16 Tempat Camping di Bogor yang Paling Direkomendasikan

Tempat Camping Bogor

Camping merupakan aktivitas liburan yang menyenangkan dan juga seru. Tak hanya dengan teman kegiatan camping juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Selain itu liburan, aktivitas ini juga bisa menghilangkan penat mengingat tempat untuk camping biasanya memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Di Kab. Bogor ada beberapa tempat untuk bercamping yang sangat direkomendasikan. Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

1. Gunung Mas

Gunung Mas

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Wisata28.blogspot.com

Gunung Mas ini merupakan lokasi agrowisata yang berada di ketinggian 800 – 1200 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk. Ketika Anda mengunjungi lokasi camping satu ini Anda akan disajikan denga pemandangan kebun teh yang luas. Tak hanya bisa menikmati keindahan perkebunan teh, pengunjung juga bisa menengok pengolahan teh di pabrik yang ada di sini.  Sementara untuk camping, bisa dilakukan untuk berbagai acara mulai dari gathering hingga family camping bisa untuk menikmati camping disini.

Pembagian zona untuk campingnya juga cukup banyak, dimana zona atau blok ini disebut dengan Hole. Sarana dan prasana juga terbilang lengkap seperti misalnya toilet di masing masing blok hingga lahan parkir yang luas. Area campingnya juga terbilang bersih dan ada beberapa blok yang dekat dengan aliran sungai. Akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama rombongan dengan bercamping di lokasi perkebunan teh ini.

2. Eagle Hill

Eagle Hill

Lokasi: Jl. Al Barokah, Mega Mendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor. – Image Credit by Terbitoutboundmanagement.com

Eagle Hill merupakan salah satu tempat untuk camping di Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Eagle Hill berada dikawasan Al Barokah, Kec. Megamendung. Untuk lokasi perkemahan berada pada ketinggian 1000 mdpl dengan luas hingga 12 hektar. Tentunya membuat Anda bisa bebas untuk berkemah di sini. Apalagi untuk menuju lokasinya terbilang mudah, lokasinya yang strategis membuat Anda hanya butuh sekitar 40 menit untuk sampai dari Tol Ciawi.

Eagle Hill menawarkan 7 camping groun dengan tingkat privasi tinggi untuk setiap groundnya. Untuk fasilitas penunjangnya juga terbilang lengkap mulai dari toilet hingga aula pertemuan yang memiliki kapasitas 200 hingga 300 orang. Agar liburan Anda semakin lengkap, aktivitas outdoor seperti river journey, jungle adventure hingga air terjun tersedia di rempat ini. Area parkirnya juga luas bisa menambung hingga 50 mobil lebih.

3. Gunung Bunder Bogor

Gunung Bunder Bogor

Lokasi: Gunung Bunder II, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Pinterest.com @Hesty_k530

Lokasi untuk berkemah yang tak juga harus Anda jajal adalah perkemahan Gunung Bunder. Gunung Bunder ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimum Salak. Ada banyak sekali titik perkembahan yang bisa dijadikan lokasi. Namun ada yang paling favorit yakni yang berada di Curug Cihurang. Menawarkan suasana air terjun yang asri membuat banyak yang menyukai lokasi satu ini untuk dijadikan tempat mendirikan tenda.

Tak hanya Curug Cihurang, Anda juga bisa mengunjungi beberapa curug lain yang tak kalah mempesona. Untuk Anda yang gemar melakukan aktivitas hiking lokasi ini sangat cocok. Memiliki panorama alam yang indah dan juga berburu sunrise yang memikat, membuat Gunung Bunder dijadikan destinasi yang favorit. Berada di ketinggian 1050 mdpl membuat lokasi ini begitu dingin, sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan cuaca jika ingin berkemah.

4. Gunung Pancar

Gunung Pancar

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Gunungpancar.com

Gunung Pancar berada di daerah Sentul Bogor, sangat cocok untuk Anda yang ingin kemah namun tak ingin terjebak macet. Apalagi area perkemahannya sangat ramah untuk keluarga ataupun pemula. Berbagai kegiatan mulai dari gathering, outing perusahaan maupun aktivitas liburan bisa dilakukan di tempat satu ini. Fasilitasnya juga terbilang lengkap sehingga akan memudahkan Anda ketika berkemping di area Gunung Pancar,

Berada di tengah tengah hutan pinus, Gunung Pancar menawarkan suasana asri yang sangat nyaman untuk berkemah. Berbagai aktivitas seru juga bisa dilakukan, mulai dari bersepeda, berkuda hingga tracking maupun hiking bisa dilakukan. Tak harus membawa tenda sendiri, di Gunung Pancar menawarkan cara berkemah dengan camping maupun glamping. Glamping sendiri merupakan cara camping praktis karena semuanya sudah disiapkan pengelola.

5. Campingground Sukamantri

Campingground Sukamantri

Lokasi: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. – Image Credit by Mahasiswakunang.blogspot.com

Lokasi untuk camping satu ini tak hanya menawarkan suasana yang asri, namun juga pemandangan yang mengagumkan. Anda akan dihadirkan pemandangan gunung pinus dan juga megahnya lampu Kab. Bogor ketika malam hari. Inilah yang menjadi daya tarik dari area perkemahan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun salak ini. Selain bisa untuk membuat liburan berkesan, ada beberapa aktivitas yang juga bisa Anda lakukan.

Seperti misalnya menyusuri hutan, membasuh diri dengan air pegunungan hingga memasak bersama. Ketika malam juga bisa dilakukan dengan berkumpul di depan api unggun. Saat pagi menjelang Anda akan disambut dengan ciutan burung dan sinar matahari yang perlahan muncul. Hal ini akan memberikan Anda panorama menggoda apalagi ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat di pagi hari. Pasti akan jadi liburan yang tak terlupakan.

6. Perkemahan Citamiang

Perkemahan Citamiang

Lokasi: Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Travel.trubus.id

Perkemahan satu ini berada di Kampung Pondok Rawa yang harus Anda jajal. Menyajikan pemandangan alam yang mempesona lengkap dengan hijaunya perkebunan teh. Anda bisa menyusuri hutan dan sekedar berjalan jalan di kebuh teh untuk jadi aktivitas yang seru. Fasilitas pendukung juga sudah tersedia sehingga dijamin akan membuat kegiatan camping Anda semakin menyenangkan. Hutan pinus dan juga sungai menjadi tambahan panorama yang memanjakan mata.

7. Citra Alam Riverside

Citra Alam Riverside

Lokasi: Jogjogan RT03/RW01, Cilember, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Pariwisataku.com

Ingin melakukan aktivitas camping? Citra Alam Riverside bisa menjadi tujuan anda. Tak hanya menyediakan camping ground lengkap dengan pemandangan indahnya, tapi juga bisa untuk outbond. Berada di tepian sungai membuat berkemah dikawasan ini begitu tak terlupakan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda jajal bersama rombongan, mulai dari berkuda, rafting, flying fox hingga outbond yang terbilang aman dan juga nyaman.

8. Mandalawangi Cibodas

Mandalawangi Cibodas

Lokasi: Komplek Pasar Lapang Mandalawangi Samping Gedung TNGGP, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur. – Image Credit by Travelspromo.com

Mandalawangi tentunya tidak asing untuk Anda yang hobi melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebab Mandalawangi tak hanya menawarkan camping ground saja namun juga ada jalur pendakian di Gunung Gede Pangrangko yang masih satu kawasan. Lokasinya yang mudah dijangkau juga membuat tempat satu ini selalu ramai pengunjung. Kondisi alamnya yang masih terjaga juga akan memberikan kelebihan dan juga pengalaman tersendiri.

9. D’ Jungle Private Camp

D’ Jungle Private Camp

Lokasi: Batulayang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Performaoutbound.com

Area berkemah satu ini berada di daerah Cisarua Bogor dengan luas hingga 10 ha. Berada di ketinggian 1000 mdpl membuat udaranya begitu sejuk dan asri. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan hutan dan juga jauh dari pemukiman membuat Anda bisa menikmati kegiatan kemah tanpa gangguan. Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti misalnya hiking ataupun tracking menuju Curug Kembar,

Sepanjang jalur yang terbilang cukup licin dan basah tentunya akan menambah keseruan tersendiri. Keindahan air terjunnya tentunya akan menjadi bonusnya. Aktivitas lain seperti outbond hingga melakukan gathering bisa dilakukan disini. Fasilitas yang ditawarkan oleh D’ Jungle Private Camp juga sangat lengkap. Bahkan Anda bisa merasakan mandi dengan aor hangat atau menikmati kudapan nikmat karena ada pelayanan makanannya.

10. Gunung Kapur

Gunung Kapur

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor. – Image Credit by Netizenpintar.com

Gunung Kapur juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk Anda melakukan camping. Tersedia beberapa spot cantik yang instagramble membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Gunung Kapur beraa di Cibadak, Ciampea dengan ketinggian yang mencapai 385 mdpl. Meskipun tak terlalu tinggi, namun Anda juga bisa menikmati nuansa camping yang menyenangkan dengan pemandangan yang tak kalah keren.

11. Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor. – Image Credit by Udaindra.blogspot.com

Berlatarkan gunung pinus membuat air terjun ini tak hanya untuk berwisata namun juga bisa untuk berkemah. Ketika Anda berkemah Anda tentunya bisa langsung melihat keindahan air terjun yang memiliki tinggi 30 meter ini. Fasilitas yang ada di Perkemahannya juga terbilang lengkap mulai dari toilet hingga kebutuhan untuk beribadah bisa Anda temui di lokasi satu ini.

12. Gunung Eusing

Gunung Eusing

Lokasi: Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. – Image Credit by Gematd.wordpress.com

Gunung satu ini tak memiliki ketinggian yang terlalu tinggi, hanya sekitar 360 mdpl. Meskipun demikian lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping. Pemandangan alamnya juga tak kalah cantik. Gunung Eusing berada di Desa Gobang yang merupakan sebuah desa wisata di Kab. Bogor. Lokasinya memang terdengar asing, namun bukan berarti tak layak untuk dicoba. Lanskap pemandangannya bisa untuk menghilangkan penat anda.

13. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan

Lokasi: Jl. Mega Mendung, Sirnagalih, Bogor Tengah, Kec. Megamendung, Kab. Bogor. – Image Credit by Kampoengawan.com

Kampung awan adalah lokasi perkemahan yang terletak di kawasan Mega Mendung. Jaraknya juga tak terlalu jauh jika Anda dari pintu tol jagorawi menuju ke arah puncak. Tak hanya dijadikan sebagai lokasi camping, Kampoeng Awan juga dijadikan sebagai cagar alam untuk hutan yang ada disekitarnya. Pemandangan yang sangat memanjakan mata dengan lapangan terbuka membuat lokasi ini menjadi favorit untuk dijadikan lokasi berkemah.

Ketika malam hari, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan malam Kab. Bogor yang inah. Saat matahari mulai menyongsong Anda akan melihat bagaimana matahari terbit dan menyinari Gunung Salak yang jadi pemandangan tak terlupakan. Fasilitas yang ditawarkan di tempat untuk camping ini juga terbilang lengkap. Mulai dari kamar mandi, aula untuk pertemuan lengkap dengan pasokan listrik dan fasilitas pendukung lainnya.

14. Bukit Alesano

Bukit Alesano

Lokasi: Cipelang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor. – Image Credit by Explorewisata.com

Bukit Alesano menawarkan nuansa yang masih alami dan terkenal dengan pemandangan di malam hari yang mempesona. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berkemah untuk Anda yang ingin menghilangkan penat. Lokasinya yang masih sangat terjangkau juga membuat banyak yang datang untuk camping dan berlibur. Bukit Alesano berada di Cipelang Cijeruk yang berada di lereng gunung Salak yang mudah untuk Anda jangkau.

Seiring banyaknya pengunjung yang ingin menghabiskan waktu dibukit ini, fasilitasnya juga telah dibenahi. Mulai dari toilet, tempat ibadah dan juga beberapa warung. Bahkan jika Anda tak membawa peralatan kemah, Anda bisa menyewanya dengan harga yang bervariasi. Untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua saja, mengingat lahan untuk kendaraan roda empat masih terbilang terbatas.

15. Suaka Elang

Suaka Elang

Lokasi: Ciburayut, Kec. Cigombong, Kab. Bogor. – Image Credit by Dakatour.com

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak memang banyak sekali titik menarik yang juga bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda camping. Salah satunya adalah Suaka Elang yang merupakan kawaan penangkaran Elang di Taman Nasional Satu ini. Tak hanya memiliki panorama yang indah, pengunjung juga bisa menikmati spot spot instagramble yang sangat cocok untuk hobby fotografi maupun swafoto untuk diunggah di sosial media.

16. Griya Sawah Lega

Griya Sawah Lega

Lokasi: Kopo, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Performaoutbound.com

Bagi Anda yang menyukai nuansa persawahan tak ada salahnya untuk menjajal lokasi camping satu ini. Lokasinya terbilang asri dan juga bisa menghilangkan penat anda. Tak perlu membawa perlengkapan camping karena Griya Sawah Lega udah menyediakannya. Di dalam tenda juga sudah ada matas dan juga SB. Selain camping, Anda juga bisa menjajal outbond yang ada di Griya Sawah Lega ini.

Beberapa lokasi tempat camping di Kab. Bogor ini menyajikan pemandangan dan juga nuansa yang menyenangkan. Tak ada salahnya untuk menjajal beberapa guna mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan tak terlupakan. Beberapa juga memiliki lokasi yang strategis sehingga mudah untuk dijangkau. Camping pasti akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan banyak orang seperti keluarga maupun sahabat.