Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Melakukan wisata tentunya dapat menjadi salah satu kegiatan pelepas penat yang disukai banyak orang. Selain dapat melihat-lihat pemandangan yang memanjakan mata, anda juga dapat melakukan permainan yang disediakan oleh beberapa tempat wisata. Misalnya saja permainan arung jeram, flying fox atau berenang di waterpark. Bagi orang-orang yang tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya, umumnya tujuan liburan terdekat yang disukai adalah Puncak, Bogor dan Bandung. Perbedaan hawa panasnya ibukota membuat banyak warga Jakarta memilih untuk refreshing di beberapa daerah tersebut yang dikenal memiliki hawa sejuk dan adem.

Tempat wisata yang ada di Bandung saat ini semakin banyak. Tidak heran tentunya, karena Kota Kembang sering dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Maka dari itu, dengan bertambahnya jumlah destinasi wisata, diharapkan pengunjung atau wisatawan dari luar kota tidak akan merasa bosan. Diantara begitu banyaknya objek wisata, kali ini kita akan membahas Palalangon Park di Ciwidey.

Daya Tarik yang Dimiliki Palalangon Park

Daya Tarik Palalangon Park
Image Credit: Google Maps Palalangon Park

Untuk anda yang ingin menikmati banyak wisata dalam satu tempat, Palalangon Park adalah pilihan yang pas untuk anda. Disini anda bisa menemukan banyak spot foto dan juga dapat berenang di Waterpark. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi danau dengan perahu.

Anda bisa menikmati pemandangan alam nan asri di taman dan lokasi sekitarnya. Warna hijau yang memanjakan mata akan membuat anda segar sejenak dari hiruk pikuk kota besar.

Disini ada banyak spot-spot foto yang bagus dan cocok untuk anda yang suka foto-foto. Spot foto yang unik dan disukai oleh banyak pengunjung adalah kapal Titanic yang berada di dekat tebing. Di sekelilingnya ada taman buatan yang melengkapi keindahan dari spot foto tersebut. Anda bisa menirukan adegan yang ikonik Jack dan Rose dari film Titanic.

Selain itu, ada banyak spot foto lain yang juga tidak kalah bagusnya, yaitu spot gardu pandang. Spot ini berbentuk lingkaran kayu yang dihiasi bunga-bunga cantik melingkarinya. Anda bisa duduk di tempat yang disediakan dan berpose cantik.

Lalu ada spot foto berbentuk balon udara yang tentunya tidak kalah bagusnya. Ada spot tulisan love yang cocok untuk berfoto bersama pasangan. Juga ada spot istana mini dan tidak ketinggalan spot tulisan Palalangon.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Palalangon Park
Image Credit: Google Maps Awan Rusmawan

Palalangon Park salah satu objek wisata hits yang belokasi di Jl. Gambung, Desa Cibodas, Dusun Cisondari, Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Untuk lebih mudah, anda bisa mengambil rute tol Soreang – Pasir Koja (Tol Soraja) dan mengecek google maps untuk membantu Anda lebih tepat menuju lokasi wisata.

Untuk orang dewasa harga tiket masuk dikenakan Rp 25.000 untuk weekdays dan Rp 30.000 untuk weekend dan hari libur nasional. Dan untuk anak-anak berusia 3-5 tahun dikenakan Rp 10.000. Harga yang terjangkau bukan? Dengan mengeluarkan uang yang sedikit, anda sudah bisa menikmati banyak wahana dan kegiatan seru di tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Palalangon Park

Kegiatan Menarik Palalangon Park
Image Credit: Google Maps Ceplin Murabati

Selain menjepret foto-foto estetik yang instagrammable, anda bisa menikmati aktivitas menarik seperti bermain air dan melihat danau.

1. Bermain Air

Ada waterpark dan kolam renang yang disediakan Palalangon Park. Tersedia giant bucket yang setiap beberapa menit akan menumpahkan air ke kolam. Terdiri dari 2 kolam besar dan termasuk dangkal, juga ada kolam kecil lebih dangkal yang dikhususkan untuk balita, tentunya harus tetap dalam pengawasan orang tua. Anda bisa mengajak anak-anak anda bermain disini karena kolam yang tidak dalam. Adanya waterpark pastinya menambah keseruan menikmati kolam. Disini juga ada mandi busa loh.

2. Naik Perahu

Jika tidak ingin basah-basahan, anda bisa mencoba aktivitas lainnya yang disediakan pengelola, yaitu naik perahu mengelilingi danau. Danau yang ada disini adalah danau asli dan dikelilingi oleh pepohonan yang menambah keasriannya. Anda bisa memilih untuk berkeliling danau dengan mengayuh perahu angsa, ataupun dengan perahu rakit. Bila ingin lebih seru, sebaiknya anda berkeliling dengan menggunakan perahu angsa, karena kapan lagi anda bisa mengayuh perahu angsa? Cukup dengan Rp 15.000 saja anda sudah bisa mengayuh perahu bebek.

3. Tempat Karoke

Hobi bernyanyi? Disini juga tersedia tempat karaoke, anda cukup membayar Rp 60.000 per jam untuk dapat menikmati fasilitasnya. Karaoke dengan teman atau keluarga memang seru dan menyenangkan untuk dilakukan.

Kegiatan Menarik di Palalangon Park
Image Credit: Google Maps _dpsra

4. Bermain di Playground

Tersedia playground yang cocok untuk tempat bermain si kecil sembari menikmati pemandangan alam sekitar, untuk bisa menggunakan fasilitas playground dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

5. Mencoba Wahana Seru

Ada juga wahana bombom car yang bisa anda mainkan bersama si kecil dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000. Untuk menikmati keindahan sekitar kawasan wisata, Anda bisa mencoba berkeliling dengan naik sepeda goes, yang akan dikenakan biaya Rp 10.000.

Mau naik becak sambil melihat pemandangan asri di Palalangon Park? Anda bisa melakukan itu dengan biaya sekitar Rp 15.000 saja. Untuk naik kereta dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Dan untuk naik bike dia area bike anda bisa membayar Rp 15.000, akan tetapi ini hanya untuk usia 13 tahun ke atas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Palalangon Park
Image Credit: Google Maps rizki m.akbar

Fasilitas yang disediakan di Palalangon Park adalah toilet, tempat parkir, mushola. Untuk anda yang merasa lapar karena asik menikmati wisata dan ingin beristirahat sejenak, anda bisa mampir ke rumah makan yang ada disini, sehingga anda tidak perlu repot untuk keluar lagi dari Palalangon Park untuk mengisi perut dan melepas dahaga. Selain itu, ada juga resort serta beberapa villa yang bisa anda pilih dan sewa.

Tips Berwisata Aman dan Nyaman

Tips Berwisata Aman dan Nyaman
Image Credit: Google Maps Palalangon Park

Untuk anda yang memiliki rencana untuk pergi liburan atau melakukan perjalanan wisata, ada tips-tips yang mungkin bisa membantu anda.

  • Tentukan terlebih dahulu tempat-tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi.
  • Pastikan rute tempat-tempat tersebut tidak jauh sekali antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.
  • Kelompokkan tempat-tempat wisata yang berdekatan untuk dikunjungi dalam 1 atau 2 hari agar lebih efektif.
  • Untuk tempat wisata yang jauh coba untuk mengunjunginya di hari pertama atau terakhir liburan.
  • Pastikan anda paham dengan rute tempat-tempat wisata tersebut.
  • Sesuaikan pakaian dengan kota atau tempat yang anda tuju, pilihlah pakaian yang nyaman dikenakan karena biasanya waktu perjalanan cukup lama.
  • Tidak ada salahnya untuk membawa pakaian lebih atau ekstra untuk berjaga-jaga. Siapa tahu anda mendadak memutuskan untuk menambah hari liburan anda.
  • Siapkan baju ganti jika anda ingin berenang.
  • Bawa sepatu atau sandal untuk dipakai bergantian sesuai dengan kebutuhan.
  • Bawa beberapa bekal seperti roti, kue, bolu atau snack. Juga beberapa botol minuman. Hal ini dapat mengatasi rasa lapar dan haus yang melanda anda saat perjalanan berlangsung.
  • Siapkan uang tunai dan non tunai. Karena tentu saja tidak semua tempat menerima pembayaran uang tunai. Dan juga penting untuk membawa kartu debit Anda untuk berjaga-jaga jika uang tunai anda kurang.
  • Membawa P3K kecil yang berisi obat-obat dasar seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat masuk angin, plester luka dan lain sebagainya. Tips yang ini cukup penting dilakukan, daripada anda tiba-tiba merasa kurang enak badan lalu harus repot mencari apotik.
  • Apabila anda ingin menginap, carilah tempat penginapan yang mempunyai rating bagus. Karena jika sudah memiliki rating bagus, pastinya tempat penginapan tersebut layak pakai dan recommended.
  • Bawa kaca mata hitam atau topi agar anda terlindung dari sengatan panas sinar matahari
  • Lalu cek kondisi kendaraan anda yang akan dipakai untuk melakukan perjalanan wisata. Anda tentunya tidak mau kendaraan anda mogok atau rusak di tengah perjalanan.
  • Pastikan bahan bakar anda terisi, karena belum tentu anda akan menemukan pom bensin dalam jarak dekat jika bahan bakar kendaraan anda habis.
  • Dan yang tidak kalah penting, jaga kesehatan tubuh anda agar dapat menikmati liburan dengan puas.

Demikianlah beberapa hal menarik seputar Palalangon Park di Ciwidey, Bandung. Dengan mampir ke tempat ini, anda sudah bisa menikmati banyak wahana yang disediakan. Harga tiket dan wahana yang ditawarkan pun masih tergolong terjangkau tentunya. Tidak harus mahal, melakukan wisata ke tempat yang terjangkau pun juga sudah dapat membuat anda menikmati liburan.