15 Tempat Wisata Populer di Sidoarjo

Tempat Wisata di Sidoarjo

Inilah Daftar Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru dan Lagi Hits Wajib Anda Kunjungi.

Singgah di tempat yang baru sebagai seorang traveller tentu membutuhkan persiapan. Tidak hanya dari budget tetapi juga dari referensi tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi. Panorama alam di Sidoarjo memang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak spot keren seperti tempat wisata alam, tempat wisata buatan hingga jejak sejarah yang bisa Anda kunjungi.

Sidoarjo juga mengingatkan kita akan bencana lumpur lapindo yang sampai saat ini tidak bisa dihentikan semburan lumpurnya. Akibat bencana ini, banyak area pemukiman warga yang terdampak dan membuat area pertanian serta industri di tiga kecamatan tersebut tergenang. Bahkan wacana untuk menjadikannya tempat wisata menuai pro dan kontra karena semburan yang berbahaya.

Terlepas dari hal tersebut, Anda tetap bisa menemukan tempat-tempat wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Utamanya bagi mereka yang ingin menemukan wisata sejarah, Sidoarjo menyuguhkan berbagai tempat wisata indah bagi para pengunjung atau traveller. Beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1. Pura Jala Siddhi Amerta

Pura Jala Siddhi Amerta

Lokasi: Jl. Juanda, Semambung, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Medium.com

Datang ke tempat wisata memang harapannya tidak hanya berlibur. Tetapi Anda bisa mendapatkan banyak wawasan baru. Seperti yang ada di Pura Jalan Sidhi Amerta. Tempat wisata religi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan bersama keluarganya. Pura terlihat begitu megah dan tak kalah indah yang ada di Bali.

Letaknya berada sekitar 2 km dari Juanda dan mereka yang akan datang bersembahyang sebaiknya mengenakan selendang kuning. Hal ini menjadi sebuah aturan atau ritual sebelum memasuki Pura Jaga Siddhi Amerta. Alamatnya berada di Jalan Juanda, Kecamatan Semambung.

2. Taman Dwarakerta

Taman Dwarakerta

Lokasi: Jl. Nasional 1, Porong, Jatirejo, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Risdiken900.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini mampu membuat pengunjung jadi lebih rileks dan santai berada di sana. Terutama ketika musim liburan atau di akhir pekan, banyak wisatawan yang akan datang ke tempat wisata ini. Nantinya Anda akan disuguhi arena bermain untuk anak yang cukup beragam.

Bagi para pengunjung yang gemar berfoto, Anda bisa menemukan spot yang telah disediakan. Lokasinya berada di Jalan Nasional 1, Porong. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan adalah lahan parkir, gazebo dan arena bermain.

3. Wisata Air Jungle Waterpark

Wisata Air Jungle Waterpark

Lokasi: Ketegan, Kec. Tanggulangin, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (Iwan Yudianto)

Hampir semua orang menyukai tempat wisata bermain air seperti waterpark. Sidoarjo menawarkan wisata air jungle waterpark yang menjadi pilihan terbaik. Jungle waterpark merupakan objek wisata yang menawarkan wahana kolam renang baik untuk dewasa ataupun anak-anak.

Anda bisa menemukan wahana permainan yang cukup lengkap. Mulai dari kolam ombak, seluncur air dan ember raksasa. Untuk bisa sampai di tempat wisata, Anda membutuhkan waktu 25 menit perjalanan dari pusat Kota Sidoarjo. Lokasinya berada di Desa Ketegan.

4. Alas Prambon

Alas Prambon

Lokasi: Jl. Raya Simpang, RT.14/RW.03, Ngingas, Simpang, Kec. Prambon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Infowisataoutbound.com

Objek wisata berikutnya adalah di Alas Prambon. Tempat wisata ini cocok untuk anak-anak karena merupakan sebuah wisata edukasi yang menarik. Bahkan di Alas Prambon ini, Anda bisa melatih kemampuan intelegensi, fisik dan mental anak yang nantinya akan dilatih. Tidak hanya itu, ada banyak hal yang berkaitan dengan perikanan, peternakan hingga perkebunan.

Alas Prambon berada di Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia adalah lahan parkir, toilet hingga arena outbound. Jam bukanya adalah setiap hari jam 07.00 hingga 22.00 WIB.

5. Citra Garden Waterpark

Citra Garden Waterpark

Lokasi: Apollo Foutain Plaza, Entalsewu, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Deasikumbang.com

Tempat wisata di Sidoarjo berikutnya adalah Citra Garden Waterpark. Rekomendasi objek wisata ini memiliki banyak wahana permainan untuk anak-anak. Misalnya saja seperti under water adventure, racer slide hingga wahana lainnya. Ada juga paket outbond untuk para pengunjung yang ingin wisata memacu adrenalin.

Citra Garden Waterpark berada di Perumahan Citra Garden, Ruko Sentra Niaga Blok RK 32. Lokasi ini tak jauh dari pusat kota dan bisa diakses menggunakan transportasi umum. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir, kantin, gazebo dan permainan anak.

6. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Lokasi: Kepetingan, Sawohan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatajawatimur.xyz

Tak banyak yang tahu bahwa Sidoarjo memiliki tempat wisata pantai. Namanya adalah Pantai Kepetingan. Nantinya jika Anda berkunjung, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dengan pantai yang berpasir lembut. Anda juga bisa berkunjung ke wisata hutan bakau yang ada di sekitar lokasi.

Pantai Kepetingan ini berada di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran. Beberapa fasilitas yang dibutuhkan adalah lahan parkir, gazebo dan warung. Anda bisa berkunjung kapan saja karena jam bukanya adalah 24 jam.

7. Kebun Coklat Balongbendo

Kebun Coklat Balongbendo

Lokasi: Penambangan, RT.12/RW.03, Rw. 2, Penambangan, Kec. BalongBendo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Indoinspector.blogspot.com

Tempat wisata berikutnya khusus untuk Anda yang suka makan coklat. Makanan terkenal ini menjadi daya tarik tersendiri terutama mereka yang telah tahu adanya Kebun Coklat Balongbendo. Meski memang bernama kebun coklat namun tempat ini merupakan kafe dengan konsep kebun coklat yang menarik para pengunjung.

Lokasinya berada di Desa Penambangan RT 12/ RW 03, Penambangan. Ada beberapa menu lain yang tak kalah lezat seperti mie cower, mie gobyor dan masih banyak lagi.

8. Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok

Lokasi: Jl. Raya Sukolegok, RT 12 / RW 4, Legok, Suko, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Belum puas rasanya jika tak mengenal tiap sudut Sidoarjo. Apalagi dengan tempat wisata Legok Asi Sukolegok ini. Anda bisa menemukan tempat wisata keluarga yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Setiap hari libur atau di akhir pekan, banyak para pengunjung yang datang bersama keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Raya Sukolegok, Kecamatan Sukodon. Ada fasilitas seperti kolam renang, wisata outbound, kolam pancing dan tempat bersantai. Juga tersedia gazebo, kantin hingga lahan parkir yang luas.

9. Wisata Kampung Sepatu Krian

Wisata Kampung Sepatu Krian

Lokasi: Komplek Pasar Wisata, Tanggulangin, Wates, Kedensari, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Cussyuk.wordpress.com

Sidoarjo memang tidak hanya terkenal karena produksi tas yang cukup luar biasa. Tetapi di Tanggulangin, para pengrajin batik tulis juga terkenal. Ada juga pengrajin sepatu dengan kualitas tak bisa diremehkan. Namanya adalah Kampung Sepatu Krian. Anda bisa menemukan banyak model sepatu baik wanita atau laki-laki.

Kampung ini mirip dengan Desa Cibaduyut. Lokasinya berada di Kelurahan Masangan, Kecamatan Krian. Harga sepatu di kampung ini sangatlah terjangkau dengan kualitas yang terjamin.

10. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Lemah Putro, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Jurnal.kainusa.id

Jika selama ini kita mengenal bahwa batik berasal dari Solo, jangan salah bahwa Sidoarjo juga memiliki pusat pengrajin batik sejak tahun 1675. Salah satu daerah yang menjadi pusat kerajinan ini ada di Kampung Batik Jetis. Bagi para pengunjung yang ingin datang hanya membutuhkan waktu 10 menit dari alun-alun.

Di sini nanti para pengunjung bisa membeli berbagai macam produk batik dengan harga yang cukup bervariatif. Mulai dari batik kelas standar dengan harga Rp. 150.000 sampai batik mewah hingga jutaan rupiah. Lokasinya di Jalan P. Diponegoro Lemahputro.

11. Taman Abirama

Taman Abirama

Lokasi: Pondokjati, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Noveanna.com

Tidak hanya di Kota Surabaya, Sidoarjo juga memiliki taman terbuka hijau yang tak jarang dikunjungi oleh muda-mudi setempat. Baik sekadar nongkrong atau berbincang. Taman Abirama menjadi destinasi wisata yang indah di sore hari

Anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang membuat para pengunjung juga merasa rileks. Bagi mereka yang suka fotografi bisa menemukan spot foto keren. Lokasinya di Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran.

12. Suncity Waterpark

Suncity Waterpark

Lokasi: Jl. Pahlawan No.1, Rw6, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Travelspromo.com

Ada banyak waterpark di Sidoarjo. Tetapi Suncity Waterpark diketahui menjadi favorit. Ramai dikunjungi para wisatawan baik itu dari dalam atau dari luar kota. Ada banyak wahana yang disediakan seperti lazy river, dragon sliding hingga wahana mandi busa.

Ada yang spesial yakni bagi yang membawa balita, Anda bisa menggunakan kolam khusus balita yang aman. Lokasinya berada di Jalan Pahlawan 1 RW 6, Kecamatan Sidokumpul.

13. Candi Pari

Candi Pari

Lokasi: Jl. Purbakala, Candipari Kulon, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Sejarahmajapahitlengkap.blogspot.com

Tempat wisata berikutnya adalah Candi Pari. Objek wisata bersejarah ini tak kalah menarik. Menurut catatan sejarah, Candi Pari merupakan bagian dari pola Candi Khamer yang ada di Birma dan Candi Champa yang ada di Thailand. Candi ini dibangun ketika pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

Sampai saat ini, candi masih digunakan sebagai tempat beribadah para warga yang beragama Hindu. Sering dikunjungi anak sekolah untuk mengetahui nilai sejarahnya. Lokasinya di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

14. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Lokasi: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang,  Mangundipi, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Situsbudaya.id

Museum Mpu Tantular merupakan objek wisata yang cukup populer. Luasnya sekitar 3 hektar dan sayang untuk dilewatkan. Ada banyak benda bersejarah mulai dari peninggalan kerajaan, geolog hingga numismatika.

Lokasi museum berada di Jalan Buduran, kota Sidoarjo. Perjalanan yang ditempuh sekitar 5 -10 menit, jaraknya 3.5 km dari pusat kota.

15. Pulau Sarinah

Pulau Sarinah

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. – Image Credit by Hipwee.com

Pulau Sarinah merupakan pulau eksotis di Sidoarjo yang tak sengaja terbentuk karena adanya bencana Lumpur Lapindo. Ternyata menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian warung setempat bahkan luar negeri. Luasnya sekitar 80 hektar yang telah ditanami pohon bakau dan jenis pohon lainnya.

Lokasinya berada di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon. Harga tiketnya  adalah Rp. 3000 per orang. Jam buka pulau ini dari jam 08.00 hingga 19.00 WIB. Ada fasilitas berupa lahan parkir, warung, toilet umum dan persewaan perahu.