Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sentolo – Brosot, Kaliwiru, Tuksono, Kec. Sentolo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Memasuki musim liburan, maka kini saatnya anda mulai mempersiapkan berbagai list kunjungan wisata. Terlebih jika anda datang ke daerah Bantul Yogyakarta, sebab di wilayah tersebut anda bakal menjumpai banyak sekali tempat wisata keren. Salah satu tempat wisata yang banyak dituju para pelancong baik dalam maupun luar kota adalah Taman Bendungan Kamijoro di Kulon Progo.

Bendungan ini termasuk bangunan baru yang mulai di bangun sekitar Bulan Januari dan juga Februari. Karena ada banyak keindahan yang ditawarkan, maka tidak heran banyak sekali pengunjung yang datang untuk melepas penat dan juga mengabadikan momen. Tidak hanya itu, di sana juga banyak menyimpan daya tarik, berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bendungan Kamijoro

Daya Tarik Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps Agus Setiawan

1. Keindahan Alam yang Sangat Luar Biasa

Salah satu hal yang akan anda dapatkan jika berkunjung ke kawasan wisata Bendungan Kamijoro adalah adanya banyak keindahan alam yang sangat luar biasa. Meskipun jatuhnya tempat ini masih tergolong baru dibuka untuk umum, namun keindahan alamnya kini sangat memukau. Dan disini akan menjadi salah satu daya tarik utama bagi kawasan taman ini.

Karena adanya keindahan yang ditawarkan, maka tidak heran jika kawasan yang satu ini banyak menyedot para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Namun Jika anda ingin mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, maka alangkah baiknya untuk datang pada waktu sore hari.

Pengunjung yang datang di anjurkan untuk datang di waktu sore hari, hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab di masa seperti itu, anda bakal dikejutkan dengan adanya pemandangan matahari terbenam yang indah. Pemandangan akan semakin indah pada saat matahari mulai berada di belakang bukit yang tinggi. Dengan pemandangan tersebut, maka tidak jarang banyak pengunjung yang terpana melihatnya.

2. Memiliki Spot Foto yang Menarik

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwasannya untuk Taman Bendungan Kamijoro yang satu ini memang mempunyai banyak sekali keindahan alamnya. Sehingga tidak jarang di sna anda bakal menjumpai banyak spot foto yang menarik. Biasanaya pengunjung yang hadir bakal memiliki area dengan latar belakanga cahaya matahari terbenam di area bukit untuk mengabadikan momen.

Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga banyak menggunakan beground banguanna bendungan untuk mengabadikan foto. Bahkan kerennya lagi area ini juga memiliki jembatan yang besar dan kokoh. Sehingga para pelancong dalam ataupun luar kota banyak yang datang dan berfoto ria di sekitar jembatan tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps WW doc.

3. Sangat Cocok untuk Wisata Keluarga

Bila anda termasuk individu yang lebih suka jalan-jalan bersama dengan keluarga, aka tidak ada salahnya untuk mampir ke kawasan wisata Taman Bendungan Kamijoro yang keren ini. Hal ini lantaran wisata bendungan ini terkenal dengan banyaknya pengunjung keluarga. Peristiwa tersebut bisa terjadi karena memiliki suasana yang nyaman dan tidak terlalu berisik.

Pengunjung yang di dominasi oleh keluarga ini juga biasanya datang di sore hari untuk menikmati pemandangan alam seperti matahari yang terbenam beserta sayup-sayup angin yang menyegarkan. Bahkan suasana liburan lebih lengkap saat pengunjung keluarga mampir ke kuliner sekitarnya untuk menyantap olahan khas daerah Bantul Yogyakarta serta sajian wedang hangat.

4. Banyak Penjual yang Menjajakan Banyak Hal

Jangan salah, kawasan wisata yang menarik tersebut juga telah menjanjikan banyak karya dari para penjual. Mulai dari berbagai barang-barang aksesoris, pakaian, bahkan hingga berbagai macam olahan yang nikmat. Jangan khawatir, untuk harga jual yang ditawarkan di Taman Bendungan Kamijoro ini juga tergolong hemat, sehingga banyak yang tertarik membelinya.

Selain itu jika berbicara tentang makanan, maka kawasan wisata yang satu ini juga tergolong memberikan banyak varian menu. Mulai dari olahan simpel berupa mie instan hingga makanan berat seperti nasi. Jangan salah, untuk menikmati hari anda agar semakin berwarna saat berwisata, alangkah baiknya untuk menikmati yang hangat-hangat seperti wedang dan gorengan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps Jalan Jalan Kulon Progo

Sebelum datang ke lokasi wisata, maka hal yang harus diperhatikan adalah dengan mengetahui lokasi yang akan dituju. Dimana untuk lokasi wisata Bendungan Kamijoro ini berada di perbatasan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Atau lebih tepatnya berada di lokasi barat Sungai Progo, Dusun Kaliwari, Tuksongo, area Sentolo Yogyakarta.

Jika anda ingin berkunjung ke taman di Yogyakarta ini, maka langsung arahkan menuju Jalan Bantul. Lanjutkan dengan lurus ke selatan sekitar 8 hingga 18 km. jika sudah belum ke kanan menuju ke Jalan Pemuda. Setelah itu, anda bakal menuju ke Gandekan Raya dan belok ke Jalan Diponegoro. Lanjutkan ke arah Jalan Gua Selarong, hingga Jalan Sedayu Gesikan. Namun jika bingung, anda bisa menggunakan google maps.

Harga Tiket Masuk Taman Bendungan Kamijoro

Harga Tiket Masuk Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps Chalvindra Arjun

Salah satu hal yang menjadi alasan anda mengunjungi kawasan wisata adalah dengan melihat harga tiket yang diberikan. Dimana jika anda datang ke lokasi wisata yang satu ini, maka tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis. Namun untuk parkir, anda bakal dikenakan biaya sekitar 2 ribu untuk kendaraan roda dua, dan 5 hingga 10 ribu untuk mobil dan carteran di Taman Bendungan Kamijoro.

Sedangkan untuk jam buka di lokasi wisata keren satu ini bisa dikatakan 24 jam. Karena masih baru, maka untuk kaitannya dengan jam operasional masih belum memiliki sistem yang pasti. Namun biasanya untuk kawasan bendungan akan dibuka untuk umum setiap hari. Akan tetapi waktu yang paling banyak dikunjungi adalah di jam 4 sore hingga setengah 7 malam.

Kegiatan yang Menarik di Taman Bendungan Kamijoro

Kegiatan Menarik Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps Hery Malmsteen Cah 90an YK

1. Mengabadikan Momen Berharga

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan jika datang berkunjung ke kawasan wisata Bendungan Kamijoro. Salah satu hal yang bisa di lakukan adalah dengan mengabadikan momen berharga. Hal yang satu ini banyak dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke tempat wisata Taman dan tidak terkecuali Bendungan Kamijoro.

Peristiwa banyak orang yang mengabadikan momen berharga saat berkunjung ke tempat wisata cantik ini adalah karena keindahan alamnya. Terlebih jika anda datang ke lokasi pada saat memasuki waktu sore hari. Sebab perpaduan lukisan langit yang indah dan juga air bendungan membuat kesan apik untuk setiap jepretan foto.

Jangan salah, banyak juga pengunjung yang mengabadikan momen berharga di sekitaran jembatan. Dimana di area tersebut anda bakal di perlihatkan dengan berbagai keindahan alam berupa pepohonan dan juga air bendungan yang jernih. Sehingga tidak jarang juga para wisatawan bakal mengunggah foto pada akun instagram pribadinya.

2. Duduk Santai Bersama dengan Keluarga untuk Melepas Lelah

Jangan salah, pengunjung yang datang ke Taman Bendungan Kamijoro juga bisa menyaksikan keindahan alam dan suasana menyejukkan dengan duduk bersama di sekitaran lokasi. Suasana menjadi semakin syahdu pada saat anda dan juga keluarga saling bercengkrama sambil menikmati olahan khas dari daerah Bantul Yogyakarta.

Untuk menikmati keindahan alam bersama dengan keluarga, maka biasanya para pengunjung yang datang bakal langsung mendatangi warung-warung yang ada di sekitaran lokasi wisata. Berbagai kuliner bisa anda jumpai dengan cita rasa yang lezat, dan pastinya harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Kegiatan Menarik di Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps ratih ary Nurani

3. Menyaksikan Proses Irigasi dari Bendungan Kamijoro

Sambil menikmati berbagai keindahan pemandangan yang ditawarkan, anda yang datang ke lokasi wisata yang satu ini juga bisa menyaksikan secara langsung proses irigasi yang ada dalam bendungan ini. Dimana untuk prosesnya ini akan dilakukan oleh para ahli, sehingga tidak sembarangan orang yang bisa menjalankan kegiatan ini.

4. Mancing di Tepian Bendungan

Selain ketiga hal di atas, anda yang datang ke lokasi wisata keren ini juga bisa menjalankan kegiatan yang banyak diminati kaum adam. Kegiatan yang di maksud disini adalah mancing di tepian Bendungan Kamijoro. Jika anda tidak memiliki alat pemancingan, maka disana juga disediakan penyewaan yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Namun pada saat anda ingin memancing di sekitar kawasan bendungan, maka alangkah baiknya untuk memahami berbagai peraturan yang dibuat. Dimana anda dilarang untuk terlalu mendekati lokasi yang memiliki kedalam berlebih dan rawan longsor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai hal negatif yang terjadi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Bendungan Kamijoro
Image Credit: Google Maps Rahmatullah al fadhil

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang disediakan? Jangan khawatir, sebab pada tempat Bendungan Kamijoro ini memberikan akses jembatan yang sangat kokoh untuk bendungan. Di sana juga di sediakan toilet dan juga mushola untuk umum. Sehingga jika anda sedang dalam perjalanan jauh bisa langsung datang ke lokasi sekaligus untuk beribadah.

Pada bendungan ini juga disediakan area tempat duduk yang banyak. Bahkan di kawasan wisata keren tersebut juga menyediakan taman yang luas, sehingga mampu menampung banyak pengunjung yang datang. Selain tempat makan, jika anda datang dari jauh untuk ke Taman Bendungan Kamijoro juga dapat bermalam di hotel sekitar lokasi dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Dari penjelasan di atas bisa di ambil kesimpulan, bahwasannya jika anda datang ke Bantul tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bendungan Kamijoro. Kawasan wisata yang baru ini memiliki banyak daya tarik tersendiri, mulai dari keindahan alam yang sangat luar biasa, memiliki spot foto yang menarik, sangat cocok untuk wisata keluarga, banyak penjual yang menjajakan banyak hal.

REKOMENDASI DESTINASI