Inilah List Tempat Wisata Terbaik dan Hits di Kaliurang Sleman, Jogja. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Populer yang Menarik Dikunjungi untuk Liburan yang Seru dan Berkesan.

Jogja memang selalu menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Hampir setiap sudut kota Jogja sangat menarik untuk dijelajahi. Salah satu wilayah DIY yang tak menawan adalah Kaliurang, Sleman. Memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk menghadirkan liburan yang lebih menyenangkan. Mulai dari wisata alam hingga wisata swafoto bisa Anda temukan. Berikut beberapa tempat wisata hits di kawasan Kaliurang Sleman yang bisa Anda pilih.

1. Al Muna Garden Kaliurang

Al Muna Garden Kaliurang
Image Credit: Instagram.com @detty.sari

Untuk memulai perjalanan Anda di daerah Kaliurang, Anda bisa mengunjungi Al Muna Garden. Di kawasan wisata satu ini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Hamparan bunga warna warni ini sangat cocok untuk Anda yang gemar mengambil swafoto. Apalagi sudah disediakan beberapa spot untuk membuat swafoto makin seru.

Udaranya yang sejuk dengan warna warni bunganya yang akan membuat semua penat Anda hilang. Al Muna Garden Kaliurang ini perlahan namun pasti akan semakin berkembang. Terbukti dengan tambahan fasilitas yang akan membuat para pengunjung nyaman. Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan agar tetap terjaga keindahannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park
Image Credit: Google Maps (Ulima Syahida)

Selanjutnya yang masih terbilang baru adalah The World Landmark Merapi Park. Banyak juga yang menyebut destinasi satu ini sebagai Merapi Park. Menginjakkan kaki di kawasan ini Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan. Tetapi juga terdapat beragam landmark dari berbagai negara di dunia yang cocok sebagai tempat swafoto.

Kendati landmark ini dalam ukuran miniatur, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai latar belakang saat berfoto. Spot mulai menara Pisa, Menara Eiffel hingga Patung Liberty bisa temukan. Taman bunga dengan rumput hijau juga dihadirkan untuk membuat destinasi wisata ini makin cantik. Di kalangan kawula muda, destinasi satu ini begitu hits dan wajib dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan
Image Credit: Twitter.com @oroundo_indo

Destinasi di kawasan Kaliurang yang tak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Stonehenge Cangkringan. Seperti yang kita ketahui, stonehenge yang merupakan kumpulan berdiri di luar negeri menjadi salah satu ikon wisata yang hits. Kini Anda bisa menemukan replikanya dengan mengunjungi Stonehenge Cangkringan ini.

Batu batu ini tersusun rapi dan merupakan batuan bekas erupsi gunung merapi yang kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata. Rerumputan hijau di sekelilingnya turut menjadi penghias area stonehenge ini. Anda bisa menjadikan destinasi satu ini untuk berburu potret potret yang menawan. Terutama saat udaranya sedang cerah yang akan makin cantik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. The Lost Word Castle

The Lost Word Castle
Image Credit: Google Maps (Unisa_Mio Figlio Rm)

Tak jauh dari Stonehenge Cangkringan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi The Lost World Castle. Awalnya banyak yang menyebut destinasi satu ini sebagai Benteng Takeshi. Karena Anda memang akan melihat tembok kokoh yang unik dan artistik. Kehadirannya memang baru sebentar, tetapi menjadi destinasi yang begitu hits.

Terutama ketika potretnya sudah mulai tersebar di berbagai media sosial. Untuk membangun destinasi ini, batu yang digunakan adalah sisa dari erupsi. Dengan hadirnya destinasi ini, maka rekreasi selfie di kawasan Kaliurang semakin melimpah. Beberapa spot dan wahana yang dihadirkan juga akan membuat liburan Anda makin berkesan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Tlogo Putri

Tlogo Putri
Image Credit: Instagram.com @irvinayuliyanti

Tlogo Putri memang bukanlah destinasi wisata baru di kawasan Kaliurang. Tetapi tetap saja sangat menarik untuk Anda kunjungi. Terutama untuk Anda yang sebelumnya belum sempat singgah di tempat ini. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi, menghadirkan pemandangan yang membuat siapapun berdecak kagum.

Berada di ketinggian 900 mdpl, memberikan pemandangan hijau lengkap dengan udaranya yang sejuk. Anda bisa mengunjungi embung yang menawarkan banyak kegiatan bermain air seru. Mulai dari mengelilingi embung dengan sepeda kayuh hingga kano. Mengunjungi destinasi satu ini sangat cocok jika bersama keluarga, apalagi fasilitas penunjangnya juga lengkap.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps (Building And Landscape)

Mengunjungi kawasan Gunung Merapi satu ini, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak menjajal Lava Tour Merapi. Aktivitas wisata satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menantang adrenalin. Anda akan diajak untuk menjelajah aliran lava Gunung Merapi dengan menggunakan kendaraan khusus yakni jeep.

Tidak hanya rute berbatu, Anda juga akan dihadirkan dengan pemandangan yang begitu memukau. Beberapa spot wisata juga bisa Anda sambangi, mulai dari Rumah Mbah Maridjan sampai di kawasan Kali Adem. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang paling berkesan. Apalagi jika dilakukan bersama orang orang tersayang.

Harga Tiket: Mulai Rp 350.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Image Credit: Twitter.com @gnfi

Selain menikmati megahnya gunung Merapi, Anda juga bisa menggali informasi tentang gunung satu ini melalui destinasi satu ini. Museum Gunung Merapi menawarkan wisata edukasi yang tidak kalah menarik untuk dihampiri. Museum dengan bangunan yang unik ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat tentang Merapi.

Ada banyak diorama hingga rekaman semua letusannya di satu abad terakhir. Bahkan saat letusan terdahsyat yang terjadi di tahun 2010 silam. Foto foto penunjang juga dihadirkan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi. Anda juga bisa menemukan simulasi gempa juga tsunami yang sangat atraktif dan edukatif.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Bukit Klangon Kaliurang

Bukit Klangon Kaliurang
Image Credit: Facebook.com @tyo.plaza

Menikmati pemandangan gunung berapi Merapi, tidak harus dilakukan dengan mendaki. Karena Anda juga bisa mengunjungi Bukit Klangon Kaliurang yang akan menawarkan panorama Gunung Merapi. Dengan gardu pandang yang tingginya mencapai 5 meter, akan menjadi tempat paling cantik untuk mengambil foto foto cantik.

Waktu paling tepat mengunjungi bukit ini adalah saat matahari terbit. Panorama kokohnya gunung dengan bukit hijau akan menyejukkan indera penglihatan Anda. Udaranya yang sejuk cenderung dingin juga akan membuat Anda betah berlama lama. Selain berburu foto cantik, Anda juga bisa menjajal kegiatan downhill ataupun camping di area ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Blue Lagoon

Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps (Linda Oktavianingsih)

Blue Lagoon menjadi destinasi di Kaliurang yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Sesuai namanya, Blue Lagoon atau laguna biru merupakan sumber air yang begitu jernih. Saking jernihnya menghadirkan warna biru yang akan membuat siapapun takjub. perasaan tidak sabar untuk segera mencoba kesegaran airnya juga akan dirasakan.

Pemandian satu ini terbilang kondang di kalangan wisatawan maupun masyarakat lokal. Lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadi salah satu alasan mengapa Blue Lagoon tak pernah sepi. Alam sekitarnya yang masih alami membuat siapapun betah berlama lama. Berenang atau sekedar bermain air menjadi aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
Image Credit: Google Maps (Dg Patar)

Untuk melanjutkan kegiatan bermain air, Anda bisa menjadikan Air Terjun Tlogo Muncar sebagai alternatif. Destinasi wisata alam di Kaliurang Sleman ini menawarkan panorama yang membuat Anda terkesan. Air terjun yang jatuh dari sela sela bebatuan ini memang memiliki panorama yang sangat menarik.

Debit air di Air Terjun Tlogo Muncar saat musim kemarau menjadi lebih kecil dibandingkan saat musim hujan. Tetapi tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan. Tidak hanya air terjun saja, Anda juga bisa menemukan spot spot foto kekinian yang cocok untuk berswafoto. Tidak ketinggalan fasilitas pendukung yang terbilang memadai dan lengkap.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Desa Wisata Ledok Sambi

Desa Wisata Ledok Sambi
Image Credit: Facebook.com @pradenmas.y.pratama

Ledok Sambi adalah satu desa wisata di Kaliurang yang akan cocok untuk Anda kunjungi. Apalagi jika Anda berencana berlibur sembari mengajak si kecil. Tidak hanya menawarkan aktivitas outbound, Anda juga bisa melakukan kegiatan warga sehari hari. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman baru dan sebagai sarana belajar bagi si kecil.

Alamnya yang masih terjaga dengan sungai jernih yang mengalir akan membuat siapapun betah berlama lama. Desa satu ini memang menjadi salah satu desa yang masih alami dengan segudang potensi wisata. Fasilitas yang dihadirkan sudah begitu lengkap, bahkan Anda bisa bermalam mengingat sudah ada homestay atau penginapan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 19, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Ice Cream World

Ice Cream World
Image Credit: Google Maps (Berbagifun Family)

Lumernya es krim yang dingin ketika di lidah memang mampu memikat siapapun. Penggemar makanan manis ini juga tidak main main dan hampir di semua kalangan. Di Kaliurang Anda bisa menemukan Ice Cream World untuk wisata selanjutnya. Mengunjungi tempat hits serasa Anda sedang ada di dunia es krim.

Menawarkan banyak spot spot foto yang instagramable menjadikannya begitu hits di kalangan kawula muda. Destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berburu foto cantik. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa mencicipi berbagai rasa es krim yang nikmat. Pastikan untuk menyiapkan ruang simpan yang lega dan kamera terbaik Anda.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solo KM.11 No.31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Upside Down World

Upside Down World
Image Credit: Twitter.com @ticketkd

Seperti namanya, Upside Down World atau dunia terbalik Anda akan disuguhkan semua perabotan yang terbalik. Dunia terbalik ini didesain layaknya sebuah rumah terbalik yang sangat cocok untuk spot foto instagenic. Mulai kondang di tahun 2016 silam, destinasi ini memang sangat untuk dikunjungi. Semua perabotnya nyata dan sengaja ditata dengan terbalik.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Image Credit: Twitter.com @nyerohits

Destinasi hits di daerah Sleman yang tak pernah sepi pengunjung adalah Tebing Breksi. Tebing breksi semakin hits setelah potretnya mulai memenuhi sosial media. Tebing dengan pahatan pahatan yang artistik sangat cocok untuk memuaskan hasrat fotografi Anda. Saat malam datang, Anda bisa menikmati gugusan bintang yang begitu cantik dengan suasana yang romantis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

15. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Untuk membuat perjalanan Anda di daerah Kaliurang semakin lengkap, Anda bisa menjadikan Museum Ullen Sentalu sebagai tujuan wisata. Museum tidak selalu membosankan, bahkan museum ini mendapatkan banyak review sebagai destinasi yang harus Anda singgahi. Memiliki bangunan yang unik, menjadikan hal yang pertama kali Anda lihat.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi menjadikan suasana alamnya kental dan alami. Anda akan diajak untuk berkeliling museum dengan bantuan educator tour. Disinilah nanti perjalanan Anda untuk mengenal sejarah dan kebudayaan Jawa akan dimulai. Terutama untuk yang penasaran tentang keluarga Keraton baik Jogja maupun Solo.

Selama mengikuti tour ini, Anda tidak diijinkan untuk mengambil foto atau video. Uniknya, Anda akan disuguhkan dengan wedang anget yang sangat cocok dengan udara dinginkan. Nantinya Anda bisa mengambil foto atau video di spot khusus. Saat perut mulai lapar, Anda bisa mencicipi makanannya di area restoran yang sudah terkenal lezatnya.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa tempat wisata populer di daerah Kaliurang, Sleman yang bisa Anda eksplor saat liburan. Tidak hanya menawarkan wisata alam, Anda juga bisa menemukan beragam destinasi modern yang tak kalah menarik. Perjalanan Anda di daerah ini akan sangat menyenangkan jika dilanjutkan dengan wisata kuliner yang juga menggoyang lidah.