10 Taman di Depok yang Cocok untuk Refreshing

Taman Depok

Weekend menjadi waktu yang paling ditunggu tunggu untuk melepaskan penat. Tak harus pergi ke tempat wisata yang mahal, refreshing juga bisa dilakukan dengan mengunjungi taman. Depok memiliki banyak taman yang indah dan sejuk untuk relaksasi.

Depok merupakan salah satu kota yang menyediakan fasilitas cukup lengkap mulai dari cafe, mall hingga tempat wisata. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wahana permainan hingga situs sejarah. Salah satu alternatif tempat wisata untuk refreshing dengan harga yang lebih terjangkau adalah taman. Bagi Anda yang sedang mencari taman di Depok dengan panorama yang menawan dan suasana yang tenang, simak ulasan berikut.

1. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Piknik bersama keluarga memang paling tepat jika dilakukan di taman. Depok memiliki taman bunga dengan luas hingga 15 hektar yakni Taman Bunga Wiladatika. Tempat wisata ini tak hanya cocok untuk orang dewasa saja, melainkan juga anak anak. Banyak pepohonan yang menjulang tinggi membuat suasana di taman ini lebih sejuk dan rindang. Hamparan yang tertata cantik dan sangat rapi membuat siapapun betah berlama lama di taman satu ini.

Taman ini juga dilengkapi dengan air mancur di salah satu bagian untuk menambah keeksotisannya. Rumput yang hijau mengelilingi taman menjadi salah satu obat untuk menghilangkan penat. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di taman ini mulai dari berjalan jalan santai mengelilingi taman, berfoto, hingga duduk di gazebo sembari menikmati keindahan taman. Taman ini juga menyediakan kolam renang bagi Anda yang ingin bermain air.

Lokasi: Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

2. Taman Lembah Mawar

Image Credit: Merdeka.com

Salah satu taman yang ada di kota Depok ini sangat recomended untuk sekadar menghilangkan penat. Lokasinya yang cukup luas, dengan beberapa pohon yang tumbuh di sekeliling taman sehingga tampak lebih teduh. Taman ini juga sangat mendukung untuk berolahraga terutama jogging karena dilengkapi dengan lintasan jogging dan beberapa alat olahraga lainnya. Selain itu, terdapat kolam ikan yang disediakan untuk pengunjung yang hobi memancing.

Selain itu, taman ini juga cukup dekat dengan mushola sehingga Anda tidak perlu bingung mencari tempat sholat jika nongkrong di taman ini. Sayangnya, penjual di sekitar taman tidak terlalu banyak sehingga Anda perlu membawa makanan jika memang berencana menghabiskan waktu yang lama di taman ini. Tersedia spot foto menarik di beberapa bagian taman. Suasana di taman ini sangat nyaman sehingga cocok untuk semua kalangan termasuk lansia dan anak anak.

BACA JUGA:  10 Tempat Nongkrong di Sukabumi Paling Recommended

Lokasi: Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

3. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame

Image Credit: Anandastoon.com

Ruang hijau yang dilengkapi dengan peralatan kebugaran ini menjadi salah satu tempat favorit untuk refreshing bagi warga Depok. Taman Lembah Gurame cukup luas dan udaranya yang adem membuat taman ini sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman maupun sekedar membaca buku di bawah pohon. Pengunjung juga bisa berolahraga di taman ini karena sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan kebugaran dan lapangan sepak bola.

Tak cukup sampai di situ, taman ini juga menyediakan berbagai wahana permainan anak anak sehingga menjadi tempat andalan bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Di sekitar taman terdapat banyak penjual yang menjajakan berbagai jenis makanan. Fasilitas yang tersedia di teman ini meliputi tempat parkir dan toilet. Lokasinya yang dekat dengan masjid sehingga sangat recomended untuk Anda yang beragama muslim karena tidak akan kesulitan mencari tempat sholat.

Lokasi: Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

4. Taman Pemuda Pratama

Image Credit: Travelspromo.com

Mencari tempat refreshing di kota Depok yang low budget sebenarnya tidak sulit salah satunya Taman Pemuda Pratama. Lokasinya yang cukup strategis membuat taman satu ini sangat mudah ditemukan. Menikmati pemandangan taman yang hijau dan merasakan udara segarnya menjadi solusi yang paling tepat untuk menghilangkan beban pikiran akibat rutinitas sehari hari. Banyak anak muda yang menghabiskan waktu dengan duduk bersantai atau berburu foto di spot tertentu.

Sebenarnya masih banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di taman ini seperti memancing di area parit dengan lat pancing dari bambu atau bermain air di kolam renang, bermain di playground pasir yang sudah disediakan. Jika ingin menjajal kegiatan yang lebih seru Anda bisa mencoba ATV yang disediakan oleh pihak pengelola. Fasilitas yang tersedia di taman ini juga cukup bagus meliputi tempat parkir, toilet, mushola dan aula.

BACA JUGA:  15 Curug (Air Terjun) di Cianjur yang Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Tanah Baru, Kec. Beji, Kota Depok.

5. Taman Balaikota Depok

Taman Balaikota Depok

Image Credit: Depok24jam.com

Berada di lokasi yang mudah dijangkau, taman ini sering dikunjungi banyak warga terutama saat weekend. Taman yang cukup luas dengan rerumputan hijau yang menghiasinya serta pohon besar yang membuat udara disini tidak terlalu panas. Duduk bersantai bersama keluarga atau teman menjadi salah satu aktivitas andalan saat sedang mengunjungi taman satu ini. Jangan lupa berbekal makanan karena jumlah penjual di sekitar tmn sangat terbatas.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.54, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

6. Taman Kukusan

Taman Kukusan

Image Credit: Godepok.com

Berbeda dengan taman pada umumnya yang memiliki area cukup luas, Taman kukusan terbilang cukup sempit. Namanya yang unik didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap membuat taman satu ini sering dikunjungi terutama di hari libur. Ada banyak spot spot keren untuk berfoto mulai dari landmark bertuliskan Taman Kukusan hingga jembatan kayu. Tak hanya cocok dikunjungi orang dewasa, taman ini juga cukup recomended untuk bermain anak anak.

Lokasi: Jl. H. Moh. Alif II, Kukusan, Kec. Beji, Kota Depok.

7. Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani

Image Credit: Travelspromo.com

Taman Herbal Insani merupakan salah satu taman di Depok yang sangat nyaman dan cocok untuk merilekskan pikiran. Taman ini memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak mulai dari kalangan orang dewasa hingga anak anak. Sebagaimana taman pada umumnya, taman ini memiliki rumput yang hijau dan juga pohon pohon yang membuatnya semakin rindang. Banyak keluarga yang datang ke taman ini meskipun hanya untuk duduk santai di area taman rumput.

Pihak pengelola taman ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang, kolam memancing, taman bermain hingga getek bambu. Merendam kaki di kolam ikan menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Bagi Anda yang gemar berpose di depan kamera, taman ini juga menyediakan spot spot yang bagus untuk berfoto. Adanya lahan parkir yang cukup luas sehingga mempermudah pengunjung yang mengendarai motor maupun mobil.

Lokasi: Jl. Kp. Kondang No.26, Duren Seribu, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

BACA JUGA:  Batu Apung Alam Hijau, Wisata Keluarga & Edukasi Terbaik di Purwakarta

8. Taman Merdeka

Taman Merdeka

Image Credit: Travelspromo.com

Taman dengan landmark berwarna merah ini merupakan tempat yang sangat sejuk karena dipenuhi oleh pepohonan yang hijau nan rimbun. Banyak warga sekitar yang sering menghabiskan hari minggunya di taman ini mulai dari untuk cuci mata hingga jalan santai. Selain untuk refreshing, taman ini juga mendukung untuk kegiatan olahraga. Saat weekend, Anda bisa berburu kuliner karena ada banyak pedagang kaki lima di sekitar taman ini.

Lokasi: Jl. Merdeka No.1, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

9. Taman Kiara Payung

Taman Kiara Payung

Image Credit: Transcity.wordpress.com

Meskipun awalnya hanya berupa deretan empang, lahan yang tidak terlalu luas ini kemudian dirawat oleh warga sekitar menjadi taman yang indah. Pagi hari di akhir pekan biasanya taman ini dijadikan sebagai tempat senam aerobik oleh ibu ibu yang tinggal di sekitarnya. Bunga bunga yang tertata rapi dan beberapa pohon yang ditanam di sekitarnya merupakan pemandangan yang memanjakan mata untuk melepas penat. Adanya kolam ikan turut membuat taman ini semakin cantik.

Tak hanya duduk santai dan ngobrol dengan orang terdekat sembari menunggu waktu hingga petang, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti berlari lari kecil melintasi jogging track, berburu foto keren di beberapa spot hingga membaca buku di gazebo taman. Taman ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana yang lebih tenang dan nyaman, karena lokasinya yang tidak berada di tepi jalan utama.

Lokasi: Jl. H. Terin 1 No.2, RT.6/RW.1, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Depok.

10. Hutan Kota Universitas Indonesia

Hutan Kota Universitas Indonesia

Image Credit: Ui.ac.id

Memiliki luas hingga 70 hektar, kawasan taman hutan UI menjadi habitat bagi berbagai jenis pohon. Diantaranya tumbuhan dari wilayah timur Indonesia, Jakarta hingga pohon raksasa baobab dari Afrika sehingga taman ini tampak teduh dan lebih sejuk. Mengunjungi taman ini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti jogging, jalan santai, bersepeda mengelilingi taman hingga duduk santai untuk menikmati pemandangan di sekitarnya.

Lokasi: Kampus UI, RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Depok.

Taman memang selalu identik dengan pohon pohon hijau yang tampak rindang dan bunga bunga nan cantik. Taman menjadi lokasi yang paling tepat untuk melepas penat di Depok karena suasananya lebih nyaman dan tenang. Selain merasakan udara segar dan menikmati pemandangan sekitar, taman juga menjadi tempat yang mendukung untuk berburu foto hingga berolahraga. Sudah menentukan taman mana yang akan dikunjungi?