Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Kramat Jati, Kec. Pinang Ranti, Kab. Cipuyang, Kota Jakarta Timur; Map: Cek Lokasi

Jakarta merupakan Kota yang terletak di negara Indonesia. Memiliki banyak destinasi yang kerap menjadi tujuan para wisatawan. Alih-alih dari objek wisata alamnya, ternyata di Jakarta terdapat Museum Listrik dan Energi Baru yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat.

Merupakan museum sains yang menawarkan berbagai koleksi tentang benda-benda energi listrik. Konsep bangunannya layaknya tapak berbentuk struktur atom, yakni sebuah proton yang dikelilingi oleh tiga elektron. Kemudian diaplikasikan dengan Anjungan Listrik yang dikelilingi oleh tiga bangunan lainnya.

Ketiga bangunan yang mengelilingi Anjungan Energi Baru itu yakni, Anjungan energi konvensional dan Anjungan Energi Fosil. Museum cantik ini juga menjadi wahana edukasi dan juga rekreasi. Mengemban fungsi menyampaikan sebuah informasi teknologi yang canggih.

Daya Tarik Museum Listrik dan Energi Baru

Daya Tarik Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps Kiki Waskito

1. Koleksi Museum

Penataan ruang pameran yang ada di Museum Listrik dan Energi Baru berisi berbagai macam benda-benda koleksi dengan sangat rapi dan tersusun. Berbagai koleksinya dipamerkan dengan menggunakan teknologi canggih yang interaktif dan modern.

Tentu saja pengunjung akan lebih senang dan dapat menjajal atau mempraktekkannya sendiri. Seperti kegiatan untuk memperaktekkan peragaan seri parallel, peragaan arus listrik dari buah, pensil, magnet atau pun koin.

Terdapat 619 benda koleksi peraga yang tersaji dan dipamerkan, baik di dalam gedung maupun di luar gedung. Bila di dalam gedung pameran yang ada meliputi koleksi pengenalan teori, energi, sejarah, pemanfaatan energi dan listrik.

2. Area Pameran Outdoor

Peragaan yang dapat Anda lihat ketika tiba di lokasi atau tepat di luar ruangan yaitu aneka ragam sumber energi pembangkit tenaga listrik. Alat yang pertama dijumpai yakni kincir air yang sudah diketahui bahwa alat ini akan menghasilkan tenaga menjadi energi listrik.

BACA JUGA:  Candi Sumur - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Disebelah kincir air ada beberapa alat pembangkit lainnya yaitu transpormator tiga phase Governor di PLTA, dan ada sebuah ( PLTD) Pusat Listrik Tenaga Diesel. Tidak hanya itu, terdapat pula energi listrik penerangan jalan dengan tenaga matahari, seperti panel surya, mobil listrik, dan masih banyak lagi.

Di luar area Museum Listrik dan Energi Baru ini juga terdapat area main anak-anak yang tentunya dapat Anda manfaatkan ketika mengajak buah hati Anda. Tidak lupa untuk membawa kamera sebab berselfi ria ternyata juga menjadi kegiatan yang asyik dilakukan.

3. Anjungan Energi Baru

Daya Tarik di Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps Airin Sunandar

Beberapa koleksi memang sudah sangat banyak dan tersusun rapi. Dan juga kerap menjadi incaran para pecinta informatika komunikasi. Di area Anjungan Energi Baru ini pengunjung dapat menyaksikan beberapa aktivitas yang dilakukan oleh manusia ketika dalam mencari hal-hal yang menghasilkan energi listrik.

Anjungan ini memiliki dua lantai. Lantai pertama memiliki berbagai macam alat-alat percobaan yang dapat menimbulkan energi listrik, seperti kompor induksi, magneto hidro dinamik, generator van de graff yang bisa dipegang, mesin wimhurst, dan masih banyak lagi.

Tersedia peta potensi energi baru yang ada di kepulauan Indonesia, juga ada kids corner yang bermanfaat untuk anak-anak usia dibawah tujuh tahun. Berada di lokasi ini Anda dapat berwawasan luas dengan ilmu-ilmu teknologi yang ada. Tidak heran bila lokasi ini juga sering disebut lokasi edukasi yang sangat populer.

4. Ruang Cerdas Energi

Pengunjung akan disuguhkan kegiatan menarik bila berkunjung ke lokasi Museum Listrik dan Energi Baru ini. Seperti bisa memainkan berbagai macam alat yang ada dengan cara interaktif, tentu saja hal ini akan mudah memahamkan fenomena tentang energi listrik.

Contoh komputer interaktif yakni berisi beberapa kuis dan gim, film documenter ajaib, game kawat listrik, game adu cepat, generator mini, plasma ball, serta elektro statis. Kemudian disini Anda juga dapat belajar sejarah mengenai museum IPTEK TMII. Bahkan juga sejarah televisi, dan masih banyak lainnya.

Terdapat pula ruang teater dengan konsep empat dimensi juga lengkap dengan koleksi tambahan. Melihat film dengan teater 4D ini merupakan sarana edukasi yang dapat pengunjung gunakan untuk belajar. Terkhususnya bagi pelajar di bidang Industri listrik dan pengelola energi.

BACA JUGA:  Museum Sri Baduga - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Ada film yang di putar untuk 60 orang, tentunya dengan konsep 4D. dua judul yang di putar tersebut yakni Green Man satu dan Green Man dua. Dengan tema bersosialisasi agar hemat energi dan mengurangi gejala pemanasan global.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps Wiendandhe wiendandhe

Alamat lengkap Museum Listrik dan Energi Baru yang dapat Anda kunjungi yaitu, berada di Taman Mini Indah. Desa Kramat Jati, Kecamatan Pinang Ranti, Kabupaten Cipuyang, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Tentunya dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

Bila menggunakan jalan Tol, maka langsung saja mengambil jalur arah Tol Jakarta Outing Ring Road atau disingkat JORR. Kemudian pilih pintu keluar TMII. Setelah tiba tepat di gerbang TMII Anda akan mudah menemukan lokasi dengan google maps.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum

Harga Tiket Masuk Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps mak dee

Memasuki kawasan museum yang hits ini Anda perlu membayar uang Rp. 10.000 per orangnya. Harga ini sangat royal jika di bandingkan dengan wahana dan edukasi yang tersaji untuk Anda. Tentu saja harga tiket ini tidak akan membuat Anda merogoh kantong yang dalam.

Bila Anda berkunjung ke lokasi ini, dijamin tidak akan kecewa. Sebab beberapa objek wisata yang terkadang hanya digunakan untuk berekreasi saja. Namun Museum Listrik dan Energi Baru ini juga bisa menjadi sarana rekreasi dan edukasi.

Sayangnya museum ini hanya buka pada hari Senin sampai hari Jumat. Dengan jam buka yakni 08.00 sampai 16.00 wib. Bila ada rencana berkunjung akan lebih etis bila memiliki tindakan langsung ke lokasi. Bersama keluarga juga hal yang seru untuk berkunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps Sigit Wahyono

1. Penelitian

Kegiatan penelitian di lokasi Museum Listrik dan Energi Baru ini bukan hal yang asing. Sebab tidak jarang pengunjung yang berdatangan dengan motif meneliti. Tentu saja lokasi dengan potensi yang unik dalam penyimpanan peralatan yang menghasilkan energi dan listrik.

Bukan hanya dalam bentuk dan konsep bangunan yang menarik untuk di teliti, namun juga banyaknya benda-benda koleksi dan adanya anjungan-anjungan yang kian menambah suasana menarik untuk melakukan penelitian. Beberapa alat yang juga dapat dijalal untuk digunakan, juga menjadi hal menyenangkan.

BACA JUGA:  Museum Batik Yogyakarta - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Peneliti yang berkunjung tentunya memang memiliki jurusan di bidang kelistrikan. Tentu saja Anda juga dapat belajar sejarah dan juga belajar bagaimana energi listrik itu timbul. Dan dapat pula mengetahui teori yang membahas tentang alat penghasil listrik

2. Berburu Foto

Mengapa tidak berfoto. Tentu saja perlu berburu foto kece yang unik dan menarik bila berkunjung ke lokasi ini. Keindahan konsep bangunan dengan roman IT ini juga dapat menjadi background yang unik loh.

Apalagi bila Anda pecinta alat-alat teknologi canggih. Tersedia peraga yang dapat Anda jajal dan sudah pasti dapat Anda manfaatkan untuk teman berselfie. Sudah di pastikan hasil foto yang instagramamble mudah sekali untuk Anda dapatkan.

3. Beredukasi

Kegiatan edukasi juga kerap menjadi motif berkunjung oleh para wisatawan. Banyak hal yang akan Anda dapatkan bila menjadi pengunjung lokasi ini. Fasilitas yang lengkap dengan beberapa benda-benda koleksi yang kian menambah wawasan Anda.

Tak jarang banyak pengunjung dengan baju seragam pendidikan berada di dalam raungan Museum Listrik dan Energi Baru ini. Beberapa pertunjukan juga kerap dijajakan untuk dapat Anda nikmati dan beredukasi.

Fasilitas di Museum Listrik dan Energi Baru

Fasilitas Museum Listrik dan Energi Baru
Image Credit: Google Maps Muhammad Fadil

Memang benar adanya, bila sebuah fasilitas sangat menentukan banyak atau sedikitnya pengunjung sebab fasilitas juga menjadi daya tarik. Nah, di museum unik ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Seperti area parkir yang luas, mushola, toilet / MCK, tempat istirahat, dan masih banyak lagi. Lokasi ini juga populer dengan tempat edukasinya. Kondisi jalan yang baik dan sangat bagus juga menjadi fasilitas yang dapat Anda manfaatkan.

Pelayanan yang ada juga dapat Anda manfaatkan dan tentunya akan membantu kegiatan Anda bila berada di lokasi ini. Meskipun sebenarnya fasilitas masih terus melakukan pembenahan agar pengunjung betah dan nyaman.

Museum Listrik dan Energi Baru merupakan bangunan museum cantik yang sudah di resmikan oleh presiden ke 2 yakni Bapak Soeharto sejak tahun 1995 pada 20 April. Dengan luas bangunan gedung mencapai 6.500 meter kubik. Dengan luas lahan 2 hektar.