19 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Bogor

Kota bogor, seringkali menjadi tempat tujuan para pengunjung untuk sekedar berwisata sembari menikmati udaranya yang terasa sejuk. Dari sekian banyaknya tempat wisata, Curug atau air terjun cukup banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Bahkan kota ini pun mendapatkan julukan kota seribu curug, dimana setiap curugnya memiliki pesona masing masing.

Penasaran dengan keindahan alamnya? Berikut ulasan 20 Curug di Bogor yang paling hits dikunjungi saat liburan.

1. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung

Lokasi: Pamijahan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Travelosofi.blogspot.com

Meski tergolong tempat wisata baru, namun Curug satu ini sudah berhasil menyita perhatian masyarakat. Akses menuju ke lokasi utamanya pun terbilang cukup sulit, lantaran pengunjung harus melewati terjalnya jalan nan curam. Lalu apa yang membuatnya banyak diminati ? Curug satu ini tawarkan keunikan tersendiri, dimana letaknya berada di tebing bebatuan alami yang tampak rapi seakan disusun mengelilingi si Curug.

Tertarik berkunjung kesini ? Curug satu ini berlokasi di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Barat, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri, setiap orangnya akan dikenakan tarif sekitar Rp. 20 ribu saja. Pengunjung juga bisa menyewa ban pelampung yang dikenakan tarif sekitar Rp. 35 ribuan. Tempat wisata ini mulai peroperasi mulai dari jam 07:00 hingga 17:00 WIB.

2. Curug Love

Curug Love

Lokasi: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kab. Bogor. – Image Credit by Viva.co.id

Keunikan sang Curug Love terdapat pada warna airnya yang terlihat biru nan jernih. Tahukah Anda diberikan nama curug Love ? Sebab aliran airnya nampak menyerupai bentuk hati, yang terbentuk dari bebatuan yang telah terbelah di bagian tengah. Pesona alamnya tampak seperti Green Canyon, kemudian banyak dari pengunjung yang mengabadikan momen saat berada disini. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10 ribuan saja.

3. Curug Ciputri

Curug Ciputri

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor. – Image Credit by Wisatahalimun.co.id

Memiliki ketinggian hingga 30 meter, Curug Ciputri menjadi salah satu air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya sekedar berfoto ria, pengunjung diperbolehkan menginap dengan mendirikan tenda di sekitar curug. Bahkan terdapat kolam alami, yang biasa digunakan untuk berendam meski ukurannya tidak terlalu besar. Pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk berkisar Rp. 20 ribuan saja.

Ppastikan isi tenaga terlebih dahulu sebelum menikmati pesonanya, karena jarak tempuhnya bisa mencapai 1200 meter dari pintu masuk. Namun perasaan lelah akan hilang seketika, ketika berhasil sampai di tempat tujuan utama. Keindahan alamnya yang masih asri, tak heran bila pengunjung tak kapok untuk datang di lain waktu.

BACA JUGA:  Taman Limo Jatiwangi, Destinasi Wisata Bernuansa Pedesaan di Bekasi

4. Curug Ciherang

Curug Ciherang

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Hargatiket.net

Air terjun ini cukup populer di daerah Bogor. Selain dari derasnya air yang jatuh dari ketinggian lebih dari 30 meter, disini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai spot menarik yang biasa diburu oleh para pecinta fotografi. Terdapat mitos yang berseliweran, dimana pengunjung yang datang akan dimudahkan jodohnya.

5. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung

Lokasi: Sentul, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Hayukabogor.id

Dikenal sebagai wisata air yang menyajikan panorama alam yang masih terjaga, tidak mengherankan bila Curug satu ini banyak dikunjungi para wisatawan. Tak hanya memandang pesonanya belaka, disini pengunjung diperbolehkan bermain air sesuka hatinya. Hanya dengan membayarkan tiket masuk ke wilayah Leuwi Hejo sekitar Rp. 15 ribuan beserta tiket masuk sekitar Rp. 5 ribuan ke Leuwi Cibaliung, pengunjung bisa merasakan keindahannya.

6. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Bersapedahan.wordpress.com

Ingin mendapatkan pengalaman seru saat berlibur ke Curug ? Cobalah untuk mengunjungi Curug Putri Kencana yang berlokasi di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Disini pengunjung akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan, karena bisa bermain di sebuah kolam alami dengan kesegaran airnya yang dapat menyegarkan badan sekaligus pikiran.

Perpaduan antara asrinya alam serta kesegaran air Curugnya, nampak sempurna tanpa ada cacat. Bahkan hanya dengan duduk manis menikmati pemandangan sekitar, dirasa sudah mampu mengobati pikiran yang lelah dan membutuhkan istirahat. Letaknya yang tak jauh dari kota Jakarta, dapat menjadi alasan kenapa air terjun ini tak pernah sepi dikunjungi. Dijamin tubuh akan terasa lebih bertenaga, ketika pulang dari Curug Putri Kencana.

7. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak

Lokasi: Jl. Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Kab. Bogor. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Lokasinya yang diapit oleh dua tebing curam, membuat pemandangan sekitar Curug terlihat begitu menakjubkan. Selain mendengar gemericik airnya yang begitu menyegarkan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan lain seperti sawah dan kebun sebagai tambahannya. Curug satu ini berada tepat di kaki gunung Gede atau lebih tepatnya di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

8. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Dakatour.com

Debit airnya yang cukup tinggi serta pesona alamnya yang asri, menjadi daya pikat tersendiri bagi para pecintanya. Tak sekedar menawarkan pesona alamnya yang begitu memukau, sehingga pengunjung pun menyebutnya sebagai Curug terlengkap. Lokasi Curug satu ini masih termasuk dalam kawasan Sentul Paradise Park Bogor, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

BACA JUGA:  21 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Lagi Hits Dikunjungi

Pengunjung tak hanya duduk santai sembari mengabadikan momen disana, namun pengunjung juga bisa merasakan asyiknya bermain air di beberapa kolam yang ditata secara rapi. Apabila Anda tidak ingin bermain air, ada beberapa wahana permainan lain yang siap menghiasi hari libur. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp. 25 ribuan per orang, sedangkan di hari libur panjang mencapai Rp. 40 ribuan per orang.

9. Curug Cigamea

Curug Cigamea

Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Wisatabaru.com

Dari kejauhan saja, pengunjung akan dibuat penasaran dengan suara gemuruh air dari Curg Cigemea yang begitu riuh. Selain derasnya aliran air yang dikeluarkan, Curug satu ini dilengkapi dengan kolam yang cukup luas untuk berendam ataupun menikmati dinginnya airnya. Untuk bisa menikmati kesegaran air dan pesona alamnya, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 10 ribuan per orang.

10. Curug Seribu

Curug Seribu

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Dikelilingi oleh tumbuhan hijau serta pepohonan yang rimbun, Curug Seribu pun berharsil memikat wisatawan untuk mengunjunginya. Tahukah Anda apa yang membuatnya menarik? Salah satu daya tariknya yaitu air terlihat bersih nan jernih, meski letaknya berada tak jauh dari pusat kota. Mudahnya akses menuju lokasi wisata, banyak warga kota yang kemudian berkunjung untuk sekedar menyegarkan pikiran.

11. Curug Cilember

Curug Cilember

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Cilember, Kec. Megamendung, Kab. Bogor. – Image Credit by Hargatiket.net

Curug satu ini memiliki keunikan yang begitu menakjubkan, dimana dirinya memiliki 7 tingkatan air terjun yang terlihat begitu mempesona. Akses menuju lokasi pun cukup mudah, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk berwisata kesana. Hanya dengan membayarkan sekitar Rp. 12 ribuan saja, pengunjung sudah bisa menikmati salah satu ciptaan Tuhan yang begitu indah. Tempat wisata ini terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

12. Curug Barong

Curug Barong

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Yukpiknik.com

Apa yang membuat air terjun satu ini menjadi alternatif terbaik untuk berlibur ? Tak hanya menyajikan air yang turun dari ketinggian sekitar 7 meter belaka, namun terdapat bebatuan unik yang begitu terlihat mempesona saat dipadukan dengan airnya yang jernih. Sebelum sampai ke lokasi utama, pengunjung harus melakukan trekking kurang lebih 40 menit. Lamanya perjalanan dikarenakan medannya yang cukup sulit, sehingga perlu kewaspadaan yang tinggi.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Depok Paling Hits

13. Curug Luhur

Curug Luhur

Lokasi: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor. – Image Credit by Hargatiket.net

Bisa dikatakan jika tempat wisata ini terlihat begitu berbeda dengan Curug lainnya. Bagaimana tidak, sebab air terjun dengan ketinggian mencapai 62 meter ini disulap menjadi waterboom yang menawarkan berbagai permainan seru. Hanya dikenakan tiket masuk sekitar Rp. 40 ribuan saja, dijamin hari libur menjadi lebih berwarna sekaligus dapat menyegarkan pikiran.

14. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet

Lokasi: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Wikipedia.org

Sesuai dengan nama yang diberikannya, Curug satu ini memang berlokasi di tempat yang tersembunyi diantara tebing tebing tinggi. Bahkan ketinggian airnya pun tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 40 meter saja. Namun airnya yang jernih dipadukan dengan suasana sejuk, menjadi daya pikat tersendiri. Pesona alamnya pun terlihat begitu alami, mengingat belum banyak yang berkunjung ke tempat ini lantaran trek yang harus dilalui cukup sulit.

Tingkat kesulitan mencapai lokasi, juga disebabkan oleh letaknya yang berada di kawasan yang cukup kecil sekaligus terletak di hutan lindung. Masih merasa belum puas bermain air disini ? Pihak pengelola mengizinkan pengunjung yang ingin bermalam dengan menambahkan fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari perkemahan hingga menjelajahi Curug telah tersedia, hanya untuk memanjakan pengunjungnya.

15. Curug Hordeng

Curug Hordeng

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Denubay.com

Letak Curug satu ini tak jauh dari Curug Leuwi Hejo dan Curug Putri Kencana, membuatnya tak luput dari pembicaraan masyarakat sekitar. Selain karena lokasinya yang memang berdekatan ditambah dengan pesona alamnya yang terlihat asri, menghadirkan rasa kagum akan ciptaan sang Kuasa. Sedangkan untuk namanya sendiri, diambil dari salah satu Curug yang berada di  Sentul, Bogor.

16. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis

Lokasi: Jonggol, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Nativeindonesia.com

Mengusung konsep alam terbuka dan langsung dikelola oleh BUMN, Curug satu ini tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan. Tak melulu soal panoramanya yang begitu indah, justru karakteristik air terjun ini menjadi daya pikatnya. Ditambah dengan adanya perpaduan antara vegetasi tumbuhan, kicauan burung, serta gemericik air dirasa mampu menghadirkan suasana yang begitu syahdu.

17. Curug Cibulao

Curug Cibulao

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Memiliki nama asli sebagai Curug Hulu, sebab air terjun ini merupakan sumber air kehidupan bagi warga sekitar. Sedangkan pemberian nama Cibulao sendiri, lantaran airnya yang memang sangat jernih bahkan nampak seperti kebiru biruan. Ternyata curug satu ini memiliki dua leuwi alami, dimana leuwi pertama memiliki kedalaman hingga 8 meter sedangkan leuwi kedua memiliki kedalaman mencapai 5 meter.

18. Curug Naga

Curug Naga

Lokasi: Citamiang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor. – Image Credit by Wahanacurugnaga.com

Bagi pecinta tantangan nan petualangan, nampaknya tempat wisata ini harus masuk dalam daftar kunjungan. Sebab disini pengunjung bisa melakukan berbagai olahraga ekstrim seperti jungle trekking, body rafting, river trekking, serta cliff jumping. Bahkan sebelum sampai ke lokasi utama, pengunjung diharuskan melakukan river rekking atau body rafting terlebih dahulu dengan menggunakan pelampung.

19. Curug Ciburial

Curug Ciburial

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Pintuwisata.com

Saat pertama kali melihatnya, Anda sudah dibuat tertegun dengan pesona alamnya yang begitu menakjubkan. Jika pada umumnya air pada Curug langsung turun ke dasar, namun kali ini aliran air terjunnya justru terbagi menjadi dua. Sedangkan di sekelilingnya terlihat bebatuan berukuran besar, yang tentu saja menambah keindahan si Curug. Sayangnya sulitnya akses menuju lokasi membuatnya jarang dikunjungi.

Bagi Anda yang ingin melepaskan penat usai menyelesaikan pekerjaan, nampaknya wisata air seperti curug di Bogor bisa menjadi pilihan tepat. Airnya yang bersih nan jernih, ampuh untuk memanjakan mata sejenak dan mengistirahatkan tubuh yang terasa lelah. Selain menikmati pesona alam serta suara gemericik airnya, pengunjung dapat berenang ataupun berfoto ria di sekitar Curug. Dijamin pikiran akan lebih segar usai kembali dari berlibur ke Curug.