17 Tempat Wisata di Kuningan

17 Tempat Wisata di Kuningan

Kuningan, merupakan salah satu nama kota yang terletak pada provinsi paling barat di Pulau Jawa. Jika kita bahas lebih dalam mengenai kota ini tentunya memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa Anda nikmati. Termasuk dalam hal ini adalah potensi wisata yang ada di kota ini, beberapa tempat wisata di kota ini menawarkan pengalaman menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Beberapa Tempat Wisata di Kuningan akan di ulas dalam pembahasan di bawah ini.

1. Telaga Nilem

Telaga Nilem

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Ciledugnews21.blogspot.com

Tempat pertama yang akan di bahas mengenai destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Kuningan adalah Telaga Nilem. Meskipun disebut dengan telaga bukan berati tempat ini masih jauh dari kemajuan yah kawan. Karena di tempat ini telah di bangun banyak fasilitas yang dapat menunjang wisata Anda di tempat ini.

Tentunya juga tersedia aneka kuliner yang dapat Anda nikmati ketika Anda berkunjung ke tempat ini. Di telaga ini nantinya Anda juga dapat berenang untuk menikmati kesegaran air di tempat ini. Berendam di tempat ini selain menikmati keindahan serta melepas lelah sementara merupakan solusi terbaik.

2. Wisata Alam Linggarjati

Wisata Alam Linggarjati

Lokasi: Linggasana, Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Dikuningan.com

Merupakan salah satu tempat tujuan liburan bersama keluarga yang tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke kota ini. Tahukah Anda bahwa tempat ini merupakan gerbang awal bagi para pendaki yang hendak melakukan pendakian ke gunung Ceremai. Terletak di kaki gunung membuat tempat ini selain memiliki keindahan tentunya udaranya juga masih sejuk.

Dari tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan gunung Ceramai langsung dari kaki gunung. Atau Anda ingin langsung menikmati mendaki gunung ini agar dapat menikmati keindahan lebih maksimal. Tentunya tidak masalah, akan tetapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan bekal yah kawan.

3. Telaga Remis

Telaga Remis

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat selanjutnya yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah telaga remis. Pesona alam yang masih indah dan asri membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Apa lagi suasana yang tenang nyaman di sertai dengan udara pegunungan yang khas.

Sekilas beberapa penjelasan tersebut dapat menjadi sarana Anda untuk berimajinasi menikmati keindahan tempat tersebut. Apalagi ketika Anda mengunjungi tempat ini dengan orang terkasih. Usahakan membawa pakaian hangat karena mejelang sore hari udara di tempat ini akan semakin turun.

4. Waduk Darma

Waduk Darma

Lokasi: Darma, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Kuningan-jawa-barat.blogspot.com

Tempat ini sebenarnya merupakan waduk yang di gunakan masyarakat sekitar untuk mengairi sawah mereka. Akan tetapi karena luas dari ini mencakup lebih dari 400 hektare membuat orang-orang salah sangka. Dan menyebut tempat ini sebagai danau alami yang ada di tempat ini.

Di tempat ini tersedia beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan ketika berkunjung ke tempat ini. Seperti fasilitas kemah, berenang, memancing dan lain sebagainya untuk mengisi waktu liburan di tempat ini. Tersedia juga warung yang menyediakan aneka masakan khas yang bisa Anda nikmati.

5. Wisata Cibulan

Wisata Cibulan

Lokasi: Maniskidul, Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Pasundan.id

Ada yang unik dari tempat ini karena di tempat wisata yang sekaligus pemandian ini menyimpan mitos yang hingga saat ini masih di percaya oleh warga sekitar. Di salah satu kolam pada tempat ini hidup ikan yang di percaya merupakan ikan keramat. Bahkan jumlah ikan dari kolam ini tidak bertambah maupun berkurang sejak beberapa ratus tahun yang lalu.

Hingga saat ini cerita tersebut menjadi daya tarik yang banyak mendatangkan wisatawan di tempat ini. Jika Anda berkunjung ke tempat ini sangat di anjukan untuk menjaga norma dan tidak menangkap ikan yang di keramatkan yah kawan. Karena selain hal tersebut melanggar pantangan nantinya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip

Lokasi: Panawuan, Cigandamekar, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Situstravelmurah.com

Salah satu tempat yang sangat di rekomendasikan menjadi tempat untuk menghabiskan waktu di kala liburan adalah pemandian air panas. Salah satu tempat pemandian air panas ini juga ada di Kuningan loh kawan. Nama dari pemandian tersebut adalah Sangkaurip, yang memiliki suhu di bawah kurang dari 40 derajat.

Tempat ini sangat di rekomendasikan untuk Anda menikmati masa liburan dengan berendam untuk melepas lelah. Serta masalah yang ada untuk sejenak rileks dan menenagkan otot-otot yang tegang. Dari pada harus menuju tempat spa ada baik mengunjungi tempat pemandian pemadian air panas alami.

7. Situ Cicerem

Situ Cicerem

Lokasi: Jl. Kaduela, Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Sulehaa.blogspot.com

Objek Wisata di Kuningan ini merupakan danau indah dan menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Memiliki kedalam lebih dari lima meter serta terdapat keindahan bawah air yang di miliki oleh tempat ini. Serta pada sekitar tempat ini terdapat banyak tumbuhan yang mengingatari.

Suasana yang tenang dan indah membuat tempat memiliki suasana yang menenagkan. Tempat ini bisa menjadi rujukan ketika Anda penat menghadapi beberapa masalah pekerjaan. Menghibur diri sambil mencari solusi merupakan cara yang tepat.

8. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan

Lokasi: Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Merahputih.com

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi ketika Anda menginginkan suasana yang tenang dan nyaman ketika berkunjung ke kota ini. Tentunya adalah Kebun Raya Kuningan yang memiliki suasan yang nyaman dan masih asri. Setelah di tutup sementara untuk di lakukan perbaikan tempat ini akhirnya kembali di buka.

Dengan berbagai fasilitas dan tempat bermain yang telah di perbarui untuk Anda gunakan dan nikmati. Suasana yang masih alami dan seperti hutan Anda bisa dengan bebas dapat menjelajah dan menikmati tempat ini bersama pasangan atau keluarga Anda. Tempat ini memiliki koleksi aneka tumbuhan yang ada di dalamnya.

9. Sukageuri View

Sukageuri View

Lokasi: Jl. Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Journeyofindonesia.com

Tempat berikutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah Sukageuri View. Merupakan bukit dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan yang bisa Anda nikmati. Menikmati keindahan tempat ini denga berdiam diri untuk menikmati keindahan.

Mungkin bisa di katakan hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan penat yang Anda alami. Tempat ini sering kali di jadikan salah satu tempat untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Tidak rugi jika Anda memilih tempat ini untuk liburan Anda nantinya.

10. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park

Lokasi: Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Anekatempatwisata.com

Masih membahas seputar gunung dan perbukitan yang ada di tempat ini. Tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah The Mountain Recreation Park. Memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dan menarik dari tempat sebelumnya.

Pada tempat ini juga terdapat wahana bermain air, waterboom dan lain sebgainya. Serta yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di tempat ini adalah theater 3 dimensi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan anak Anda.

11. Taman Cisantana

Taman Cisantana

Lokasi: Desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Galleryofsocial.com

Tempat berikutnya yang memiliki keindahan yang tidak kalah manarik yang wajib Anda kunjugi adalah Taman Cisantara. Tempat ini terbentuk dari aktifitas vulkanik yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu. Terbukti dengan adanya beberapa batu besar yang ada di tempat ini.

Tentunya tempat ini menjadi salah satu tempat memiliki keindahan dari beberapa batu tersebut. Tersusun unik dan menarik membuat batuan ini menjadi objek foto bisa Anda jadikan kenang-kenangan. Jadi jangan di lewatkan tempat ini jika nanti Anda berkunjung ke kota ini.

12. Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park

Lokasi: Jl. Raya Bandorasa No. KM. 12, Bandorasa Wetan, Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Traveloka.com

Jika Anda bingung menentukan tempat wisata untuk keluarga Anda. Anda dapa langsung menuju tempat ini yang merupakan sarana liburan bersama keluarga. Serta banyak fasilitas terutama untuk Anda yang bisa Anda pilih dan gunakan bersama.

Taman bermian ini cukup luas serta banyak memiliki kelengkapan. Tentunya putra dan putri Anda akan lupa sejenak dengan aktifitas sekolah mereka ketika berkunjung ke tempat ini nantinya.

13. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana

Lokasi: Jl. Babakan Mulya, Babakanmulya, Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Webjangbayu.blogspot.com

Tidak ketinggalan ada juga tempat wisata yang langsung bersentuhan dengan alam salah satunya adalah tempat ini. Di tempat Anda dapat melakukan beberapa aktifitas terutama aktifitas outbond yang bisa Anda lakukan. Tempat ini merupakan sebuah tempat konservasi akan tetapi juga menyediakan aneka hiburan yang bersifat alam.

Pada tempat ini juga terdapat sumber mata air alami yang bisa Anda nikmati. Ada juga dapat berkeliling nantinya ke tempat ini untuk menikmati pemandangan. Atau Anda juga dapat berendam pada kola yang ada pada tempat ini nantinya.

14. Curug Sidomba

Curug Sidomba

Lokasi: Peusing, Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Wisata-tanahair.com

Air terjun ini memiliki ciri khas dan bisa di katakan cukup unik. Mengingat pada tempat ini sumber mata air terjun yang jatuh ke tanah hanya memiliki ketinggian kurang dari 5 meter. Di tambah lagi suasana daerah sekitar yang masih asri dan indah tentunya akan membuat Anda betah di tempat ini.

Untuk fasilitas dari tempat ini sudah cukup lengkap dengan aneka tempat bermain yang tersedia dengan baik. Dan bisa Anda gunakan dan fungsikan sembari menikmati pemandangan yang ada.

15. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang

Lokasi: Pajambon, Kramatmulya, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatakuningan.wordpress.com

Berada di punggung gunung membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata dengan konsep alami yang sangat wajib Anda kunjungi. Disini Anda bisa berpetualang sembari menikmati suasana alam sekitar. Tempat ini sangat cocok untuk Anda gunakan melampiaskan hobby mendaki Anda.

Terdapat pemandian air panas juga loh pada tempat ini. Jika Anda memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan Anda jangan kaget nantinya Anda akan menemui hewan eksotis yang masih bertahan di tempat ini. Hewan tersebut adalah elang jawa yang keberadaannya sangat jarang Anda langkah.

16. Palutungan

Palutungan

Lokasi: Cisantana, Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Travellink-indonesia.com

Masih belum beranjak dari tempat wisata yang berhubungan langsung dengan alam. Destinasi Wisata di Kuningan ini adalah paluntungan yang dimana di tempat ini memiliki 2 air terjun yang indah dan menarik. Lingkungan yang masih terjaga dan udara yang masih sejuk pada tempat ini.

Jika Anda ingin menemukan tempat yang bisa Anda gunakan untuk berkemah. Anda bisa memilih tempat ini untuk melakukan hal tersebut. Mengingat beragam keindahan dan pesona sudah ada dan tersedia lengkap di tempat ini.

17. Curug Bangkong

Curug Bangkong

Lokasi: Cikadu, Nusaherang, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pada tempat terakhir ini akan di tutup dengan bahasan yang cukup indah dan menawan yang nantinya dapat Anda kunjungi. Tempat ini merupakan air terjun yang memiliki keindahan tidak kalah degan beberapa air terjun yang sudah di sebutkan di atas. Memiliki ketinggihan lebih dari 20 meter.

Membuat guyuran air yang jauh ke bumi mencipatakan embun yang membasahi. Masih terawat dengan baik hingga saat ini, tempat ini wajib Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke kota ini. Jangan lupa untuk turut menjaga tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.