15 Tempat Wisata di Cimahi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Cimahi

Inilah Daftar Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Cimahi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Memukau yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Mengunjungi tempat wisata merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan stres dan lelah. Selain Bandung, Cimahi menjadi salah satu destinasi liburan yang seringkali dipilih oleh penduduk Ibukota. Sebab, jaraknya yang tidak begitu jauh dari Kota Jakarta serta banyaknya tempat wisata yang ditawarkan. Selain hits, berbagai destinasi wisata ini juga menawarkan banyak keseruan yang menarik.

Kota satu ini memiliki suasana teduh, sejuk, dan asri, yang akan membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang terkenal di Cimahi? Yuk intip pada ulasan berikut.

1. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Destinasi wisata yang pertama yaitu Alam Wisata Cimahi, yang menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang cukup unik. Berbagai macam pilihan wahana dengan rentang harga yang berbeda-beda bisa Anda dan keluarga nikmati di sini. Seperti flying fox, jembatan gantung yang akan memacu adrenalin, outbound, mengendarai ATV yang sangat seru, dan lain sebagainya.

Fasilitas tempat makan juga tersedia dengan makanan yang disuguhkan merupakan kuliner khas Jawa Barat yang sangat lezat. Saat memasuki area yang menjajakan makanan, air liur Anda pasti langsung terbesit seketika, pasalnya aroma semerbak khas masakan Jawa Barat bertebaran di sekeliling area. Menyantap makanan tersebut akan sangat nyaman, dengan ditemani hawa serta pemandangan alam yang begitu sejuk nan asri.

Lokasi: Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

2. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Image Credit: Tourbandung.com

Curug Cimahi juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Pelangi, karena di area sekitar serta pada belakang air terjun diletakkan beberapa lampu hias yang menghasilkan warna seperti pelangi. Dan lampu-lampu tersebut akan menyala saat hari mulai petang atau pada malam hari. Sehingga Curug Cimahi akan menjadi salah satu tempat paling romantis yang ada di Jawa Barat yang wajib dikunjungi.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug

Image Credit: Today.line.me

Satu lagi curug yang terkenal di Cimahi, yaitu Curug Bugbrug. Bugbrug jika dalam bahasa Sunda memiliki arti saling tumpang tindih, diberi nama seperti itu karena air terjun yang mengalir pada curug ini terlihat jatuh secara tumpang tindih. Dengan air yang mengalir cukup deras dari ketinggian 50 meter, dan kolam yang menampungnya memiliki kedalaman 3 hingga 4 meter.

Lokasi destinasi wisata Curug Bugbrug ini masih berada di kawasan yang sama dengan Curug Pelangi. Yaitu di kawasan Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Jadi, jika berkunjung ke daerah tersebut Anda bisa menikmati beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu waktu. Bahkan untuk memasuki objek wisata Curug Bugbrug ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, alias gratis.

BACA JUGA:  19 Wisata Pantai di Sukabumi Favorit Dikunjungi Wisatawan

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

4. Curug Malela

Curug Malela

Image Credit: Blogkulo.com

Curug lainnya yang ada di Cimahi yaitu Curug Malela, yang memiliki julukan The Little Niagara karena tempat wisata ini memiliki lebar sebesar 50 meter dan ketinggian kurang lebih 60 hingga 70 meter. Dan terdapat hingga 7 rangkaian air terjun di dalamnya, Curug Malela berada di area paling atas. Untuk menuju lokasi wisata ini, Anda harus melewati medan yang cukup terjal dan mendaki terlebih dahulu.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

5. Wisata Kuda Pakuhaji

Wisata Kuda Pakuhaji

Image Credit: Yangrame.com

Daftar objek wisata di Cimahi yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Wisata Kuda Pakuhaji. Destinasi ini menawarkan pengalaman menarik berkuda layaknya di De’Ranch Lembang. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan ditantang dengan adanya wahana halang rintang, serta berbagai wahana permainan lain seperti menaiki ATV dan lain sebagainya. Di Wisata Kuda Pakuhaji juga terdapat aneka satwa seperti layaknya kebun binatang.

Masih belum cukup dengan segudang wahana yang ditawarkan, objek wisata ini sekarang juga menyuguhkan kolam renang sebagai tempat bermain dan berenang pengunjung. Tidak heran jika Wisata Kuda Pakuhaji selalu ramai dipadati pengunjung, terlebih saat di akhir pekan. Dengan ditemani pemandangan alam yang indah, serta udara yang sangat sejuk, Anda akan semakin nyaman menikmati wahana di tempat wisata satu ini.

Lokasi: Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat.

6. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Ciwangun Indah Camp (CIC)

Image Credit: Hargatiket.net

CIC atau Ciwangun Indah Camp ini masih berada di satu kawasan dengan Curug Bugbrug dan Curug Pelangi, dan menjadi salah satu tempat wisata di Cimahi yang paling banyak dikunjungi. Pasalnya, objek wisata ini merupakan destinasi liburan keluarga yang super lengkap. Selain menawarkan pesona keindahan dari wisata alam Bandung Barat, Ciwangun Indah Camp juga menawarkan banyak sekali wahana outbound untuk keluarga.

Lokasi: Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

7. Kampung Adat Cireundeu

Kampung Adat Cireundeu

Image Credit: Jong12adventure.wordpress.com

Kampung Adat Cireundeu ini berada di kawasan Leuwigajah, Kota Cimahi Jawa Barat, dan beroperasi setiap hari selama 24 jam. Destinasi ini merupakan salah satu kampung wisata di Jawa Barat yang menghadirkan seni serta budaya lokal khas tradisional. Daya tarik utamanya yaitu adanya Hutan Larangan dan Hutan Tutupan, yang menjadi kawasan hutan lindung di Bandung.

Selain hutan, Kampung Cireundeu juga dikelilingi oleh pegunungan yang indah, dan membuat kawasan kampung tersebut menjadi sangat asri dan alami. Menghirup udara di Puncak Salam, salah satu gunung yang ada di sana, rasanya akan puas sekali. Lantunan suara dari karinding yang seringkali dimainkan warga setempat akan menambah syahdu suasana saat berada di puncak gunung.

Lokasi: Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Jayanti di Cianjur yang Memukau

8. All About Strawberry

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

All About Strawberry merupakan salah satu objek wisata di Cimahi yang sesuai dengan namanya, menawarkan serba serbi buah strawberry. Saat pertama kali memasuki objek wisata, Anda akan langsung mendapatkan welcome drink juice strawberry secara gratis setelah menukarkan tiket masuk. Di sini, Anda akan belajar bagaimana cara memetik serta memanen buah strawberry di kebun strawberry secara langsung.

Tidak hanya memetik dan memanen sendiri buah strawberry, pada destinasi ini juga terdapat fasilitas lain yang tidak kalah menarik. Di antaranya yaitu adanya wahana bermain untuk anak, yang populer dengan sebutan Disneyland. Fasilitas lainnya yaitu tempat outbound, flying fox, permainan balon untuk anak-anak, panjat tebing, tempat pemancingan, dan lain sebagainya.

Lokasi: Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

9. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung

Image Credit: Lokawisatabandung.com

Selanjutnya ada objek wisata yang tidak kalah menarik, yaitu Taman Bunga Cihideung. Objek wisata ini berada di kawasan jalan Kolonel Masturi, Cihideung, Parongpong, dan merupakan tempat budidaya bunga terbesar di Jawa Barat. Taman ini juga merupakan produsen atau pemasok tanaman hias terbesar, yang dikirimkan ke Kota Bandung dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Di Taman Bunga Cihideung ini terdapat berbagai jenis bunga, mulai dari tanaman hias yang umum, hingga kaktus, serta tanaman anggrek yang cukup langka pun juga bisa Anda temukan di objek wisata ini. Dan semua bunga tersebut membuat pemandangan di tempat wisata ini menjadi sangat indah dan berwarna warni. Saking indah dan menariknya, Anda dapat menyaksikan banyak kupu-kupu yang terbang ke sana kemari di sekitar padang bunga tersebut.

Lokasi: Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

10. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Image Credit: Direktoriwisatajawa.wordpress.com

Selain di Taman Bunga Cihideung, Anda juga dapat menemukan banyak kupu-kupu di taman kupu-kupu. Sesuai dengan namanya, taman ini dijadikan habitat atau tempat hidup kupu-kupu. Bahkan, terdapat setidaknya 35 jenis kupu-kupu di area yang memiliki luas sekitar 1.800 meter persegi ini. Dan habitat hewan tersebut dikelilingi oleh jaring besar sebagai pembatas, agar kupu-kupu tidak terbang ke luar.

Lokasi: Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

11. Pasar Cimindi

Image Credit: Limawaktu.id

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata belanja, maka dapat berkunjung ke pasar tradisional satu ini, yaitu Pasar Cimindi. Terutama untuk Anda para hijaber wanita, karena disana terdapat banyak sekali ruko yang menjual jilbab, kerudung, pasmina, dan kain yang berwarna warni dengan harga yang relatif murah meriah. Jika Anda ingin mencari souvenir dan oleh-oleh khas Cimahi, Anda juga dapat menemukannya dengan mudah di Pasar Cimindi ini.

Lokasi: Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

12. Natural Hill

Natural Hill

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Natural Hill juga merupakan salah satu destinasi wisata rekreasi keluarga yang menyuguhkan fasilitas outbound, camping area, dan penginapan dengan pemandangan yang indah nan alami. Tempat wisata ini memiliki sebuah air terjun alami, yang salah satunya merupakan aliran dari Curug Malela. Untuk menuju lokasi, Anda harus melewati jalur trekking khusus dengan jalanan yang cukup terjal, menanjak, dan berbatu.

BACA JUGA:  Pantai Karangsong, Destinasi Wisata Pantai & Hutan Mengarove di Indramayu

Namun setelah sampai di lokasi wisata, semua rasa lelah setelah trekking akan terbayar lunas. Pasalnya, pemandangan alam yang ditawarkan di kawasan Natural Hill sangat sejuk dan asri sehingga akan memanjakan mata Anda. Anda juga bisa melakukan camping dengan mendirikan tenda di tempat wisata ini. Bermalam dengan ditemani suasana alam yang menawan, tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

13. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal

Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Cimahi di Jawa Barat terkenal dengan perkebunan bunga yang rimbun dan subur, salah satunya yaitu Rumah Bunga Rizal yang merupakan tempat produksi bunga dan tanaman hias. Dengan berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa berpartisipasi dan melihat secara langsung cara budidaya tanaman hias, bunga, dan beberapa semak cantik. Bunga yang menjadi favorit pengunjung umumnya adalah tanaman kaktus indoor dan bunga anggrek.

Lokasi: Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Pasar Terapung Lembang

Pasar Terapung Lembang

Image Credit: Pergidulu.com

Merasakan pasar terapung ternyata tidak harus jauh-jauh ke Kalimantan, di Cimahi pun Anda dapat menikmati sensasi wisata belanja dan kuliner di atas pasar terapung. Anda bisa merasakan pengalaman menarik tersebut di Pasar Terapung Lembang, yang juga menyuguhkan pemandangan cantik dan menawan. Sehingga Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Sunda, dengan ditemani pemandangan alam yang cantik.

Meski bernama Pasar Terapung, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan wisata di atas air saja. Karena pada objek wisata ini juga terdapat area taman angsa yang sangat cocok untuk anak-anak. Si kecil bisa bermain, berfoto, serta memberi makan angsa putih yang jinak di sini. Selain taman angsa, ada juga taman kelinci yang berisikan kelinci-kelinci imut super lucu yang pastinya akan disukai oleh anak-anak.

Lokasi: Lembang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

15. Taman Kartini

Taman Kartini

Image Credit: Harmonionline.net

Terakhir ada objek wisata Taman Kartini, yang berlokasi di jalan Taman Urip Sumoharjo, Baros, Cimahi Tengah, Jawa barat. Pemerintah Kota Cimahi secara menyediakan taman ini sebagai fasilitas umum area hijau publik, sebagai tempat masyarakatnya bersantai. Meski merupakan fasilitas umum yang gratis, pengelola sudah menyediakan berbagai macam wahana seperti playground untuk anak, bangku-bangku taman, hingga danau buatan.

Lokasi: Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Cimahi memang memiliki banyak pesona yang dapat memikat hati siapa saja. Dengan banyaknya tempat wisata yang dimiliki Cimahi, mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner, tentu akan membuat banyak orang ingin berkunjung terus menerus di kota tentara ini. Jadi, jika Anda sedang berada di Jawa Barat, maka merupakan ide yang tepat untuk berkunjung ke daerah Cimahi. Objek wisata mana yang menurut Anda paling menarik?