Daerah Istimewa Yogyakarta, atau yang kerap disingkat menjadi DIY memang sudah menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dieksplor saat liburan. Salah satu daerah dengan pesona wisata menakjubkan di DIY adalah Kulon Progo.

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam di kawasan Kulon Progo, maka air terjun bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi seluruh anggota keluarga. Berikut rekomendasi air terjun terindah di Kulon Progo yang bisa Anda jelajahi.

1. Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing
Image Credit: Twitter Jogja24Jam

Air terjun Setawing, atau yang lebih sering dikenal sebagai Curug Setawing merupakan objek wisata alam yang berada di kawasan wisata Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug yang memiliki tinggi mencapai 45 meter ini memang selalu menarik minat para pengunjung karena pemandangan alamnya yang mempesona, serta suasananya yang sejuk. Salah satu daya tarik utama dari Curug Setawing adalah kontur air terjunnya yang berundak-undak, sehingga air yang mengalir akan mengenai beberapa undakan sehingga menampilkan pemandangan alami yang sangat spektakuler.

Karena kolam airnya yang dangkal, pengunjung dapat dengan leluasa berenang ataupun sekadar bermain air di tempat ini. Namun, para pengunjung tetap harus berhati-hati, terutama Ketika musim hujan karena debit air yang lebih besar, serta arusnya yang lebih kuat. Untuk dapat menikmati kawasan wisata fenomenal ini, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gendu, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Air Terjun Grobogan Sewu Jatimulyo

Image Credit: Google Maps teguh hunter

Mendengar nama Air Terjun Grobogan Sewu, pasti orang-orang langsung teringat dengan sebuah wisata alam yang cukup popular di Karanganyar, Jawa Tengah. Namun, sebenarnya ada wisata air lain di Yogyakarta yang memiliki nama yang serupa, yakni Grobogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun tidak sepopular air terjun yang berlokasi di Karanganyar, namun soal pesona alam yang dimiliki oleh Grobogan Sewu ini tak kalah menarik.

Air terjun yang satu ini memang menawarkan daya tarik yang cukup menawan, yakni megahnya aliran air yang dihiasi oleh sejumlah batu-batuan alam yang cantik, sehingga menyuguhkan kesan alami yang menakjubkan. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000, beserta tiket parkir sebesar Rp 2.000 per kendaraan.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Curug Kuncung Mas

Curug Kuncung Mas
Image Credit: Instagram Rima Wardhani

Air terjun menarik selanjutnya adalah Curug Kuncung Mas. Letak dari curug cantik ini cukup strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk, yakni di Jalan Sermo, Desa Banyunganti, Sukomoyo, Gunung Kelir, Kecamatan Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata ini dinamakan sebagai Curug Kuncung Mas, karena dikisahkan dahulu ada banyak sekali ikan kuncung mas yang hidup di dasar kolam, namun sayang saat ini ikan-ikan tersebut sudah tidak ada lagi.

Curug Kuncung Mas ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, karena air terjun di lokasi ini terdiri dari 6 tingkatan sehingga menampilkan kesan asri tersendiri. Selain itu, dasar curug ini memiliki warna toska yang cukup memanjakan mata, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu spot foto yang menarik. Kedalaman air di kolam tergolong cukup dangkal, sehingga pengunjung dapat berenang ataupun melakukan aktivitas seru lainnya di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Curug Sigembor

Curug Sigembor
Image Credit: Twitter BookPrimera

Curug Sigembor merupakan sebuah air terjun alami yang terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug indah ini memang cukup unik, karena lokasinya yang sangat dekat dengan jalan raya. Oleh karena itu, para pengguna jalan dapat mendengar suara deburan air terjun yang menyejukkan ketika melewati daerah ini.

Untuk dapat mengunjungi lokasi dasar air terjun, pengunjung hanya perlu memarkirkan kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Setelah itu, pengunjung dapat menyusuri jalan setapak di pinggir sungai selama beberapa menit, sebelum akhirnya sampai di lokasi curug. Kedalaman air di Curug Sigembor memang sangat rendah, sehingga pengunjung dapat dengan leluasa berfoto ataupun bermain air, namun harus tetap berhati-hati terutama ketika bebatuan sedang licin.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo
Image Credit: Twitter ig : jpmpjogja

Air terjun selanjutnya di Kulon Progo yang tak kalah menarik adalah Curug Sidoharjo, atau yang kerap dikenal dengan sebutan Curug Perawan. Tempat wisata alami yang satu ini terletak di kawasan wisata Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug Sidoharjo memang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena pemandangannya yang sangat menarik dengan air terjun yang mengalir dari salah satu tebing tertinggi di Yogyakarta, sehingga menampilkan kemegahan alami yang spektakuler.

Pengunjung dapat dengan leluasa berenang ataupun melakukan aktivitas seru lainnya di dasar curug, karena kedalamannya yang cukup rendah. Selain itu, di sekitar lokasi dasar air terjun juga terdapat area bebatuan yang datar, sehingga pengunjung dapat bersantai sejenak sambal menikmati pemandangan alam yang menawan. Harga tiket menuju lokasi wisata sangatlah terjangkau, yakni berkisar antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumoroto, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

6. Curug Watu Jengger

Curug Watu Jengger
Image Credit: Google Maps Konan Susanto

Curug Watu Jengger, atau yang sering dikenal juga sebagai Curug Watu Jonggol merupakan salah satu dari sejumlah air terjun menarik yang berada dalam kawasan wisata Bukit Menoreh, tepatnya di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter, sehingga menampilkan kesan aliran air alami yang menyegarkan. Selain itu, dasar air terjun ini juga memiliki kedalaman cukup rendah, sehingga sering dimanfaatkan sebagai lokasi berenang oleh para pengunjung. Adapun tiket masuk yang dikenakan yakni sebesar Rp 5.000 per pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Tanjung, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Di Yogyakarta.

7. Curug Siluwok

Curug Siluwok
Image Credit: Instagram R.L

Curug Siluwok merupakan objek wisata alam yang terletak di Jl. Keweron No.5, Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter, namun arus airnya tidak terlalu deras dan cukup aman bagi pengunjung. Selain itu, kolam air juga tidak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berenang.

Untuk dapat menuju ke lokasi wisata alam ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung hanya perlu membayar tarif parkir di sekitar lokasi sebesar Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 2.000 sepeda motor.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Keweron No.5, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

8. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram Referensi Wisata DIY – Jateng

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang terletak di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini menawarkan pengalaman berwisata yang cukup lengkap, yakni pemandangan aliran air yang jernih, serta kolam renang alam berwarna toska yang begitu memanjakan mata. Selain itu, ada pula berbagai fasilitas pendukung seperti gardu pandang, jembatan bambu, spot foto, hingga lokasi untuk melompat ke kolam alami yang cukup seru dan menantang.

Harga tiket masuk ke tempat wisata hits ini cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 per pengunjung. Untuk tarif parkirnya sendiri dikenakan sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Curug Kalimiri

Curug Kalimiri
Image Credit: Twitter KarmaPUBGs

Curug Kalimiri ini letaknya masih berada di kawasan wisata Air Terjun Kembang Soka, sehingga pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk ke kawasan wisata Kembang Soka untuk dapat menikmati pesona dua air terjun sekaligus. Curug ini sebenarnya lebih tinggi dibandingkan dengan Kembang Soka sendiri, sehinga cukup menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Curug Kalimiri ini dihiasi dengan batuan alam yang sangat indah, serta memiliki kedalaman yang cukup rendah, sehingga aman untuk dijadikan sebagai lokasi berenang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Kelir, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

10. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Image Credit: Twitter Jogja24Jam

Air Terjun Kedung Pedut merupakan sebuah spot wisata menarik yang terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedung Pedut memiliki dasar yang cukup luas, sehingga dimanfaatkan sebagai kolam alami bagi para pengunjung. Selain itu, di kawasan wisata alam ini wisatawan juga dapat menikmati ragam fasilitas lainnya seperti tempat bersantai, spot berfoto helikopter, jembatan bambu, flying fox, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk yang dikenakan cukup terjangkau, yakni hanya Rp 10.000 per pengunjung. Namun apabila tertarik untuk mencoba wahana lain seperti flying fox, maka pengunjung dapat membayar biaya tambahan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa air terjun yang menawan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam, ragam air terjun di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan pemandangan yang indah, deretan wisata alam tersebut juga menghadirkan ragam aktivitas wisata yang cukup menarik, sehingga patut untuk dikunjungi.