14 Tempat Wisata Populer di Trenggalek

Tempat Wisata di Trenggalek

Inilah Daftar Tempat Wisata di Trenggalek, Destinasi Terbaru, Populer & Lagi Hits.

Salah satu daerah pesisir selatan Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Trenggalek. Sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan kabupaten ini karena memang bukan sebuah pusat kota atau pemerintahan di Jawa Timur seperti halnya di Surabaya atau kota lain. Namun jika dilihat secara geografis, Trenggalek ini memiliki pesona alam yang memukau khususnya pantai.

Trenggalek berbatasan dengan Pacitan yang ada di sebelah barat, Tulungagung yang ada di bagian timur dan sisi utara dengan Ponorogo. Letaknya seperti inilah yang membuat Trenggalek menawarkan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Tak hanya pantai, ada juga destinasi lain yang tak kalah menariknya bisa Anda temukan di Trenggalek. Berikut rekomendasi tempat wisata di Trenggalek yang sayang jika dilewatkan.

1. Pantai Damas

Pantai Damas

Lokasi: Dayung, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Iwarisan-kita.blogspot.com

Pantai indah yang pertama yang dimiliki Trenggalek adalah Pantai Damas. Nuansa alami yang begitu kental dengan lingkungan asri ini cocok bagi mereka yang butuh ketenangan. Anda bisa berteduh di bawah pepohonan dengan menikmati adanya keindahan pantai. Sementara anggota keluarga lain bisa berburu spot keren di sekitar lokasi.

Lokasi Pantai Dimas ini ada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo. Kondisi alam yang masih terjaga di lokasi wisata adalah daya tarik terbesar yang dimiliki.

2. Pantai Konang

Pantai Konang

Lokasi: Sukorejo, Nglebeng, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Nglebeng-panggul.trenggalekkab.go.id

Pantai berikutnya adalah Pantai Konang yang memiliki garis pantai sangat luas dan memanjakan mata dengan keindahan alam yang dimilikinya. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sunset sekaligus bermain di bibir pantai. Tak hanya itu, ada juga kuliner khas ikan bakar yang menggugah selera bagi siapapun yang datang.

Lokasi pantai ini berada di Sukorejo, Nglebeng, Panggul. Anda bisa berwisata kuliner sekaligus menikmati keindahan pantai dengan sunset yang mengesankan.

3. Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Lokasi: Jl. Pantai Cengkrong, 66382, Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Destinasi hutan memang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti adanya hamparan hutan bakau yang asri dan terlihat makin menawan apalagi dengan view pegunungan serta sungai yang ada di depan mata. Nantinya di kawasan hutan bakau ini Anda bisa menjelajah itiap sudut keindahan dengan melewati jembatan kayu.

Tak hanya itu, pengunjung bisa mengeksplor keindahan Pantai Cengkrong menggunakan perahu. Anda bisa berburu spot keren untuk fotografi. Letaknya berada di Karanggangu, Kecamatan Watulimo.

4. Gunung Prongos

Gunung Prongos

Lokasi: Kemiri, Bendoagung, Kec. Kampak, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (Eko Hartanto)

Namanya adalah Gunung Prongos yang berada di ketinggian sekitar 550 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan indah luar biasa dari atas ketinggian. Ada hamparan hutan pinus yang asri dan memberi kesejukan tersendiri. Anda juga bisa menikmati pesonanya dari gardu pandang yang disertai view pegunungan.

Di Gunung Prongos juga tersedia area khusus untuk bisa menempelkan gembok harapan yang bernama Hope Lock. Bahkan tak jarang spot ini menjadi favorit para wisatawan. Lokasinya berada di Desa Timahan, Kecamatan Kampak.

5. Bukit Banyon

Bukit Banyon

Lokasi: Widoro, Kw. Ladang, Karanganyar, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Superadventure.co.id

Tempat wisata di Trenggalek berikutnya  adalah Bukit Banyon. Nantinya di bukit ini Anda bisa melihat eksotisme alam pegunungan seperti negeri di atas awan dengan beragam keindahan yang dimilikinya. Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dan juga lautan kabut yang cukup epic. Melihat sunset disini juga tak kalah eksotisnya.

Nantinya saat malam hari, Bukit Banyon akan terlihat begitu indah dengan kerlap-kerlip lampu yang ada di pemukiman penduduk. Ada suasana romantis yang tercipta. Lokasi Bukit Banyon ini berada di Perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

6. Bukit Tunggangan

Bukit Tunggangan

Lokasi: Bukit Tunggangan, Kec. Durenan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Travel.kompas.com

Spot wisata Bukit Tunggangan berada di ketinggian sekitar 250 mdpl yang memiliki akses jalan cukup terjal. Agar bisa menikmati momen sunrise di pagi hari, Anda bisa camping dengan suasana malam yang syahdu disini. Di Bukit Tunggangan ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk paralayang.

Bagi Anda yang suka liburan dengan aktivitas ekstrem, maka Bukit Tunggangan merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda pilih. Lokasi Bukit Tunggangan ini berada di Talun, Kendalrejo, Kecamatan Durenan.

7. Bukit Bendil

Bukit Bendil

Lokasi: Tlasih, Parakan, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Masih dengan tempat wisata bukit, kali ini Trenggalek menawarkan Bukit Bendil yang memiliki udara sejuk. Bukit ini berada di ketinggian 350 mdpl yang disertai dengan hamparan kabut menyelimuti bukit. Suasana alamnya juga makin menakjubkan jika Anda berlibur bersama orang tersayang.

Pemandangan di Bukit Bendil tak kalah cantik dengan bukit lainnya. Sebab Anda bisa melihat negeri di atas awan. Lokasinya berada di Desa Parakan, Kecamatan Trenggalek.

8. Air Terjun Pelang

Air Terjun Pelang

Lokasi: Hutan, Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatabaru.com

Air terjun eksotis ini berada di pesisir Pantai Pelang yang memiliki pemandangan makin asri. Ada aliran air terjun yang mengalir di antara tebing bebatuan dan juga bermuara ke laut. Suasana yang masih sangat alami ini tentu membuat Anda makin nyaman. Ada lokasi dan spot keren yang bisa Anda temukan.

Beragam kegiatan cukup menyenangkan bisa dilakukan di air terjun pelang. Hanya saja jangan lupa untuk membawa bekal selama perjalanan. Lokasi berada di Wonocoyo, Kecamatan Panggul.

9. Jurug Waru Dongko

Jurug Waru Dongko

Lokasi: Krajan, Watuagung, Kec. Dongko, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Trenggalekview.blogspot.com

Jurug Waru Dongko juga merupakan air terjun yang dimiliki Trenggalek. Ada pemandangan unik di sini yang berupa tebing eksotis. Airnya begitu jernih dan segar untuk pikiran dan badan kita. Terutama bagi mereka yang suka fotografi, beberapa spot dari tebing-tebing indah ini bisa Anda potret.

Lokasi Jurug berada di Desa Watuagung, Kecamatan Dongko. Beberapa pengunjung yang datang di tempat wisata ini juga memanfaatkannya untuk pre wedding.

10. Pantai Ngadipuro

Pantai Ngadipuro

Lokasi: Peden, Craken, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Trisugiya.blogspot.com

Berikutnya adalah wisata pantai yang dimiliki Trenggalek dan menawarkan pesona alam berbeda. Ada 9 wisata pantai di Trenggalek dan ternyata hampir tersebar di seluruh desa atau kecamatan yang ada di Trenggalek. Seperti Pantai Ngadipuro. Pantai ini sering disebut sebagai pantainya para nelayan. Sebab, ada pasir putih dan Anda bisa menjumpai beberapa nelayan yang sedang beraktivitas disana.

Lokasi Pantai Ngadipuro ini berada di Desa Craken, Munjungan. Memang belum ada fasilitas yang lengkap tetapi masih dalam tahap pengembangan. Mengunjungi Pantai Ngadipuro untuk berwisata ketika liburan adalah pilihan yang tepat.

11. Pantai Kili-Kili

Pantai Kili-Kili

Lokasi: Bendogolor, Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur . – Image Credit by Dowes29.com

Nama yang unik yang dimiliki pantai ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Namanya adalah Pantai Kili-Kili yang disukai baik orang dewasa ataupun anak-anak. Sebab, Anda bisa bermain di bibir pantai dan melihat bagaimana konservasi penyu. Bahkan jika beruntung, para pengunjung bisa melakukan pelepasan tukik di pantai ini.

Tidak ada biaya apapun untuk mengunjungi Pantai Kili-Kili. Lokasinya berada di Desa Wonocoyo, Panggul. Lokasinya juga tak sulit untuk Anda jumpai karena ada petunjuk yang bisa diikuti.

12. Puncak Jaas

Puncak Jaas

Lokasi: Darang, Tamanan, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Huko-trenggalek.blogspot.com

Ada panorama surga dari tempat wisata yang satu ini. Namanya adalah Puncak Jaas yang merupakan wisata di Trenggalek dengan ketinggian 303 mdpl. Anda yang suka liburan menantang maka tempat ini adalah pilihan tepat. Ada panorama hutan yang asri dan menambah kesejukan di sekitar lokasi wisata.

Nantinya setibanya di puncak, Anda bisa melihat bagaimana hamparan kondisi alam yang masih terjaga. Lokasinya berada di Darang, Tamanan Kecamatan Trenggalek.

13. Curug Kembar

Curug Kembar

Lokasi: Slawe, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Trendsmap.com

Kali ini datang dari tempat wisata berupa curug. Salah satu curug atau air terjun yang ada di Trenggalek adalah Curug Kembar. Pemandangan dua buah air terjun ini terasa berbeda. Sebab ada dalam satu lokasi dan belum banyak terjamah orang. Tentu kondisinya masih bersih dan terjaga. Ada ketinggian 15 hingga 20 meter dari masing-masing air terjun.

Curug Kembar juga dikelilingi dengan pepohonan yang lebat yang masih asri. Lokasinya berada di Desa Slawe, Watulimo. Temukan suasana sejuk dan damai dari Curug Kembar.

14. Pantai Prigi

Pantai Prigi

Lokasi: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. – Image Credit by Busy.org

Nama Pantai Prigi sepertinya tak asing untuk para wisatawan. Anda bisa berwisata pantai di Trenggalek tepatnya di Pantai Prigi dengan panorama pantai yang indah. Dilengkapi juga dengan pelelangan hasil nelayan setempat sehingga kita bisa membeli ikan segar. Bahkan jika beruntung, Anda bisa mengunjungi pantai ini di Minggu Pon pada Bulan Selo. Konon, pada hitungan tanggalan Jawa ini selalu dilakukan sebuah kebudayaan atau tradisi Larung Sembonyo. Tradisi yang disebut menjadi bentuk apresiasi masyarakat serta menjadi tAnda bersyukur kepada Tuhan atas tangkapan yang begitu melimpah.

Pantai Prigi berada di Desa Tasikmadu, Watulimo. Anda bisa bebas datang ke pantai dengan harga tiket masuk hanya Rp. 6000 saja. Keindahan alam dan tradisi masyarakat setempat yang masih dijaga seolah menjadi perpaduan pas untuk menikmati liburan di Pantai Prigi.