Pesona Keindahan Kawah Ratu Gunung Salak Bogor yang Memukau

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.
MapCek Lokasi

Pesona keindahan lereng dan puncak gunung seakan tak pernah tuntas dieksplore. Dimana setiap gunung memiliki keunikannya sendiri, yang membuatnya selalu meninggalkan kesan manis di memori ingatan. Bagi warga bogor, Kawah Ratu yang berada di Gunung Salak adalah salah satu pesona yang tak akan pernah mati.

Apa saja pesona yang membuat Kawah Ratu begitu dicintai oleh masyarakat ? Berikut ulasannya.

Secuil Kisah Sejarah Sang Kawah Ratu

Secuil Kisah Sejarah Sang Kawah Ratu

Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Dibalik pesona keindahannya, Gunung Salak dikenal sebagai kawasan yang terbilang angker dan berbagai kisah mistisnya. Masih ingatkah dengan tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi beberapa tahun silam ? Benar, pesawat tersebut ditemukan di Gunung Salak yang kerap terjadi hal mistis dan tidak bisa dinalar menggunakan logika. Meski begitu, minat pengunjung untuk menjelajahinya tidaklah surut.

Bahkan jauh sebelum jatuhnya pesawat Sukhoi, sejarah sudah mencatat beberapa tragedi yang jatuh akibat menabrak si Gunung penuh misteri tersebut. Dengan adanya bukti kecelakaan beberapa kali, masyarakat pun percaya dan mengaitkannya dengan adanya sosok penunggu yang berupa Jin berukuran besar namun berwujud bidadari. Namun hingga saat ini, kebenaran tersebut masih dikatakan mitos tanpa diketahui kebenarannya.

Sedangkan untuk Kawah Ratunya sendiri, merupakan salah satu pos pemberhentian para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Tahukah bagaimaan kawah ini terbentuk ? Pada awalnya kawah ini tidak ada, dan baru terbentuk ketika terjadi erupsi yang maha dasyat. Meski dapat dikatakan bila tingkat erupsinya tidak sebesar gunung Anak Krakatau ataupun Gunung Tambora, namun efeknya cukup untuk membuat kawah yang cantik.

Daya Pikat Kawah Cantik Gunung Salak

Daya Pikat Kawah Cantik Gunung Salak

Image Credit by Yoexplore.co.id

Mungkin Anda penasaran apa yang membuat si kawah satu ini terkenal bukan ? Pasalnya Kawah Cantik ini memiliki daya pikat tersendiri, dengan adanya sungai bernama Cikuwulung sebagai penghiasnya. Sungai tersebut memiliki panjang dan melintas hingga kurang lebih 1 km. Tentu saja perpaduan antara kawah dan sungai tersebut, menghasilkan pesona alam yang membuat siapapun yang melihatnya enggan untuk berkedip.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Eksotis Curug Bandung di Karawang

Daya pikat lainnya dari sungai tersebut yakni warna airnya yang terlihat biru tosca. Namun tanpa diduga, kawahnya justru memiliki warna kekuningan. Tak perlu terkejut dengan fenomena tersebut, sebab warna kuning itu berasal dari endapan belerang yang pada akhirnya menempati dasar sungai. Mengetahui adanya endapan belerang, pengunjung pun disarankan untuk membawa masker agar bau khas belerang dapat diminimalisir.

Lalu dimanakah letak si Kawah cantik tersebut ? Anda dapat menemukannya tepat di perut Gunung Salak, yang diperkirakan memiliki ketinggian hinga 2.221 mdpl. Lokasi kawahnya sendiri juga berada di pos terakhir sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Untuk bisa melihat keindahan kawahnya, tersedia beberapa jalur yang bisa dipilih. Titik pertama yaitu di Jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder, yang terletak di Kecamatan Pamijagan, Kabupaten Bogor.

Ketika mengambil jalur ini, pendaki hanya menempuh jarak kurang lebih sekitar 5 km saja. Sebab lokasinya memang berdekatan dengan pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jika diperhitungkan kembali, jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 3 hingga 4 jam lamanya. Selama perjalanan menuju kesana, keindahan alamnya yang begitu mempesona begitu memanjakan mata.

Selama perjalanan, ada kalanya keinginan untuk mengabadikan pesonanya tak kunjung padam. Tentu saja dengan adanya pemandangan tersebut, pendakian pun terasa lebih menyenangkan dan tidak terasa begitu berat. Namun keinginan mengambil gambar, tak jarang menjadi momok yang menghambat perjalanan untuk segera sampai di tujuan utama. Tidak ada perasaan menyesal, justru Anda akan dibuat ketagihan untuk melihatnya lagi dan lagi.

Lalu bagaimana jika pengunjung ingin menginap ? Tenang saja, pihak pengelola bahkan menyediakan lahan khusus untuk area camping. Pada area ini pun mampu menampung banyak orang, dan menjadi spot untuk melihat fajar ketika terbit. Namun perlu diingat bila ini masih berada di jalur satu, belum dengan pesona pada jalur lainnya yang tak kalah indah untuk dijelajahi.

BACA JUGA:  23 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pada jalur kedua akan memalui Pasar Reungit yang berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Berbeda halnya jalur pertama, dimana jalur kedua ini berada jauh di ketinggian yang mencapai 1.173 mdpl. Hanya saja jalur menuju Kawah cantik tersebut cukup dekat, yaitu berkisar 3,6 km saja yang mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam pendakian. Pemandangan di jalur kedua pun tak kalah menakjubkan seperti jalur pertama.

Sedangkan untuk jalur ketika berada di Bumi perkemahan Cengkuang yang berada di wilayah Sukabumi, atau lebih tepatnya berada di Kecamatan Cidahu. Jika ingin menggunakan jalur ini, pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam saja dengan jarak tempuh mencapai 4, 5 km. Namun jarak tempuh tersebut dirasa sebanding dengan pesona alam yang bisa dilihat selama di perjalanan.

Tak hanya memandangan tumbuhan hijau nan segar, tak jarang pendaki akan melihat kera kera berkeliaran di sekitar jalur tiga. Namun uniknya, mereka akan ketakutan ketika didekati oleh manusia dan cenderung bersembunyi di balik pepohonan. Saat menempuh perjalanan, aliran sungai yang begitu indah menjadi latar belakang si Gunung Salak. Karena pemandangan tersebut terlalu menawan, banyak dari para pendaki yang tak tahan untuk mengabadikannya.

Tips Mendaki Ke Gunung Salak

Tips Mendaki Ke Gunung Salak

Image Credit by Playworld.id

Jangan mudah tergiur dengan keindahan alamnya, sehingga melupakan dan mengorbankan keselamatan diri sendiri. Pastikan jadwal pendakian dilakukan saat musim kemarau, karena jalur akses menuju lokasi utama akan terasa lebih licin daripada biasanya. Bahkan beberapa jalur akan diterjang banjir sehingga ditutup karena dirasa kurang bersahabat. Tips yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu tidak mendekati area kawah saat camping.

Tahukah Anda kenapa pendaki dilarang untuk mendekati kawah tersebut ? Sebab area ini diketahui mengandung belerang yang cukup kuat, yang tentu saja sangat berbahaya ketika aturan tersebut dilanggar. Sebab tak hanya membuat tubuh menjadi sakit, namun keselamatan diri bisa menjadi taruhannya. Agar lebih aman, silahkan bermalam di area camping yang sudah disediakan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Indramayu Favorit Dikunjungi Wisatawan

Rute Menuju Kawah Ratu Gunung Salak

Rute Menuju Kawah Ratu Gunung Salak

Image Credit by Limakaki.com

Tertarik melihat pesona alamnya secara langsung ? Silahkan berkunjung ke Gunung Sari, Pamijihan, Kota Bogor, Jawa Barat. Jika berangkat dari arah Jakarta, pengunjung akan menempuh jalur Tol Jagorawi, dan ambil pintu keluar memalui Tol Sentul Selatan. Kemudian ambil jalur yang menghubungkan Banten dan Jawa barat, yang nantinya akan melewati kawasan IPS Dramaga.

Sesampainya di pertigaan cibatok, silahkan ambil lajur kini untuk menyelusuri area kurang dari 18 km. Beberapa saat kemudian, Anda akan menemukan pintu gerbang Kawah Ratu. Sebelum sampai di lokasi tujuan, selama perjalanan Anda akan disuguhi dengan berbagai macam Curug yang diperkirakan jumlahnya mencapai seribu dan bisa dieksplore. Bahkan sepanjang jalan juga tersedia goa serta pemandian air panas, yang bisa dicoba untuk menghilangkan penat akibat menempuh perjalanan jauh.

Disebut sebagai ikon kebanggan bagi masyarakat Bogor, dimana kawasan hutan gunungnya menyediakan persediaan yang melimpah bagi kehidupan makhluk dan warga sekitarnya. Salah satu daya tarik lainnya yaitu tidak adanya biaya tiket masuk ketika menuju ke Kawah cantik tersebut. Meski tidak membayarkan sedikipun uang, namun perlu disadari untuk tidak membuang sampah sebagai langkah melestarikan alamnya yang masih asri.