut.

Saat berkunjung ke pulau tersebut, kamu pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Hanya dengan melewati jembatan yang ada di Pantai Ngliyep, Anda pun sudah sampai ke lokasi tersebut. Disini akan menjadi lokasi yang sangat pas untuk Anda menyaksikan indahnya sunset maupun sunrise.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Alamat Pantai Ngliyep

Image Credit: Facebook.com @pantaingliyepmalang

Jika Anda berencana untuk liburan ke Malang dalam waktu yang dekat, Anda pun bisa datang ke Pantai Ngliyep yang berlokasi di Desa Kedungsalam. Tepatnya di Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Untuk jalan menuju ke lokasi ini sebenarnya sangatlah mudah.

Ikuti papan petunjuk yang tersedia untuk bisa sampai ke lokasi pantai ini. Selain itu, bagi Anda yang masih bingung, Anda juga bisa untuk menggunakan GPS yang tersedia di smartphone milik Anda. Anda bisa menggunakan Google Maps ataupun Wave. Jalanan menuju kesini pun juga sudah beraspal meskipun ada beberapa titik yang masih berlubang.

Bagi Anda yang mencari liburan murah saat akhir bulan, maka pantai cantik ini mungkin bisa menjadi salah satu jawabannya. Hal ini dikarenakan untuk bisa masuk ke kawasan satu ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Anda hanya perlu untuk membayar 15 ribu saja, maka Anda pun bisa bermain seharian di lokasi satu ini.

Untuk Anda yang membawa kendaraan bermotor, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan parkir saat memasuki kawasan pantai satu ini. sedangkan jam buka dari destinasi wisata ini adalah selama 24 jam penuh. Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Ngliyep memang kerap kali digunakan oleh wisatawan untuk berkemah.

Oleh karena itu, pantai ini buka selama seharian dan Anda bisa mengunjunginya kapanpun Anda mau. Namun, waktu yang terbaik untuk datang ke lokasi wisata ini adalah ketika sore hari menjelang senja. Hal ini dikarenakan ketika jam jam menuju matahari tenggelam, suasana pantai sudah tidak terlalu ramai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngliyep

Kegiatan di Pantai Ngliyep

Image Credit: Facebook.com @jawaposonline

1. Menyaksikan Ritual Labuhan

Apabila Anda beruntung dan datang di saat yang tepat, Anda pun akan berkesempatan untuk menyaksikan ritual labuhan. Ritual satu ini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, terutama suku Jawa. Biasanya ritual ini akan diadakan ketika tanggal 14 bulan Maulud atau Rabiul Awal.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di dalam ritual ini, nantinya Anda akan melihat kegiatan berupa penyembelihan kambing atau sapi yang mana termasuk salah satu ritual selamatan yang ada di Jawa. Kambing atau sapi yang telah disembelih tersebut nantinya akan disedekahkan pada seluruh masyarakat yang tinggal di sekitar pantai.

Selain itu, sebagian makanan dalam ritual tersebut juga akan dilarung atau ditebarkan ke tengah laut. Beberapa warga juga akan membawa sesajen menuju ke Gunung Kombang. Ada berbagai macam sesajen yang dibawa ke daerah tersebut diiringi dengan kesenian Jaranan.

Bahkan pengawal yang membawa sesajen menuju ke Gunung Kombang tersebut tidak sembarangan. Mereka biasanya akan menggunakan baju adat khas upacara ritual labuhan. Ritual ini sudah ada sejak masa Mbah Atun yakni penemu Pantai Ngliyep. Dengan tujuan agar mendapatkan rezeki dan terhindar dari musibah selama setahun penuh.

2. Berkemah di Kawasan Pantai

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di Pantai Ngliyep adalah berkemah atau camping. Kegiatan satu ini menjadi salah satu agenda favorit bagi pengunjung yang datang ke pantai. Beberapa wisatawan biasanya telah prepare dan membawa perlengkapan berkemah dari rumah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin berkemah disini tapi tidak membawa tenda. Pasalnya, pihak pengelola telah menyiapkan penyewaan tenda di sekitar pantai. Untuk harga yang dibandrol dalam penyewaan tersebut berkisar antara 150 ribu rupiah. Hal tersebut tergantung dari ukuran tenda yang Anda sewa.

Disini, Anda juga bisa untuk menyalakan api unggun namun perlu ekstra hati hati agar tidak membakar tenda ataupun barang barang yang ada di sekitarnya. Selain itu, bagi Anda yang ingin camping namun lupa tidak membawa makanan tak usah khawatir. Hal ini dikarenakan di sekitar pantai terdapat warung yang menjajakan makanan untuk penghilang rasa lapar yang Anda rasakan.

Namun, perlu Anda perhatikan jika ingin berkemah di pantai ini pastikan lokasi tenda Anda tidak berada dekat dengan bibir pantai. Pasalnya, ketika malam tiba ombak akan cenderung lebih besar. Setelah Anda selesai berkemah, pastikan pula untuk membawa pulang sampah yang Anda miliki ketika menginap agar kebersihan pantai tetap terjaga.

Kegiatan Pantai Ngliyep

Image Credit: Google Maps (Roby Venomouth)

3. Mengunjungi Gunung Kombang

Saat berada di Pantai Ngliyep, Anda tidak hanya akan menikmati indahnya pantai dan air laut saja. melainkan Anda juga bisa berkunjung ke pulau kecil yang ada di sekitarnya yakni Gunung Kombang. Gunung satu ini bisa Anda tuju dengan hanya berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dengan menggunakan jembatan yang tersedia di pantai.

Gunung Kombang sendiri ada sebuah makam yang dikeramatkan. Bahkan tempat ini juga merupakan petilasan dan tempat penampakan dari Nyi Roro Kidul. Sehingga masyarakat setempat meletakkan sesajen atau datang untuk mencari berkah. Namun, pengunjung juga bisa berfoto foto di Gunung Kombang karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

BACA JUGA:  20 Minuman & Makanan Khas Madiun yang Wajib Anda Coba

4. Menjelajah Teluk Putri

Selain Gunung Kombang, pengunjung juga bisa untuk menyempatkan diri mengunjungi Teluk Putri yang ada di sekitar pantai. Tempat ini merupakan sebuah teluk yang berada di area Pantai Ngliyep. Bagi Anda yang ingin menjelajahinya, Anda pun tidak perlu untuk berjalan kaki terlalu jauh.

Pasalnya, Anda bisa berjalan menuju ke arah kiri pantai dan naik ke bukit yang ada di tempat tersebut. Untuk bukitnya sendiri pun tidak terlalu tinggi, dengan begitu, pengunjung akan bisa berjalan dengan santai dan aman hingga sampai ke lokasi tersebut. Dinamakan Teluk Putri lantaran pasir yang ada di teluk ini sangatlah putih layaknya kulit seorang putri.

Untuk kedalaman dari pasir ini sekitar 40 cm dengan memiliki panjang yakni kurang lebih 100 meter. Ketika Anda mengunjungi Pantai Ngliyep dan ingin menyendiri tak ada salahnya mampir ke spot satu ini. Hal tersebut dikarenakan Teluk Putri merupakan lokasi yang nyaman untuk menyendiri.

Namun, ada perlu yang Anda perhatikan ketika ingin menjelajah kawasan ini. pasalnya pengunjung hanya diperbolehkan untuk berada di teluk hingga tepi pantai saja. hal ini disebabkan spot ini memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga Anda pun tidak diperbolehkan untuk bermain air dekat dengan teluk.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngliyep Malang

Fasilitas di Pantai Ngliyep

Image Credit: Google Maps (Mc Fandika)

Meskipun masih belum cukup terkenal dibanding dengan pantai lain yang ada di Malang, namun Pantai Ngliyep telah hadir dengan berbagai macam fasilitas untuk menunjang pengunjung dalam berlibur. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia adalah toilet, tempat untuk beribadah dan juga warung makanan atau minuman.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin membeli oleh oleh untuk keluarga di rumah, di Kawasan pantai juga tersedia tempat souvenir. Disini juga tersedia penginapan sebanyak enam ruangan dan cottage dua ruangan. Bahkan terdapat pesanggrahan untuk meeting pun tersedia di lokasi ini.

Apabila Anda ingin menginap namun tidak mau menyewa penginapan, terdapat alternatif lain yang bisa Anda coba ketika berada disini. Diantaranya adalah dengan berkemah, pasalnya terdapat fasilitas berupa penyewaan tenda dan penyewaan tenda di lokasi ini. sehingga Anda pun bisa menginap sembari melihat indahnya bintang bintang di langit.

Mengunjungi Pantai Ngliyep dapat menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Malang yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan. Anda bisa datang untuk menyendiri ataupun beramai ramai dengan keluarga dan sahabat. Lokasinya yang mudah dijangkau dan suasananya yang indah menjadi tempat yang pas untuk melepas penat dikala suntuk melanda.