Kota Batu dikenal memiliki banyak wisata edukasi yang menarik, salah satunya adalah Eco Green Park. Objek wisata di Malang ini menyuguhkan pengalaman liburan seru yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kab Malang.
Map: Cek Lokasi

Objek wisata ini masih menjadi satu bagian dengan Jatim Park Group, saat berada di kota Batu Malang Anda juga bisa menyempatkan untuk mampir ke Eco Green Park. Destinasi wisata dengan konsep edukasi dan jungle adventure ini akan menjadi salah satu alternatif berlibur yang pas untuk keluarga Anda. Bagaimana keseruan bermain disini? Berikut simak selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Eco Green Park Malang

Daya Tarik Green Park Malang
Image Credit: Google Maps (Hendrawan Agusta)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, wisata satu ini mengusung konsep study jungle adventure yang super fun. Disini, Anda akan bisa menikmati wisata sekaligus mendapatkan pemAndangan alam yang indah. Hal tersebut dikarenakan panorama yang ada disini sangatlah memukau.

Berada di daerah pegunungan, juga membuat wisata satu ini sangat sejuk. Anda pun bisa sekaligus merefresh pikiran ketika berjalan jalan di tempat satu ini. Memasuki kawasan wisata ini, bisa dikatakan nantinya Anda akan berada di taman ekosistem paling besar yang ada di Indonesia.

Sehingga, tak mengherankan kawasan ini akan bisa menjadi salah satu wisata yang pas untuk belajar sekaligus berjalan jalan. Ketika Anda sampai di depan, maka Anda akan disambut dengan tulisan Eco Green Park yang sangat besar. Tak lupa adanya kolam ikan koi turut menghiasi area tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Eco Green Park

Alamat Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Fifilda Fitricia)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda bisa langsung mendatangi kawasan Oro Oro Ombo no 9A yang berada di Kota Batu. Karena letaknya berada di tepi jalan raya, Anda pun akan lebih mudah untuk menjumpai destinasi wisata satu ini.

Namun, untuk Anda yang kebetulan datang dari luar kota dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, tentunya Anda juga akan dengan mudah untuk menemukan destinasi wisata ini. pertama, Anda bisa turun di Stasiun Kota Malang. Kemudian, Anda bisa naik angkutan umum yakni ADL maupun AL dengan tujuan terminal Landungsari.

Setelah sampai ke terminal Landungsari, Anda bisa oper angkutan umum lain yang mengarah ke Terminal Batu. Anda bisa bertanya kepada supir angkot jika ingin turun di kawasan satu ini. Letak Eco Green Park ini sebenarnya masih satu area dengan Jatim Park 2, sehingga banyak orang yang akan mengenali wisata satu ini.

Selain dengan menggunakan angkutan umum, Anda juga bisa mengunjungi wisata edukasi ini dengan menaiki kendaraan pribadi. Karena jalannya yang cukup luas, Anda bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Bahkan terdapat beberapa elf dan juga bus pariwisata yang kerap kali terlihat di wisata ini.

Untuk menuju kesini, Anda bisa mengunjungi rute yang sangat mudah untuk dilalui. Apabila Anda masih bingung, maka Anda juga bisa untuk menggunakan aplikasi peta digital yang biasanya terpasang pada smartphone maupun mobil Anda. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk menemukan lokasi satu ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Eco Green Park

Jam Buka Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Wahyu Kuncoro)

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata ini, maka Anda bisa datang setiap hari. Lantaran, Eco Green Park dibuka mulai dari hari Senin hingga Hari Minggu. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak ingin datang dalam keadaan ramai, maka disarankan untung datang ketika weekdays. Sebab, dikala weekend Anda akan menjumpai banyak wisatawan sedang berlibur disini.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri yakni mulai pukul 8 pagi dan akan tutup pukul 5 sore. Sehingga, bagi Anda yang ingin berjalan jalan mulai pagi hari, maka Anda pun bisa datang kesini pukul 8 tepat. Dengan begitu, Anda nantinya akan puas menjelajahi berbagai wahana yang ada di wisata edukasi ini.

Sedangkan harga tiket masuk yang harus Anda keluarkan ketika ingin berwisata di tempat satu ini berbeda beda. Sebab, dilansir pada halaman nativeindonesia.com, pada tahun 2019 Anda akan dikenakan biaya masuk sekitar 40 ribu rupiah ketika weekday. Tentu saja, hal tersebut akan berbeda ketika Anda datang saat weekend.

Sebab, di hari sabtu dan minggu serta hari libur Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yakni kurang lebih sekitar 70 ribu rupiah. Namun, apabila Anda ingin berhemat karena mengunjungi dua tempat wisata sekaligus, maka Anda bisa merogoh kocek yakni sekitar 150 ribu rupiah. Dimana Anda bisa mengunjungi Eco Green Park sekaligus dengan Jatim Park 2.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Eco Green Park

Kegiatan Menarik di Eco Green Park
Image Credit: Google Maps (Gilang Ramadhan)

1. Menjelajah Area Walking Bird

Untuk Anda yang ingin melihat berbagai macam jenis burung, maka area satu ini menjadi lokasi yang wajib untuk Anda kunjungi. Pasalnya, Anda akan bisa melihat banyak burung yang tidak bisa terbang. Oleh karena itu, area ini disebut dengan Walking Bird. Anda pun akan menjadi tahu apa saja jenis burung yang hanya berjalan tersebut.

Disini, Anda akan menemukan burung emu, burung unta, hingga kasuari. Bagi Anda yang membawa si kecil, tentu saja mengunjungi wisata ini akan menjadi ajang untuk mengenalkan berbagai jenis burung tersebut. Ditambah lagi, Anda bisa berinteraksi secara dekat dengan burung tersebut lantaran anak anak bisa melihatnya secara lebih dekat.

2. Mengenal Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu hewan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Sering kali dianggap sebagai salah satu hewan pembawa keberuntungan, saat berada disini Anda pun bisa melihatnya lebih dekat. Selain itu, Anda juga akan bisa mendapatkan berbagai macam informasi mengenai ikan koi tersebut. Mulai dari jenisnya hingga bagaimana cara mereka bertahan hidup.

3. Belajar Tentang Serangga

Wahana selanjutnya yang bisa Anda jelajahi bersama si kecil adalah Insectarium. Saat berada disini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis serangga yang ada di dunia. Anda pun tak perlu jauh jauh berkeliling dunia untuk bisa melihatnya, sebab di Eco Green Park Anda akan bisa untuk mengetahuinya.

Berada di area ini, wisatawan nantinya akan disuguhkan dengan beragam jenis dari serangga yang tersebar di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, pengunjung pun juga bisa untuk melihat secara langsung bagaimana habitat dari serangga tersebut. Lengkap dengan informasi mengenai serangga, maka area ini jangan sampai Anda lewatkan begitu saja.

4. Edukasi Tentang Sampah dan Limbah

Dengan mengusung konsep edukasi, tentu saja Anda akan diajak untuk mengetahui hal hal yang baru. Salah satunya Taman Biogas yang bisa Anda jumpai di belakang Eco Green Park. Wahana satu ini, Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang bagaimana pengelolaan limbak dan juga sampah.

Ditambah lagi dengan adanya alat peraga akan membuat si kecil lebih mudah untuk memahaminya. Disini, wisatawan akan diperlihatkan bagaimana proses terbentuknya biogas. Sehingga, hal ini dapat menjadi ilmu yang tidak didapatkan anak saat sedang berada di sekolah.

5. Melihat Proses Mutasi Ayam

Wahana selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah World Pheasant. Disini Anda akan diajak untuk melihat proses mutasi ayam. Terdapat beberapa ayam mutasi yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah Lady Amherst Pheasant, Silver Pheasant dan juga Golden Pheasant. Tentu saja akan menjadi pengalaman seru yang mungkin akan jarang Anda jumpai.

Kegiatan Menarik di Eco Green
Image Credit: Google Maps (Rai Prasetya)

6. Berkeliling Hutan Buatan

Salah satu wahana seru yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah Jungle Adventure. Saat berada disini, Anda akan dimanjakan dengan pengalaman berkeliling hutan buatan. Tak perlu khawatir akan lelah, karena Anda akan mengelilingi dengan menggunakan kereta. Pastinya akan menjadi pengalaman menyenangkan.

Tak hanya berkeliling hutan buatan saja, saat berada disini Anda pun juga akan diajak untuk bermain. Salah satunya adalah berburu para pemburu yang mampu membuat resah berbagai jenis hewan yang ada di hutan. Dengan konsep dan keseruan yang diusungnya, maka Anda wajib mengajak si kecil memasuki area ini.

7. Kawasan Surgery Room dan Nursery

Dengan konsep edukasi yang diusungnya, Anda juga akan diperkenalkan bagaimana cara merawat dan juga proses operasi terhadap hewan yang sedang sakit. Disini, Anda akan dijelaskan secara rinci dan lengkap. Selain itu, Anda pun juga akan dijelaskan mengenai penyakit apa saja yang biasanya diderita oleh hewan.

8. Berfoto Bersama Burung Hantu

Apabila Anda biasanya hanya melihat burung hantu di film ataupun televisi saja, maka ketika berada di Eco Green Park Anda bisa menemukannya secara langsung. Bahkan burung hantu yang ada disini pun hampir mirip dengan Hedwig, yakni burung hantu kesayangan yang ada di serial Harry Potter.

Adanya Snowy Owl di wisata satu ini membuat Anda akan takjub. Untuk itu, Anda jangan melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama dengan hewan unik satu ini. selain Snowy Owl, Anda pun juga bisa menemukan European Eagle Owl yang mempunyai warna coklat nan cantik layaknya burung Elang. Anda pun juga bisa berswafoto dengan hewan satu ini.

9. Parrot Show

Bagi Anda yang menyukai burung beo, maka wahana World of Parrot akan menjadi favorit ketika berada disini. Pasalnya, Anda akan menemukan banyak sekali jenis beo yang cantik dan juga lucu dengan berbagai warna yang beragam. Tak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhkan dengan atraksi burung beo yang pintar.

Bagaimana tidak, burung beo tersebut dapat meniru suara yang sedang berada dekat dengannya. Oleh karena itu, saat berada disini Anda tak boleh melewatkan Parrot Show yang biasanya akan digelar mulai pukul 11 pagi hingga jam 2 siang. Tentunya mengunjungi wahana satu ini akan menjadi sarana edukasi yang tepat untuk si kecil.

10. Hanoman Bioskop Dome 3D

Untuk Anda yang menyukai film 3 dimensi, wajib hukumnya untuk mampir ke area satu ini sebab, disini Anda akan diberikan pengalaman menonton film yang berbeda dibanding biasanya. Saat memasuki area bioskop, Anda akan diberikan kacamata khusus tiga dimensi. Kemudian, rasakan sensasi menonton dengan kursi berputar dan lantai gemetar. Serasa di dunia nyata.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan ketika sedang berkunjung ke Eco Green Park di Kota Batu, Malang. Banyak sekali wahana menarik yang bisa Anda nikmati saat berada disini. Tentu saja pengalaman tersebut akan menambah liburan Anda semakin berkesan. Tak hanya itu saja, wisata satu ini akan menjadi ajang edukasi yang menyenangkan untuk si kecil.