Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung di Majalengka

Cadas Gantung Majalengka

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka.
MapCek Lokasi

Kepopuleran si Cadas Gantung semakin meningkat pesat, ketika warganet membagikan hasil jepretannya di akun media sosialnya. Dari beberapa foto tersebut, terlihat bila kawasan wisata perbukitan nan hijau tersebut menarik untuk dikunjungi. Berbondong bondong untuk bisa menyaksikan keindahannya secara langsung, pengunjung akan dibuat puas dan tidak merasa kecewa sudah pernah mengunjunginya. Agar tidak penasaran, berikut ulasannya.

Berbagai Aktifitas Seru Selama Berada di Cadas Gantung

Berbagai Aktifitas Seru Selama Berada di Cadas Gantung

Image Credit: Facebook.com @Cadasgantungmajalengka

Berlokasi tak jauh dari pusat kota, menjadikanya sebagai destinasi favorit untuk dikunjungi dikala ingin merasakan sensasi berbeda. Dikelola dengan sedemikian rupa, kini yang awalnya Cadas biasa disulap menjadi tempat wisata yang banyak dielukan masyarakat. Perubahan yang dilakukan, berpengaruh positif sekaligus mendatangkan segudang manfaat bagi ekonomi warga setempat beserta pemerintah daerah.

Pihak pengelola memang tidak menyediakan penginapan, namun memperbolehkan para pengunjung untuk mendirikan tenda dengan menyediakan lokasi khusus berkemah. Aktifitas ini banyak dipilih oleh wisatawan, mengingat mereka dapat melihat pemandangan berbeda dan lebih dekat dengan alam. Hal menarik yang bisa ditemukan yaitu banyaknya sinar lampu yang berasal dari pemukiman warga, sehingga seolah olah berada di atas awan.

Di tempat ini pula, pengunjung bisa menikmati nuansa malam hari ditemani dengan bintang cantik di angkasa. Dijamin pengalaman tersebut, akan dikenal sepanjang masa dan dapat menghadirkan kenangan yang tak terlupa. Ternyata tak hanya menyajikan pemandangan cantik di malam hari, karena banyak pula pengunjung yang memang sengaja berburu sunrise ataupun sunset dari sudut yang berbeda.

Sebab, dari ketinggian lokasi wisata bisa melihat cantiknya semburat berwarna kuning yang berpadu mesra dengan langit jingga. Pemandangan luar biasa indah tersebut mampu menghadirkan kesan romantis, sekaligus banyak diburu untuk menghasilkan jepretan yang indah. Batu yang berada di tepi tebingnya, dikatakan sebagai spot terbaik. Sehingga pengunjung perlu mengantri meski mengetahui bila aksi tersebut cukup berbahaya.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Karawang Paling Enak & Murah

Tawarkan beberapa spot terbaik untuk berfoto ria, tak jarang pecinta fotografi berkunjung untuk mengabadikan keindahan alam ciptaan Sang Kuasa. Dimana pemandangan alam menakjubkan tersebut, dijadikannya sebagai latar belakang menawan. Sebagai bentuk pelayanan terbaik, bahkan pihak pengelola melakukan pengecetan masal di beberapa batuan cadas berukuran besar. Kini tampilannya tampak lebih menarik, dan sangat ciamik untuk diabadikan.

Selagi menikmati pemandangan luar biasa cantik serta udara sejuknya, sebagian pengunjung memilih untuk duduk santai sembari menikmati bekal yang dibawa. Bahkan pihak pengelola mempersilahkan pengunjung untuk menggelar tikar, dan menikmati alamnya yang dijaga keasriannya. Oleh karenanya, tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan orang terkasih maupun kerabat terdekat.

Sebelum sampai di puncaknya, pengunjung perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk berjalan sekitar 15 menitan. Namun rasa letih selama perjalanan tidak akan terasa, ketika melihat di sekitarnya terdapat sajian pemandangan indah yang memanjakan mata. Aktifitas pendakian pun terasa semakin menyenangkan, dan bahkan memunculkan ide untuk kembali ketika menemukan hari kosong di kemudian hari.

Sedangkan bagi pecinta olahraga, destinasi wisata ini bisa dimanfaatkan sebagai jalur pesepeda offroad. Hal tersebut didasari dari kondisi alamnya yang asri, dikatakan mampu menghadirkan tantangan tersendiri. Bahkan tarang jarang pula, sepeda akan diangkat ketika melewati medan yang tak bisa dilalui oleh sepedanya. Oleh karenanya, tempat ini dikatakan cocok sebagai tempat melatih fisik sekaligus relaksasi.

Harga Tiket Masuk & Fasilitas di Cadas Gantung

Harga Tiket Masuk & Fasilitas di Cadas Gantung

Image Credit: Jelajahcurug.blogspot.com

Informasi dasar seperti tarif tiket masuk, penting diketahui sebelum berangkat menuju lokasi. Hal ini untuk mempersiapkan besaran dana yang harus dibawa, agar bisa menikamati berbagai wahan seru selama berada disana. Namun pengunjung tak perlu khawatir, karena setiap orang hanya dikenakan tarif sekitar 10 ribuan saja. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif tambahan untuk parkir mulai dari 2 ribuan per kendaraan.

BACA JUGA:  17 Minuman & Makanan Khas Bekasi yang Wajib Anda Coba

Ada baiknya untuk membawa uang lebih, mengingat besaran harga yang diberikan bisa berubah sewaktu waktu terutama jika menjelang hari libur nasional ataupun hari besar lainnya. Destinasi wisata indah nan menawan ini, siap dikunjungi wisatawan setiap harinya. Mulai beroperasi mulai jam 7 pagi, pengunjung yang datang lebih awal bisa merasakan kesejukan udara sekitar selama berada di perjalanan.

Pihak pengelola ingin memberikan pelayanan terbaik, sehingga menawarkan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan guna mencukupi setiap kebutuhan para pengunjungnya. Mulai dari toilet bersih, mushola, hingga beberapa warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman tersedia disini. Hanya saja jika air sudah habis, pengunjung perlu turun ke mushola desa untuk memenuhi kebutuhannya.

Rute Menuju Menuju Lokasi Wisata Cadas Gantung

Rute Menuju Menuju Lokasi Wisata Cadas Gantung

Image Credit: Jejakpiknik.com

Apabila tertarik mengunjunginya maka silahkan langsung meluncur ke Mirat, Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Cukup mudah untuk menemukan lokasinya, karena Mapolsek Leuwimunding bisa menjadi patokannya. Letaknya yang cukup stategis, dirasa mampu menghasilkan keuntungan tersendiri terutama bagi tamu dari luar kota. Khusus bagi pengunjung yang datang dari arah Prapatan Sumberjaya, bisa belok ke kiri sebelum sampai Mapolsek.

Sedangkan jika dari arah Majalengka, silahkan arahkan kendaraan ke Desa Mirat Leuwimunding. Untuk bisa mencapai lokasi tersebut juga cukup mudah, karena lokasinya yang berdekatan dengan SD Negeri 3 Mirat yang bisa dijadikan sebagai patokan. Sayangnya medan menuju lokasi dirasa kurang bersahabat bagi kendaraan roda empat, namun bukan berarti tidak bisa dilalui sama sekali.

Ketika sampai di gerbang masuk destinasi wisata, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit hingga 30 menitan terlebih dahulu sebelum sampai ke puncaknya. Dari dasar tersebut, akan lebih baik menyiapkan kendaraan dengan keadaan prima mengingat jalannya yang cukup menantang. Bukan hanya kendaraan saja yang harus dipersiapkan, siapkan pula fisik dengan cara berolahraga agar terbiasa ketika hendak menapak ke medan yang sulit.

BACA JUGA:  Pemandangan Eksotis Pantai Karapyak di Pangandaran yang Memesona

Tips Sederhana Sebelum Berangkat ke Cadas Gantung

Image Credit: Steller.co

Mengingat banyaknya tenaga yang harus dipersiapkan, dianjurkan untuk membawa bekal makanan maupun minuman. Namun jangan lupa untuk membawa sampah turun kembali, sebab tidak ada fasilitas pembuangan sampah di lokasi wisata tersebut. Dengan turut berpartisipasi dalam langkah tidak membuang sampah sembarangan, anda sudah melakukan langkah tepat untuk menyelamatkan kelestarian alamnya.

Tak cukup sampai disana, pengunjung juga perlu mengenakan alas kaki yang nyaman seperti sepatu maupun sandal gunung. Sebab medan yang harus dilalui cukup licin, terutama jika datang pada musim penghujan. Jika memang tertarik untuk bermain air di aliran sungainya, jangan lupa membawa baju ganti serta sarung. Kenapa perlu membawa sarung ? Sebab pihak pengelola tidak menyediakan tempat untuk berganti pakaian ataupun toilet.

Hal penting lainnya yang perlu untuk diperhatikan yaitu menggunakan kunci ganda bagi kendaraan roda dua maupun roda empat. Langkah kecil ini perlu dilakukan, sebagai langkah pencegahan adanya tangan usil dari pihak yang kurang bertanggung jawab. Selama perjalanan berlangsung, pengunjung pun tak perlu takut tersesat karena ada papan penunjuk yang tersebar di beberapa titik untuk memudahkan para pengunjung menuju lokasi utama.

Meski terkenal akan keindahannya, medan menuju lokasi yang cukup sulit membuatnya jarang dikunjungi. Dari dasar tersebut, akhirnya Cadas Gantung hanya didatangi oleh mereka yang memang berani ataupun berusaha menakhlukkan medannya. Padahal destinasi wisata indah satu ini, dianggap miliki potensi besar untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjunginya. Beruntungnya, rasa letih saat mendaki terbayar dengan keindahannya.