Coban Rais, Wisata Air Terjun Dengan Lokasi Menantang

Coban Rais Batu Malang

Coban Rais Bukit Bulu salah satu air terjun terindah di Batu Malang yang menawarkan pemandangan alam yang memesona dan beragam wahana menarik berada dalam kawasan Batu Flower Garden.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Batu memang dikenal memiliki wisata alam yang menawan. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adala Coban Rais, salah satu wisata yang cukup identik dengan pesona alamnya yang sangat indah dan memanjakan mata. Tak hanya itu saja, disini juga tersedia banyak wahana lain yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto. Oleh karena itu, Anda pun bisa menghabiskan waktu akhir pekan mengunjungi destinasi satu ini. Penasaran seperti apa? Simak berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais

Daya Tarik Coban Rais

Image Credit: Twitter.com @eastjavatourism

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter, membuatnya akan merasa sangat indah apabila Anda melihatnya dari kejauhan. Dengan menyuguhkan keindahan dan panorama khas pegunungan yang ada di Kota Batu, maka tak mengherankan tempatnya pun terasa sangat alami dan juga menyejukkan.

Sebelumnya, destinasi satu ini memiliki nama yakni Coban Sebrangan. Hal tersebut dikarenakan Anda harus menempuh sekitar 14 sungai terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Namun, seiring berjalannya waktu destinasi ini mengalami banyak pembenahan dan pembaruan sehingga saat ini dikenal dengan wisata coban rais.

Dapat dikatakan perjalanan menuju ke Coban Rais ini cukup menantang dan membutuhkan fisik yang kuat. Sebab, apabila Anda pernah mendaki gunung, maka tentunya track yang Anda tempuh menuju ke destinasi satu ini tentunya akan kurang lebih sapa. Disini, Anda akan menemukan jalan setapak yang bisa Anda lalui menuju ke destinasi satu ini.

Selain itu, Anda juga akan menemukan jalanan sempit, menanjak, menaiki bongkahan batu dan juga lainnya. Bahkan Anda akan menempuh jalur dengan melewati jembatan besi yang seru dan menantang. Ditambah lagi perjalanan melewati aliran sungai akan menjadi hal yang Anda temukan ketika menjelajah air terjun satu ini.

Daya Tarik dari Coban Rais

Image Credit: Facebook.com @kitamuda.id

Untuk Anda yang memang menyukai petualangan, maka wisata satu ini akan menjadi lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu luang. Sebab Anda akan menempuh perjalanan dari tempat parkir hingga ke lokasi air terjun dalam waktu sekitar 15 hingga 30 menit tergantung dari kecepatan dan fisik yang Anda jalani.

Perjalanan yang harus Anda tempuh menuju ke lokasi air terjun, maka Anda akan bisa menelusuri hutan yang cukup memberikan tantangan tersendiri. Namun, medan yang melelahkan tersebut akan sebanding dengan pemandangan air terjun yang Anda dapatkan ketika sampai di lokasi satu ini.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Situbondo yang Wajib Anda Coba

Keindahan pemandangan dari air terjun Coban Rais ini akan membius Anda. Dengan suara gemericik air yang cukup deras dan sejuknya udara yang ada di sekitar akan membuat Anda merasakan ketenangan saat berada disini. Kadang juga terdengar samar samar suara burung yang berkicau cukup merdu di daerah satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Coban Rais

Rute Coban Rais

Image Credit: Facebook.com @cobanrais

Wisata satu ini berada tepat di kaki Gunung Panderman, dimana memiliki lokasi dengan penyiaran Batu TV maupun TVRI. Berada di Jalur Lingkar Barat no 8 Oro Oro Ombo, tepatnya di Kecamatan Batu membuat Anda bisa dengan mudah untuk menjumpai wisata satu ini. Sebab, daerah kota Batu sendiri telah banyak angkutan umum dan akses jalannya yang mudah.

Meskipun untuk lokasi dari Coban Rais ini terpisah dengan jalan utama dan cukup jauh, namun Anda tetap tidak akan kesulitan untuk mengunjunginya. Hal tersebut dikarenakan Anda akan lebih mudah untuk menemukannya di dalam peta digital ataupun bertanya dengan warga sekitar.

Coban Rais sendiri merupakan salah satu destinasi yang juga telah ditandai di dalam GPS. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah mengaksesnya, karena wisata satu ini telah tertera. Saat mengunjungi air terjun ini, Anda bisa dengan menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yakni mobil dan sepeda motor.

Untuk itu, bagi Anda yang menempuh wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka pastinya Anda harus menempuhnya melalui kota Batu terlebih dahulu. Jarak dari kota Batu menuju ke tempat satu ini adalah sekitar 7 km. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Sedangkan rute yang bisa Anda tempuh adalah melalui Terminal Batu dan menuju ke Studio Batu TV yang berada di Desa Dredel. Kemudian, Anda bisa untuk mengikuti jalan beraspal yang berada di depan studio tersebut. Maka Anda pun akan bisa sampai di area parkir daerah wisata Coban Rais.

Namun, bagi Anda yang menggunakan jasa angkutan umum maka Anda pun bisa memulai perjalanan dari Terminal Landungsari. Kemudian, Anda bisa menempuhnya menggunakan angkutan umum berwarna kuning dengan jurusan Batu – Junrejo – Landungsari. Atau Anda juga bisa langsung bilang ke supir angkot apabila Anda ingin pergi ke daerah Junrejo.

Ketika menggunakan angkutan ini, maka Anda bisa turun setelah melewati BNS. Lebih tepatnya adalah di pertigaan Desa Oro Oro Ombo. Disini, Anda akan bisa menemukan petunjuk menuju ke arah Coban Rais. Selain itu, Anda juga akan bisa menemukan banyak tukang ojek yang siap mengantar Anda untuk menuju ke destinasi satu ini.

Namun, apabila Anda masih memiliki stamina yang lebih dan ingin melihat indahnya pemandangan yang ada di sekitar wisata ini maka sebaiknya Anda bisa berjalan kaki. Pasalnya, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan tentunya akan menyegarkan mata dan pikiran Anda.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Harga Tiket dan Jam Operasional Coban Rais

Harga Tiket Coban Rais

Image Credit: Myblogwiddy.blogspot.com

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda nantinya akan diberikan tarif tiket masuk. Namun Anda tak perlu khawatir karena wisata ini mematok harga yang murah dan cukup terjangkau. Selain itu, apabila Anda ingin memasuki kawasan lain, maka Anda pun diharuskan untuk membayar tiket lagi sesuai dengan wahana yang ingin untuk Anda jelajahi.

Sedangkan jam bukanya sendiri, wisata satu ini dibuka untuk umum mulai dari hari senin hingga minggu. Anda bisa berkunjung kesini dari pagi hari hingga sore hari. Untuk akhir pekan maupun hari biasa tidak ada perbedaan jam yang signifikan. Sehingga Anda bisa mengunjungi destinasi satu ini kapan saja.

Kegiatan yang Menarik Saat Berada di Air Terjun Coban Rais

Kegiatan di Coban Rais

Image Credit: Twitter.com @travelicid

1. Trekking

Tentunya saat berada di lokasi ini, Anda akan menempuh jalur trekking yang cukup menantang dan melelahkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan fisik yang kuat ketika ingin berwisata menuju ke air terjun satu ini. tak mengherankan banyak yang bilang bahwa wisata satu ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualang.

Dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan wahana wisata yang masih menjadi satu dengan coban Rais yakni Batu Flower Garden. Anda juga akan disambut dengan suasana alam yang masih alami dan udara yang sejuk.

Bahkan selama perjalanan, Anda juga akan terkadang melihat kera kera yang bergelantungan dari pohon satu menuju ke pohon yang lain. Dengan rimbunnya pohon dan semak semak berpadu dengan lanskap pegunungan akan membuat Anda merasa rileks saat menjelajah wisata satu ini.

2. Bermain Air di Sungai dan Air Terjun

Dalam perjalanan menuju ke air terjun, Anda akan melewati banyak sungai. Menyebrang sungai tentunya sudah menjadi salah satu bagian yang harus Anda lewati ketika ingin sampai di kawasan air terjun. Namun, apabila Anda merasa lelah maka Anda bisa berhenti sejenak dan bermain di air yang jernih.

Ditambah lagi, wisata satu ini berada di dataran tinggi akan membuat air yang ada disini memiliki suhu yang lebih dingin. Tentu saja, pengunjung akan bisa berenang dan juga bermain air di kolam alami yang terbentuk dari curah air terjun satu ini. Namun, bagi Anda yang tidak ingin basah basahan, Anda juga bisa untuk tetap duduk di tepi kolam dan melihat indahnya pemandangan sekitar.

BACA JUGA:  Coban Rondo, Menikmati Sejuknya Air Terjun Sarat Legenda di Malang

3. Berfoto

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan disini adalah tentu saja mengabadikannya dalam bidikan kamera. Pasalnya, wisata satu ini memiliki salah satu keunikan tersendiri. Anda tidak hanya bisa melihat dan menikmati indahnya air terjun belaka, sebab banyak sekali spot foto untuk selfie ataupun hunting di kawasan satu ini.

Bahkan pihak pengelola pun sengaja membuat area khusus yang bisa digunakan untuk berfoto oleh pengunjung. Dimana pengunjung bisa menggunakan spot Batu Flower Garden dan juga banyak spot foto kekinian yang lain. Sebut saja seperti Bukit Bunga, Ayunan, Pinus, Love dan juga berbagai wahana lain yang bisa Anda gunakan untuk berfoto.

Salah satu spot ikonik yang biasa digunakan oleh pengunjung berfoto adalah spot I Love U. Disini banyak pasangan yang sengaja datang dan berfoto di lokasi tersebut. Tak hanya menghadirkan kesan romantis saja, disini Anda juga akan bisa merasakan sejuknya udara di atas ketinggian yang sangat khas dengan suasana pegunungan.

4. Berkemah

Selain itu, bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah maka Anda wajib mencobanya di wisata coban Rais. Sebab, area satu ini memiliki lahan camping ground yang cukup luas dan besar. Sehingga tak mengherankan banyak anak pecinta alam maupun organisasi yang melaksanakan diklat di lokasi satu ini.

Area bumi perkemahan ini mempunyai panorama indah nan menantang. Sehingga, tak mengherankan banyak orang yang memilih tempat satu ini sebagai pilihan untuk berkemah. Tentunya dengan pemandangan yang indah akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai bermalam di dalam tenda.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Rais Batu Malang

Fasilitas di Coban Rais Batu

Image Credit: Twitter.com @puspitafm

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata satu ini dapat dikatakan cukup lengkap. Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan berbagai spot foto di kawasan air wisata tersebut dan  lahan parkir yang cukup luas Sehingga, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, maka Anda tak perlu bingung lagi untuk memarkirkannya.

Selain itu, Anda juga bisa untuk menemukan banyak warung makan yang menyediakan minuman ringan dan cemilan. Bahkan ketika akhir pekan, terkadang pedagang asongan juga datang ke depan tempat wisata ini. sehingga Anda bisa membeli banyak jajanan disana. Toilet dan kamar mandi pun juga bisa untuk Anda temui di lokasi satu ini.

Berlibur ke Coban Rais akan menjadi salah satu pengalaman menarik yang bisa Anda rasakan selama berada di Kota Batu. Pasalnya, banyak aktivitas dan kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada disini. Dengan begitu, Anda pun tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu selama seharian penuh berada di lokasi satu ini.