Pantai Sepanjang salah satu pantai populer di Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja. Pantai cantik yang memiliki hamparan pasir putih luas, ombak tenang dan airnya yang jernih. Pohon palem dan pandan tumbuh subur menjadikan suasana kian teduh.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta menyimpan berbagai destinasi wisata istimewa, terutama koleksi pantai cantik. Salah satunya Pantai Sepanjang yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Menyajikan pemandangan khas Laut Jawa yang luas, panorama alam elok, serta kawasan pantai bersih dari sampah. Tak heran bila wisatawan betah liburan di tempat ini. Berikut keistimewaan dari pantai cantik di Gunung Kidul.

Sekilas Tentang Pantai Sepanjang

Tentang Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @febriawh

Bicara soal objek wisata di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Ada saja kawasan menarik untuk tempat berlibur bersama keluarga maupun teman akrab. Termasuk Pantai Sepanjang belakangan ini menjadi andalan para wisatawan. Lokasinya agak tersembunyi serta mempunyai keunikan tersendiri. Suasananya cukup asri dan tenang cocok untuk lokasi melepas penat.

Dinamakan Sepanjang karena wisata ini mempunyai garis pantai yang panjang. Bahkan termasuk salah satu pantai terpanjang di Kabupateng Gunungkidul. Terkadang juga digadang-gadang sebagai Kuta Tempo Doeloe. Mungkin berkat luasnya pantai yang hampir setara dengan Pantai Kuta di Bali, sehingga mendapat julukan demikian.

Pantai ini menawarkan bentangan alam yang memesona, dengan daya tarik penuh kearifan lokal. Hamparan pasir putih, rimbunan pohon, rumah-rumah sederhana penduduk, hingga ladang milik warga. Bahkan tak jauh dari pantai terdapat situs bersejarah, yang kini dilindungi oleh pemerintah. Khas wisata alami dan asri menjadi alasan pengunjung betah disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sepanjang

Daya Tarik Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @traveloversid

1. Area Pantai yang Memesona

Dulunya pantai ini diabaikan wistawan dan pemerintah karena letaknya tersembunyi dan sulit dijangkau. Namun belakangan mulai ramai dikunjungi, bahkan pemerintah setempat secara resmi membukanya. Terbukti dari jalan menuju bibir pantai yang terlihat baru dan bersih. Pohon-pohon berjajar rapi di sepanjang tepi pantai membuat suasana pantai sangat teduh.

Begitu tiba di area pantai Anda akan mendapati nuansa berlibur ke Pantai Kuta Bali. Garis pantai panjang memiliki pasir halus berwarna putih. Sekitar bibir pantai dihiasi tumbuhan palem serta gubug-gubug beratap daun kering. Ombaknya bergelung tenang tapi tetap waspada karena Laut Selatan terkadang menghanyutkan.

Air laut Pantai Sepanjang berwarna biru dan jernih menandakan wilayahnya belum tercemar. Karang-karang sekitar pantai masih terjaga baik serta biota laut yang beragam. Saking beningnya air laut, wisatawan bisa melihat keindahan ikan-ikan berenang dari permukaan. Tak salah jika aktivitas diving dan snorkeling cukup diminati oleh para pengunjung.

Meskipun sering dijuluki Pantai Kuta kedua, tetapi destinasi ini masih menjunjung tinggi suasana lokal. Bangunan akomodasi modern minim, tidak ada fasilitas beach cafe ataupun cottage mewah. Sehingga perasaan dekat dengan alam semakin kuat, cocok untuk liburan refreshing pikiran. Anda juga dapat menemukan jenis-jenis kerang serta bintang laut di tepi pantai.

Wisatawan bisa menemukan limpet di sekitar pantai atau berburu landak laut. Tapi hati-hati dengan duri hewan tersebut, karena mengandung racun cukup berbahaya. Tidak ada bangunan tinggi di sekitar wisata, hanya beberapa gubug tempat tinggal penduduk pesisir. Ada pula ladang luas yang dimanfaatkan masyarakat untuk menanam kedelai.

Sejauh mata memandang, Anda akan menjumpai penampakan dua bukit yang ditanami jagung. Hasil panennya ada yang dikirim ke pasar tradisional dan kota, sebagian untuk sumber makanan pokok. Letak ladang berada di leher bukit, sedangkan bagian puncak telah direncanakan untuk pembangunan villa. Harapannya untuk penginapan para wisatawan agar bisa lebih lama berlibur.

2. Suasana Laut Menenangkan

Kondisi geografis Pantai Sepanjang landai dan nyaman untuk jalan-jalan santai. Lautnya berhadapan dengan Samudera Hindia, tak ayal gulungan ombaknya cukup ramai. Dari kejauhan tampak warna air biru. Ketika langit cerah kombinasi biru awan dan air laut memanjakan mata. Permukaan laut tampak berkilauan akibat pantulan dari sinar matahari.

Destinasi bahari di Jogja ini bertambah indah saat air laut sedang surut. Menyajikan pemandangan batu karang yang menghiasi arena pertemuan antara pasir dan laut. Air akan berubah warna hijau kehitaman dari batu karang, seolah menambah kecantikan area pantai. Dijamin Anda akan semakin terpesona dan betah berlama-lama liburan disini.

3. Terdapat Situs Sejarah

Tidak jauh dari kawasan pantai Anda dapat menemukan situs Banyusepuh. Dalam bahasa Jawa ‘banyu’ artinya air dan ‘sepuh’ bermakna basuh atau membasuh. Awalnya tempat ini berupa mata air yang dimanfaatkan untuk mandi warga setempat. Konon merupakan tempat para wali untuk membasuh pusakanya.

Situs Banyusepuh letaknya tersembunyi dan hanya diketahui warga setempat. Kalau ingin mengunjungi harus bertanya dulu ke penduduk sekitar. Sayangnya situs ini ditinggalkan, kini tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar. Namun ada wacana pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan memugarnya, supaya bisa menjadi wisata edukatif untuk wisatawan.

4. Gubug-Gubug Tepi Pantai

Jangan berpikir fasilitas modern di sekitar Pantai Sepanjang. Karena di tepiannya berjajar gubug yang bisa digunakan wisatawan untuk tempat istirahat. Ada pula deretan gubug yang menjual makanan dan minuman milik warga asli. Disediakan lincak, tempat duduk dari susunan bambu, untuk tempat ngobrol sambil menikmati semilirnya angin pantai.

Daya Tarik dari Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Higmah Savitri)

5. Area Camping Ground

Walaupun belum ada penginapan sekitar pantai, wisatawan tetap tidak kehabisan akal untuk menikmati alam sekitar pantai lebih lama. Pengelola wisata justru menyiapkan area camping ground, tapi untuk perlengkapannya diharap membawa sendiri. Biasanya wisatawan paling ramai camping saat malam libur, supaya lebih leluasa merasakan keelokannya.

6. Pusat Wisata Kuliner

Pantai Sepanjang menyediakan tempat khusus wisata kuliner, mulai dari warung hingga kedai sedikit fancy. Sebagian besar menyajikan olahan seafood dan aneka masakan khas Jawa Tengah. Anda bisa mencicipi lezatnya masakan dari penduduk sekitar dengan berbagai suasana, baik lesehan atau di bagian dalam.

7. Spot Foto Menarik

Ketika berlibur agenda hunting foto memang wajib dilakukan. Begitu pula jika berkunjung ke Pantai Sepanjang, ada beberapa spot foto instagramable yang tersebar. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari bunga lengkung bentuk love hingga bangku yang dihias. Adanya varian spot foto ini menjadikan kesan foto berlatar laut lepas kian menarik perhatian.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Alamat Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulfa)

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kemadang, Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Apabila Anda berangkat dari stasiun Yogyakarta berarti menempuh jarak sekitar 61 km, memakan waktu kisaran 1 jam 40 menit. Anda bisa naik kendaraan menuju Piyungan, Pathuk, dan Jalan Wonosari. Terakhir pilih rute ke arah Pantai Kukup hingga tiba di Sepanjang.

Jika perjalanan dimulai dari Kota Solo, arahkan kemudi ke Sukoharjo kemudian menuju Wonogiri. Temukan akses jalan ke Wuryantoro selanjutnya menuju Purwodadi. Kemudian memasuki Kecamatan Tepus, di sepanjang jalan Anda akan menemukan beberapa pantai menarik. Pantai Sepanjang berada setelah melewati Pantai Kukup.

Untuk menikmati suguhan alam di wisata ini, pengunjung perlu membayar tiket sebesar 10 ribu per orang. Kalau mengendarai sepeda motor dikenakan retribusi sekitar 3 ribu, sedangkan mobil kisaran 5 ribu. Biaya masuk tersebut digunakan untuk pembangunan beberapa fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sepanjang

Kegiatan di Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Setyo Budi Saptono)

1. Menyusuri Area Pantai

Pasir Pantai Sepanjang berwarna putih dan lembut di kaki, jadi aman untuk berjalan santai di tepian pantai. Tapi tetap hati-hati saat berjalan karena banyak karang-karang kecil bertebaran. Paling seru menyusuri pantai saat sore hari karena suasananya sudah tidak terlalu panas. Anda bisa menikmati semilir angin sore sembari menanti waktu senja tiba.

Kalau lelah berjalan kaki, pengunjung boleh menyewa sepeda untuk berkeliling. Apalagi kawasan destinasi wisata ini sangat luas, bersepeda terasa lebih menyenangkan. Aktivitas susur pantai juga bisa Anda lakukan saat pagi hari sekaligus berolahraga.

2. Berenang dan Bermain Air

Ombak Pantai Sepanjang tergolong diam-diam menghanyutkan. Pasalnya akan terlihat tenang beberapa waktu, lalu gelombang besar tiba-tiba datang. Tapi hal itu bukan masalah besar, pengunjung tetap dapat menikmati merdunya suara ombak. Bahkan berenang di sekitar pantai, asalkan tidak melebihi batas garis yang sudah diberi peringatan.

3. Berburu Kerang

Pantai ini memiliki koleksi biota laut cukup beragam, diantaranya jenis kerang dan bintang laut. Batu karang terlihat jelas di sepanjang garis pantai, menjadi tempat sembunyi banyak kerang. Celah-celah karang dapat Anda lihat dengan mata telanjang, karena air lautnya bersih dan jernih.

Selain kerang-kerang cantik, wisatawan bisa menjumpai ikan-ikan kecil dan rumput laut. Ubur-ubur juga terkadang ditemukan di sekitar pantai, namun perlu waspada karena sengatannya cukup berbahaya. Kalau berkunjung kesini bareng si kecil, agenda berburu ini tak bisa dilewatkan.

4. Hunting Foto

Lanskap alam Pantai Sepanjang wajib diabadikan karena paduannya sangat mengesankan. Belum lagi kehadiran spot-spot foto menarik, sehingga suasana sekitar pantai semakin hidup. Titik-titik swafoto ini tidak dipungut biaya, jadi pengunjung bebas mau ambil foto banyak kali. Anda juga bisa berfoto dengan latar laut serta batu karang cantik.

Kegiatan Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @hyacintz

5. Melihat Matahari Terbenam

Momen senja memang paling ditunggu di wisata bahari ini. Pemandangan matahari tenggelam sangat mengesankan. Semburat senja memantul ke permukaan air hingga menciptakan siluet menawan. Anda harus bersiap memotret momen berharga ini dari berbagai sudut.

6. Mencicipi Kuliner Khas

Ada banyak warung yang bisa Anda pilih dan harganya tidak terlalu mahal. Coba cicipi olahan ikan yang masih fresh, ada ikan goreng dan ikan bakar dengan bumbu lezat. Anda bisa memilih seperti bumbu asam manis, rica-rica, hingga mayonnaise. Asyiknya lagi pengunjung boleh bebas memilih ikan yang akan disantap.

7. Belanja Oleh-Oleh

Selain menjual kuliner, beberapa warung juga menjajakan pernak-pernik buatan penduduk asli. Kebanyakan cinderamata terbuat dari kerang-kerang laut yang dibentuk bervariasi. Mulai dari bentuk kereta kencana, barong, jepitan, atau sekedar kerang yang dikeringkan. Beberapa kerang juga di cat sederhana agar tampak memiliki nilai jual.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sepanjang
Image Credit: Twitter.com @jogjatamasya

Soal fasilitas sarana dan prasaran disini terbilang lengkap. Lahan parkir cukup luas, toilet umum bersih, mushola layak untuk beribadah, serta kamar mandi untuk tempat bilas. Warung makan dan kios souvenir tersedia di sepanjang bibir pantai. Penginapan di dekat pantai belum ada, tetapi terdapat homestay yang letaknya agak jauh.

Berwisata ke Yogyakarta memang bukan pilihan yang salah. Pasalnya kota ini menyuguhkan beragam destinasi mengagumkan. Salah satunya Pantai Sepanjang di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan alam menawan. Suasananya masih alami, air laut bersih dan jernih, pepohonan tumbuh rimbun di sepanjang tepi pantai.