Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Taman Nasional Gunung Ciremai Mandirancan, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak, namun tidak tahu harus ke mana? Sebenarnya terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari gunung, danau, air terjun, pantai, bukit, puncak, hingga alun-alun. Namun, jika Anda merasa cukup bosan dengan vitamin sea dan ingin yang hijau-hijau segar, Anda dapat mengunjungi kawasan puncak ataupun perbukitan.

Jika Anda berkunjung Kuningan, Jawa Barat, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Tenjo Laut. Meskipun baru dibuka sejak 3 tahun silam, objek wisata yang satu ini memiliki ketinggian 20 meter dengan air sejuk dan desiran angin yang dapat menenangkan hati Anda. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai destinasi alam ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Tenjo Laut

Daya Tarik Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps nnung mw

Berbicara mengenai daya tarik, tentu saja setiap tempat wisata memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Ada yang unik dari segi airnya, segi pemandangannya, segi fasilitas, dan sebagainya. Sebagai salah satu ikon Kuningan, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik khas bagi Tenjo Laut.

1. Asal Usul dan Sejarah

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai daya tarik tempat wisata tersebut, alangkah baiknya jika Anda mengetahui lebih lanjut mengenai sejarahnya. Jadi, konon, nama ‘Tenjo Laut’ berasal dari Bahasa Sunda, yang mana Tenjo berarti melihat dan Laut berarti Laut. Lalu, rupanya, nama tersebut mengarah ke dermaga di mana para pejuang kemerdekaan Indonesia memata-matai kehadiran kapal Belanda yang siap diserang oleh mereka. Jadi, sekilas nama itu sederhana tetapi menyimpan kisah sejarah yang cukup mendalam.

2. Udara yang Sejuk

Secara umum, setiap tempat wisata puncak memiliki kekhasan tersendiri, yaitu dikelilingi pepohonan rindang dan hawa udara yang sejuk layaknya udara pegunungan biasanya, begitupun dengan Tenjo Laut. Sehingga udara tersebut mampu membuat Anda merasa betah berlama-lama di tempat tersebut.

3. View Keindahan Alam

Dengan ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut, Anda juga dapat melihat hamparan hijau lembah dan bahkan pemandangan kota Kuningan, sehingga seakan-akan Anda akan merasa sudah berada di puncak, padahal belum menaiki Gunung Ciremai yang letaknya masih cukup jauh dari tempat wisata tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melihat Gunung Ciremai itu sendiri, Gunung Slamet, dan Waduk Darma yang membentang luas bagai selendang.

Daya Tarik Dimiliki Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps widi sn

4. Jembatan Awan

Jembatan Awan merupakan jembatan yang tak kalah seru dan dapat dinaiki oleh Anda. Dari jembatan awan ini Anda dapat melihat segalanya di bawah sana, mulai dari hamparan hijau, pemandangan gunung-gunung, atau bahkan kehidupan perkotaan. Rasanya, Anda sedang berjalan di awan deh kalau sudah menaiki jembatan tersebut.

5. Berbagai Spot Foto yang Menarik

Selain menikmati pemandangan, Anda juga dapat mengunjungi berbagai spot yang asyik untuk digunakan sebagai tempat selfie. Misalnya rumah pohon, rumah gorilla, orong pinus, sarang burung raksasa, rumah Hobbit atau rumah kurcaci, beberapa tower kecil, area ayunan, dan sebagainya. Banyak banget lho, jadi dijamin deh Anda takkan merasa bahwa stok foto Anda menipis.

6. Kawasan Satwa

Ternyata, Tenjo Laut juga memiliki kawasan khusus satwa berkategori langka lho. Di situ, beberapa hewan tinggal di sana, seperti ayam hutan, elang jawa, dan landak. Namun sayangnya, Anda tidak bisa memasuki kawasan itu secara sembarangan, melainkan harus memiliki izin dari pengelola dan dari dinas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps widi sn

Tenjo Laut adalah sebuah kawasan wisata yang tak kalah menarik dengan pemandangan ala puncak yang menyejukkan mata, terletak di sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai dan persisnya di sebelah barat lembaga rehabilitasi BNN, Jalan Palutungan, Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dengan jarak sekitar 14 km dari pusat Kota Kuningan dan jarak tempuh sekitar 35 menit. Anda dapat pergi ke tempat wisata tersebut menggunakan kendaraan pribadi, dengan jalan yang mulus dan juga akan melewati jalan menanjak yang akan menjurus ke Desa Cisantana.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Kuningan, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Jalan Baru Awirarangan – Jalan Eyang Weri – Jalan Siliwangi – Jalan Ahmad Yani – Jalan Raya Cigugur – Jalan Cigugur-Plutungan – Jalan Raya Cisantana – Jalan Pejambon – Jalan Sagara Hiang. Sebenarnya, alur rute ini searah dengan ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi Curug Putri Palutungan, hanya saja Anda perlu menambah beberapa waktu lagi jika ingin mengunjungi Tenjo Laut.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps Andi Ghalib

Harga tiket masuk Tenjo Laut terbilang cukup unik karena dibedakan berdasarkan kategori pelajar maupun kategori umum atau dewasa dan juga hari biasa/hari libur. Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini saat weekdays (Senin-Jumat), Anda cukup membayar Rp 10.000 untuk pelajar dan Rp 12.500 untuk umum.

Jika Anda mengunjungi tempat ini saat weekend atau hari libur, Anda dapat membayar Rp 10.000 untuk pelajar dan Rp 15.000 untuk umum. Selain itu, kawasan puncak indah nan kece ini dibuka setiap harinya dari pukul 08.00 – 18.00 WIB, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam sepuasnya tanpa terkendala hari weekdays ataupun weekend.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tenjo Laut

Kegiatan Menarik Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps Panggil Aja NGAB

1. Bersantai Menikmati Pesona Alam

Bagi Anda yang ingin berhemat di Tenjo Laut, biasanya aktivitas ini dilakukan secara gratis. Anda dapat mengunjungi berbagai spot yang tersedia dan dapat menyaksikan pemandangan Kuningan dari atas/puncak. Anda akan mendapati diri Anda berada di atas awan dan akan merasa takjub akan pemandangan-pemandangan yang indah dan juga hawa yang sejuk, sehingga Anda mungkin akan merasa betah berlama-lama di tempat tersebut.

2. Berfoto Ria

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, wisata alam ini menyediakan berbagai spot selfie yang cantik dan keren dengan view pemandangan alam yang mempesona, misalnya taman cinta, Saung Dahan, rumah kurcaci, dan sebagainya. Dijamin Anda akan memiliki banyak stok foto terbaru dengan berbagai latar background foto yang menarik.

Kegiatan Menarik di Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps Nidu Nerazzuri

3. Berkemah

Sebenarnya, aktivitas yang satu ini termasuk aktivitas yang paling utama dilakukan ketika berada di bumi perkemahan. Tenda-tenda besar yang disediakan di kawasan tersebut didesain senyaman mungkin layaknya hotel, yaitu dengan adanya tempat tidur (bed), selimut, bantal guling, penerangan listrik, dan colokan buat mengisi daya baterai gadget Anda. Lalu, bagi Anda yang tidak membawa peralatan berkemah, jangan khawatir, karena Anda dapat menyewa alat-alat seperti tenda, matras, dan sleeping bag.

4. Mengadakan Kegiatan Gathering

Tenjo Laut juga menyediakan kawasan outbound yang dapat dimanfaatkan terkhusus bagi Anda dan rekan-rekan atau kolega atau keluarga Anda yang ingin mengadakan kumpul-kumpul di tempat tersebut. Tentunya fasilitas aktivitas ini biasanya disatukan dengan paket kemah pada umumnya. Terdapat beberapa permainan yang dapat dimainkan, misalnya flying fox, area playground, dan berbagai permainan seru lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tenjo Laut
Image Credit: Google Maps widi sn

Tenjo Laut telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai dan bisa Anda gunakan sebagai pelengkap pengalaman liburan Anda sehingga menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sebagai tempat yang dianggap kekinian di Kuningan, fasilitas apa saja yang tersedia dan ditawarkan oleh pengelola bumi perkemahan tersebut?

1. Toilet dan Mushola

Bagi Anda yang tiba-tiba memiliki hasrat buang air, Anda dapat menggunakan toilet yang tersedia di kawasan untuk memuaskan hasrat tersebut. Toilet yang disediakan dilengkapi dengan fasilitas waterheater dan closet duduk, layaknya Anda berada di dalam hotel. Selain itu, bagi Anda yang beragama Islam, jangan khawatir karena pengelola telah berusaha untuk menyediakan mushola yang dapat Anda gunakan untuk beribadah.

2. Area Camping – Outbound

Terdapat banyak sekali tenda yang dibangun di bumi perkemahan keren yang satu ini. Lebih kerennya lagi fasilitas yang ada di tenda tersebut dibuat seperti hotel, sehingga dijamin Anda akan betah berlama-lama di kawasan tersebut. Setiap tenda besar yang didirikan berkapasitas 5 orang. Kemudian, jika Anda ingin menginap di area camping tersebut, Anda dapat membayar sekitar 400 ribu per malam, dan jika ingin menginap secara grup, Anda dapat membayar paket termasuk api unggun dan sarapan pagi, dan bisa request adanya kambing guling, fasilitas outbound, paket makan malam dan sarapan, serta coffee break.

3. Spot Foto

Tenjo Laut menyediakan berbagai spot foto yang menawan dan mempesona, sehingga dijamin Anda takkan sabar untuk mengabadikan gambar di setiap spot foto tersebut dan bahkan mengunggahnya di media sosial. Bahkan, tempat perkemahan tersebut dapat dijadikan tempat untuk melakukan foto prewedding.

4. Warung (Kedai)

Terdapat beberapa warung/kedai yang dapat Anda manfaatkan ketika misalnya Anda lupa atau tidak membawa bekal sama sekali ke tempat wisata. Biasanya, kuliner khas yang disediakan di tempat tersebut adalah gemblong, katempling, tape ketan, keripik pisang, ubi, sayuran, markisa, dan kesemek.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait destinasi alam Tenjo Laut di Kuningan. Bagaimana, apakah segala hal yang disampaikan cukup memenuhi hasrat penasaran Anda? Segala keindahan pesona alam di dalamnya yang sangat memanjakan mata dan dilengkapi dengan berbagai spot foto instagrammable menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di tempat tersebut?