10 Wisata Museum di Malang yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Museum Malang

Jika sedang berada di Kota Malang, mengunjungi museum adalah ide yang bagus. Museum memang menjadi wadah untuk melestarikan budaya masyarakat.

Kota Malang memang dijuluki sebagai kota surga wisata karena banyaknya destinasi untuk berlibur. Salah satu tren dari pertumbuhan pariwisata di Malang adalah menjamurnya wisata edukasi, yang salah satunya adalah museum. Para pelaku wisata mulai menghadirkan banyak wisata museum yang seru, sebagai tempat edukasi dan berlibur. Berikut beberapa museum di Malang Raya yang wajib Anda kunjungi.

1. Museum Angkut

Museum Angkut

Image Credit: Wikipedia.org

Pertama ada Museum Angkut, yang paling populer di masyarakat Kota Malang. Wisata museum satu ini dinaungi oleh Jawa Timur Group. Seperti semua tempat wisata Jawa Timur Group yang mempunyai jalur yang jelas, Anda pun tidak perlu khawatir akan tersesat di museum luas satu ini. Di sini sudah disesuaikan jalur untuk menikmati wahana dari pintu masuk hingga terakhir. Sehingga Anda bisa menikmati semua wahana di museum, tanpa terlewat.

Di awal memasuki musem, Anda akan disuguhkan dengan koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia. Di sini Anda dapat belajar tentang perkembangan transportasi dari zaman ke zaman. Setelah melewati area transportasi, Anda akan menemukan area outdoor. Di area ini Anda akan diajak kembali ke masa lalu dan merasakan suasana tradisional. Kemudian semakin masuk ke dalam Anda akan menemukan banyak zona lainnya yang tak kalah keren.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

2. Indonesia Heritage Museum (IHM)

Indonesia Heritage Museum (IHM)

Image Credit: Ihmdefi.wordpress.com

Dulunya, museum ini dikenal dengan nama Museum D’Topeng. Masih merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group, museum ini berlokasi tak jauh dari Museum Angkut. Jika Museum Angkut mengusung tema transportasi, IHM lebih fokus pada koleksi benda-benda seni tradisional di Indonesia. Dari nama awalnya, koleksi yang paling banyak terdapat di sini memang adalah topeng. Namun tak hanya topeng, museum ini juga memiliki banyak koleksi lainnya.

Lokasi: Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

3. Museum Malang Tempo Doeloe

Image Credit: Makansambiljalan2.blogspot.com

Anda wajib datang ke Museum Tempo Doeloe, jika Anda tertarik dengan sejarah lengkap Kota Malang dari zaman purba hingga saat ini. Di sini Anda bisa mengetahui bahwa dulu kala, Kota Malang merupakan sebuah danau atau laut yang kemudian membentuk daratan. Anda bahkan dapat melihat fosil-fosil hewan purba yang sudah ada sejak jutaan tahun silam. Selain itu, Anda juga dapat melihat banyak koleksi di era kerajaan, yang disusun berdasarkan periode waktu.

BACA JUGA:  11 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Anda Bawa Pulang

Berbagai informasi menarik bisa Anda dapatkan di museum satu ini. Mulai dari ilmu paleontologi hingga perang kemerdekaan. Selain barang-barang purba, Museum Malang Tempo Doeloe juga memiliki ruang film dokumenter yang bisa Anda nikmati. Walau semua terdengar sangat zaman dahulu, Anda tidak perlu khawatir suasana museum jadi terlihat angker. Karena museum ini diberi suasana yang cukup modern, dengan penerangan yang jelas dan terang.

Lokasi: Jl. Gajahmada, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

4. Museum Kesehatan Jiwa

Museum Kesehatan Jiwa

Image Credit: Bukalapak.com

Terdapat salah satu museum yang tidak biasa di Kota Malang, yakni Museum Kesehatan Jiwa. Museum yang berada di Lawang ini, merupakan bagian dari Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat yang telah berdiri ratusan tahun yang lalu. Sesuai dengan nama museumnya, di sini Anda bisa melihat bagaimana perkembangan peralatan dan perawatan yang digunakan untuk menangani orang yang mengalami gangguan jiwa.

Benda-benda yang bisa Anda temukan di sini antara lain yaitu rantai kaki, pasung kayu, serta belenggu tangan. Ada juga straight jacket yang berguna untuk menjinakkan pasien yang memberontak, dan bak hydrotherapy untuk merendam pasien dalam air dingin. Bahkan yang paling menyeramkan adalah terdapat alat iris otak. Pada zaman dahulu praktek penanganan pasien dengan gangguan jiwa memang sadis, salah satunya dengan cara dibongkarnya otak pasien.

Lokasi: RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, Krajan Utara, Sumber Porong, Kec. Lawang, Kab. Malang.

5. Museum Satwa

Museum Satwa

Image Credit: Detik.com

Selanjutnya, ada Museum Satwa. Di museum satu ini, Anda tentunya akan belajar berbagai macam tentang hewan. Di dalam museum, Anda dapat melihat koleksi diorama berbagai hewan dari yang ukurannya kecil hingga besar. Bukan hanya hewan yang masih ada saat ini, hewan purba yang telah punah pun bisa Anda jumpai di Museum Satwa. Selain banyaknya koleksi diorama yang dimiliki, tempat satu ini juga memiliki bangunan megah yang sangat fotogenik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bangkalan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu.

6. Museum Musik Dunia

Museum Musik Dunia

Image Credit: Ngalam.co

Wisata satu ini tentu tidak boleh ketinggalan, ketika Anda sedang berjalan-jalan di Malang. Museum yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park 3 ini, memiliki koleksi segala macam alat musik dari seluruh dunia. Di sini ada juga tempat khusus untuk memperkenalkan alat musik tradisional, yang berasal dari setiap provisinsi Indonesia. Tak hanya alat musik, wahana yang disediakan Museum Musik Dunia pun beragam. Salah satunya yaitu melintasi Abbey Road ala The Beatles.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu.

7. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Museum Brawijaya diririkan khusus sebagai sarana mengenang perjuangan Indonesia pada masa-masa revolusi. Berada di tengah Kota Malang, membuat lokasi ini mudah diakses dari segala arah. Beberapa angkutan umum juga lewat di daerah sekitar museum. Anda pun tidak akan sulit mencarinya, karena di depan museum Anda sudah bisa melihat beberapa koleksi seperti meriam, tank, hingga senjata Pompom Double Loop yang pernah digunakan berperang menghadapi Belanda.

Masuk ke bagian dalam museum, Anda akan disuguhkan dengan koleksi lukisan dan foto sejarah perjuangan Indonesia. Sejarah perjuangan yang paling banyak bisa Anda temukan di sini yaitu menyangkut Panglima Besar Sudirman. Museum Brawijaya ini paling cocok untuk dikunjungi pada hari Minggu, karena diadakan car free day di sepanjang jalan museum. Jadi Anda bisa jalan-jalan santai sembari menumbuhkan kecintaan terhadap Negara Indonesia dengan berkunjung kesini.

Lokasi: Jl. Ijen No.25 A, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Museum Mpu Purwa

Image Credit: Wisatamuseummalang.weebly.com

Selanjutnya, ada Museum Mpu Purwa. Mpu Purwa merupakan nama dari seorang pendeta Budha Mahayana yang juga merupakan ayah dari Ken Dedes. Nama Mpu Purwa digunakan sebagai nama museum untuk menjaga sejarah kuno dari Malang Raya. Malang sendiri merupakan tempat berdirinya Kerajaan Kanjuruhan, yaitu kerajaan pertama di Jawa Timur. Malang bahkan juga menjadi pusat dari kerajaan Singosari, Tumapel, dan Sengguruh.

Karena sejarah panjang yang terdapat di Malang, banyak ditemukan peninggalan kuno di berbagai tempat di kota ini. Peninggalan-peninggalan itu pun pada akhirnya dibuatkan rumah sendiri di Museum Mpu Purwa ini. Beberapa koleksi penting yang bisa Anda temukan di museum ini antara lain yaitu Arca Brahmana Catur Muka, Prasasti Dinoyo 2, serta Ganesha Bunulrejo. Semua koleksi ini bisa Anda nikmati tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

9. Museum Omah Munir

Museum Omah Munir

Image Credit: Okezone.com

Munir merupakan nama seorang pejuang Hak Asasi Manusa (HAM), yang gigih membantu korban penindasan di Indonesia pada tahun 90 an hingga 2000. Museum Omah Munir ini dibangun untuk mengenang jasa pejuang serta memberikan edukasi mengenai HAM bagi para pengunjung. Di dalam museum, Anda bisa menemukan banyak memorabilia perjalanan hidup dan perjuangan Munir. Anda bahkan bisa melihat sepatu yang digunakan terakhir kali oleh Munir sebelum ia meninggal.

Lokasi: Jl. Bukit Berbunga No.2, RT 4/RW 7, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu.

10. Museum Tubuh

Museum Tubuh

Image Credit: Kumparan.com

Terakhir, ada Museum Tubuh yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda kunjungi. Museum satu ini cukup unik, Anda bisa menjelajahi bagian tubuh manusia dengan seru dan menyenangkan. Museum Tubuh dibagi dalam beberapa zona organ tubuh manusia, seperti paru-paru, hati, otak, mata, hidung dan lain sebagainya. Anda bisa melihat replika tubuh manusia dalam ukuran yang cukup besar, serta belajar setiap fungsi dari organ di dalamnya.

Anda juga bisa mempelajari fungsi-fungsi organ tubuh manusia, melalui film tentang tubuh yang terdapat di ruang 3D Cinema. Selain itu, terdapat juga fasilitas medical check up. Sehingga Anda bisa berwisata sekaligus memeriksa kesehatan anda. Museum yang seru dengan banyak wahana ini cocok sekali untuk edukasi anak-anak, tempatnya pun mudah ditemukan karena termasuk dalam area Jatim Park 1. Sehingga Anda bisa kapan saja mengunjunginya bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

Itulah beberapa rekomendasi museum di Kota Malang yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Tidak hanya berlibur, Anda juga bisa mendapat banyak pengetahuan ketika mengunjungi museum tersebut. Mulai dari sejarah bangsa, sejarah transportasi, hingga organ dalam tubuh manusia. Jika Anda punya waktu, tidak ada salahnya untuk menjelajahi semua museum tersebut. Berminat mengunjungi salah satunya?