14 Tempat Wisata Terbaik di Tuban

Tempat Wisata Tuban

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik & Hits di Tuban.

Jika selama ini yang Anda dengar adalah Tuban merupakan Kabupaten kecil, maka jangan salah bahwa daerah ini ternyata memiliki sejuta keindahan serta pesona alam yang ditawarkannya. Singgah menikmati tempat wisata di Tuban adalah pilihan tepat karena Anda bisa menemukan Pantai Surindah, Klenteng Kwan Sing Bio, Goa Suci yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Bahkan kalau untuk melihat keindahan Tuban dari atas tebing, Anda bisa mengunjungi Watu Ondo.

Selain itu Tuban juga terkenal akan keindahan air terjun yang dimilikinya. Beberapa air terjun yang disajikan menawarkan keindahan alami dan kesejukan yang terasa begitu asri. Tak heran apabila banyak pengunjung datang untuk merefresh pikiran dan rasa lelah mereka. Beberapa destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Tuban seperti berikut.

1. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse

Lokasi: Jl. Banyu Langse I, Boto, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Babeocliek.blogspot.com

Ada aliran air yang jernih dari tempat wisata ini. Namanya adalah air terjun banyu langse. Aliran air jernih diantara bebatuan alami dan hijaunya pepohonan memang terasa begitu menyejukkan. Lingkungannya juga masih alami sehingga cocok untuk Anda yang ingin berlibur di tempat yang dingin.

Ada minuman khas yang terkenal yakni legen, minuman dari pohon siwalan yang rasa manisnya berbeda. Anda bisa menemukan minuman segar di sekitar lokasi. Tepatnya berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding.

2. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Lokasi: Nguluhan, Kec. Montong, Kab. Tuban, Jawa Timur . – Image Credit by Phinemo.com

Tempat wisata berikutnya adalah Goa Putri Asih. Keindahan dari goa ini memang membuat siapapun jadi takjub. Sebab, ornamen dari goa berupa stalaktit dan stalakmit yang memberi nuansa alam mengagumkan. Ada 6 ruangan besar di goa dan nantinya ketika melihat celah goa, Anda bisa melihat bagaimana keindahannya juga.

Kebanyakan yang datang ke Goa Putri Asih ini akan menghabiskan waktu untuk memotret. Lokasi goa berada di kawasan hutan jati RPH Nguluhan, Desa Nguluhan.

3. Pantai Sowan

Pantai Sowan

Lokasi: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Alonbiker.wordpress.com

Pantai sowan akan membuat Anda dimanjakan dengan hamparan pasir dan juga batuan karang yang begitu unik. Bahkan tak jah dari lokasi pantai ada hutan hijau seluas 32 hektare yang ditumbuhi dengan banyak tanaman tropis serta menjadikan pantai bersuasana sejuk. Pantai ini juga dikenal dengan wana wisata sowan yang dikelola oleh KPH Perhutani di Tuban.

Anda bisa melihat laut lepas yang terjaga kebersihannya. Bagi mereka yang ingin mendapat spot foto juga bisa memotret keindahan alamnya. Lokasinya berada di Bogoran, Bogorejo Kecamatan Bancar. Untuk sampai di lokasi Anda tak perlu khawatir, aksesnya tak begitu sulit dan warga sekitar juga sudah tak asing lagi dengan Pantai Sowan sehingga banyak petunjuk yang bisa Anda dapatkan.

4. Pantai Boom

Pantai Boom

Lokasi: Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Kelbaturetno.tubankab.go.id

Lokasi yang tak jauh dari alun-alun Tuban memang membuat pantai ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Tuban. Selain menyajikan panorama pantia yang indah, ada juga fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Nantinya di tempat ini Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya saja seperti bermain pasir, berkeliling pantai menggunakan perahu, hunting spot foto hingga melakukan wisata kuliner. Lokasi pantai berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban.

5. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan

Lokasi: Nganget, Kedungjambe, Kec. Singgahan, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Gotuban.blogspot.com

Namanya adalah Air Terjun Sanggrahan. Letak dari air terjun ini memang tersembunyi dan menawarkan sensasi liburan yang berbeda. Ada petualangan seru dengan nuansa petualangan yang berkesan. Terdapat air terjun berundak yang juga eksotis dan membuat momen liburan makin tak terlupakan.

Lokasi air terjun ini berada di Dusun Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Sanggrahan. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan jangan lupa membawa bekal untuk perjalanan menuju lokasi.

6. Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo

Lokasi: Krajan, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Pinterest.com

Nama Pemandian Bektiharjo ini merupakan tempat wisata yang tersedia dua kolam yakni Sendang Lanang dan Sendang Wadon. Pemandiannya bersumber dari mata air alami yang airnya sangat jerih. Tidak hanya berenang dan juga bermain air, nantinya di tempat wisata ini Anda bisa mencoba banyak wahana permainan yang tersedia.

Pemandian Bektiharjo ini berada di Desa bektiharjo, Kecamatan Semanding. Pengunjung yang datang kebanyakan menghabiskan waktunya untuk melepas lelah dan berendam disana.

7. Goa Kancing

Goa Kancing

Lokasi: Jarum, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Instasaver.org

Beda dengan goa lainnya, goa kancing yang merupakan wisata di Tuban ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter. Hal ini menjadikan goa terlihat begitu menarik. Tebingnya terlihat epik dan membuat para wisatawan berdatangan untuk memotret eksotisnya pemandangan goa ini. Ada bukit hijau yang membuat suasana di sekitar juga semakin sejuk.

Goa Kancing berada di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Anda bisa melihat bagaimana tebing yang khas dan menjadikannya sebagai destinasi wajib saat berkunjung ke Tuban.

8. Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban

Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban

Lokasi: Jl. Raya Barat No.01, Sadang, komplek TPK, Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Konsep wisata alam berikutnya memiliki ragam fasilitas yang memadai untuk membuat spot wisata yang menarik agar bisa dikunjungi. Ada banyak wahana yang membuat liburan Anda makin seru seperti flying fox, high hope, hammock, wall climbing hingga outbound training. Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban cocok bagi mereka yang ingin berwisata dengan sensasi memacu adrenalin.

Lokasi wisata ini berada di Sadang, Kecamatan Jatirogo. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata karena sudah ditata sedemikian rupa agar bisa memberi kenyamanan para pengunjung.

9. Sendang Asmoro

Sendang Asmoro

Lokasi: Krajan, Ngino, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Sorotnuswantoronews.com

Ada suasana romantis di tempat wisata yang satu ini sesuai dengan namanya, Sendang Asmoro. Juga dengan nuansa alami yang kental bisa memanjakan Anda dengan segala keindahan yang diberikannya. Sementara taman dengan kolam air yang bersumber dari mata air alami ini juga dirasa cocok untuk rekreasi keluarga.

Di kawasan wisata ini Anda bisa menjelajahi keindahan tiap sudut taman serta mengabadikannya dengan foto yang keren. Lokasi wisata berada di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

10. Danau Njowo, Samben

Danau Njowo, Samben

Lokasi: Samben, Kec. Plumpang, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Limitadventure.blogspot.com

Danau Njowo merupakan bekas galian tambang batu kapur yang menyimpan pesona alam indah. Pada kawasan green lake milik Tuban ini Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang membuat pemandangan makin sejuk. Juga dengan view danau yang berwarna hijau alami terlihat makin cantik.

Danau Njowo ini memiliki background tebing batu kapur yang tinggi menjulang dan bisa menjadi spot foto keren. Tempatnya berada di Desa Samben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

11. Kampung Warna

Kampung Warna

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Kec. Karangsari, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Dictio.id

Sesuai dengan namanya, Anda bisa melihat kampung dengan warna –warni yang ada di dinding rumah warga. Juga dengan beberapa gang sempit di dalamnya. Suasana kampung juga terasa sangat meriah ketika dijadikan sebagai tempat berfoto.

Kampung Warna berada di Jalan Panglima Sudirman Karangsari, Kabupaten Tuban. Keunikan warna-warni ini membuat kampung terlihat lebih bersih dan menarik. Kreativitas warga dalam merawat rumah dan memberinya cat yang berwarna-warni seolah menjadi langkah tepat untuk menunjukkan kreativitasnya menciptakan tempat wisata di Tuban.

12. Wana Wisata Prataan

Wana Wisata Prataan

Lokasi: Wukirharjo, Kec. Perengan, Kab. Tuban, Jawa Timur. –  Image Credit by Gotuban.blogspot.com

Wisata alam berikutnya adalah wana wisata prataan. Wisata alam ini merupakan peandian air panas yang bisa memanjakan Anda dengan keindahan alaminya. Kolam air panas yang ada di lokasi berasal dari sumber mata air alami yang mengandung belerang dan dipercaya bisa memberi efek yang menyehatkan.

Wana Wisata Prataan ini juga memiliki kolam air dingin dilengkapi dengan terapi ikan yang bisa membuat liburan makin seru. Lokasinya berada di Wukiharjo, Kecamatan Perengan Kabupaten Tuban.

13. Air Terjun Ngirip

Air Terjun Ngirip

Lokasi: Nglirip, Tingkis, Kec. Singgahan, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Piknikasik.com

Keindahan dari air terjun ini akan membawa Anda pada suasana alam yang masih begitu terjaga. Kolam airnya memiliki nuansa hijau tosca yang berpadu dengan pepohonan yang asri. Juga dengan gemericik air terjun yang bisa memberi ketenangan tersendiri. Tempat yang cocok untuk rekreasi ini memang menenangkan.

Lokasi air terjun ngirip berada di Jojogan, Desa Mulyo Agung Kecamatan Sanggrahan. Air Terjun Ngirip ini disertai dengan suasana sejuk yang bisa membuat Anda merasa tenang dan melepaskan penat.

14. Pantai Remen

Pantai Remen

Lokasi: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur. – Image Credit by Jelajahpesonanusantara.blogspot.com

Namanya adalah Pantai Remen. Pantai ini resmi dibuka di tahun 2015 dan memiliki pasir putih serta garis pantai yang cukup panjang. Ada suasana alami yang terasa dan membuat siapa saja yang berkunjung bisa santai di bibir pantai dengan melakukan aktivitas air. Fasilitas yang cukup memadai juga menjadikannya cocok untuk acara rekreasi.

Pantai Remen ini berada di Desa enen, Kecamatan Jenu. Tak sedikit yang datang untuk mencari lokasi foto kekinian atau background pemandangan alam yang indah. Terutama ketika sunset atau matahari tenggelam.