Pantai Sundak salah satu destinasi pantai yang populer di Gunung Kidul, Jogja yang menyuguhkan panorama alam yang memukau. Pantai pasir putih yang alami, ombak yang cukup kuat, pesona tebing dan perbukitan hijau cocok untuk tujuan liburan keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tidak hanya bisa menikmati wisata sejarah dan wisata kuliner, Jogja juga menawarkan wisata pantai yang luar biasa. Tepatnya di Gunung Kidul, Anda akan menemukan beragam objek wisata bahari yang menawan, salah satunya adalah Pantai Sundak. Pantai yang berdekatan dengan Pantai Sadranan dan Indrayanti ini sangat cocok sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sundak

Daya Tarik Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @ybpoer

Gunung Kidul memang bisa disebut sebagai gudangnya pantai yang cantik juga menawan. Dan dari sekian banyak pantai, rasanya sayang jika melewatkan kemolekan pantai Sundak. Pantai satu ini terkenal dengan pasir putih dan juga air laut yang jernih. Dikelilingi dengan bukit dan tebing menjadikan pemandangannya luar biasa indah.

Walaupun tidak memiliki bentang pantai yang luas, bahari satu ini tetap akan cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Tidak hanya memiliki pemandangan yang mengesankan, pantai ini juga menyimpan sejarah dan mitos yang menarik. Bahkan hingga kini masih banyak yang mempercayai mitos tersebut yang juga jadi kisah turun temurun.

Sebelum memiliki nama Sundak, pantai cantik ini memiliki nama Pantai Wedimbedah. Nama tersebut diambil dari fenomena alam yang bisa terjadi di kawasan pantai tiap tahunnya. Dimana ketika musim hujan, sebagian besar air di daratan akan mengalir ke laut. Hal ini menyebabkan daratan di sebelah timur pantai terbelah dan membentuk cekungan layaknya sungai.

Sungai kecil tersebut juga akan menghilang ketika musim kemarau tiba. Fenomena alam inilah yang kemudian membuatnya dikenal sebagai Wedimbedah. Dalam bahasa Jawa, wedi berarti pasir dan mbedah bisa diartikan sebagai membelah. Jika digabungkan memiliki arti pasir yang terbelah. Tentu saja fenomena ini menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki wisata pantai ini.

Hingga akhirnya di tahun 1976, namanya berganti menjadi Pantai Sundak. Ada sebuah peristiwa yang melatarbelakangi nama baru ini. Konon katanya semua bermula saat ada anjing kelaparan yang mencari makan di sekitar pantai. Anjing tersebut berburu makanan hingga ke gua yang letaknya dekat dengan pantai. Disinilah anjing bertemu dengan landak laut secara tak sengaja.

Karena lapar sang anjing langsung memakan landak laut itu, dan sang pemilik mengetahuinya. Tetapi anehnya, tubuh sang anjing basah kuyup seperti tercebur di dalam air. Mengajak warga sekitar, akhirnya mereka masuk ke dalam goa dan mereka terkejut jika ada sumber air tawar yang banyak. Dari sinilah akhirnya kebutuhan warga akan air tawar bisa terpenuhi.

Daya Tarik dari Pantai Sundak
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Panorama yang ditawarkan oleh Pantai Sundak memang tak kalah indah dengan pantai lainnya. Dari parkiran, Anda memang masih harus berjalan beberapa meter hingga sampai di pantainya. Semakin mendekat Anda akan semakin terpesona dengan apa yang dihadirkan di depan mata Anda. pasir putih yang lembut akan menyambut Anda lebih dahulu.

Airnya yang jernih tampak kebiruan dan membuat Anda ingin segera merasakan kesegarannya. Begitu tiba di bibir pantai, Anda bisa melihat bebatuan dari atas karena airnya begitu jernih. Beberapa karang juga biota laut juga bisa Anda lihat. Wisatawan bisa leluasa bermain di sekitar pantai, dari bermain pasir hingga bersantai di tepi pantainya.

Layaknya pantai Selatan lainnya, pantai ini juga memiliki karakteristik ombak yang besar. Untuk itu, sebaiknya para wisatawan yang datang tetap berhati hati ketika bermain atau berenang di pantai ini. Beberapa karang besar hadir di pantai ini, hanya saja lokasinya begitu jauh. Sehingga pengunjung tidak akan bisa menaiki batuan karangnya.

Tidak hanya lautnya, di sekitaran pantainya juga ditumbuhi pepohonan yang tumbuh dengan subur. Memberikan pemandangan hijau yang juga menumbuhkan suasana yang asri juga alami. Anda bisa berteduh di bawah pepohonan sambil menikmati semilir angin. Suara ombak dari kejauhan juga akan memberikan efek ketenangan tersendiri.

Anda juga bisa beristirahat di gubuk gubuk sederhana yang disediakan di tempat ini. Beberapa pengunjung juga memilih menggelar karpet atau alas di bawah pohon untuk bersantai. Daya tarik pantai Sundak memang membuat siapapun akan kepincut. Selain alamnya, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan menarik di pantai satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps (Sany Holic)

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi pantai ini, Anda bisa menuju ke Sidoharjo, Tepus, Kab. Gunung Kidul. Dimana daerah ini jaraknya sekitar 57 km jika dari pusat kota Jogja. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah apabila tidak macet. Perjalanan ke kawasan pantai biasanya macet apabila sedang musim liburan.

Untuk sampai ke pantai Sundak, Anda bisa menggunakan beberapa rute. Rute yang paling mudah untuk diambil adalah jalur ke arah Wonosari. Sehingga dari Jogja, Anda bisa langsung ke daerah Wonosari dan mengikuti jalur yang ada. Sudah tersedia papan petunjuk yang akan membawa Anda ke pantai ini. Dan kondisi jalannya juga sangat mudah dilalui roda dua maupun roda empat.

Hanya saja, jalur ini menjadi jalur yang paling sering digunakan. Sehingga Anda perlu berhati hati ketika menggunakan jalur ke Wonosari. Selain jalur Wonosari, Anda juga bisa menggunakan rute Imogiri. Jalan ke arah Imogiri masih terbilang sepi, tetapi pemandangan yang ditawarkan tak kalah cantik. Hanya saja jalannya lebih kecil mengingat ini adalah jalur alternatif.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Sundak

Harga Tiket Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @catperku

Untuk menikmati pesona yang dimiliki, Anda tak perlu merogoh kocek dalam. Harga tiket yang dibanderol mulai dari Rp 10 ribuan saja. harga tersebut tentunya bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Jikapun mengalami kenaikan, harga tiket masuk Pantai Sundak tidak akan berkali kali lipat.

Harga tiket masuk yang dikenakan masih belum termasuk dengan biaya parkir. Biaya parkir dikenakan sesuai dengan kendaraan yang Anda bawa. Untuk kendaraan roda dua umumnya kisaran Rp 3 ribuan saja. Sementara untuk roda empat sekitar Rp 5 ribu dan kendaraan besar lainnya tentunya akan lebih besar.

Anda bisa mengunjungi pantai satu ini kapan saja, mengingat waktu operasionalnya selama 24 jam. Pantai juga akan dibuka setiap hari mulai dari hari Senin hingga hari Minggu. Untuk mendapatkan pengalaman yang menakjubkan, ada baiknya Anda datang di pukul 7 hingga pukul 10 pagi. Karena pada waktu tersebut masih belum benar benar panas.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa datang di waktu lainnya. Pasalnya, pantai ini menawarkan panorama sunset menawan yang sayang dilewatkan. Bagi Anda yang ingin menikmati pesona sunsetnya, ada baiknya datang di pukul 3 sampai pukul 5 sore. Pada waktu ini juga tidak panas dan Anda bisa bermain terlebih dahulu sebelum menikmati sunset.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sundak

Kegiatan di Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @dewirahmat_

1. Bersantai di Tepi Pantai

Kegiatan pertama yang pasti akan dilakukan semua pengunjung adalah bersantai di tepi pantai. Bermain pasir bersama keluarga atau sekedar berkejaran ombak juga bisa jadi pilihan. Dijamin segala penat Anda akan hilang jika mengunjungi pantai satu ini. Anda juga bisa membawa hammock untuk dikaitkan di pepohonan yang ada sembari bersantai.

2. Mengunjungi Goa Air Tawar

Seperti dalam sejarah nama Pantai Sundak, tentu Anda tahu jika ada goa yang menghasilkan air tawar. Dan saat Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda bisa sekalian mengunjungi goanya. Goa satu ini di batuan karang yang tingginya sekitar 12 meteran. Goa tersebut ada di bagian karang ini dan hingga kini masih menjadi sumber air bersih bagi warga.

3. Snorkeling

Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling juga di pantai menawan ini. Hanya saja, bisa dilakukan ketika pantainya sedang surut. Karena pada saat itu, akan ada area sejauh 40 meter yang airnya tenang dan dangkal. Anda bisa melihat ikan ikan kecil ketika menjajal snorkeling di pantai ini.

4. Hunting Foto

Pantai Sundak juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang instagramable. Spot spot alami ini muncul begitu saja, walaupun oleh pengelola juga ditambahkan dekorasi tambahan. Bagi Anda yang gemar dengan fotografi, pastikan untuk tidak lupa mengambil foto yang kekinian untuk di unggah di sosial media.

5. Kulineran

Saat menghabiskan waktu liburan di wisata pantai ini, ada baiknya Anda tak melewatkan kegiatan seru satu ini. Kuliner di pantai ini termasuk jempolan tapi tidak menguras kantong. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari ikan bakar hingga di bumbu rica rica. Bahan yang digunakan merupakan bahan segar yang rasanya mantap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sundak
Image Credit: Googlge Maps (Satriyo Waskito)

Di tempat wisata bahari satu ini, Anda tak perlu khawatir perihal fasilitasnya. Pantai Sundak sudah memiliki fasilitas pendukung yang memadai bagi wisatawan. Ketika menginjakkan kaki, Anda akan menemukan lahan parkir yang luas. Lahan parkir ini lokasinya juga terlalu jauh dari pintu masuk, sehingga tak perlu berjalan jauh untuk sampai di pantainya.

Selain lahan parkir, Anda juga bisa menemukan kamar mandi umum juga beberapa warung yang menjual aneka kuliner. Warung warung yang berjajar ini kebanyakan menawarkan menu seafood yang sedap. Sehingga jika Anda tidak sempat membawa bekal dari rumah, tak ada salahnya mencicipi aneka sajian di sekitar pantai ini.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai lebih lama juga bisa menginap. Di sekitar Pantai Sundak ada banyak penginapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong Anda. Ada beberapa rekomendasi penginapan yang bisa Anda coba jika Anda ingin berlama-lama di kawasan pantai.

Omah Sundak, menjadi penginapan yang dekat dengan pantai dan memiliki lingkungan yang bersih. Bermalam semalam di penginapan ini, Anda perlu merogoh kocek mulai Rp 225 ribu. Atau juga bisa menginap di penginapan Pratama yang jaraknya sekitar 400 meter. Per malamnya akan dibanderol mulai Rp 250 ribu.

Selain menginap, Anda juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam di kawasan pantai ini. Tenang saja, kawasan pantai ini juga memiliki area camping ground yang nyaman. Beberapa backpacker sering bermalam di tenda jika mengunjungi pantai ini. Apalagi jika Anda bepergian dengan orang orang tersayang, pasti akan berkesan.

Pantai Sundak di Gunung Kidul memang menyimpan pesona yang luar biasa walaupun lokasinya tak terlalu luas. Panorama yang ditawarkan berhasil menyihir para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan. Ditambah lagi pantai ini juga memiliki fasilitas lengkap serta menawarkan banyak aktivitas yang seru dan menyenangkan.