Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Blue Lagoon adalah pemandian sumber mata air yang terbentuk secara alami di Sleman, Jogja. Tempat yang indah ini juga menjadi satu dari beberapa destinasi wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri. Pemandian ini sebenarnya memiliki nama resmi yaitu Pemandian Alam Tirta Budi. Namun, karena terkenal dengan air birunya, masyarakat menyebutnya Blue Lagoon hingga saat ini.

Pemandian ini memiliki sumber mata air biru yang menjadi keunikannya. Berada di balik pepohonan rindang, membuat pemandangan di sekitar obyek wisata ini dapat menyejukkan mata. Sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari wisata alam tersembunyi di Jogja.

Daya Tarik yang Dimiliki Blue Lagoon

Daya Tarik Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps Fitria Nur Malasari

1. Sumber Mata Air Alami

Sesuai dengan sebutannya Blue lagoon, pemandian satu ini memiliki sumber mata air yang berwarna biru. Inilah yang menjadi daya tarik utama di tempat wisata ini. Airnya yang jernih dan segar, membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Kejernihan air di pemandian sumber mata air ini membuat pemandangan bawah air terlihat sangat jelas.

Pemandangan bawah air ini juga menjadi salah satu yang diincar wisatawan untuk berfoto. Memang berbeda dengan pemandian yang berada di islandia, namun semua yang ditawarkan oleh wisata ini di Jogja ini sangat wajib Anda nikmati jika berlibur ke Jogjakarta. Apalagi Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk berkunjung ke sini.

2. Suasana Alam yang Asri

Pemandian Blue Lagoon tergolong berada di tempat tersembunyi. Jauh dari pemukiman padat penduduk dan hiruk pikuk seperti kota pada umumnya. Pemandian ini berada di antara pepohonan rindang dengan udara yang sangat sejuk. Pemandangan sekitar pemandian yang ditawarkan memang tidak main-main.

Suasana alam di obyek wisata ini benar-benar masih sangat alami. Memang ada beberapa tambahan fasilitas yang dibangun pengelola, tapi itu tidak merusak kealamiannya. Udaranya yang sejuk, pemandangan sekitar yang hijau, serta kolam pemandian dengan air yang biru adalah sebuah suguhan istimewa dari tempat hits di Jogja.

3. Gua Batu Purbakala

Berbeda dengan gua pada umumnya, sebenarnya gua ini ini bukanlah gua dalam arti sesungguhnya dan juga bukan gua peninggalan situs purbakala. Penampakannya yang mirip disebabkan karena banyak sekali material batu dan juga akar-akar yang bermunculan secara alami. Gua di Blue Lagoon ini dapat dijadikan spot untuk foto yang estetik.

Daya Tarik Dimiliki Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps Gerardo Martin

4. Batu Pelangi

Batu yang berwarna-warni ini tidak terbentuk secara alami ya. Ini adalah hasil kreativitas pengelola setempat. Dengan keinginan kuat dari pengelola untuk memunculkan sesuatu yang berbeda membuat mereka mewarnai bebatuan di sepanjang sungai dengan menggunakan cat aneka warna. Dengan adanya batu pelangi, suasananya menjadi lebih cantik.

5. Spot Foto Cantik di Gerbang Masuk

Tatanan tempat yang lebih tertata dan bagus telah diupayakan oleh pengelola Blue Lagoon. Dapat dilihat dari awal memasuki area wisata, pengunjung telah disuguhi spot cantik untuk berfoto. Ada jembatan mungil dihiasi pernak pernik berupa batang dan ranting berwarna cerah. Di ujung jembatan, pengunjung akan disambut kerindangan pepohonan yang tumbuh secara alami.

6. Spot Foto di Atas Air

Berjalan di atas air? Tentu tidak. Di atas air terdapat batang pohon yang melintang dari sisi kolam ke sisi lainnya. Anda bisa berswafoto dengan duduk di batang pohon di atas air ini. Pengelola juga menambahkan tangga tali di sisi dinding batu kolam. Tangga ini menjadi spot foto yang paling menarik di sini. Anda bisa mendapatkan foto estetik di tangga atas air ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps deva erlangga

Pemandian Blue Lagoon berlokasi di Dusun Dalem, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta dan akses jalannya juga tidak sulit. Dengan bantuan Google Maps, untuk menemukan lokasi tempat wisata ini sangatlah mudah.

Jika Anda dari pusat kota Jogja, akan lebih mudah. Anda hanya akan diarahkan menuju ke arah Jalan Kaliurang. Anda harus terus bergerak melintasi Jalan Kaliurang hingga di Km 13 sampai Anda menemukan pertigaan Besi-Jangkang di kanan jalan. Arahkan kendaraan Anda lurus mengikuti jalan sampai bertemu pertigaan tersebut.

Setelah menemukan pertigaan, Anda tinggal belok ke kanan dan ikuti jalan raya tersebut sampai di Pasar Jangkang. Sesampainya di pertigaan Pasar Jangkang, ambil arah kanan. Tidak lama, berjarak 100 meter lagi atau kurang lebih sekitar 20 menitan Anda akan tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps Priyo Kuncoro Jati

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke obyek wisata sumber mata air ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk ke lokasi ini. Untuk tiket masuk hanya dikenakan biaya sekitar kurang lebih Rp10.000 /orang. Biaya parkir hanya Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika Anda ingin menyewa perlengkapan berenang dan menyelam, harga sewa yang ditawarkan juga tidak besar dan sangatlah murah. Untuk ban hanya dikenakan biaya Rp 5.000, pelampung Rp 10.000, alat menyelam atau snorkeling Rp 20.000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Blue Lagoon buka setiap hari dan dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Untuk Desa Wisatanya sendiri bisa Anda kunjungi sampai malam dan bermalam di homestay terdekat. Akan sangat menyenangkan jika Anda bisa menikmati pemandian sumber mata air serta berkunjung ke Desa Wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Blue Lagoon

Kegiatan Menarik Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps uch itachi

1. Berenang dan Berendam di Air

Karena destinasi wisata ini merupakan pemandian sumber mata air alami, sudah pasti aktivitas yang paling utama dilakukan adalah berenang. Airnya yang jernih dan segar ini sangat menggoda sehingga membuat siapa saja yang datang ke tempat wisata ini tidak melewatkan untuk berenang dan berendam di kolam pemandian.

2. Berseluncur

Terdapat bendungan batu buatan yang ada di sekitar kolam yang biasanya difungsikan untuk berseluncur ria oleh wisatawan. Selain berenang dan berendam di kolam biru, Anda juga bisa bermain seluncur dengan ban dan pelampung yang disediakan oleh pengelola. Anda tidak perlu khawatir akan bosan jika berkunjung ke wisata Blue Lagoon ini.

3. Backflip ala Atlet

Ada satu lagi keseruan yang bisa Anda lakukan di sini. Jika Anda suka dengan hal – hal yang menguji adrenalin, Anda wajib mencoba Backflip ala atlet lompat indah di pemandian ini. Melompat ke air dari tebing di atas kolam pemandian dengan beberapa gaya. Sangat menyenangkan dilakukan beramai – ramai dengan teman.

4. Terapi Pijat dengan Kucuran Air

Selain bendungan buatan, ada kucuran air yang juga dibuat oleh pihak pengelola. Kucuran air kecil ini biasanya digunakan untuk pijat punggung oleh wisatawan. Ada beberapa kucuran air yang dibuat oleh pengelola yang letaknya di pinggir kolam. Sensasi pijat dengan kucuran air ini akan membuat badan Anda semakin rileks.

Kegiatan Menarik di Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps Bang Awak

5. Berfoto Underwater

Karena kejernihan airnya yang menjadi daya tarik utama, jangan melewatkan untuk melihat keindahan bawah airnya. Jika Anda ingin menikmati airnya yang jernih dan berwarna biru, dianjurkan untuk datang di musim kemarau. Di musim kemarau, kejernihan airnya membuat warna birunya semakin terlihat. Jadi jangan sampai lupa mengabadikan momen ini ya.

Selain pemandangan bawah airnya yang indah, pemandangan di sekitar area Blue Lagoon juga tidak kalah indah. Anda bisa mencari spot foto menarik dan dengan angle yang pas, Anda bisa mendapatkan foto keren untuk update instagram. Karena foto dengan alam telah menjadi trend di kalangan anak muda saat ini.

6. Menikmati Kuliner Sambil Bersantai

Setelah puas dengan bermain air di kolam sumber, Anda bisa menikmati ragam kuliner tradisional yang dijual di sekitar obyek wisata. Beberapa makanan tradisional khas Jogja seperti jajanan pasar, nasi kucing, dan sego wiwit, bisa Anda nikmati sambil bersantai di gazebo sembari memandang hijaunya alam sekitar.

Dengan adanya fasilitas umum seperti gazebo, Anda juga dapat bersantai di gazebo dengan keluarga atau teman. Beristirahat sejenak setelah puas bermain di sumber mata air sembari menikmati sejuknya udara dan keindahan alamnya, dapat membuat Anda rileks. Sangat direkomendasikan untuk Anda berkunjung ke tempat wisata ini.

7. Berkunjung ke Desa Sekitar

Ketika berkunjung ke tempat wisata pemandian sumber ini, sebenarnya tak hanya sensasi segarnya bermain air dan berwisata sungai saja yang dapat Anda nikmati. Desa Dalem yang saat ini dikenal dengan nama Desa Wisata Blue Lagoon ini pun memberi kesempatan kepada Anda untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakatnya.

Jadi, jika Anda bosan dengan suasana padatnya kota, Anda bisa mencoba untuk menginap beberapa hari dan berbaur dengan warganya. Menginap di homestay, menikmati kuliner tradisional sego wiwit dan es dung-dung hingga belajar membatik pasti menyenangkan. Selain itu, warga desanya yang ramah, dapat membuat Anda betah berlibur di pemandian unik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pemandian

Fasilitas Blue Lagoon
Image Credit: Google Maps Mang yayi jaba Widhiartha

Blue Lagoon telah dikelola dengan baik saat ini. Banyak fasilitas umum yang dibangun oleh pihak pengelola untuk kenyamanan wisatawan. Dengan pengelolaan area sekitar yang semakin tertata dan profesional, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke obyek wisata ini bersama keluarga.

Adapun penambahan fasilitas umum gratis seperti toilet, mushola, gazebo. Selain itu adanya area parkir dan tempat penitipan barang juga menambah kenyamanan pengunjung. Untuk menemani bermain di Air, pihak pengelola juga menyediakan persewaan perlengkapan berenang dan menyelam. Bagi Anda yang ingin menginap, ada homestay di dekat lokasi wisata.

Tidak hanya itu, pengelola juga telah membuat beberapa spot foto menarik dan instagramable untuk para pengunjung. Warung makan juga tersedia di sana. Pihak pengelola sudah menata tempat wisata ini dengan sangat profesional karena kenyamanan Anda sangat diutamakan.

Jogja memiliki banyak wisata alam salah satunya pemandian Blue Lagoon. Dengan kecantikan sumber airnya yang berwarna biru kehijauan dan keindahan alam sekitarnya, dapat membuat siapa saja tertarik untuk berkunjung. Saat ini, pemandian ini telah menjadi destinasi favorit wisatawan dan sangat wajib untuk Anda kunjungi.