Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Cikal, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja tidak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi saat momen liburan. detsiansinya snagat beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan yang sengaja dibangun sebagai spot wisata. Salah satu diantara destinasi yang paling popular adalah Taman Tempuran Cikal di Kabupaten Bantul. Taman ini menarik karena banyak aktivitas yang bisa anda lakukan.

Hingga saat ini, spot tersebut tidak pernah sepi pengunjung, bahkan terlihat ada beberapa turis mancanegara. Pemandangan di taman tidak perlu anda ragukan karena terlihat indah dan menarik. Spot tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap sehingga semuanya dijamin nyaman. Anda bisa datang kesana dengan mengajak teman atau keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Tempuran Cikal

Daya Tarik Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps Kriz

1. Pilihan Aktivitas yang Beragam

Berlibur bersama dengan anak anak membuat anda perlu mencari destinasi yang cocok bagi mereka. Salah satu destinasi yang bisa anda coba adalah taman tempuran. Di sana terdapat area bermain untuk anak anak yang aman dan cukup luas. Selian permainan standard, disana juga ada permainan menantang seperti ATP dan motor trail.

Pihak pengelola Taman Tempuran Cikal juga menyediakan spot khusus untuk outbound yang bisa anda gunakan untuk bersenang senang dan melatih ketangkasan. Perjalanan anda di sana akan semakin menyenangkan jika anda datang bersama dengan teman atau keluarga besar. Banyaknya pilihan aktivitas itulah yang menjadi saya tarik utama taman tempuran.

2. Persewaan Speedboat

Taman Tempuran Cikal dilalui oleh sungai yang panjang dan tenang. Anda bisa menjelajah sungai dengan menggunakan speedboat. Harga untuk sewa speedboat ini tidak terlalu mahal, yaitu hanya sekitar 10 ribu rupiah per orang. selian menggunakan speedboat, anda juga bisa berkeliling sungai dengan perahu jukung, tarinya jauh lebih terjangkau, yaitu sekitar 5 ribu per orang.

Biaya yang disebutkan sebelumnya sudah termasuk alat keamanan seperti jaket pelampung. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pihak pengelola tetap memperhatikan keselamatan pengunjung, anda juga harus mengikuti peraturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengawas agar semuanya dijamin aman. Menjaga keselamatan diri adalah hal yang penting jadi jangan diabaikan.

Daya Tarik di Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps cynth_ mant

3. Pemandangan Alam Yang Mempesona

Daya tarik Taman Tempuran Cikal yang berikutnya adalah pemadanan alam yang mempesona. Sepanjang aliran sungai dipenuhi dengan tumbuhan sehingga membuat mata terasa segar, destinasi seperti ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai selama liburan. anda tidak perlu pergi jauh jauh ke gunung atau pantai karena teman juga bisa dijadikan tempat healing.

4. Destinasi Berburu Jajanan

Selagi menikmati pemandangan dan melakukan kegiatan yang menyenangkan, anda bisa membeli beberapa cemilan di kawasan taman. Jajanan yang ada di sana cukup beragam dengan harga yang terjangkau. Bahkan rencananya, akan dibangun bangunan baru berupa museum bahan pangan tradisional di kawasan yang sama. Menarik bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps Konan Susanto

Taman tempuran berlokasi di Cikal Srimulyo Bantul Yogyakarta. Untuk sampai ke sana, anda perlu melakukan perjalanan sekitar 12 kilometer dari pusat kota jogja. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 37 menit. Namun perkiraan waktu untuk sampai Taman Tempuran Cikal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi jalanan.

Jika anda berada di tugu jogja, maka arahkan kendaraan untuk Jl. Patehan Kidul. Teruskan hingga anda sampai ke Jl. Mayjen Sutoyo. Setelah itu ambil jalan ke Jl. Kolonel Sugiyono. Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 2.3 km hingga akhirnya sampai di Jl. Veteran. Kemudian carilah arah untuk sampai ke Jl. Wonosari. Terakhir carilah jalan untuk sampai ke Jl. Lettu J. Hadisurjo.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps Widhiuw

Kebankana destinasi wisata pasti menerapkan biaya tiket untuk setiap pengunjung, namun hal tersebut tidak berlaku untuk Taman Tempuran Cikal. Anda bisa masuk secara gratis untuk menikmati keindahan taman. Namun untuk mencoba wahana yang ada, anda perlu membayar tiket dengan harga mulai dari 5 ribu hingga 10 ribu rupiah per orang.

Sedangkan untuk jam bukanya, destinasi ini bisa anda akses di jam 10 pagi hingga 4 sore. Panjangnya jam buka taman membuat wisatawan bisa menentukan waktu dengan leluasa. Anda bisa mimpi di siang maupun sore hari sesuai dengan jadwal yang kosong. Namun rasanya akan lebih baik jika anda mampir menjelang sore saat matahari tidak terlalu terik.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Tempuran Cikal

Kegiatan Menarik Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps ogik mantholo

1. Menelusuri Sungai

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan di taman ini adalah berperahu dan mengelilingi sungai. Kesempatan semacam ini tidak banyak diberikan oleh taman wisata yang lain. Apalagi harga sewa perahunya hanya sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil foto yang estetik di Taman Tempuran Cikal.

2. Mencoba Berbagai Permainan

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Taman Tempuran Cikal adalah pilihan permainannya yang beragam. Anda bisa pilih mulai dari yang khusus anak anak seperti perosotan hingga permainan yang memacu adrenalin seperti outbound. Semuanya bisa diakses dengan mudah serta memiliki harga tiket yang terjangkau.

Akan lebih nyaman jika anda mencoba seluruh permanan yang anda saat kondisinya tidak terlalu panas. Kebanyakan pengunjung dating sata menjelang sore mulai dari pukul 3 sore. Di jam tersebut matahari sudah tidak terlalu terik sehingga udaranya menjadi lebih dingin. Alhasil anda bisa bermain dengan nyata tanpa perlu takut kulit menjadi belang.

3. Mencicipi Jajanan Lezat

Tidak lengkap rasanya jika anda tidak membeli jajanan lezat disebut destinasi wisata. Anda tidak perlu khawatir, karena di taman sudah banyak penjual yang menjajakan makanannya. Pilihan yang ada sangat beragam dengan harga yang super terjangkau. Bahkan hanya duduk di gazebo sambil menikmati jajanan saja sudah sangat nyaman untuk dilakukan di Taman Tempuran Cikal.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Tempuran Cikal
Image Credit: Google Maps Rodhi Satriani

1. Gazebo

Fasilitas pertama yang bisa anda temukan di sana adalah gazebo yang terbuat dari bamboo spot tersebut sengaja dibangun sebagai tempat beristirahat dan bersantai bagi semua pengunjung. Jumlah gazebonya lebih dari satu, sehingga terlihat cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Keberadaan gazebo juga bisa melindungi anda dari teriknya sinar matahari.

2. Panggung

Taman Tempuran cikal adalah tempat yang cocok untuk menampilkan berbagai pertunjukan music. Di sana ada sebuah panggung yang bisa digunakan untuk perform. kawasan taman yang terbuka untuk umum bisa digunakan oleh siapa saja. Namun sebelum memulai acara, lebih baik kominikasikan terlebih dahulu pada pihak pengelola.

Hal tersebut penting agar apa yang anda lakukan tidak menyalahi aturan yang ada di Taman Tempuran Cikal. Jika sudah mendapat izin, barulah anda bisa memanfaatkan panggung tersebut untuk menampilkan sebuah pertunjukan. Selama panggung kosong, biasanya digunakan sebagai tempat santai dan duduk duduk oleh pengunjung.

3. Toilet Umum

Toilet menjadi salah satu fasilitas penting yang tidak boleh sampai ketinggalan di sebuah tempat wisata. Anda tidak perlu khawatir, karena spot ini menyediakan toilet untuk setiap pengunjung. Kendati demikian, anda tidak perlu berharap banyak, karena toiletnya sama saja dengan tolet lain yang ada di lokasi wisata. Kendati demikian, pihak pengelola melakukan pembersihan secara rutin.

4. Arena Wahana

Arena wahana sudah disahkan secara hsusu sehingga tidak mengganggu pemandangan dan rute yang dilalui oleh pengunjung. Arena ini sengaja disediakan untuk mengisi aktivitas wisatawan yang datang. Semua permainan yang ada di sana dijaga dengan baik sehingga tampak terawatt. Alasan ini pula yang membuat wisatawan tertarik untuk datang ke taman cantik ini.

Mulai dari harga yang terjangkau hingga aktivitas yang beragam membuat Taman Tempuran Cikal cocok sebagai spot berlibur. Banyak warga lokal yang menjadikan tempat ini sebagai ruang terbuka untuk bersantai. Tidak ada salahnya jika anda mengunjungi taman ini selagi anda memiliki waktu senggang di kota Jogja.