15 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Ciamis

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Ciamis, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi Saat Berlibur.

Jawa barat jadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, banyak tempat yang tersembunyi dan belum dikunjungi banyak orang, seperti di Ciamis. Tempat ini memiliki sederet rekomendasi destinasi wisata terbaru dan hits untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Anda bisa menjajal pengalaman baru dengan berkunjung ke tempat tempat baru, berikut sederet rekomendasi destinasi wisata di Ciamis yang wajib Anda kunjungi!

1. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu

Image Credit: Ciamis.info

Banyak kisah yang tersimpan di tempat ini, salah satunya di tempat destinasi wisata yang saat ini dikunjungi banyak orang. Situ Lengkong Panjalu ini berada di kecamatan Panjalu lengkap dengan adat yang masih dijaga ketat hingga saat ini. Situ tersebut memiliki luas sekitar 57,95 hektar dengan pulau yang berada di tengahnya. Pulau tersebut dikenal dengan nama Nusa Gede dan memiliki luas 9,25 hektar yang dipakai untuk melindungi peninggalan purba.

Yang menarik, tidak hanya tempat untuk melindungi peninggalan purbakala. Nusa Gede juga merupakan hutan lindung dengan makam seorang penyegar agama Islam di deerah Panjalu, yaitu Mbah Panjalu. Awalnya, tempat tersebut jadi benteng pertahanan dan pusat dari kerajaan Panjalu. Di hutan tersebut terdapat 30 jenis tumbuhan dengan jumlah 307 pohon yang rindang, sehingga lingkungan sekitar pun sejuk dan nyaman dipakai bersantai.

Lokasi: Maparah, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis.

2. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Image Credit: Wisatabaru.com

Air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug selalu jadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Curug Tujuh Cibolang ini memiliki air yang jatuh ke tanah sebagai tujuh tingkat. Anda bisa melihatnya secara jelas aliran air yang berundak undak. Semua curug di tempat ini memiliki namanya masing masing, yaitu curug satu, dua, tiga, cibolang, simantaja, cileutik, dan cibuluh yang mampu menarik pengunjung cukup banyak.

Ketinggian air terjun ini sekitar 800 hingga 900 meter di atas permukaan laut. Anda bisa bersantai di lokasi ini karena mendengar alunan air yang sangat menenangkan. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan serta udara sekitar yang sejuk jadi salah satu poin plus. Udara sejuk ini berasal dari tanah berbukit dan suhu udara sekitar 17 hingga 18 derajat celcius. Tujuh air terjun ini bisa Anda nikmati dengan mengitari bukit melalui jalan setapak yang dihiasi pinus tinggi menjulang.

Lokasi: Sandingtaman, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis.

3. Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan

Image Credit: Phinemo.com

Lokasi wisata yang ramah untuk anak anak memang cukup langka, sehingga Mega Wisata Icakan jadi salah satu pilihan terbaik di Ciamis. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dengan keluarga besar sembari menikmati keindahan alam yang luar biasa. Konsep yang disuguhkan untuk Anda, yaitu lembah dengan bangunan dan tatanan yang apik. Tak hanya itu, kondisi alam yang asri juga turut menjadi salah satu nilai plus yang membuat pengunjung betah.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru & Terhits Dikunjungi

Objek wisata satu ini dikabarkan memiliki luas sekitar 35 hektar, meskipun lokasi yang sudah dibangun baru sekitar 15 hektar. Akan tetapi, Anda sudah bisa menikmati fasilitas lengkap yang ditawarkan dengan sangat nyaman. Pemandangan yang ditawarkan, yaitu pegunungan, kontur tanah yang berbukit, dan wahana hiburan yang beraneka ragam. Anda bisa berlibur dan mengisi energi untuk aktivitas esok hari dengan sangat fresh.

Lokasi: Jalatrang, Kec. Cipaku, Kab. Ciamis.

4. Green Canyon

Green Canyon

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Seakan jadi salah satu destinasi wisata tersembunyi karena belum banyak yang berkunjung ke sungai ini. Green canyon memiliki keindahan yang tiada dua dan Anda bisa menyusuri sungai untuk menikmatinya sambil menyewa perahu. Para pengunjung bisa menyewa perahu yang berjajar di sepanjang tepi sungai dengan harga 7.500 rupiah tiap orang. Tak perlu khawatir tersesat karena setiap perahu akan disertai pemandu untuk mengajak Anda berkeliling.

Keindahan yang tersembunyi bisa Anda nikmati dengan sangat jelas melalui jarak dekat bersama pemandu handal. Dengan begitu, Anda akan menerima penjelasan singkat terkait destinasi tersebut. Paduan antara sungai berwarna hijau cerah, hutan dengan pohonnya yang rimbun, dan tebing kokoh di sekitarnya. Tak jarang, para pengunjung akan bertemu ular, kadal, dan lain lain yang ada di permukaan atau tebing penuh ukiran di sepanjang sungai.

Lokasi: Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

5. Wisata Sungai Citumang

Image Credit: Dara.co.id

Keindahan alam yang ditawarkan oleh objek wisata ini cukup menarik para wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Objek wisata Citumang memiliki daya tarik yang sangat khas, yaitu aliran sungai yang membelah hutan jati dan mengarah ke dalam goa. Yang membuat semakin eksotis, yaitu adanya batu batu padas di tepi sungai dan relung yang dihiasi relief alami. Oleh sebab itu, para pengunjung bisa menikmati rafting ke goa.

Bagi Anda yang mencari ketenangan, tempat ini seakan jadi penawar yang paling tepat. Pasalnya, keheningan lokasi sekitar dilengkapi kicauan burung dan gemericik air jadi suatu paduan lengkap. Bagi masyarakat perkotaan, berlibur sejenak ke sungai Citumang ini bisa jadi salah satu cara mencari ketenangan dan menyegarkan pikiran. Anda cukup berkendara dari Pangandaran ke arah barat dengan jarak sekitar 95 km dari pusat kota Ciamis.

Lokasi: Bojong, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

6. Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Tidak lengkap rasanya bila tidak menikmati wisata religi di kota Ciamis, sehingga sangat disayangkan bila Anda tidak berkunjung ke Masjid Agung Ciamis. Masjid ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu pohon kurma yang tumbuh di halamannya. Tidak heran, wisatawan yang datang justru menyoroti keberadaan pohon tersebut. Anda juga bisa hunting foto di tempat ini di beberapa spot yang menarik serta eksotis untuk hasilkan foto yang apik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Ciamis, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

7. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta

Image Credit: Republika.co.id

Masih menjadi pertanyaan mengenai nama yang dipakai di tempat ini, karena Kuta juga jadi nama daerah di salah satu pulau di Indonesia. Destinasi tersebut tentu sudah tidak asing, tetapi banyak yang belum tahu mengenai asal usul atau keterkaitannya. Akan tetapi, kampung adat ini telah termasyur hingga membuat penasaran banyak orang. Tidak heran, Anda akan melihat para wisatawan lalu lalang di daerah peninggalan Kerajaan Galuh tersebut.

Disebut sebagai kampung adat, tentu bukan tanpa maksud. Kampung ini memiliki adat atau tradisi yang harus dipatuhi oleh seluruh orang di sana, termasuk wisatawan. Jika Anda ingin berkunjung ke desa ini, pastikan tidak memakai alas kaki atau membawa tas. Keduanya sangat dilarang meskipun tidak dijelaskan sebab yang pasti. Selain itu, dilarang berkunjung ke Hutan Keramat selain di hari Senin dan Jumat karena sudah jadi suatu tradisi.

Lokasi: Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Kab. Ciamis.

8. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Image Credit: Pantainesia.com

Banyak yang belum tahu dengan destinasi wisata satu ini, sehingga jumlah wisatawan yang datang pun tak sebanyak pantai lainnya. Akan tetapi, pantai ini memiliki keunikan karena nama Nini diambil dari batu karang yang mirip seorang nenek. Pasalnya, kata nini dalam bahasa Sunda memang berarti nenek. Daya tarik lainnya, yaitu udara sejuk sepanjang perjalanan karena banyaknya pohon jati yang tumbuh rapat di sisi kanan dan kiri Anda.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

9. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Image Credit: Travel.kompas.com

Pantai satu ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat, sehingga jumlah wisatawannya pun terus bertambah. Tidak hanya akhir pekan, hari biasa pun Anda akan menjumpai jumlah pengunjung yang dapat. Lokasi ini terkenal dengan hasil lautnya yang luar biasa dan mampu menggoyang lidah penikmatnya. Hal itu dibuktikan banyaknya perahu nelayan yang sandar di tepi pantai serta hasil laut yang melimpah di perahu perahu tersebut.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

10. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Image Credit: Mypangandaran.com

Dilabeli sebagai Balinya Ciamis, pantai satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tidak seperti pantai lain karena Batu Karas memiliki pasir berwarna hitam yang sangat unik. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu sore harinya di tempat ini karena pemandangan sunsetnya luar biasa. Tidak hanya pemandangannya, pantai ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti banana boat, jet sky, dan bisa berkemah di tepi pantai.

BACA JUGA:  7 Kedai Bakso Enak & Murah di Bandung

Lokasi: Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

11. Lembah Putri

Lembah Putri

Image Credit: Wartawisata.id

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Samudra Pasifik, Lembah Putri jadi lokasi yang paling tepat. Destinasi wisata baru yang justru mangkrak selama bertahun tahun ini memberikan Anda spot untuk melihat tepi pantai dari ketinggian bukit. Bukit yang tinggi membuat Anda bisa melihat lanskap pantai secara keseluruhan. Menariknya, lokasi wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding dengan konsep alam yang eksotis.

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

12. Puncak Mandala Rancah

Puncak Mandala Rancah

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Ciamis jadi salah satu kota yang perlu dieksplor lebih jauh, sehingga Anda dapat mengetahui potensi tersembunyi dari berbagai destinasi wisatanya. Salah satu yang jarang dikunjungi, yaitu Puncak Mandala Rancah, sehingga kondisi alamnya masih sangat asri. Suasana yang ditawarkan untuk pengunjung, yaitu hamparan sawah hijau yang cocok untuk hunting foto. Spot satu ini sangat cocok untuk wisata malam bagi para pecinta lampu lampu kota dari ketinggian.

Lokasi: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis.

13. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Image Credit: Pantainesia.com

Memiliki nama yang sangat unik, sehingga mampu menarik minat pengunjung untuk berlibur ke tempat ini. Nama Batu Hiu konon diambil dari batu raksasa yang bentuknya mirip Hiu. Daya tarik lainnya, yaitu adanya bukti kecil yang bisa dinaiki oleh para wisatawan untuk melihat pemandangan laut secara luas. Anda hanya perlu sekitar 20 sampai 30 menit dari pusat kecamatan Pangandaran untuk sampai ke tempat ini dengan memakai kendaraan pribadi.

Lokasi: Jl. Raya Parigi, Kec.  Parigi, Kab. Pangandaran.

14. Astana Gede Kawali

Image Credit: Cieurihtimes.blogspot.com

Tak hanya destinasi wisata alam, Anda juga perlu mengetahui sederet cerita sejarah di masa silam dari Kota Ciamis ini. Melalui Astaga Gede Kawali, Anda bisa melihat peninggalan pada masa Kerajaan Galuh di abad ke 7. Mulai dari prasasti, menhir, hingga makam masih terjaga sangat baik dan bisa dikunjungi oleh wisatawan, seperti rombongan siswa sekolah. Anda hanya perlu berkendara dari Ciamis ke arah utara sejauh 21 km.

Lokasi: Kawalimukti, Kec. Kawali, Kab. Ciamis.

15. Wisata Batu Ngampar

Wisata Batu Ngampar

Image Credit: Tour.koropak.co.id

Diambil dari bahasa Sunda, ngampar berarti terhampar sehingga dapat diartikan lokasi ini memiliki batu yang terhampar. Wisata air terjun ini berada di kaki Gunung Syawal, sehingga tak heran memiliki udara yang sejuk dan dingin. Tak hanya suasananya, air di tempat ini juga sangat dingin sehingga sangat dicari oleh banyak orang. Destinasi yang cukup tersembunyi ini masih memiliki kontur jalan dari tanah dan licin, sehingga harus pakai kendaraan dengan ban bergerigi.

Lokasi: Medanglayang, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis.

Pulau Jawa seakan jadi salah satu surga dunia yang memiliki sederet destinasi wisata menarik. Jawa Barat, khususnya Ciamis memiliki rekomendasi tempat wisata yang jarang dikunjungi masyarakat karena lokasinya yang tersembunyi. Tak jarang, akses menuju ke tempat tersebut cukup sulit dan fasilitasnya belum memadai. Akan tetapi, keindahan alam yang disuguhkan mampu menghipnotis seluruh pengunjung yang datang.