Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kawasan Wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta tengah menjadi banyak perbincangan di kalangan traveler. Kabupaten yang punya garis pantai panjang ini menyimpan pesona pantai yang tidak ada habisnya.

Terakhir nama Gunung Kidul kembali terkenal usai banyak postingan dari netizen tentang Pantai Nguluran tidak hanya tentang kecantikan pantainya tetapi di sini kita bisa melihat indahnya pemandangan dari teras kaca.

Teras Kaca Pantai Nguluran memiliki wahana yang anti mainstream untuk di daerah pantai, pihak pengelola begitu cerdik memanfaatkan keindahan yang ada dan membangun wahana-wahana baru yang membuat wisatawan penasaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Teras Kaca Pantai Nguluran

Image Credit: Google Maps Budi Sutrisno

1. Teras Kaca dengan Pemandangan Langsung ke Samudra Hindia

Spot Wahana pertama yang jadi perhatian adalah teras kaca dengan pemandangan langsung ke Samudra Hindia. Pengunjung akan menginjak kaca yang dibawahnya bawahnya langsung menghadap ke laut. Meskipun terbilang ekstrim namun tempat ini tidak pernah sepi didatangi pengunjung yang ingin berfoto.

Dari segi keamanan pengunjung tidak perlu khawatir karena pihak pengelola menggunakan kaca dengan tebal 13 milimeter, luas tempatnya 25 meter persegi, bangunan telah mendapat sertifikasi keamanan, setiap hari dilakukan pengecekan dari segi keamanan.

Untuk bisa berfoto di atas kaca pengunjung hanya diberikan waktu 2 sampai 3 menit untuk satu orang dan harga tiket yang harus dibayarkan yaitu Rp25.000 per orang, harga ini worthed mengingat indahnya pemandangan yang akan didapatkan.

Sebaiknya pengunjung datang di hari Senin sampai Jumat saat kondisinya tidak terlalu ramai dan disarankan untuk datang sore hari ketika cuacanya sedang bagus karena saat siang hari kondisi cuaca akan sangat panas dan memantulkan cahaya yang kurang bagus untuk foto.

2. Jembatan kaca perahu ala Titanic

Masih sejenis teras kaca bedanya bentuk dari jembatan kaca kimia berupa perahu sekilas kita akan melihat bentuknya mirip dengan perahu yang ada di film Titanic. Warna putih pada kusennya memberikan kesan minimalis dan juga luas serta bersih.

Pengunjung yang ingin berfoto disini akan dikenakan biaya lebih mahal dibandingkan di teras kaca yaitu sebesar Rp 30.000 per orang, harga itu sebanding dengan keindahan yang akan didapatkan.

Ketika ingin berfoto di jembatan kaca perahu ini pengunjung akan diberikan kaos kaki khusus yang berbahan lembut supaya tidak menggores kaca dan untuk menjaga keamanan.

3. Kursi Raksasa Warna Putih

Teras Kaca Pantai Nguluran gardu pandang favorit berupa kursi raksasa yang berwarna putih. Kursi ini punya ketinggian 5 m dari permukaan. Dari atas kota di ini pengunjung bisa merasakan deburan ombak dari pantai nguluran dan juga sensasi angin segarnya.

Waktu berfoto di kursi Raksasa ini sama yaitu dibatasi masing-masing pengunjung hanya boleh foto 2-3 menit saja, hal itu karena banyaknya pengunjung yang antri di bawah untuk bisa foto di atas. Nah tipsnya supaya bisa dapat waktu lebih lama pengunjung datang di saat weekday.

4. Jogja Swing

Belum puas memacu adrenalin di teras kaca pengunjung bisa mencoba Wahana Jogja Swing. Wahana berupa ayunan ini akan membuat pengunjung berayun-ayun di atas tebing, soal keamanan tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang mumpuni.

Untuk bisa menikmati Wahana Jogja Swing sepi pengunjung harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak sekitar Rp 50.000 per orang.

Daya Tarik Lain Teras Kaca Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Affandy

5. Giant Teras

Wahana ini mirip dengan teras kaca namun berbeda karena bukan kaca sebagai alas nya tapi jaring-jaring. Bagi wisatawan yang suka wahana memacu adrenalin boleh coba Giant teras ini. Biaya untuk menikmati wahana ini sebesar Rp 50.000,- per orang.

6. Becak Terbang

Lokasinya masih berdekatan dengan Teras Kaca Pantai Nguluran. Becak terbang dibuat diatas bukit dan menggunakan teknologi hidrolik sekilas bentuknya seperti becak namun memiliki dua sayap. Sifat ini biasanya dipakai oleh pasangan untuk berfoto romantis.

Harga tiket masuknya pun terbilang paling murah karena cuma Rp 10.000 per orang. Di belakang becak langsung terdapat pemandangan Pantai Nguluran dan Samudra Hindia. Warna pantai yang biru tambah ombak yang bergulung-gulung indah.

7. Fly Gliding

Wahan ini mirip dengan flying fox, pengunjung akan dibawa terbang meluncur dengan menggunakan tali dan alat pengaman. Dari segi keamanan tidak perlu khawatir. Tiket untuk bisa menikmati Fly Gliding sebesar Rp 20.000,- per orang.

8. Ngopi in the Sky

Tahun 2022 pengelola Teras Kaca kembali meluncurkan wahana seru yang belum pernah ada di sepanjang Pantai Gunung Kidul yaitu Ngopi in the sky atau bila dalam Bahasa Indonesia berarti ngopi di atas ketinggian dengan bantuan gondola. Gondola berbentuk limasan, untuk bisa naik ke atas udara diangkat dengan menggunakan crane.

Gondola terdiri dari 20 kursi mengeliling pada bagian tengah dibuat ruang kosong sebagai tempat dari penyaji dan kru. Sebelum dinaikan ke atas pengunjung wajib memakai sabuk pengaman yang jumlahnya ada tiga titik pada setiap kursi.

Rasa hembusan angin pantai yang cukup kencang menjadi teman ketika gondola mulai dinaikan ke atas. Pengunjung tidak akan merasa sensasi seperti naik rolling coaster karena ketika bergerak ke atas crane bekerja cukup pelan. Sembari naik kru akan memberikan penjelasan mengenai teras kaca dan juga ngopi in the sky.

Pramusaji akan menyiapkan minuman secang yang dituang dalam gelas wine. Ketika mencapai ketinggian 30-40 meter, minuman ini akan diberikan sebagai minuman pembuka. Setelah minuman habis, crane akan berpindah ke bagian selatan. Pengunjung akan diberikan minuman inti seperti teh, kopi, latte dan lainnya serta cemilan biskuit.

Pengunjung bebas berfoto dan menikmati keindahan dari berbagai sisi gondola. Durasi berada di atas ketinggian ini selama 30-40 menit. Kedepan pihak pengelola akan terus melakukan inovasi dengan menghadirkan paket sunset, sunrise, dan prewedding.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Alamat Teras Kaca Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Regaza

Pantai Nguluran dikenal dengan nama Teras Kaca Pantai Nguluran karena Spot teras kaca yang begitu terkenal dari Desa Girikarto. Lokasi pantai dekat dengan Heha Ocean View dan Pantai Gesing yang ada di Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Rute menuju Teras Kaca yaitu wisatawan yang berasal dari Bandara Maguwoharjo atau Stasiun Tugu bisa mengarahkan kendaraan ke Ringroad menuju Jalan Wonosari melewati daerah Piyungan hingga ke Patuk.

Setelah sampai di Patuk ambil jalan ke kanan arah Pasar Playen untuk menuju Desa Girikarto, tidak jauh dari sana wisatawan akan langsung bertemu dengan papan penunjuk jalan ke Teras Kaca Pantai Nguluran.

Harga Tiket Masuk Pantai

Tiket Teras Kaca Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Tommy Pranasta

Harga tiket masuk ke kawasan pantai sangat terjangkau. Pertama ada retribusi ke kawasan Gunung Kidul yang biasanya dikenakan di gerbang masuk sebesar Rp 10.000,- kemudian tiket masuk ke Pantai Nguluran sebesar Rp 5.000,- saja.

Biaya parkir kendaraan untuk roda empat Rp 5.000,- sedangkan roda dua Rp 3.000,-. Setelah sampai di pantai indah untuk bisa menaiki Teras Kaca perlu membayar tiket sebesar Rp 25.000,- per orang. Biaya untuk ngopi in the sky sebesar Rp 100.000,- per orang.

Jam buka Teras Kaca Pantai Nguluran setiap hari termasuk tanggal merah dan musim liburan. Buka dari pagi jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Sedangkan untuk kawasan pantainya buka setiap hari selama 24 jam non stop.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Pantai Nguluran

Aktivitas Teras Kaca Pantai Nguluran
Image Credit: Instagram DeAmang Geazs

1. Berburu Foto di Wahana Extreme yang Ada

Teras Kaca Pantai Nguluran punya banyak wahana untuk berburu foto dengan gaya anti mainstream. Mulai dari teras kaca, Giant teras, Kursi raksasa, becak sayap, Fly Glinding dan masih banyak lagi. Sebaiknya pengujung sudah punya pilihan mau berfoto dimana untuk menghemat biaya dan juga waktu mengantri.

Selain spot yang berbayar ada pula Spot foto di Pantai Nguluran yang gratis seperti di pinggiran pantainya. Keindahan pantai eksotis ini masih tetap bisa dinikmati.

2. Menikmati Keindahan Pantai Nguluran

Keindahan Pantai Nguluran tidak kalah mempesona, pantai bebatuan karang memiliki air laut berwarna biru yang indah, gelombang ombaknya cukup tinggi menabrak karang.

3. Berfoto Sepuasnya

Tujuan utama teras kaca menghadiri spot foto unik dan anti mainstream di area Gunung Kidul. Penghujung bebas berpose dimanapun spotnya. Jika sedang ramai setiap pengunjung hanya diberikan waktu 2-3 menit untuk bisa berfoto di bagian teras kaca.

4. Ngopi di Atas Ketinggian

Ingin melakukan kegiatan seru coba ngopi di atas ketinggian saja. Gondola akan membawa wisatawan ke atas ketinggian 30-40 meter disana juga diberikan fasilitas biskuit dan minuman segar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Teras Kaca Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Bagenbae99 Vlog

Selain spot foto yang unik, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas umum seperti area parkir yang luas untuk kendaraan pengujung. Biaya parkir juga terbilang wajar, area parkirnya menjadi satu antara Teras Kaca Pantai Nguluran.

Adapun fasilitas lainnya yang telah tersedia ada toilet untuk pengunjung pria dan wanita. Bila lapar bisa mengunjungi warung yang tersedia di pinggir pantai.

Kemudian ada pula fasilitas mushola dan gazebo untuk berteduh dan merehatkan diri. Pihak pengelola berkomitmen untuk melakukan pengecekan fasilitas secara berkala.

Itulah berbagai pesona wahana extreme yang tidak biasa dari Teras Kaca Pantai Nguluran. Biaya untuk masing-masing spot sangat worth it dengan experience yang didapat.