14 Wisata Pantai di Garut Favorit Dikunjungi Wisatawan

Wisata Pantai Garut

Tawarkan pesona alam yang begitu mempesona nan menakjubkan, Garut sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Dengan memanfaatkan potensi keindahan alamnya, berbagai objek wisata alam pun mulai bermunculan.

Dari sekian banyaknya pilihan, wisata pantai di Garut bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengusir rasa penat. Apa saja nama lwisata bahari yang wajib dieksplor? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pantai Cidora

Pantai Cidora

Image Credit: Dreamers.id

Letaknya yang berdekatan dengan pantai Rancabuaya, membuat pantai Cidora selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya karena keindahan alamnya, namun suasanya yang begitu tenang sangat cocok dikunjungi dikala pikiran sedang penat. Momen terbenamnya matahari, merupakan waktu yang banyak diburu ketika berkunjung ke tempat ini. Entah itu hanya sekedar menikmati keindahannya ataupun mengabadikannya, dijamin Anda ingin datang lagi dan lagi.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini yaitu musim panas, dimana langitnya terlihat begitu bersih nan cerah seakan menambah gairan untuk melihat sunset yang begitu romantis. Pantai indah satu ini terletak di desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut. Sedangkan untuk pintu masuknya, pengunjung bisa masuk lewat pintu Pantai Rancabuaya dan mengikuti petunjuk arah yang telah terpampang disana.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

2. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

Image Credit: Inspiradata.com

Sejak pertama kali melihat Pantai Karang Paranje, mungkin Anda merasa tidak asing dengan pemandangan alamnya yang begitu mempesona. Benar, pantai satu ini dikenal sebagai Tanah Lot versi Garut, yang bahkan dilengkapi dengan sebuah bangunan di dekat bibir pantainya. Diketahui bila bangunan terssebut difungsikan sebagai tempat peristirahatan, yang mana bentuknya hampir serupa dengan pura yang ada di Bali.

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, sehingga segala kebutuhan diharapkan dapat terpenuhi dengan baik. Mulai dari mushola, toilet, tempat parkir, tempat berkemah, hingga penginapan pun tersedia. Apabila ingin melihat pesona alam sekitarnya lebih luas nan bebas, silahkan untuk mendaki ke atas tebing. Perpaduan warna pasirnya yang berwarna kecoklatan dan warna airnya yang biru jernih, dijamin menenangkan hati.

Lokasi: Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Dikenal dengan hamparan pasir putihnya yang halus di sepanjang bibir pantai, banyak masyarakat yang kemudian penasaran dengan pesonanya. Bahkan di pencarian Google, pantai indah ini direkomendasikan untuk dikunjungi. Apa yang membuat Pantai Rancabuaya begitu diminati ? Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang langsung mengalir ke arah pantai.

Tak jarang para pecinta fotografi memburu tempat wisata ini, untuk bisa mengabadikan momen menakjubkan dari alam yang diciptakan oleh Sang Kuasa. Momen terbaik untuk mengunjunginya yaitu sore hari, dimana Anda dapat melihat pemandangan bak bingkai yang didapatkan dari bebatuan karang dan pepohonan di sekitarnya. Sedangkan bagi Anda yang senang berburu sunrise, silahkan mendatangi lokasi puncak fenomenal yang berada di dekat pantai tersebut.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

4. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Image Credit: Wikipedia.org

Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Garut, tempat wisata ini berada dekat dengan sebuah pulau kecil yang diberikan nama seperti nama pantainya. Ada sebuah sungai kecil yang menjadi pembatas diantara keduanya. Apa yang membuatnya berbeda ? Disini pengunjung masih bisa melihat adanya nelayan tradisional, yang ternyata memang sengaja untuk dilestarikan dan dikembangkan untuk tujuan daya tarik wisata.

Selain dari kebudayaan yang masih dilestarikan, pasirnya yang berwarna putih bersih juga menjadi daya tariknya. Warga sekitar juga menawarkan sewa perahu, apabila ada pengunjung yang tertarik untuk mengarungi ombak yang mengarah ke jembatan tua di bebatuan besar dari beton. Sedangkan di lain sisi, Anda bisa menemukan Pantai Sayang Heulang yang yang dihubungkan dengan si jembatan beton tadi.

Lokasi: Jl. Pantai Santolo, Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

5. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak

Image Credit: Mapio.net

Wisata pantai tak melulu melihat keindahan warna air lautnya yang jernih nan menyegarkan, namun juga didukung dengan berbagai bebatuan karang yang terbentuk begitu indah. Begitu pula yang dirasakan ketika berkunjung ke pantai Cicalobak, dimana pengunjung akan melihat barisan tanaman yang biasa hidup di pantai. Pesonanya semakin memukau, dengan adanya perpaduan tebing karang yang menjulang tinggi di kedua sisinya.

Bukan sembarang hiasan semata, ternyata karang tersebut berfungsi untuk menahan deburan ombaknya yang cukup kencang. Ombaknya yang menderu deru, dikarenakan lokasinya yang langsung mengarah ke Samudra Hindia. Meski ombaknya kencang, para pengunjung masih diperbolehkan untuk berenang di sekitaran pantai. Warga sekitar pun telah membuat tali pengaman bak ban pelampung, agar resiko bahaya bisa ditekan.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Garut, Kab. Garut.

6. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Image Credit: Pegipegi.com

Berkat buku Perahu Kertas, tingkat kepopuleran Pantai Puncak Guha semakin meningkat. Bahkan kini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, entah itu untuk melepaskan penat ataupun memburu spot terbaik. Berbeda dengan pantai lainnya, dimana pantai satu ini didominasi oleh bebatuan karang daripada pasirnya sendiri. Momen tepat untuk berkunjung yaitu sore hari ataupun pagi hari, dimana warna langit terlihat begitu memukau.

Tak haya duduk manis di bibir pantai, tak jarang lokasi wisata ini dijadikan sebagai tempat berkemah. Bahkan di hari aktif pun, pantai populer satu ini kerap dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

7. Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder

Image Credit: Panduanwisata.id

Dibaik keindahan Pantai Gunung Geder, terdapat cerita pilu yang pernah menjadi bagian masa lalunya. Yang mana pantai ini ternyata pernah dikelola, namun sayangnya kian hari semakin sepi sehingga ditinggalkan begitu saja tanpa ada yang merawatnya. Padahal warna pasirnya yang putih bersih begitu cantik, ketika dipadukan dengan keindahan sunset dari atas bukit.

Bahkan sebelum memasuki lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan banyaknya pepohonan rindang dan terdengar kicauan burung yang begitu menenangkan. Untuk bisa sampai di lokasi ini, pengunjung harus melewati gerbang tol dengan mengambil rute Trans Jawa Barat Selatan.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

8. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah

Image Credit: Pantainesia.com

Masih tidak terlalu sering terjamah oleh manusia, membuat pantai satu ini cukup asri nan sedap dipandang. Perpaduan antara pasir putih yang kecoklatan serta warna airnya yang berwarna biru berhasil membuat pengunjung tak ingin menyia nyiakan keindahannya. Ternyata warna biru hanya terlihat di pesisirnya saja, sedangkan warna air di dekat muara terlihat coklat kehijauan. Perbedaan warna ini begitu menarik untuk dilihat dan diabadikan.

Akses menuju lokasi ini pun cukup jauh, bahkan jika ditempuh dari Pusat Kabupaten Garutnya sendiri. Setidaknya Anda harus melakukan perjalanan sekitar 45 kilometer ke arah selatan, sebelum menemukannya. Dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore, dimana pengunjung juga diperbolehkan untuk berkemah di sekitar pantai. Syaratnya, harus melaporkan tujuan tersebut ke petugas setempat terlebih dahulu.

Lokasi: Sagara, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

9. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Image Credit: Pantainesia.com

Letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Santolo, tidak heran bila Pantai Sayang Heulang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Yang menjadi daya pikatnya yaitu pasirnya yang berwarna putih bersih, sehingga seringkali dimanfaatkan untuk bermain pasir hingga bola voli. Hembusan anginnya yang cukup kencang, bahkan dimanfaatkan untuk bermain layang layang. Tentu saja liburan ke pantai cantik satu ini, tak akan membuat Anda dirugikan.

Pengunjung juga bisa berlama lama di tempat ini, dengan tersedianya penginapan dan diperbolehkan mendirikan tenda. Bahkan jumlah pengunjung semakim membludak, ketika senja hendak tenggelam di cakrawala. Sebab perpaduan warna langit dan deburan ombaknya, mampu menghasilkan kesan romantis yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

10. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana

Image Credit: Travelingyuk.com @BillyRamdani

Posisi laut yang terlihat lebih tinggi ketika dilihat dari kejauhan, masyarakat sekitar pun memberikan julukan laut di atas awan. Sebenarnya posisi laut yang seakan lebih tinggi, dikarenakan faktor besarnya ombak yang bisa mencapai satu meter. Dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk sampai disana, lantaran lokasinya yang memang cukup jauh dari pusat kotanya sendiri.

Apabila beruntung, pengunjung bisa melihat tradisi nyalawena yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar pada bulan tertentu. Nyalawena sendiri, merupakan aktifitas memburu iklkan ikan kecil yang berasal dari sungai yang langsung ke arah muara dan laut. Mereka akan saling bergotong royong untuk menangkap ikan ikan tersebut dengan riang gembira. Hasil dari tangkapannya nantinya akan dijual, sebagiannya lagi akan dikonsumsi sendiri sebagai lauk.

Lokasi: Cijayana, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

11. Pantai Karang Tepas

Pantai Karang Tepas

Image Credit: Senengpiknik.com

Disebut sebagai surga tersembunyi dan tak banyak diketahui oleh masyarakat luas, Pantai Karang Tepas bisa dikatakan sebagai lokasi pesisir yang cukup berbahaya. Dikatakan demikian, lantaran tidak ada papan informasi sedikitpun ataupun fasilitas yang memadai. Hanya saja, bebatuan karang terlihat begitu cantik nan mewawan meski seringkali luput dipandang oleh mata manusia.

Lokasi: Kp. Cikajar, Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut.

12. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu

Image Credit: Klikhotel.com

Ingin mendapatkan suasa tenang dengan pemandangan khas pantai ? Cobalah untuk mendatangi Pantai Manalusu, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam jika dari pusat kota Garut. Letaknya yang jauh dari hiruk pikuk kota, tidak mengherankan bila pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Yang menjadi daya tariknya, yaitu batu karangnya yang penuh lumut.

Jika dilihat dari kejauhan, bebatuan karang tersebut justru terlihat seperti padang rumput yang begitu subur. Aktifitas lain yang bisa dilakukan selagi berkunjung kesana, yaitu memancing ataupun berkemah. Bahkan tak jarang para pengunjung berenang di sekitar bibir pantai, untuk sekedar merasakan kesegaran airnya yang jernih. Sedangkan di sela sela batu karang, Anda bisa menemukan ikan ikan kecil tengah berenang dengan santai.

Lokasi: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

13. Pantai Sodong Bodas

Pantai Sodong Bodas

Image Credit: Jelajahgarut.com

Meski tidak setenar seperti pantai lainnya, namun tidak menutup kemungkinan nantinya Pantai Sodong Bodas akan menjadi destinasi wisata favorit. Yang membuatnya semakin dicintai, yaitu pesonanya yang eksotis seakan menarik minat para pengunjung untuk datang kembali. Bahkan letaknya yang berdekatakan dengan Pantai Rancabuaya, membuatnya semakin terkenal dan banyak yang penasaran untuk melihat pesonanya yang begitu luar biasa.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

14. Pantai Karang Gajah

Pantai Karang Gajah

Image Credit: Geomagz.geologi.esdm.go.id

Sejak pertama kali melihatnya, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan indah berupa karang yang terbentuk secara alami. Pemandangan tersebut semakin memikat hati, lantaran adanya deburan ombaknya yang besar ditemani dengan semilir angin laut terasa begitu menenangkan. Tak jarang pengunjung yang kemudian mengabadikan momen liburan tersebut, dengan mencari spot terbaik agar hasilnya tidak mengecewakan.

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut.

Itulah 14 rekomendasi wisata pantai di Garut yang wajib Anda kunjungi saat akhir pekan tiba. Pantai memang menjadi objek wisata yang tak pernah habis dieksplore keindahannya. Meski tidak setenar dengan berbagai pantai lainnya, namun pantai yang ada di Garut ini tak kalah indah nan menawan. Bahkan tak jarang para pecinta fotografer berlomba lomba mendapatkan spot terbaik, untuk mendapatkan hasil gambar menawan nan memikat hati. Apabila penasaran dengan keindahannya, silahkan kunjungi berbagai pantai populer yang ada di Garut.