Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kini, masyarakat di Indonesia sudah tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan, karena ada banyak sekali destinasi wisata terbaik di dalam negeri yang menawarkan pengalaman liburan yang tak kalah menarik. Meski demikian, saking banyaknya spot wisata di tanah air, terkadang orang-orang merasa kebingungan dalam menentukan destinasi wisata untuk liburan terbaik. Bagi para orang tua, biasanya destinasi wisata yang dipilih adalah rekreasi edukatif yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat bersama keluarga sudah tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, kali ini kami akan membahas rekomendasi wisata keluarga yang mendidik dan menyenangkan, yakni Lembang Park & Zoo di Bandung Barat. Seperti apakah ulasan mengenai wisata ngehits ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembang Park & Zoo

Daya Tarik Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Mas Awan

Lembang Park & Zoo merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata paling indah yang satu ini memang masih tergolong baru, karena dibuka sejak Desember 2019. Meskipun demikian, sudah banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi tempat ini, serta mencoba ragam wahana yang tersedia.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata hits ini memiliki dua macam daya tarik utama, yakni taman hiburan serta kebun binatang. Masing-masing dari daya tarik ini menawarkan berbagai macam wahana serta kegiatan yang berbeda. Oleh sebab itu, wisatawan dapat menikmati beragam macam spot wisata hanya dalam satu lokasi saja. Tak hanya itu saja, Lembang Park & Zoo ini juga memiliki udara yang sejuk serta pemandangan yang sangat indah, sehingga turut menambah pengalaman berwisata yang asyik serta menyenangkan.

1. Equestrian

Daya tarik wisata ini adalah equestrian, atau arena berkuda. Di area ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman unik yang jarang ditemukan di tempat lain, yakni menunggangi kuda poni. Tak hanya anak-anak saja, wahana equestrian ini juga cocok bagi segala usia. Hal ini terbukti dari banyaknya pengunjung di area ini yang memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bak koboi di arena balap kuda.

Soal keamanan, pengunjung sudah tidak perlu khawatir karena setiap orang yang menunggangi kuda akan didampingi oleh staf yang siap mengendalikan kuda tunggangan. Namun, untuk pengunjung yang sudah ahli dalam hal equestrian dapat memilih untuk tidak didampingi lagi. Untuk dapat menikmati wahana berkuda, pengunjung cukup membeli tiket tambahan yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 25.000 saja.

2. Kebun Binatang

Ada banyak sekali jenis hewan unik yang dapat ditemukan di area zoo atau kebun binatang Lembang. Bahkan, jumlah dari keseluruhan hewan di area ini mencapai lebih dari 300 ekor. Ragam hewan unik yang terdapat di area zoo antara lain yaitu burung unta, berbagai macam primata, gajah, berang-berang, marmoset, beruang madu, kucing persia, ular, biawak, kadal, iguana, hingga buaya.

Selain dapat melihat-lihat ragam jenis hewan unik yang tersedia, pengunjung juga dapat berfoto bersama mereka. Selain itu, ada pula ragam atraksi yang ditampilkan secara berkala, seperti atraksi memberi makan buaya. Ada pula sepasang hewan unik yang kerap menjadi sorotan di tempat ini, yakni sepasang bayi Binturong Jawa (Arctictis Binturong) yang di beri nama Covid dan Corona karena kelahirannya di masa pandemi, yakni tanggal 12 Mei 2020.

3. Bird Aviary

Bird Aviary merupakan sebuah area dengan bangunan berbentuk kubah raksasa yang berisi berbagai jenis burung eksotis dan menawan. Di tempat ini, burung-burung tidak dikurung dalam kandang dan dibebaskan berkeliaran untuk terbang, sehingga para pengunjung dapat berinteraksi dengan beraneka macam burung secara langsung. Ragam jenis burung yang tersedia di Bird Aviary ini antara lain adalah burung bangau, burung kakatua, burung beo, burung macaw, burung nuri, burung rhea, dan masih banyak lagi.

Selain menyimpan koleksi burung-burung eksotis, Bird Aviary ini juga memiliki arsitektur yang sangat estetik dan instagrammable. Oleh karena itu, banyak juga pengunjung didominasi oleh kalangan muda yang datang ke area ini untuk sekadar berfoto. Untuk dapat mengunjungi area ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk tambahan mulai dari Rp 20.000/ orang, dan anak-anak dengan tinggi badan di bawah 80 cm tidak dikenakan biaya.

Daya Tarik Dimiliki Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Selly Rosilia Marliana

4. Arena Bermain Anak

Pengunjung yang membawa serta buah hatinya tidak perlu takut merasa bosan, karena ada banyak sekali fasilitas bermain anak di Lembang Park & Zoo yang tentu membuat anak-anak betah bermain. Salah satu arena bermain yang tidak boleh dilewatkan adalah Storyland. Di arena bermain Storyland, ada banyak sekali wahana permainan yang sangat menarik seperti fun house, carousel, yoyo car, bianglala, bom bom car, rodeo, pony cycle, amazing pirate, motor disco, robot, dan masih banyak lagi.

Selain Storyland, wahana permainan lain yang tak kalah seru adalah kereta mini. Anak-anak dapat menaiki kereta mini yang disediakan untuk berkeliling kawasan wisata ini. Selain itu, ada pula Carnival Games yang menyediakan ragam permainan karnaval yang seru seperti tic tac toe, ping pong toss, bottle ring, ballon shooter, archery, lucky fishing, dan masih banyak lagi. Untuk dapat bermain, pengunjung dapat membeli tiket tambahan sesuai dengan wahana permainan yang diinginkan.

5. Water Kiddy Zone

Apabila anak Anda bosan dengan permainan umum dan ingin mencoba permainan yang berbeda, Water Kiddy Zone ini solusinya. Di arena ini, anak-anak dapat bersenang-senang dan bermain sambil basah-basahan dengan air. Selain itu, ada banyak permainan air yang tersedia, seperti buket air, perosotan, rumah-rumahan, air mancur hujan, dan masih banyak lagi.

Ragam permainan air yang tersedia di Water Kiddy Zone sudah pasti membuat anak-anak betah berlama-lama. Untuk itu apabila Anda berencana untuk mengajak anak bermain di area ini, ada baiknya mempersiapkan pakaian serta perlengkapan renang dan pakaian ganti. Seperti arena permainan lainnya, pengunjung yang ingin bermain di Water Kiddy Zone juga dapat membeli tiket tambahan di loket yang tersedia.

6. Wahana Permainan Lainnya

Daya tarik selanjutnya yang tersedia di tempat wisata paling hits ini adalah ragam wahana permainan yang dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Ragam permainan ini antara lain adalah E scooter, perahu, kendaraan hias, dan masih banyak lagi. Harga tiket dari masing-masing wahana ini berbeda, mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 120.000.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps RIRI DESIANDA

Lokasi Lembang Park & Zoo ini memang cukup strategis dan mudah dijangkau, yakni di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pengunjung dapat mengakses lokasi ini dari arah kota Bandung melalui Jalan Raya Lembang, kemudian belok kiri ke Jl. Kolonel Masturi. Anda bisa memanfaatkan google map untuk menuju lokasi.

Untuk dapat masuk ke area wisata populer dan ngehits ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu. Untuk hari biasa, harga tiket masuk yang dikenakan yaitu Rp 40.000, sedangkan untuk hari libur harga tiketnya yaitu Rp 60.000. Tiket masuk ini belum termasuk tiket wahana tambahan yang dapat dibeli di loket yang tersebar di berbagai area. Untuk tiket wahana tambahan sendiri harganya berbeda-beda, mulai dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 120.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembang Park & Zoo

Kegiatan Menarik Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Nedy Lutfi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisatawan tidak perlu takut bosan ketika mengunjungi destinasi wisata yang terkenal karena keindahannya ini, karena ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan, menikmati es krim, mencoba berbagai wahana permainan, dan masih banyak lagi.

1. Makan Bersama Harimau

Salah satu daya tarik utama yang tersedia di Lembang Park & Zoo adalah Resto Mari Makan. Di restoran ini, pengunjung disuguhkan dengan pengalaman makan yang tidak biasa sambil ditemani dengan dua ekor harimau benggala yang di beri nama Cantik dan Jelita. Namun tenang saja, area kandang harimau dengan area resto dipisahkan oleh kaca tebal, sehingga pengunjung dapat menyantap hidangan dengan aman sambil melihat uniknya tingkah dua ekor harimau benggala.

Pada kandang harimau tersebut, terdapat pula sebuah kolam air yang terkadang dimanfaatkan oleh harimau untuk berendam. Tak hanya dapat melihat-lihat, di resto ini pengunjung juga dapat berfoto sambil ditemani latar belakang harimau benggala yang pastinya membuat hasil foto semakin unik dan menarik. Untuk dapat merasakan pengalaman makan ditemani harimau ini, pengunjung dapat memesan hidangan terlebih dahulu dengan jumlah tertentu.

2. Berkunjung ke Neo Cat Cafe

Sesuai dengan namanya, kafe yang satu ini memang menawarkan pengalaman menyantap hidangan sambil bermain dengan kucing-kucing yang lucu dan menggemaskan. Karenanya, kafe yang satu ini wajib dikunjungi oleh para pecinta kucing.

Neo Cat Cafe dapat dengan mudah terlihat karena bentuk bangunannya yang sangat unik, menyerupai menara kincir angin. Kafe yang satu ini merupakan kafe kucing terbesar di Indonesia, yang terdiri dari lantai utama dan rooftop dengan pemandangan alam yang sangat indah. Untuk dapat masuk ke area kafe, pengunjung dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu dengan harga normal Rp 50.000 dan harga promo Rp 20.000.

Kegiatan Menarik di Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Jimmy Setiawan

3. Berfoto-Foto

Dengan pemandangan yang luar biasa ini, sangat rugi jika tidak berfoto ria untuk sekedar mengabadikan beberapa momen ke dalam suatu memori hp ataupun kamera Anda. Tempat hits di Lembang ini menawarkan beberapa spot foto keren.

4. Menyantap Hidangan yang Dijajakan

Berbagai macam makanan dijual didalam rumah makan dan warung-warungnya, sehingga Anda dapat memilih berbagai macam makanan yang jarang sekali Anda temukan, apa lagi Anda para pecinta kuliner Kota Bandung, jenis makanan termasuk sangat banyak dan komplit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps RIRI DESIANDA

Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia di tempat wisata terbaik ini. Fasilitas ini mencakup puja sera, kafe, restoran, kedai es krim, arena bermain anak, ragam spot foto menarik, musholla, area parkir, dan masih banyak lagi. Selain itu, kini Lembang Park & Zoo telah melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan area vaksinasi covid gratis, sehingga pengunjung dapat berwisata sambil mendapatkan vaksinasi.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat komplit dan tergolong sangat unik, dikarenakan oleh desain nya yang tergolong sangat unik, demi menarik perhatian para wisatawan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali daya tarik utama yang tersedia di tempat wisata paling hits ini. Ragam wahana menarik sangat edukatif sekaligus menyenangkan, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang ditawarkan:

Itulah beberapa hal menarik seputar Lembang Park & Zoo di Bandung Barat. Tempat wisata hits yang satu ini memang sangat menarik dan cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Ragam aktivitas yang dapat dilakukan juga sangat variatif, sehingga dapat menemani waktu liburan selama seharian penuh. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor 0813-1349-8626.