Temukan Tempat Wisata Terbaik di Bojonegoro, Jawa Timur. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur dan terkenal akan potensi wisata alam yang dimilikinya. Letak Bojonegoro sendiri berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Nganjuk, Ngawi dan juga Blora. Hal ini menjadikan wilayahnya semakin menarik untuk disinggahi. Kondisi topografi yang didominasi dengan perbukitan di sisi sebelah utara dan juga selatan menjadi daya tarik utama. Tempat-tempat wisata di Bojonegoro terbukti beragam dan menawarkan pemandangan yang tak biasa.

Sama halnya dengan dataran rendah yang ada di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo, ternyata tempat ini menjadi alasan utama mengapa wisatawan datang ke Bojonegoro. Untuk membantu agenda liburan anda, berikut referensi tempat wisata terbaik di Bojonegoro yang bisa Anda kunjungi.

1. Alun-Alun Bojonegoro

Alun-Alun Bojonegoro
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ajie Prasetyo)

Bagi Anda yang menyukai berjalan jalan disekitar taman, Alun-Alun Bojonegoro wajib untuk Anda kunjungi. Alun-alun ini berada di pusat Kabupaten Bojonegoro, sehingga Anda dapat dengan mudah menuju ke lokasi ini. Adanya Batu Semar dengan bobot yang diperkirakan seberat 80 ton menjadi salah satu daya tarik dari alun-alun Bojonegoro ini.

Anda bisa menikmati banyak pertunjukan kesenian yang sering diadakan disini. Disisi lain taman alun-alun ini juga sering digunakan sebagai kegiatan besar seperti pertandingan sepak bola, sholat idul fitri dan hal-hal lainnya. Anda bisa menikmati berjalan-jalan sore bersama dengan keluarga maupun beramai ramai dengan teman. Wajar apabila tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mas Tumapel 1 Kadipaten, Kauman, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

2. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing
Image Credit: Nusantaranews.co

Untuk para traveller yang suka dengan buah-buahan seperti mengunjungi agrowisata belimbing bisa menjadi pilihan menarik. Nantinya di tempat wisata ini akan membuat Anda leluasa untuk memetik buah belimbing langsung dari pohonnya. Luas lahan sekitar 20 hektar dan memiliki beberapa gazebo yang tersebar di beberapa sudut.

Harga belimbing disini juga cukup terjangkau dan banyak olahan buah belimbing yang bisa Anda cicipi. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Anda bisa membawa oleh-oleh dari sini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngringin, Ngringinrejo, Kec. Kalitidu, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

3. Wana Tirta Dander

Wana Tirta Dander
Image Credit: Reresepan.com

Sebagai salah satu tempat wisata di Bojonegoro yang hits, Wana Tirta Dander ini menyajikan pemandangan yang indah dan banyak fasilitas yang lengkap. Anda bisa menjelajahi kolam arus, seluncur air, blower embun dan permainan menyenangkan lainnya.

Lokasinya ada di Dander, Bojonegoro. Jaraknya sekitar 13 km dari pusat Kota Bojonegoro. Ada juga kolam renang di lokasi wisata yang melengkapi fasilitas di sana.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alang-alang Kemangi, Dander, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

4. Bendungan Gerak

Bendungan Gerak
Image Credit: Google Maps (Fighter Kids)

Masih dengan pemandangan airnya yang tenang, Bojonegoro memiliki objek wisata yang disebut dengan Bendungan Gerak. Daya tarik dari bendungan ini adalah aliran airnya yang membelah sungai Bengawan Solo. Tidak hanya itu, suasana sekitarnya yang masih hijau asri membuat nuansa sejuk dan asri tempat ini cocok dikunjungi bersama dengan teman maupun pasangan.

Harga Tiket: Mulai Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang, Kec, Trucuk, Kab, Bojonegoro, Jawa Timur.

5. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi
Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Tempat wisata di Bojonegoro berikutnya adalah Taman Rajekwesi. Taman rekreasi ini menawarkan pengalaman liburan yang meriah dan menyenangkan. Ada suasana alam yang sejuk dimana Anda bisa santai bersama keluarga dan anak-anak.

Ada fasilitas yang sudah disediakan seperti jogging track dan arena bermain anak. Lokasi Taman Rajekwesi ini berada di Jalan Rajekwesi Bojonegoro.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rajekwesi Bojonegoro, Pondokasri, Klangon, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

6. Waduk Pedang

Waduk Pedang
Image Credit: Google Maps (Edie Irwan)

Waduk Pedang sering disebut dengan Embung Pedang oleh masyarakat sekitarnya. Terletak di Desa Kepohkidul, wisata ini banyak dikunjungi oleh pengunjung untuk melihat suasana waduk yang tenang. Tidak hanya itu, pepohonan yang asri di sekitar waduk membuat suasana yang sejuk. Banyak orang berkunjung kesini untuk menikmati pemandangan senjanya yang memukau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kepoh Kidul, Kedungadem, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

7. Teksas Wonocolo

Teksas Wonocolo
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Teksas merupakan singkatan dari Tekad Selalu Aman dan Sejahtera. Tempat wisata ini menjadi media edukasi yang cukup bermanfaat karena memberi wawasan tentang pengeboran minyak dengan cara tradisional. Mirip dengan Texas yang ada di Amerika, tempa ini memiliki 250 sumur bor minyak bumi yang sudah tidak aktif.

Lokasinya berada di Geopark Wonocolo, Kecamatan Kedewean. Anda bisa datang dan mengajak teman-teman untuk menambah wawasan tentang pengeboran minyak yang dulu pernah dilakukan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonocolo, Kec. Kedewan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

8. Air Terjun Krondonan

Air Terjun Krondonan
Image Credit: Instagram.com @touristguidesurabaya

Air Terjun Krondonan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam yang sedang berada di Bojonegoro. Tempat ini berlokasi di sekitar daerah Desa Gondang. Pemandangan alamnya yang berupa tebing bebatuan berwarna putih memikat banyak hati para pengunjungnya. Tak heran apabila banyak wisatawan lokal hingga mancanegara mengunjungi tempat ini.

Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah dibangun dengan baik, bahkan ada tempat parkir khusus untuk kendaraan pribadi milik Anda. Namun untuk sampai ke lokasi Air Terjun Krondonan Anda perlu berjalan kaki beberapa meter saja. Pemandangan alam yang disuguhkan oleh tempat ini sangat mempesona hingga membuat rasa penat Anda hilang seketika.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krondonan, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro,Jawa Timur.

9. Bukit Tono

Bukit Tono
Image Credit: Okezone.com

Bukit Tono menghadirkan tempat wisata yang berupa spot foto yang mempesona dan lingkungan sekitar yang begitu asri. Di lokasi ini kabarnya sedang dipersiapkan sebuah taman bunga. Juga dengan adanya camping ground agar bisa memberi fasilitas yang lebih lengkap.

Lokasinya ada di Desa Sambungrejo, Kecamatan Gondang. Bagi para pecinta fotografi akan mudah menemukan tempat foto keren yang ada di Bukit Tono.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawah, Sambongrejo, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

10. Air Terjun Kedung Peti

Air Terjun Kedung Peti
Image Credit: Google Maps (Titis Brata)

Masih dengan pesona alamnya, Bojonegoro mempunyai air terjun menawan yang sering disebut dengan Air Terjun Kedung Peti. Air terjun ini berada di daerah Desa Ketileng. Banyak yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan dengan menenangkan pikiran bersama suasana alamnya yang asri. Ketinggian air terjun ini berkisar 30 meter.

Daya tarik dari air terjun ini adalah tingkatan air yang berbeda, air terjun ini memiliki 3 tingkatan. Dimana pada masing-masing tingkatan tersebut akan membentuk kubangan atau warga sering menyebutnya dengan kedung. Kedung tersebut bisa menjadi tempat para pengunjung menikmati kesegaran air terjun dengan aman dan nyaman. Tempat ini sangat populer di Bojonegoro.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun Gaplok, Ketileng, Kec. Malo, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

11. Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Air terjun ini dikelilng hutan jati yang tetu membuat pemandangan kian indah. Perjalanan menuju lokasi juga akan lebih mudah karena ada banyak petunjuk arah. Air Terjun Kedung maor ini memberi pemandangan alam dengan adanya deretan tebing yang luas. Juga dengan lingkungan asri dan air kolam yang berwarna kehijauan.

Lokasi air terjun berada di Kedungsumber, Temayang. Mereka yang datang sering melakukan foto-foto di spot cantik. Juga bermain air di pinggiran kolam yang dangkal.

Harga Tiket: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kedungsari, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

12. Mata Air Desa Sumber Arum

Mata Air Desa Sumber Arum
Image Credit: Google Maps (Bintang Tegar)

Berenang adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman maupun keluarga. Mata Air Desa Sumber Arum adalah salah satu destinasi wisata yang sering digunakan untuk pemandian oleh warga setempat. Air pada pemandian ini sangat jernih dan masih tetap terjaga hingga saat ini.

Tak heran apabila banyak warga yang memilih untuk mandi disini karena kesegaran airnya. Mata Air Desa Sumber Arum berada di daerah Singayudha, Sumberarum Dua. Biasanya tempat ini akan ramai menjelang liburan akhir pekan maupun masa liburan panjang. Tempat yang cocok kunjungi beramai ramai bersama dengan keluarga maupun teman – teman.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Singayudha, Sumberarum Dua, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

13. Kayangan Api

Kayangan Api
Image Credit: Tribunnews.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan kayangan api yang menjadi lokasi wisata cukup fenomenal. Anda bisa melihat api abadi dan menjadi daya tarik cukup besar. Bahkan popularitas api abadi ini semakin dikenal setelah digunakan sebagai lokasi untuk pengambilan api di tahun 2000 silam untuk PONXV.

Nantinya tak jauh dari lokasi, ada semacam kubangan lumpur dengan aroma belerang yang diketahui namanya adalah belukutuk. Masyarakat juga meyakini kalau kayangan api ini ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Lokasinya ada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Butoh, Kec. Ngasem, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

14. Waduk Pacal

Waduk Pacal
Image Credit: Instagram.com @indrawatidewi17

Ingin menikmati suasana luasnya waduk yang menenangkan? Tempat wisata Waduk Pacal di daerah Kedungsumber bisa menjadi rekomendasi yang cocok bagi Anda. Waduk yang sudah ada di jaman Belanda ini masih beroperasi mengirigasi sawah dan pertanian di sekitarnya. Terlepas dari fungsinya itu, waduk ini juga dijadikan tempat wisata bagi masyarakat sekitar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kedung Sumber, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro,Jawa Timur.

15. Negeri di Atas Angin

Negeri di Atas Angin
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Negeri di atas angin merupakan tempat wisata yang juga cukup populer. Ketinggian tanahnya sekitar 650 meter. Anda bisa menyaksikan keindahan alam di sekitar karena adanya pemandangan tak biasa. Pengunjung bisa camping di bukit cinta yang menjadi ddestinasi wisata unggulan di sana.

Lokasinya ada di sekitar 50 km dari pusat kota Bojonegoro. Negeri di atas angin ini memang banyak digunakan sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Atasangin, Deling, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

16. Hutan Jati Bojonegoro

Hutan Jati Bojonegoro
Image Credit: Instagram.com @zayn_bjn

Bojonegoro adalah salah satu daerah pemasok kayu jati terbesar di Jawa Timur, tak heran apabila Anda menemui banyak pohon jati disini. Disisi lain sebagai hutan produksi kayu jati, suasananya yang sejuk dan cantik banyak dijadikan objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa melihat salah satu objek wisata hutan jati di daerah Kecamatan Dander.

Pohonnya yang menjulang tinggi di sekeliling jalan, memberikan nuansa yang sangat cantik dan sejuk. Apabila mendekati musim kemarau, daun daun akan berguguran dan meninggalkan pohon yang gundul. Namun pohon jati yang tidak memiliki daun ini semakin memberikan pemandangan yang sungguh cantik mirip seperti berada di luar negeri. Anda bisa menjadikannya spot foto yang keren.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Dander Kec, Dander Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

17. Grojogan Pucangarum

Grojogan Pucangarum
Facebook.com (Ilma Innez)

Agar bisa sampai di Grojogan Pucangarum, wisatawan memang harus menempuh perjalanan yang cukup sulit. Namun sesampainya disana, Anda bisa menemukan pemandangan yang masih begitu alami dan terjaga. Aksesnya ada di jalur ekstrem di sepanjang 4 km dan memasuki kawasan hutan hingga sampai di ujung hutan.

Sementara untuk perjalanan ini Anda hanya bisa menggunakan sepeda motor dan harus berjalan kaki setelah parkir sekitar 500 m. Lokasinya ada di Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maor, Clebung, Kec. Bubulan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

18. Air Terjun Clebung Bubulan

Air Terjun Clebung Bubulan
Image Credit: Instagram.com @ahmadadib_adv

Air Terjun Clebung Bubulan menjadi salah satu objek wisata alam kebanggaan masyarakat Bojonegoro. Pemandangan air terjun yang memukau dengan bebatuan tebingnya yang berwarna putih menjadi daya tarik tersendiri. Air Terjun Clebung Bubulan ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran airnya yang terbilang cukup tenang dan kecil.

Harga Tiket:Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Clebung, Kec. Bubulan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

19. Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit
Image Credit: Alamasedy.com

Air terjun indah ini ada di perbatasan antara Desa Krondonan dan juga Desa Gayam. Lokasi air terjun memang tersembunyi di balik bukit dan memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Aliran airnya juga melebar di sisi tebing. Agar bisa memudahkan perjalanan, Anda bisa melewati jalur dari Desa Krondonan dan jalan kaki 1 km melewati jalan setapak.

Agar terasa lebih segar, Anda bisa bermain air dan mendapat spot cantik untuk berfoto. Lokasi air terjun ini ada di Desa Gayam, Kecamatan Sekar.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gayam, Klino Kec. Sekar Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

20. Air Terjun Goa Kikik

Air Terjun Goa Kikik
Image Credit: Aamartyak.blogspot.com

Menjadi air terjun bertingkat dengan panorama alam yang eksotis di Bojonegoro membuat Air Terjun Gua Kikik makin populer. Ada gemericik air yang mengalir dan ada kicauan burung yang bisa menyambut kedatangan para pengunjung. Nantinya Anda bisa mengeksplor keindahan dari air terjun ini.

Lintasan air terjun seolah membentuk ornamen stalakmit yang memang lazim di dalam gua. Pada air terjun tingkat pertama, Anda bisa meihat curahan air yang tingginya lebih dari 3 meter. Air terjun tingkat kedua terdiri dari beberapa air terjun kecil. Lokasinya ada di Desa Kawengan, Kecamatan Kedewan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumberejo, Malo, Tinawun, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

21. Sendang Grogolan

Sendang Grogolan
Image Credit: Blokbojonegoro.com

Sendang Grogolan merupakan aliran air yang begitu jernih dan dari sumber mata air alami. Spot wisata ini memang menarik untuk dikunjungi dimana lingkungan di sekelilingnya memang asri dan teduh. Tak heran jika para pengunjung bisa begitu nyaman dan betah.

Selain santai, Anda bisa menikmati keindahan alamnya. Juga dengan aktivitas berfoto dengan spot keren. Lokasinya ada di Desa Ngunut, Kecamatan Dander.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngunut, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

22. Banyu Kuning

Banyu Kuning
Image Credi: wisatabojonegoro.com

Banyu Kuning merupakan lokasi wisata yang tidak hanya menawarkan pesona alam tetapi juga memberi manfaat yang bagus untuk kesehatan. Tak heran kalau para wisatawan datang dengan tujuan demi pengobatan. Air hangat disini memiliki kandungan belerang yang bisa mengobati penyakit kulit atau gatal-gatal.

Letak banyu kuning ini berada di Dusun Jumblangjati, Desa Krondonan. Aksesnya cukup mudah dan konon memang ada efek menyehatkan dari air Banyu Kuning ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krondonan, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

23. Watu Gandul

Watu Gandul
Image Credit: Wisatabojonegoro.com

Watu Gandul memberi pesona wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Akses jalannya memang terbilang ekstrem. Tetapi juga semakin menantang untuk ditaklukkan karena hanya bisa dilalui dengan motor trail atau jalan kaki. Daya tarik utamanya adalah deretan batu andesit yang berukuran raksasa.

Tiga buah batu yang berukuran besar memang terlihat menggantung secara berundak. Di sisi lainnya ada batu besar yang juga berfungsi sebagai penopang. Lokasinya ada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gondang, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

24. Go Fun Theme Park

Go Fun Theme Park
Image Credit: Dakatour.com

Tempat wisata di Bojonegoro berikutnya adalah Go Fun Theme Park. Tempat wisata ini paling hits dan ramai akan pengunjung. Anda bisa berlibur seru di malam hari. Konsepnya memang mirip dengan Disney Land yang lengkap dengan banyak fasilitas.

Di sini nanti Anda bisa menemukan life guard yang juga standby di tiap kolam. Masing-masing kolam juga memiliki tema yang khas dan begitu unik. Lokasinya ada di Jalan Veteran, Jambean.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Plelen, Ngampel, Kec. Kapas, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

25. Taman Wisata Sariyo

Taman Wisata Sariyo
Image Credit: Wongjonegoro.com

Taman wisata sariyo merupakan tempat yang asik yang ada di Bojonegoro. Tempat ini menyajikan berbagai wahana yang seru. Seperti waterboom, kolam pancing, becak air dan permainan lainnya. ada banyak fasilitas yang cukup lengkap dan tentu menjadi pengalaman seru ketika Anda berlibur.

Lokasinya berada di Purworejo, Pandangan. Taman wisata ini cocok dikunjungi bersama dengan keluarga terutama anak-anak. Anda bisa duduk santai dan menikmati udara sejuk di sekitar taman.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blimbing, Purworejo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.