Harga Tiket: Rp 29.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sariwani, Gedong, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Keindahan padang savana tidak hanya bisa dilihat di wilayah Afrika. Indonesia memiliki pemandangan serupa yang tak kalah indah. Bagi anda yang berdomisili di Jawa Timur, pasti sudah tidak asing dengan istilah Bukit Teletubbies Bromo Tengger. Penamaan tersebut disematkan karena pemandangan disana benar benar mengingatkan kita pada serial anak teletubbies.

Keberadaan bukit megah menjadi ciri khas dari spot tersebut. Nuansanya semakin indah berkat kehadiran bunga yang berwarna warni. Spot ini memancarkan nuansa damai yang cocok untuk menenangkan diri. anda bisa merefresh pikiran sehingga menjadi lebih tenang dan nyaman. Perjalanan untuk sampai ke bukit cantik ini bisa anda tempuh dengan jeep maupun sepeda motor.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Teletubbies

Daya Tarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps A A

1. Hamparan Hijau di Tengah Padang Pasir

Saat sampai di kawasan bromo, anda akan langsung disambut dengan pemandangan sekitar berupa pasir. Siapa sangka jika tidak jauh dari spot tersebut, terdapat kawasan perbukitan dengan hamparan rumput yang sangat luas. Keunikan inilah yang membuat wisatawan sangat penasaran. Bahkan tanpa mengunjunginya, maka perjalanan anda di bromo tidak terasa lengkap.

Jika dilihat lebih jelas, kawasan tersebut terasa seperti bukan bagian dari Gunung Bromo. Panoramanya benar-benar berbeda, bahkan lebih mirip dengan pemandangan savana di Afrika. Spot tersebut semakin cantik karena di sekitarnya terdapat beberapa jenis bunga yang tumbuh. Apabila kebetulan anda pemakaian jasa tour, tidak ada salahnya untuk meminta driver sebagai tukang foto dadakan.

2. Pemandangan yang Cantik

Wisata alam menjadi spot terbaik bagi anda yang ingin melepas stress dan meningkatkan kreativitas. Sebuah studi telah menjelaskan bahwa orang yang sering melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas akan menjadi individu yang lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Bahkan seorang dokter dari Inggris pun sempat merilis penelitian tentang hal tersebut, dan hasilnya sama.

Apabila anda sedang mencari pemandangan yang indah dan memukau, sudah selayaknya jika memilih Bukit Teletubbies Bromo. Menghabiskan waktu disana selama satu sampai dua jam sudah cukup untuk membuat pikiran lebih rileks. Meskipun didominasi oleh rumput yang pendek, namun bagian atas bukit terdapat susunan pohon yang rapi dan seratus persen alami.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps BURHAN ACHMAD

3. Spot Terbaik untuk Berburu Sunrise

Pengunjung yang datang ke bromo banyak yang berangkat sebelum matahari terbit untuk melihat sunrise. Salah satu spot terbaik untuk menikmati momen tersebut adalah di bukit ini. Semburat cahaya orange akan muncul dari balik bukit dan menciptakan pemandangan yang penuh aura magic. Nuansanya benar benar eksotis dan membuat mata enggan melepasnya.

Kesempatan tersebut sangat menarik, karena wisatawan dapat melihat indahnya gradasi warna hijau dari rumput yang bertemu dengan warna kuning keemasan, yang berasal dari sinar matahari. Momen semacam ini sangat langka dan tidak mungkin dapat dilihat setiap hari. oleh karena itu, siapkan kamera terbaik untuk mengabadikannya.

Rasa lelah anda saat berangkat di pagi buta akan terbayar secara langsung. Bahkan momen semacam ini banyak digunakan oleh seseorang yang hendak melamar pujaan hatinya. Suasananya yang romantis memang tidak terelakkan dan membuat siapa saja yang melihatnya merasa terharu. Namun saat hendak berkunjung ke sana, pastikan anda memakai jaket yang sangat tebal karena dingin.

4. Udara yang Sejuk dan Nyaman

Kawasan Bromo yang masih asri dan masuk dalam kawasan pegunungan mampu menghadirkan udara yang sejuk dan terasa nyaman. Bahkan kondisinya semakin dingin saat menjelang sore. Meskipun membuat tubuh menggigil, namun pengalaman semacam ini menjadi daya tarik tersendiri. Udaranya benar benar berbeda dengan kawasan perkotaan yang penuh asap kendaraan.

Awan putih dan kabut sering kali menyelimuti sebagian dari bukit. Kondisi tersebut semakin memperjelas betapa ademnya kawasan ini. bagi anda yang kebetulan tidak membawa pakaian hangat, tidak perlu khawatir. Di sepanjang jalan saat menuju bukit banyak sekali warung yang menjual sarung tangan, syal, kaos kaki, dan jaket.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Teletubibies
Image Credit: Google Maps Rahmat Kartolo Nainggolan

Anda baru bisa masuk ke Bukit Teletubbies Bromo jika sampai di taman rekreasi bromo tengger. Anda bisa berangkat dari kota malang maupun kota Lumajang. Apabila mengambil rute dari lumajang, maka perjalanannya sekitar 2 sampai 3 jam. jarak yang ditempuh adalah sekitar 55 km. anda bisa menggunakan rute yang melewati jalan KH. Malik, karena merupakan rute tercepat.

Sejauh ini, perjalanan dengan kendaraan pribadi adalah pilihan yang terbaik. Perjalanan tersebut akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan memakai kendaraan umum. Namun jika anda memakai bis umum, maka ambillah rute menuju Sekarpura. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk sampai ke Desa Cemoro.

Sesampainya di sana, anda bisa menemukan spot yang menawarkan sewa jeep. Anda bisa memakai layanan tersebut untuk sampai ke spot Bukit Teletubbies. Jika tidak ingin ribet, tidak ada salahnya untuk memakai jasa tour. Tim dari mereka akan menjemput anda dari hotel dan mengantarkan anda berkeliling spot wisata di Bromo.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps 大仁偉

Informasi penting yang harus anda ketahui sebelum berangkat ke bukit cantik ini adalah berkaitan dengan harga tiket masuk dan jam buka. Dikutip dari website explore bromo, disana tertulis bahwa harga tiket wisatawan domestik adalah 29 ribu untuk hari biasa. Sedangkan biaya tiket di hari libur adalah 34 ribu rupiah.

Sedangkan biaya tiket untuk wisatawan mancanegara di hari biasa adalah 220 ribu, sedangkan untuk hari libur adalah 320 ribu. Dengan membayar biaya tersebut, anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata bromo dan sekitarnya, termasuk bukit teletubbies. Terdapat pula biaya untuk kendaraan, yaitu 10 ribu bagi mobil dan 5 ribu untuk sepeda motor.

Harga tersebut adalah harga murni dan bukan berasal dari jasa tour. Hara yang tercantum tadi berlaku untuk kendaraan pribadi. Apabila hendak memakai jasa jeep, maka biaya yang perlu dikeluarkan juga akan berbeda. Setidaknya anda perlu biaya mulai dari satu juta untuk fasilitas tersebut. Namun informasi terkait dengan harga ini bisa saja berubah, tergantung kebijakan yang berlaku.

Sedangkan untuk jam buka atau jam operasional dari taman wisata bromo adalah 24 jam. artinya tidak ada waktu tutup maupun buka. Alhasil, anda yang berasal dari luar kota dapat berkunjung kapan saja. Namun biasanya, wisatawan mulai berdatangan sebelum fajar untuk melihat momen terbitnya matahari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Teletubbies

Kegiatan Menarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps TEGETEGE Trip Channel

1. Mengejar Sunrise

Aktivitas pertama yang menjadi primadona setiap turis yang datang ke Bukit Teletubbies adalah berburu sunrise. Pemandangan yang indah selalu membuat siapa saja merasa penasaran. Wisatawan yang sengaja bangun di pagi hari tidak akan kecewa. Rasa lelah yang sebelumnya membuat tubuh terasa lemas, mendadak hilang begitu saja.

Matahari akan muncul dari balik bukit dan memancarkan cahaya keemasan yang memukau. Namun sayangnya untuk mendapatkan momen ini tidaklah mudah. Anda harus bisa memperkirakan waktu keberangkatan dengan baik. jika telat sedikit saja, maka momen tersebut tidak bisa anda dapatkan. Matahari sudah terlanjur meninggi dan semburat cahaya emasnya pun sudah memudar.

2. Bersantai di Atas Bukit

Bukit teletubbies sejatinya merupakan gugusan bukit yang bisa dinaiki. Namun di beberapa spot, tanamannya cukup lebat sehingga tidak dapat diterobos. Meskipun begitu, anda masih bisa naik ke bukit bukit kecil yang ada di sekitarnya. anda bisa duduk dan bersantai selama beberapa saat sambil beristirahat dan mengisi tenaga.

Apabila kebetulan anda membawa maanan dari luar, maka pastikan tidak membiang sampah semabarangan. Wisatawan boleh membawa camilan, mengingat di skeitar spot tersebut tidak terdapat warung. Kondisi sekitar bukit masih sangat alami, sehingga tidak ada bangunan apapun, termasuk toilet. Jika hendak buang air kecil, anda harus kembali dengan berkendara.

Kegiatan Menarik di Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps nj mardiningsih

3. Berswafoto

Perjalan wisata di bromo, termasuk bukit ini tidak akan terasa lengkap jika anda tidak mengabadikannya melalui sebuah foto. Bahkan beberapa orang rela membawa kamera terbaiknya untuk menghasilkan jepretan terbaik. and juga tidak perlu heran jika di kawasan bukit teletubbies sering digunakan sebagai spot prewedding.

Meskipun masih dalam satu spot yang sama, bukit ini memiliki panorama yang berbeda. Jika anda melihat ke arah lain, maka hamparan pasir lah yang lebuh mendominasi. Namun jika anda melihat ke arah sebaliknya, maka hamparan pohon yang tinggi dan hijau dapat menyejukkan mata. Anda juga bisa memanfaatkan bunga yang tumbuh di sana sebagai properti foto, namun tanpa memetiknya.

4. Berkuda

Meskipun kebanyakan orang memakai jeep untuk sampai ke Bukit Teletubbies, namun tidak ada salahnya jika anda menyewa kuda. Pilihan kuda di sana sangat beragam, sehingga anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan. Biasanya, kuda ini hanya mengantar wisatawan untuk sampai ke puncak bromo. Namun ada pemilik kuda yang mau mengantar anda ke kawasan bukit cantik ini.

Waktu terbaik untuk berkuda di bromo adalah di pagi hari. Dengan begitu, udaranya tidak terlalu panas dan tubuh juga masih terasa segar. Hindari pula waktu waktu yang sekiranya menedati hujan. apabila sudah mendung, lebih baik gunakan saja fasilitas jeep. Kuda yang anda tunggangi tidak bisa lari, apalagi masih ada pemiliknya yang haru menuntun anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit
Image Credit: Google Maps Christian Baik Budi Hasiholan Sinaga

Sata berwisata alam ke pegunungan, anda sudah harus bersiap bahwa tidak banyak fasilitas yang dapat anda temukan. Hal ini juga berlaku, jika anda hendak datang ke bukit teletubbies. Di sekitar spot tersebut tidak terdapat warung dan toilet. Oleh karena itu, anda perlu membawa camilan untuk mengganjal perut. Namun perlu diingat, anda tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Meskipun di spot tersebut tidak ada fasilitas apapun, anda tidak perlu khawatir. Jarak antara bukit teletubbies dengan spot peristirahatan tidak terlalu jauh. di sana tersedia deretan warung yang menyediakan makanan dan minuman lezat. Mereka juga menjual syal, jaket, topi, dan sarung tangan yang dapat membuat tubuh anda terasa hangat.

Di sekitar sana juga terdapat toilet dan mushola yang bisa anda manfaatkan. Spot tersebut memang menjadi lokasi istirahat yang sangat disukai turis. Harga dari barang barang yang dijual juga tidak terlalu mahal, dan masih cocok di kantong wisatawan. Meskipun sederhana, warung warung tersebut menyediakan setiap kebutuhan pengunjung dengan lengkap.

Itulah beberapa hal menarik seputar objek wisata populer yang dikenal dengan nama Bukit Teletubbies. Berkunjung ke sana adalah pilihan terbaik bagi anda yang suka berwisata alam dan menjadi spot healing terbaik. Jangan lewatkan momen melihat sunrise, karena pesonanya akan terus melekat di hati.