22 Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Populer di Karanganyar, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan yang lebih Berkesan.

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, yang terkenal dengan julukan bumi INTANPARI (industri, pertanian, perdagangan, dan pariwisata). Daerah dengan suhu yang sejuk, pemandangan di sekitar Karanganyar masih asri dan indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, situs budaya, situs bersejarah, hingga spot foto kekinian bisa anda telusuri di Karanganyar.

Jika sempat berkunjung, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Karangayar yang memukau dapat dijadikan pilihan berlibur.

1. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo

Image Credit: Wisatainfo.com

Wisata pertama yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di Karanganyar, yaitu objek wisata Air Terjun Parang Ijo yang berlokasi di kawasan Girimulyo. Air terjun ini cukup mudah untuk dijangkau, tidak layaknya air terjun kebanyakan yang umumnya letaknya tersembunyi.

Selain menikmati segarnya air terjun, di sini anda juga bisa merasakan keseruan wahana permainan flying fox, atau anda juga dapat mengagumi keindahan alam dari atas gardu pandang.

Lokasi: Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

2. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Image Credit: Labirutour.com

Air terjun Grojogan Sewu terletak di kawasan Gunung Lawu, tepatnya di daerah Kalisoro. Objek wisata ini diberi nama Grojogan Sewu karena aliran air terjunnya yang sangat banyak, grojogan sewu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti air terjun seribu. Secara keseluruhan, aliran airnya yang begitu banyak mampu memberikan panorama alam yang luar biasa indah. Selain itu kondisi alam di sekitarnya pun masih sangat asri dan bersih.

Sehingga anda dapat merasakan kesegaran dan kesejukan yang begitu kentara saat berkunjung kemari. Karena keindahannya tersebut, objek wisata ini begitu diminati oleh para wisatawan. Bahkan di waktu waktu tertentu pengunjung yang datang bisa sangat membludak. Untuk bisa menikmati keindahan dari air terjun ini, anda perlu usaha ekstra sebab harus menaiki kurang lebih 1200 anak tangga agar sampai ke lokasinya.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

3. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Image Credit: Pegipegi.com

Air Terjun Jumog berada tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, dan menawarkan panorama alam yang tidak kalah indahnya. Namun nama Air Terjun Jumog ini masih belum seterkenal Grojogan Sewu di kalangan para pelancong. Padahal air terjun ini juga sangat indah dengan air segar yang begitu jernih.

Terlebih jumlah anak tangga yang perlu anda lewati tidak sebanyak di Grojogan Sewu, dan jumlah pengunjungnya juga lebih sedikit jadi anda lebih bebas saat bermain.

Lokasi: Jl. Dk Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

4. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani

Image Credit: Pegipegi.com

Objek wisata selanjutnya yang ada di Karanganyar yaitu Air Terjun Pringgodani yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat piknik. Air terjun ini cukup mudah untuk dijangkau karena hanya berjarak sekitar 4 km dari Terminal Bus Tawangmangu. Namun akses menuju lokasi air terjunnya masih cukup sulit, sehingga para wisatawan biasanya tidak sampai ke titik di bawah air terjunnya secara langsung.

Kebanyakan dari pelancong tersebut hanya sampai di kawasan Sendang Pengantin saja, dan hanya menikmati indahnya pemandangan air terjun dari atas ketinggian. Dari ketinggian Sendang Pengantin tersebut anda bisa melihat air terjun yang mengalir dari ketinggian mencapai 100 meter, dengan debit air yang cukup besar. Jadi jika anda merupakan tipikal orang yang menyukai tantangan, perjalanan menuju air terjun tentu akan sangat menarik.

Lokasi: Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Image Credit: Kompas.com

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dimana sisi baratnya adalah Karanganyar. Untuk akses pendakiannya yang paling sering digunakan adalah dari Cemoro Kandang yang masuk ke dalam administrasi Karanganyar.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak yaitu hargo domilah, dalem, dan hargo dumilah dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Objek wisata ini sangat ramai didaki, terlebih saat malam 1 Suro.

Lokasi: Area Hutan, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

6. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Image Credit: Bloganugrahku.blogspot.com

Selanjutnya ada Bukit Sekipan yang merupakan salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Karanganyar. Bukit ini tergolong tempat rekreasi di Karanganyar yang menawarkan paket lengkap, bahkan bisa dibilang sebagai tempat wisata terpadu. Karena di Bukit Sekipan ini terdapat banyak sekali wahana yang bisa anda nikmati, mulai dari waterboom dengan berbagai wahana permainan seru, taman, arena outbound, dan masih banyak lainnya.

Selain berbagai wahana serta permainan yang seru, ada juga miniatur dari Ka’bah, area lempar jumrah, serta area untuk sa’i dan lainnya yang akan membuat liburan anda penuh edukasi. Jadi berlibur ke Bukit Sekipan bersama keluarga sangat direkomendasikan, karena banyaknya keseruan yang ditawarkan oleh objek wisata ini. Fasilitas lainnya pun tidak kalah lengkap, seperti area parkir yang cukup luas dan toilet yang cukup memadai di berbagai area wisata.

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

7. Tenggir Park

Tenggir Park

Image Credit: Travelspromo.com

Satu lagi wisata terpadu yang ada di Karanganyar, yaitu Tenggir Park yang berlokasi di kawasan kaki Gunung Lawu sehingga suasana masih sangat asri dan sejuk. Objek wisata ini berupa waterpark yang didesain dengan konsep yang sangat kekinian.

Anda bisa mengeksplore tempat wisata ini dan mencoba berbagai wahananya yang begitu mengasyikkan seperti sepeda layang, rumah pohon, rumah Honai khas Papua, air terjun bidadari, dan lainnya.

Lokasi: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

8. Candi Cetho

Candi Cetho

Image Credit: Citranurmi.com

Candi Cetho merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit, yang terletak di daerah Desa Gumeng, Dusun Cetho. Secara keseluruhan, candi satu ini memiliki sekitar 11 teras yang hampir semuanya terletak di atas tanah berundak.

Dengan nilai artistik yang masih begitu melekat pada candi, anda bisa merasakan keindahan serta keasrian suasana di tempat wisata tersebut. Sebab, Candi Cetho terletak di ketinggian sekitar 1.496 mdpl sehingga udaranya begitu sejuk.

Lokasi: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar.

9. Candi Sukuh

Candi Sukuh

Image Credit: Kompasiana.com

Satu lagi wisata sejarah di Karanganyar yaitu Candi Sukuh yang juga berada di kawasan Desa Gumeng. Candi satu ini cukup unik, karena bentuk bangunannya yang tidak terlihat seperti bangunan kebanyakan candi kuno dari Indonesia.

Candi Sukuh malah terlihat mirip seperti bangunan milik Suku Inca yang ada di Peru dan Suku Maya yang ada di Meksiko. Di sekitar bangunan candi anda bisa menemukan beberapa patung erotis yang diyakini sebagai lambang kesuburan.

Lokasi: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

10. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Image Credit: Facebook.com @agrowisata amanah

Tempat wisata berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Karanganyar yaitu Agrowisata Amanah yang berada di kawasan Tawangmangu. Objek wisata ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang sangat populer dikunjungi sebagai wisata keluarga. Sebab agrowisata tersebut menawarkan berbagai macam permainan menarik yang cocok untuk orang dewasa maupun anak anak.

Khusus untuk anak anak, Agrowisata Amanah telah dilengkapi dengan cukup banyak wahana outbound yang memang dikhususkan untuk anak. Sedangkan untuk remaja maupun orang dewasa, tempat ini juga menyuguhkan kawasan outbound yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama serta kekompakan kelompok. Selain bermain, di sini anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu terkait dunia perkebunan, pertanian, dan peternakan.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM.34, RT. 01/03, Karang Wetan, Karang, Kec. Karangpandan, Kab. Karanganyar.

11. Astana Giribangun

Image Credit: Reinalorencia.wordpress.com

Astana Giribangun adalah kompleks pemakaman yang dimiliki oleh keluarga besar Presiden Ke 2 Republik indonesia, yakni Bapak Soeharto. Seperti yang telah diketahui oleh semua penduduk indonesia, sebagai presiden ke 2 sekaligus presiden yang menduduki jabatan terpanjang di Indonesia, Bapak Soeharto memiliki kesan serta kenangan tersendiri bagi masyarakat dalam negeri.

Jika anda termasuk ke dalam salah satu orang yang terkesan dengan kinerja beliau, maka anda bisa berkunjung ke Astaga Giribangun ini untuk sekedar berziarah ke makam beliau. Selain bisa melihat makam Pak Soeharto, di sini anda juga dapat menemukan makan keluarga beliau seperti Ibu Tien Suharto serta beberapa anggota keluarga dekatnya yang lain.

Lokasi: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar.

12. Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning

Image Credit: Ngetripyuk.id

Perkebunan Teh Kemuning disebut sebut sebagai kawasan puncak dari Kabupaten Karanganyar. Jika Bogor memiliki kawasan puncak yang menawarkan segudang panorama alam eksotis yang berupa kawasan perkebunan teh, maka Karanganyar juga memiliki daerah Perkebunan Teh Kemuning yang menyajikan panorama alam sejenis. Selain keindahan panorama alamnya, anda juga bisa menemukan Rumah Teh Ndoro Donker yang sangat hits di kalangan kawula muda.

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

13. Telaga Madirda

Telaga Madirda

Image Credit: Deskgram.net

Telaga Madirda berlokasi di daerah Ngargoyoso, Kecamatan Tawangmangu, dan merupakan salah satu objek wisata tersembunyi yang ada di Karanganyar. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai tempat melepas penat dan lelah, di sini anda bisa bersantai pada pinggiran telaga dan menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi. Anda bisa menyegarkan pikiran karena sejauh mata memandang, bisa anda temukan indahnya alam nan hijau.

Berdasarkan penuturan warga sekitar, Telaga Madirda ini merupakan sebuah telaga keramat yang seringkali digunakan sebagai lokasi untuk melakukan ritual keagamaan penganut Agama Hindu. Karena kabarnya telaga ini memiliki sebuah batu yang dulunya merupakan lokasi bertapa serta melahirkan dari Retno Anjani, yang merupakan ibu dari tokoh pewayangan Hanoman.

Lokasi: Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

14. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Image Credit: Agronet.co.id

Agrowisata Sondokoro adalah salah satu objek wisata yang sangat populer di Karanganyar, sehingga tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Tempat ini menawarkan cukup banyak wahana permainan yang begitu menarik, seperti waterboom, flying fox, area outbound, dan lain sebagainya. Dan wahana yang paling populer di sini yaitu wahana kereta tua yang dapat dikendarai oleh pengunjung, untuk berkeliling area sekitar di dalam Agrowisata Sondokoro.

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar.

15. Permandian Sapta Tirta Pablengan

Permandian Sapta Tirta Pablengan

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Pemandian Sapta Tirta Pablengan terletak di kawasan desa Pablengan, Kecamatan Matesih. Seperti dengan nama yang disandangnya, pemandian ini memiliki 7 buah mata air yang setiap mata airnya diyakini mampu memberikan berbagai khasiat. Bahkan katanya sumber mata air keempat pada pemandian ini yaitu sumber air urus – usus, diklaim mampu membantu menyembuhkan gatal gatal, penyakit rematik, serta berbagai macam penyakit kulit lainnya.

Di sisi lain sumber mata air yang ketujuh dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan organ dalam tubuh, seperti penyakit liver, penyakit ginjal, TBC, penyakit diabetes, dan lain sebagainya. Uniknya meski dapat memberikan berbagai khasiat, tiket masuk ke Pemandian Sapta Tirta Pablengan ini dibanderol dengan sangat murah dan begitu ramah di kantong para pengunjung.

Lokasi: Jl. TP Joko Songo, Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar.

16. Waduk Lalung

Waduk Lalung

Image Credit: Menggapaiangkasa.com

Destinasi wisata di Karanganyar berikutnya adalah Waduk Lalung, yang sangat pas dijadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan matahari terbenam saat senja. Waduk Lalung sendiri sebenarnya berfungsi sebagai tempat penampungan air, sekaligus pengendali irigasi di Kabupaten Karanganyar. Di sini juga sangat pas jika dijadikan sebagai area untuk aktivitas memancing, cukup banyak warga lokal yang kemari untuk melakukan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  14 Restoran & Tempat Makan di Kudus Paling Enak & Murah

Lokasi: Tegalsari, Lalung, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar.

17. Bukit Hope

Bukit Hope

Image Credit: Kompas.com

Jika anda sedang mencari tempat wisata romantis di Karanganyar, maka Bukit Hope bisa menjadi pilihan terbaik. Bukit hope atau bukit harapan ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah, yang bisa anda nikmati berdua dengan pasangan tercinta. Banyak sekali spot foto instagramable yang bisa anda temukan di sini, seperti spot bertuliskan I Love You yang wajib anda jadikan sebagai tempat mengabadikan momen dengan pasangan.

Lokasi: Jl. Dusun Tawang, Wonorejo, Kec. Jatiyoso, Kab. Karanganyar.

18. Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing Goasari Ngargoyoso

Image Credit: Wisataidn.com

Jika anda menyukai liburan yang lebih menantang, seperti wisata susur sungai maka Tubing Goasari Ngargoyoso merupakan tempat yang cocok anda jadikan pilihan. Destinasi wisata yang terletak di kawasan Desa Puntukrejo ini sangat hits di kalangan masyarakat Karanganyar, karena menawarkan wisata susur sungai yang begitu menarik. Seperti tubing umumnya, anda akan diajak menyusuri sungai dengan menggunakan ban dan dilengkapi helm serta pelampung.

Lokasi: Jl. Ngranten Wetan, Puntuk, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

19. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang

Image Credit: Brisik.id

Destinasi wisata di Karanganyar berikutnya yang wajib anda kunjungi yakni Bukit Mongkrang yang berlokasi di sisi selatan Gunung Lawu. Bukit ini seringkali dijadikan sebagai tempat treking oleh masyarakat sekitar saat akhir pekan atau saat liburan. Untuk mencapai puncaknya, anda bisa mendaki dimulai dari Telogo Dlingo, yang dekat dengan Cemoro Kandang. Setelah sampai di puncak, anda bisa menemukan panorama alam yang begitu mengagumkan.

Sajian dari keindahan Gunung Lawu yang menjulang tinggi hingga 3.265 meter di atas permukaan laut bisa anda saksikan dengan jelas di sini. Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari arah Kawah Lawu, Candradimuka. Saat menghadap ke sisi barat, anda akan disuguhkan pemandangan yang tidak tidak kalah mempesona. Karena jika cuaca cerah keindahan dari deretan gunung lain yang berbaris rapi, bisa anda lihat di kaki langit sebelah barat.

Lokasi: Area Hutan, Beruk, Kec. Jatiyoso, Kab. Karanganyar.

20. Alun-Alun Karanganyar

Alun-Alun Karanganyar

Image Credit: Borobudurnews.com

Alun Alun Karanganyar merupakan salah satu tempat nongkrong favorit bagi warga Karanganyar. Lokasi dari alun alun ini tepat di pusat kota, dan menjadi ikon dari kota tersebut. Cukup banyak fasilitas yang dapat anda temukan di sini, anda bisa duduk duduk di bangku yang telah disediakan sembari menikmati berbagai macam kuliner, atau anda juga bisa menyewa sepeda hias dan berkeliling area alun alun.

Lokasi: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar.

21. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang

Image Credit: Bingkaimedia.com

Bukit Paralayang terletak di kawasan Desa Segoro Gunung, dan tidak jauh dari lokasi Kebun Teh Kemuning. Bukit ini dijadikan sebagai salah satu spot terbaik di Karanganyar untuk menikmati panorama matahari terbenam di waktu sore. Jika anda ingin berkunjung ke sini, maka sebaiknya datang saat musim kemarau karena langit begitu cerah dan akan menampilkan panorama yang sangat menawan.

Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

22. Rumah Atsiri Indonesia

Image Credit: Facebook.com @rumahatsiri

Terakhir ada tempat wisata Rumah Atsiri Indonesia, dimana anda bisa melihat bagaimana pengolahan dari minyak atsiri atau minyak esensial. Minyak atsiri sendiri memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Jika anda penasaran bagaimana prosesnya, dan ingin melihat bentuk tanaman atau bahan baku dari minyak tersebut maka anda bisa berkunjung ke Rumah Atsiri indonesia yang berjarak sekitar 41 km dari pusat kota Karanganyar.

Lokasi: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Ternyata cukup banyak sekali objek wisata yang ada di Karanganyar, tidak heran jika daerah ini memiliki julukan bumi INTANPARI karena memang Karanganyar cukup mumpuni di berbagai sektor tersebut. Terlebih lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, membuat udara di wilayah ini sangat sejuk dan begitu cocok untuk dikunjungi saat liburan. Bagaimana, tertarik untuk berwisata di Karanganyar?